JakartaGreater.com - Forum Militer
Nov 092014
 
Mock Up Jet Tempur KFX / IFX (gambar: Rafly)

Mock Up Jet Tempur KFX / IFX (gambar: Rafly)

Tiba tiba saja ada berita yang dilansir Liputan6.com bahwa PT Dirgantara Indonesia (PTDI) telah bersepakat dengan Airbus Helicopters untuk memasarkan pesawat tempur asal Eropa, Eurofighter Typhoon. Kerjasama ini disebutkan berlangsung karena Airbus mau mentransfer teknologi yang dimilikinya ke Indonesia lewat PTDI.

Budi Santoso, Direktur Utama PTDI mengaku sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan antara pihaknya dengan Airbus. Ia pun berharap perusahaan kedirgantaraan lain dari seluruh dunia mau melakukan kemitraan serupa dengan PTDI.


Lalu apa artinya ini semua. Kita lihat bagaimana Bung Wehrmacht membacanya:

8 November 2014, 10:39 pm: Well… the secret finally reveal. Tidak ada yang sia sia dalam satu pengorbanan. Tidak ada yang namanya tukang jahit atau jongos selamanya. Adanya from the aprentice became the expert. Mungkin bukan kita yang menikmati tetapi anak cucu kita di masa yang akan datang. Ini proyek jangka panjang (pembangunan jet tempur Indonesia -red), bukan makan sekali suap.

Oh ya satu lagi … IFX/KFX bakal gagal. Tragedi Proyek MBT 70 Jerman-AS akan terulang lagi. Tapi untungnya Jerman punya Plan B yang melahirkan mbt Leopard yang kita nikmati sekarang. Dan Typhoon inilah Plan B kita yang akan menjadi kenyataan…

Intinya jangan percaya satu pihak. Selalu bersiap dengan rencana cadangan.

Riset ada tahapan tahapannya dan MoU di teken tiap tahapan. Saat ini kita sudah menyelesaikan tahapan pertama dan bersiap untuk tahapan kedua yaitu proofing the theory. Di tahapan ini mungkin kita masih bekerjasama dengan Korea Selatan. Tapi kalau sudah mulai buat prototype, mulai deh keluar jurus maut andalan AS yang bakal diturunkan ke Korea: Sepakat untuk tidak sepakat seperti proyek MBT 70 dengan Jerman…itu pasti ada dalam klausul MoU…sementara Korea sudah mendapatkan data riset yang dibutuhkan hasil gocekan dengan ahli kita yang terkenal kreatif…tinggal mereka mengembangkan sendiri tanpa Indonesia

Catat perkiraan saya, pemerintah kita sekarang sangat pro AS. jadi kalau ada yang bilang visi pertahanan kita looking to the east, lupakan saja. Masih ada waktu 5 tahun untuk membuktikanya…

Untuk pembangunan jet tempur ini harus dilakukan reverse engineering penuh. Jadi berawal dari akhir dan berakhir di awal. Menyingkat waktu pengembangan. Ini rumus jitu Pak Habibie.

Jangan riset dari awal hingga jadi produk. Tiap tahapan kita bisa gagal. Tapi kalau reverse engineering kita tidak akan gagal karena kita membedah produk yang sudah eksis sebagai acuan. (by : Wehrmacht)

Bagikan :

  128 Responses to “Nasib Indonesia Fighter Xperiment”

  1.  

    NKRI mandiri!

    •  

      Ingat pribahasa: mencari ilmu itu spt menjala ikan di laut, semua ikan di jala di ambil dulu,baru deh di darat kita pilihin mana yg menurut kita laku di jual ambi mana yg enak buat konsumsi sendri juga ambil,mana yg bs jd racun ya buang..

      •  

        airbus helicopter kok nyambungnya ke eurofighter?????
        kalo mabok jangan nulis donk…….hadeh…….

        •  

          Eurofighter typhoon merupakan hasil konsorsium dari 3 perusahaan (BAE systems, Airbus Group, Alenia) dengan 4 negara yg terlibat didalamnya (UK, jerman, itali, spanyol). Airbus Helicopyers adalah salah satu anak perusahan Airbus Group yg terlibat. Got it? Salam hangat,

        •  

          Iya, Gi mabok kayaknya…
          Lah, memang dari dulu EuroCopter Udah kerjasama dgn PTDI ,
          kok Ngaco Ke EuroFighter??? Hahhaha ๐Ÿ˜›
          Jauh Bangetzzz..!

        •  

          heu…eurofighter kan konsorsium yg didalamnya ada airbus

          •  

            Beda Divisi/Perusahaan walaupun satu Group..di Airbus Millitary.
            Nah,Berita aslinya, Nggak Ada Kata “EuroFighter” ,
            Hanya Memasarkan Produk Airbus Helicopter + Maintenance.
            Si penulis, Coba2 Nambah2in kata…,Plus Ngelemparin Pikiran Sakit Dia dengan kata: ” IFX/KFX bakal gagal”.
            Ketahuan deh siapa aslinya dia..!
            ๐Ÿ˜›

    •  

      pa moel d TV 1…

    •  

      Maaf numpang koment di No.1.. Saya tetep Optimis Proyek IFX berkelanjutan… Punya Plan B wajib, tapi kita harus Optimis.. Dan kalau boleh usul juga kita harus juga belajar seperti China mendapatkan data-data pengembangan pesawat tempur dalam negeri nya dari negara-negara luar China.. Terutama aksi Intelejen China mendapatkan data-data dimaksud….. CMIIW..

      •  

        sependapat bung, bila indonesia fighter xpriment akan gagal atau digagalkan oleh asu seperti apa yang di babarkan bung @wehrmacht, jelas indonesia akan berpaling ke cina (tiongkok) bukan ke air bus, yang nota bene masi dalam payung nato. yang ada kemungkinan di dikte juga oleh ASU, juka Asu menggagalkan IFX, dengan alasan apa ASU menyetujui EF memberikan TOT kepada PT DI?

        jadi keduanya pasti akan tetap berjalan, kemungkinan jika sudah masuk ke dalam pembuatan desain prototype IFX akan memiliki desain sendiri yang berbeda dari KFX.

        Anda percaya, kami pasti bisa.
        ngopi dulu bung. salam persaudaraan bung Bhineka_Pancasila.

    •  

      Apa yg akan dilakukan pemerintahan baru itu yg harus diperhatikan .. program mana yg sesuai dengan doktrin pak jokowi dan menhan rzamirad ryacudu … pemerintah skrg menganut doktrin utamakan produk lokal atau TOT sebesar besarnya .. pada periode ini akan terjadi kerjasama besar besaran dengan produsen alat militer asing .. untuk pembelian pesawat su 35 akan terkendala dengan TOT … semoga bangsa kita mendapatkan produk militer yg sesuai .. dan yg paling penting penggantian Fe5 tiger benar benar direalisasikan … selamat pagi

  2.  

    tetap semangat !!

  3.  

    waah…

  4.  

    O

  5.  

    Mantap…

  6.  

    Bung,,shre Perkembangan ToT rudal dengan China gi mana ya ???

  7.  

    Zooonk kang

  8.  

    manut wae lah

  9.  

    Ada yang mau usul Plan Bnya apa???

  10.  

    Boleh asal nda ketipu sana dan ketipu sini…..

  11.  

    Kita Lihat saja nanti perkembangannya

  12.  

    Pasrah aja lah!

  13.  

    Tapi kalau sudah mulai buat prototype, mulai deh keluar jurus maut andalan AS yang bakal diturunkan ke Korea
    ————————————————————————————————————————-
    gagal faham ane bung Wehrmacht

    •  

      Semua teknologo korea berasal dari AS kecuali KS diesel karena AS gak mengembangkannya lagi bung amblegedesh…jadi jurus tipu tipu juga di ajarin oleh mereka…namanya juga anak angkat….

      Jerman mangkel bener sama AS saat proyek bersama MBT 70 berakhir tahun 70 an…AS berhasil mendapatkan semua data riset yg dibutuhkan untuk mengembangkan MBT sendiri padahal 70 persen data dihasilkan engineer jerman..hasil AS adalah Abrams yg seperti pinang di belah dua dgn Leo2…cm beda lapisan baja turet dan mesin…untung jerman sdh mengantisipasinya dgn merancang proyek keiler (babi liar) secara diam diam yg berjalan pararel dgn proyek MBT 70…begitu MBT 70 bubar jalan seluruh data riset di transfer ke proyek keiler yg sdh setengah jadi sehingga tdk butuh waktu lama bagi jerman menyelesaikan mahakaryanya,Leopard 2….

      •  

        oke oke,thanks babarannya bung

        bener2 dah si ASU,tapi hasilnya bisa dilihat kalo si macan skrg lebih superior dibanding abrams haha

      •  

        Masak sich….pernah dengar akuisisi rudal jinjingnya rusia oleh korsel…jg bmp series….meski dikemas dlm kompensasi perdagangan/ ekonomi….meski bukan utama saya yakin korsel cerdik menyikapinya….begitu pula kita jg seharusnya….tanpa perlu sungkan wong non blok….; bisa jd politik kita hr ini bandulnya lebih kebarat….tp..siapa yg jamin brarti setengah ht dong kira implementasikan pplitik bebas aktif itu amanat konstitusi….kalau menyimpang…..?!? Bahaya nanti ada yg jahil sarana utk inpeachment….mpga ndak sampai kaditu…..(maklum bebas aktif itu penjabaran UUD45)

  14.  

    Wajib hukum nya utk plan B, tp tanpa harus pesimis dari rencana awal,
    Yg lalu jadi pelajaran, sekarang tinggal menyusun rencana agar tdk ditinggalkan,
    India aja sampai skrg blm menguasai pespur siluman ,pdhal prototype nya udah jadi,,,,
    Rencana hanya rencana, selanjutnya usaha dgn maksimal dan berdoa, hasil nya serahkan sama yang Maha Kuasa…

    Tidak ada kata percuma, selagi ada niat dan usaha, contoh israel yg gagal mengembangkan pesawat kvir, tp sukses mengembangkan UAV/UACV..

    •  

      salam hangat bung andri
      dari plan abc mna yg akan malah jd duluan
      klo plan a ane yakin gatot tni pun yakin tau itu akan berbelit
      n gatot tp tetep harus di kerjakan

      •  

        Klo saya ga terlalu yakin,, knp?
        AS juga saat ini membutuhkan indonesia utk menjadi penyeimbang kekuatan china di LCS,
        Korsel sendiri udah pernah TOT ma kita dan hasil nya KRI makasar, dan kita juga udah buat lg KRI banda aceh,,

        Alutsista korsel saat ini banyak yg di beli oleh indonesia, kerjasama pun disegala bidang, korsel sendiri merasa berterimakasih sama indonesia dgn membeli T50i, sehingga irak, dan philipina juga ikut2an membeli nya, bukan itu saja. Korsel juga merasa di untungkan dgn JAT yg menggunakan KT,wong bee,

        Klo ma korsel sendiri saya lebih percaya, dibandingkan china yg janji TOT C705. Tp sampai skrg blm ada kbrnya,,, cm klo AS msh ragu2.

  15.  

    betul bung kita jangan percaya satu pihak.

  16.  

    Cantikkk mesin tipun bakal nyantol ke pespur asli buatan dlm negri. Ad sdkt titik terang ….

  17.  

    Ikut ja…lanjutkan pengembangannya dgan plan B nya.

  18.  

    i like plan b

  19.  

    setengah hati emang mereka padatakut ngasih ilmu ke Indonesia karena Indonesia bisa membangun lebih murah dan lebih canggih lagi seperti Senapan SPR 2 Pindad untunglah para petinggi sudah antisipasi endingnya good job Indonesiaku

  20.  

    Pemikiran bung wher patut diapresiasi. Mudah2n pemerintah tetap pd alur untuk kemandirian.

  21.  

    analisisnya mantab bung werchmant…

  22.  

    Jika memang ternyata gagal proyek KFX/IFX, betapa sedihnya kita semua. Betapa kita ditipu habis-habisan sama Korea. Barang dagangan Mereka cuma kita satu-satunya yang beli dengan harapan Dan sebuah penghormatan akan rencana proyek KFX/IFX. Ampuuuuun maaaak, jangan sampe gagal dong maaakkkk

  23.  

    Siapa nanti memanfaatkan siapa andai project IFX -KFX (mudah2an tidak terjadi) tdk jalan..sepertinya pemerintah kita jg siap dng plan B..design bersama dng dana riset yg 20% kita sdh dpt detail mockupnya..untuk aplikasi ke bentuk real prototipenya kita mungkin akan ambil dari ToT Tipun atau Gripen untuk Avionik & Mesinnya..jayalah NKRI..

    •  

      typhoon dan grippen kandidat terkuat

      •  

        Ya..karna sama2 kelas medium dan untuk kemandiriian alutsista kita khususnya untk pesawat tempur..tapi kita jg bth efek penggetar kelas Heavy Fighter untk mengimbangi F35 upil & sonatan..kalau sy pribadi langsung aja loncat ke PAKPA..

    •  

      itu mesin’a tot apa beli jadi bung… klo tot baguslah, v klo beli jadi y nanggung.
      clue’a kita punya 8 mesin su.
      so… kenapa ga sekalian pake ni mesin tuk ifx tandingan…??

      •  

        Untuk mesin sepertinya kita msh beli..krn tdk mudah untuk membuat mesin sndiri..contoh cina yg sedang membuat mesin sendiri berkali2 meledak saat uji coba dan smp saat ini msh uji coba untuk membuat mesin sndiri..tp sy kok pny keyakinan pembuatan pesawat ini bisa berjalan..contoh yg sdh berhasil LPD Makassar Class hasil ToT dng Korsel bahkan sdh bisa menangin tender di Philipin..semogs krjasama ToT Pesawat tempur & KS bs berjalan rencan dan berhasil seperti kerjasama pembuatan kapal LPD Makassar Class..

        •  

          harapan ane jg begitu…
          namun plan B tetap harus d persiapkan tuk antisipasi kebijakan yg akan d ambil selanjut’a.
          apapun itu, penyebab kegagalan proyek ini akan berdampak pd reputasi kedua negara & tentu’a korsel akan menjaga kepercayaan negri ini.
          makan siang dl bung naufal.

  24.  

    Juuooosss…, plan B analisa dr bung Wehr, pemikiran bung Wehr spt biasa membuka pandangan baru dgn berdsrkn sejarah.

    Bung Wehr, seandainya jurus maut korea benar akan terjadi., seberapa persenkah keberhasilan kita memperoleh ilmu dr korea?

    •  

      Paling tinggi 20% bung karena kalo cm teori aerodinamika kita lebih jago dr korsel…yg kita dapat paling blue print tanpa akses ke komponen sementara dgn mudahnya komponen mereka dapat dr AS……kita masih harus mengotak aktik blue print agar cocok dgn komponen yg masih harus kita “ngemis” ke supplier yg juga terbatas…adalah lebih aman kita jadi tukang jahit dulu yg berjalan pararel dgn utak atik blue print semata agar kita mudah memilikii akses ke komponen…

      •  

        Wuuiitttss, 20% , selain alasan tsb apakah ada hubungan dgn andil kita yg jg cm 20%??

        •  

          Nggak juga…maksudnya korea habiskan dulu duit kita yg 20% sementara duit mereka keluar cm receh receh baru quit :mrgreen: yg penting mereka dah dapet apa mereka mau dari kita…teori rekayasa enjinering…

          •  

            Maaf Bung Wehrmacht, salam kenal, kalo memang para petinggi kita sudah tau / menyadari endingnya seperti itu kenapa sampai sekarang masih dipertahankan?, apakah masih ada tujuan kita yang belum tercapai?
            Sekali lagi maaf, fool question :mrgreen:

          •  

            Dulu EF dan Saab gak nawarin beginian bung mapleaf….makanya kita ambil kerjasama ini…tp seiring waktu korea mulai menunjukkan dirinya di tekan ASU karena jor joran mengobral tot pd indonesia…buktinya bukannya fokus pada KFX/IFX korea malah ngambil F15 lagi…ini berarti mereka gak yakin proyek ini akan berhasil…anggaran proyek jg dikurangi…kan aneh ini…sapa yg mau nanggung biaya yg dikurangi itu?

            Nah,saat lg pening gini EF dan Saab nawarin skema bagus…kenapa tidak? cita cita gak boleh mati…cuma caranya sj yg berbeda…

        •  

          Itulah sebabnya ada wacana/panfamgan IFX akan berbeda dg KFX…jika akses ke technologi kunci yg dibutuhkan dikebiri oleh kepentingan tertentu dikemudian hari

          •  

            Iya, tp kadang sy menterjemahkan “berbeda” spt downgrade., ifx masih dibawh punya kfx maksudnya

          •  

            Maaf Bung Spesial Gado-gado, numpang lapaknya, salam kenal.
            Thanks Bung Wehrmacht untuk jawabannya, salam terhangat.

        •  

          Teori paretto 20% mempengaruhi hasil 80% hehehe…

  25.  

    What the next ??!!!!

  26.  

    plen Be plen Ce
    Sama rencana cadangan,,, lain nya.
    (tak ada rotan,plastik pun jadi)

  27.  

    Halah…jadi artikel lagi komment saya…bung diego,ini gak layak jd artikel, poor n lack of data :mrgreen: ntar sy di bata sama orang yg menuntut bukti…maaf kamerad sekalian,kerjaan saya analis berbekal data yg minim jadi gini deh :mrgreen:

    •  

      Hayo tanggung jawab bung..ha ha ha. Ngga kog saya asik2 saja bacanya walaupun ada perkiraan yg bisa buat orang manyun. Kalo sudah manyun susah lagi buat senyumnya. Salam hangat kawan,
      Ps: kali ini pake taruhan ga? :mrgreen:

      •  

        Ha ha…bs aja bung papa :mrgreen: taruhan dong ๐Ÿ˜› sy ganti nick sy kalo perkiraan saya soal pro ASU salah…tarohan berat neh soalnya sy gak pernah ganti nick di forum manapun,khusus buat JKGR neh sy berani :mrgreen:

        •  

          Ha ha ha saya ga ikutan kalau soal Pro AS atau tidak. Tapi kalau soal Kf-If X gagal..saya fifty fifty deh. Tapi gini bung..saya sempat menyimak wawancara Pak Moel dengan Tvone tadi, ketika ditanya bla bla..beliau mengatakan “kita ada proyek kerjasama pembuatan pespur dengan korea (Kf-If X) yg mana hasilnya “akan setingkat dengan F-16”. Nah lhoh?! He he he jadi pkalau perkiraan saya mungkin tidak akan gagal, namun…….kualitas nya hanya sebatas/setaraf dengan F-16. Mungkin ini yg membuat kekecewaan/ketakutan bahwa proyek Kf-If X terancam gagal (gagal dalam arti karena tidak sesuai keinginan membuat sekualitas Gen 4+). Nah jadi seperti yg anda katakan ToT Grippen/ET adalah backup plans. Tapi bagaimana jika pernyataan Pak Moel tsb ternyata hanya merendah dan menutupi supaya negara lain tidak ketar ketir mendengarnya jika proyek tsb sebetulnya akan menghasilkan pesawat Gen 4+. So.. What u think my friend?

          •  

            Kalau menurut saya bung papa, ahli kita tdk akan mau kalau cm sekelas F16…itu pespur gen 4 awal dan kemampuan ahli kita di atas itu…menurut sy para ahli kita yg justru akan minta berhenti kerjasama karena sdh jelas itu wanprestasi…targetnya 4,5 kok hasilnya 4? Seberapa jauh lagi kita mau tertingal sementara negara lain sdh pake gen 5…

            Kalau sy jd para ahli kita,sy akan berhenti kerjasama di tahap prototipe dan merancang prototipe sendiri Berdasarkan data riset yg ada…data dr hasil ngejahit akan saya gabungkan sementara akses ke komponen sdh terbuka…

    •  

      bung emng jd kita akuisisi EF?
      bukannya gripen juga nawarin tot 100%?
      bahkan siap juga dijahit di INA dngan sbagian kompinen lokal

      •  

        Kecenderungannya begitu bung love ina…kita dekat dgn airbus karena sdh punya pengalaman kerjasama puluhan tahun sejak era cassa blm merger dgn airbus…EF merupakan salah satu derivatif perusahaan airbus…

        Sedangkan dgn Saab kita blm pernah kerjasama…apalagi komponennya hampir buatan ASU semua…kalau EF cuma dikit yg buatan ASU atau malah kita bs minta ganti yg buatan eropa terutama perancis yg terkenal paling keras kepala di NATO…

      •  

        Bung wehrmacht,,, apakah anda benar2 yakin project IFX/ KFX akan menemui kegagalan,,? Pun bagaimana dengan plan b ini, apakah anda juga yakin ini akan berhasil,? Karena kedua-keduanya masih ada hubungannya dengan asu,,, apakah pemerintah RI sama sekali tidak pernah berfikir untuk memanfaatkan keahlian para ilmuwan kita sendiri tanpa harus melibatkan negara lain dalam hal riset,,, jika selama ini faktor kendala dari riset adalah dalam hal infrastruktur dan biaya, kenapa tidak fokus saja dalam dua hal tersebut,,,,

        •  

          Bagaimana dengan pertanyaan kedua, anda yakin tentang plan b ini juga akan berhasil,,? Dan seandainya ini berhasil, saya yakin negara maju lainnyapun mungkin sudah menciptakan pespur gen 6,,,

        •  

          Plan B akan berhasil karena kita pernah melakukannya dan berhasil…bahkan waktu yg dibutuhkan mungkin lebih cepat karena kita tdk meraba raba lagi seperti saat pertama kali melakukan reverse engineering…

          Mengenai gen berapa typhoon adalah pesawat gen 4+…saat berhasil melakukan reverse engineering perkiraan saya kita akan berhasil membuat pesawat gen 5+ atau 5,5….tdk terlalu tertinggal toh?

        •  

          owhhh EF juga dari air bus ya bung
          klo gitu ane dukung ini dripada gripen

          dri komen bung wehrmacht barti kita bakal mngulang sejarah ya bung
          dmana kita dahulu jd tukang jahit cassa dan mnghasilkan psawat gabungan CN235
          kmudian mnghasilkan N250

          mungkin prkiraanku untuk membuat psawat gabungan tdak akan kita lwati
          kita lngsung membuat sndiri wlau banyak yg comot sana comot sini sprti engine, rudal, bahkan kursi

          prtanyaannya bung
          butuh fase brp lama kira2 bung unuk membuat sndiri?
          kta akan ngulang 10-15th lg brarti

        •  

          apakah dalam pergantian president kamarin akan mengulang sejarah seperti pergantian ORLA ke ORBA…? jika bung wehrmacht berkata pemerintah sekarang akan condong ke uncle mas.

          berarti TNI akan kekurangan vitamin kembali. dan bila ada strategi asu tuk menggagalkan indonesia fighter Xpriment, berarti ada kemungkinan kedepannya asu juga akan mengubur harapan PT DI mendapatkan TE O TE. dari airbus.? secara mereka masih dalam satu komando?

          sambil ngopi liat koran ada foto jokowi
          berkata dalam hati, bp jangan tertambat hanya kepada satu hati. jelas keduanya pernah melukai, bermain catiklah pak. tuk negri ini…

  28.  

    Ada hikmah di balik musibah…ambil yg baik dan campak kan yg buruk.
    Semoga jadi pembelajaran buat para pengambil keputusan….masih ada lagi yg tersisa yakni ks cang bogo diawal sudah kisruh biaya tot . Belum lagi urusan dg german tidak bisa di prediksi…
    Kebiasaan petinggi indonesia yg selalu meng instal tehnologi yg kurang bertaring dan mudah percaya dengan harapan tot..nah begini lah jadi nya…dan sekarang typon pun bermain dan bergelegar di angan angan PT DI .
    Saya dari awal sudah menghawatirkan kegagalan ini akan terjadi.
    Seperti kita ketahui america.singapura dan australia pasti tidak akan suka bila indonesia mandiri alutsista. Makanya mereka pasti akan bermain dengan segala cara untuk menggagalkan setiap agenda Alutsista indonesia.
    Saya lebih suka kalau petinggi indonesia mendekat ke Rusia…ingat ketika singapura bersitegang dg indonesia prihal penamaan kapal Usman Harun dan penyadapan telepon SBY oleh Australia…hanya Rusia yg tampil membela Indonesia.

  29.  

    If plan A fail go to plan B.
    Plan B: see plan A.

    motivation class mode: ON
    Kalau kita punya rencana ingin punya Mercedes S klass terus terhambat oleh rintangan, jangan impian punya Mercedes S klass nya yang Dihapus tapi caranya yang dirubah…

    •  

      Waduh….sonder klass itu impian saya banhet bung BHD…betul,jgn impian yg dirubah tapi caranya…impian kita berswasembada pesawat tempur dan apapun caranya akan kita tempuh walaupun itu berarti mencuri teknologi seperti saat israel mencuri blue print mirage untuk membuat Kfir dan dagger…

  30.  

    Inget kasus canada…akhirnya cuma jd bulan bulanan ahlinya diambil semua terus prototypenya jd mirage!

  31.  

    Lha kalo proyek Kfx/Ifx gagal berarti yg untung si kroya yg rugi ya kita krn mereka tlh berhasil mencuri ilmu cara membuat pesawat yg mumpuni dr kita sementara kita rugi biaya yg sdh terpakai sementara pespur nya gagal wujud.
    Berarti utk mendapat Tot pesawat si kroya tak perlu bayar ke kita malah kita bayar ke dia, sementara utk mendapat Tot cangbogo kita diharuskan membayar ke kroya …
    Oh nasiiib … nasiiib …

    •  

      Sabar bung masih ada jerman,mbahnya KS diesel yg sering senyum sama kita tp kita cuekin…baek baek makanya kita sama jerman dan pak bibie :mrgreen:

      •  

        Itulah bung.nsaya juga heran dari awal..kenapa changbogo yang dipilih. Itu yang punya ilmu kan Jerman..knp kita ga maksimalkan linknya Pak Habibie. Bisa jadi Jerman ga mau ngasih tot karena kita cuma beli 3 unit dan unit ke 3 harus dibuat di Indonesia. Berita keterbatan uang Indonesia langsung disambut senyum manis Kroya. Melihat keberhasilan tot pembuatan Makassar Class, Indonesiapun kepincut dengan penawaran Kroyo meskin kabarnya totnya lontong ini cuma learning by seeing.

        Kalau IFX sih ga masalah lah..nyumbang 20% mau dapat 70% ilmu ya ga mungkin. Bisa dapat 15% ilmu ya syukur banget. Rafale jelas2 mengizinkan mesinnya digunakan di IFX seandainya Indonesia mau mengakuisisi Rafale, tp apa daya PT. DI sudah disumpal mulutnya sama Tipun

        •  

          Betul bung sangkur…sy tdnya optimis dgn rafale…tp memang masalah harga jd pertimbangan juga…rafale memang lebih mahal dr typhoon dan sy yakin itu karena kualitasnya…sy sangat suka Alutsista perancis karena mengabungkan keampuhan dgn mode…cantik sekali…

  32.  

    Kalo plan A-Z gagal semua, mending pake plan XXX. Beli MANPADS sebanyak 10 ribu buah, minta produksinya di dalam negeri. Dengan asumsi harga $ 30 ribu per unit jadi cuman butuh $ 300 juta. Beli 10 sistem peluncur medium SAM lalu minta ToT juga. Dengan asumsi harga $ 150 juta per sistem jadi butuh uang $ 1,5 milyar. Satu sistem terdapat 12 peluncur berarti 10 sistem ada 120 peluncur. Dijamin gak ada yang berani macam2

  33.  

    So the best defender for our country is rakyat indonesia dan angkatan darat …ha..ha..ha akhirnya muter muter dibolak balik dibalik bolak skenarionya tetep kayak gene…emang sejarah tdk pernah bisa berbohong!

  34.  

    Jadi merinding lg neh denger lagu hymne koppasus!

  35.  

    Plan B menurut pendapat saya adalah suatu antisipasi dari kebuntuan / tidak teralisasinya plan A, memang suatu posisi yang tdk terlalu diharapkan tetapi ini merupakan jalan keluar yg bisa dijadikan pilihan. Ada seorang kolega yg berujar “kita memang membutuhkan alat perang yg mempunyai efek deteren yg sangat tinggi, tetapi kita juga harus realistis APBN sedang defisit maka sebisa mungkin kita pilih yg win – win solution” walaupun terasa mendengarnya tapi saya akui sangat masuk akal pernyataannya..

    # Muldoko @ tv one “kawal kedaulatan RI”

  36.  

    semoga indonesia tidak ambil keputusan yang salah
    harapannya kfk/ifx jalan terus, tot eurofighter typhoon disepakati
    kebutuhan jangka pendek sampai pesawat tempur pt di siap
    beli su 35 dari rusia buat barganing power dengan kawasan

    Sebisa saya bantu doa untuk kesuksesan indonesia
    utamanya tehnologi pesawat tempur

    Salam NKRI,

  37.  

    ha hay…bung wehrmacht…kau bikin dada ku kembang kempis…hampir aja pipis..

  38.  

    Selamat sore…….izin koment, perintah dan TNI pasti sdh mengantisipasi segala kemungkinan yg bisa terjdi, pd saat awal pun saya fikir pengambil keputusan sdh memikirkan hal tsb, terlepas dari sejarah ttg kerjasama AS dgn negara lain, percayalah plan B dan plan plan yg lain pasti sdh dipersiapkan, seperti stattemnt “pemuluhan pespur pengganti F5 juga mempertimbangkan alasan politis” saya fikir ini ada kalitannya dgn resiko gatot nya kolaborasi tsb, ditambah lagi adanya komen kalau IFX dan KFX akan berbeda spek, apa ini tanda2 kearah sana, mungkin akuisisi tipun adalah sesuatu yg rasional meski banyak koomunitas warjak yg kuciwa dgn SU35 , tp saya sangat yakin SU35akan diambil juga krn ini satu2nya penyeimbang kawasan, maaf kalau kelewat cerewet, maju NKRI……

  39.  

    KFX/IFX mungkin saja tidak akan gagal. Ini bicara soal semangat bangsa Asia. Memang 38 core technology itu akan dibantu Lockheed Martin. Justru mereka tahu jika IFX gagal maka mereka akan kehilangan kesempatan untuk mengontrol dan menekan spesifikasi IFX. Bukankah technogy yang dipakai KFX adalah technology yang sudah ada dan bukannya sebuah technology baru. by design kita pasti maklum kalo akhirnya IFX harus downgrade dari kFX karena Indonesia bukan sekutu AS. Sedangkan KFX tidak akan sama atau melebihi F35 karena secara bisnis itu tidak akan dan tidak boleh terjadi. Tidak ada untungnya bagi mereka menggagalkan IFX justru IFX adalah jalan terbaik untuk mengendalikan kekuatan udara Indonesia.

    •  

      justru indonesia lah …yang akan menggagalkan KFX/IFX itu kalau di downgrade semaunya korsel atau semunya dari pihak ketiga. karena indonesia menginginkan pesawat dg grade ala indonesia.

      tapi indonesia akan tetap maju terus tanpa korsel…andaikata KFX pun gagal.

  40.  

    rencana kerja sama PT.DI dan Airbush telah terjadi, lalu timbul pertanyaan, bagimana nasib KFX dan IFX. pendapat [email protected] sangat tepat.kerja sama TOT pesawat tempur dengan korea selatan sedikit ‘terancam’ hal ini sudah terlihat sejak awal terjadinya pemunduran hampir 2 tahun kurang lebih terhadap proyek KFX/.IFX dengan alasan terjadinya kepemimpinan dalam pemerintahan ‘boy band’ korea selatan. dari janji tahap awal prototipe pertama tahun 2014 mundur menjadi 2017 jika tidak meleset, lalu mundur lagi jika tidak meleset 2019-2020 dan produksi massal jika sekali lagi tidak meleset 2022-2023. namun untung pemerintah dan PT.DI dan LAPAN punya Plan B. yaitu ; LFX =Lapan Fighter Experimental jika terjadi ‘ sesuatu ‘ dengan proyek KFX/IFX
    apa tujuan nya? yaitu jika terjadi hambatan dan kendala dalam proses tot dengan korea selatan maka proyek plan B LFX akan berjalan. hal ini sudah di jelaskan oleh Prof.Thomas Djamaluddin. bahwa LFX adalah bayangan KFX/IFX.dan dapat berjalan sendiri tanpa bantuan korea selatan. artinya ada negara lain yang terlibat membantu.

    namun saat ini blue print LFX masih diatas kertas dan wacana, dikarenakan korea selatan melanjutkan lkembali KFX/IFX yang tertunda .
    jadi saya rasa plan B dari PT.DI adalah mengambil peluang kerja sama dengan airbush jika KFX /IFX tercium bau yang sangat mencurigakan.
    semoga proyek Lapan Fighter Experimental antara LAPAN dan PT.DI adalah plan B blue print pesawat tempur TNI ke depan.
    semoga ilmu dari airbus dengan Tipon nya menjadi ban serep jika KFX/IFX berjalan bagai siput.

    maaf OOT dari office boy

    •  

      betul bung, karena di Indonesia juga dibentuk tim dan ruang riset sama seperti di Korea sebagai antisipasi KFX/IFX gagal. Setiap perkembangan tim kita dikorea akan dicopy paste ke tim yang di Indonesia. Memang dari awal tim riset Indonesia sudah tau ada kemungkina project gagal di tengah jalan. Tapi kalau tidak berani mencoba ya bakalan ndak akan jadi sampai kapanpun. Tadinya bayangan saya alternatif pengganti F-5 adalah Thypoon or Rafale.
      minimal ada peluang akses engine ERJ-2000 atau Snecma nya.
      kalau salah ya maaf

      •  

        setuju [email protected] ,,, menurut pendapat saya, juga begitu pasti ada rencana cadangan jika KFX/IFX mandek lagi atau di ulur ulur oleh korea selatan. salah satu nya ya ini kerjasama PT.DI vs Airbus yang tujuannya minimal ilmu ‘tipon’ bisa di dapat sedikitoleh PT.DI buat ban serep proyek pesawat tempur,dan saya yakin LFX akan berjalan jika KFX/IFX terhambat.mungkin bisa di baca lagi pada;

        http://jakartagreater.com/lapan-fighter-experiment-jembatan-kfxifx-indonesia/

      •  

        Yup memang sudah ada antisipasi dari pemerintah terhadap proyek ini dengan membuat miroring research centre nya di bandung. Jadi apa yang terjadi, didesain dan dibuat di korea, juga masuk datanya ke bandung. Beberapa tahun lalu Ada isu yang tdk terverifikasi, sy lupa sumbernya dan tentunya seperti biasa isu seperti ini unverified. Bahwa Pak Poer pernah marah-marah ke pihak korsel mengenai terhambatnya proses kerjasama ini, waktu itu berbarengan dengan kunjungan petinggi project ini dari pihak korsel k jakarta. Isu nya karena ada tekanan, mengenai mesin yg akan digunakan bahwa kita tdk mendapatkan akses untuk menggunakan mesin itu untuk IFX. Kemudian dicari alternatif dari negara eropa yang mengizinkan dan bersedia memberikan mesin pesawat yg mereka produksi untuk digunakan di IFX, tentu dengan perjanjian tertentu. Kebetulan pada saat itu eropa mengalami krisis yang terburuk, sehingga meskipun NATO memiliki hubungan sangat dekat dengan US, tp negara ini memang terkenal agak bandel demi keberlangsungan hidup rakyat dan negaranya sendiri. Semoga hal ini memang benar adanya. Meskipun kita tdk mendapatkan mesin dari US, kita bisa mendapatkan dari yg lainnya.

  41.  

    harusnya gak ada bung AD, beda kan hubungan antara penjual / pembeli dengan sesama partner / kongsi dalam suatu usaha…

  42.  

    sikap terlalu menjunjung tinggi unggah ungguh dlm hal ifx harus sedikit dikurangi,harus “ulet” biar gak dikadali korea.

  43.  

    Bg Wermacht,trus dana yg sdh kita gelontorkan gimana? Apakah sesuai dg yg sdh kita dapat? Sementara yg kita butuhkan tecnologi avionic yg sngt ribet.maaf nanya maklum oot.

    •  

      Ya bablas bung anak medan…pasti sdh ada klausula dlm MoU memgenai kegagalan proyek….tp gak sia sia karena kita dapet data riset yg bs di transfer ke plan B…

      •  

        Bung wehrmacth klwpun plan A gagal yg dimaksud gagal disini apa gagal tidak seperti yg diharapkan tapi tetep mendapat unit sesuai kesepakatan kontrak sbanyak 50 biji, atw kah gagal tanpa ada pesawat apa2. Klw perkiraan saya memang bisa kemungkinan gagal tidak sesuai spek yg diharapkan tapi kita tetep mendpatkan unit tersebut. Untuk plan B dari awal saya sudah yakin kita pasti punya cadangan untuk suatu target”Pesawat Tempur”. Banyak jalan menuju Roma..hehe. Yg penting targetnya yaah bisa sampai Roma itu..hehe. Ini seperti pada alusista yg lain Tank, Rudal, dll. Jadi yaah kita thinks smart saja..:D

  44.  

    Kalau gak salah, bj habibie pernah berkomentar tidak setuju tentang indonesia bermitra dengan korsel dalam buat pesawat, tapi malah banyak yang mencela habibie

  45.  

    setelah bertaun-taun ini ane jadi silent reader
    ane akhirnya bangkit dari laut selatan

    salam kenal para sesepuh

  46.  

    Nasibnya kita selalu dibohongi sama asing. Jelas korea cm butuh duit kita doank. Lalu gimana nih kalo kerja sama dengan typhoon kita juga dibohongi setelah kita keluar uang banyak buat beli typhoon??? apa solusinya spy hal tsb tidak terulang lagi dan bagaimana implementasinya?? Sbg warga biasa sy cuma sedih saja melihat bangsa besar ini selalu dibohongi dan diperas asing.

  47.  

    artikel joss bung wehrmacht …
    salut ma bung diego bisa editing komen
    cocok buat buka hati fans KFX Korea neh …
    tdk mudah buat jv dg negara lain, sementara anak bangsa jg sdh bisa lakukan,
    contoh yg bikin prihatin refurbish C130 aussie trus elang botak jg malah dikerjakan di luar dg cost aduhai, skadron teknik/
    pemeliharaan AU kita sdh biasa kerjakan pemeliharaan C130 tingkat berat, elang botak jg mampu dikerjakan disini AU + PTDI bisa kerjasama, duit gedenya cuma buat bayar mahal bule di sono … sayang euy !
    ada yg aneh dg sistem di negri ini, mungkin urusan politik yg selalu mengalahkan & menekan akal sehat kalee … puyeng dah

  48.  

    Kalau vicky pete yg ngomong, pasti dia bilang “labil perasaan mempertakut sesuatu yg menjadi harapan sepenuhnya untuk gagal” ๐Ÿ˜€
    Tapi takut tetaplah takut, biar kata bisa ditulis meyakinkan sekalipun, toh sejauh ini progress KFX/IFX berjalan sesuai rencana, lha mau ngomong apa wong kenyataan memang seperti itu.

    Daripada ikut ikutan ditakut takuti akhirnya mempertakut optimisme dan menimbulkan pesimisme, mendingan mari sama sama awasi proyeknya dan jangan takut mengingatkan pemerintah kalau progress-nya tdak sesuai harapan.

    Lha percaya opini bung wehr seperti dalam artikel ini pun apa sih faedahnya? Apa lalu yg punya niat buruk itu lalu berhenti mencoba mengadali kita kalau memang benar seperti itu? Tentu tidak!

    Kecuali kalau bung wehr bersedia bernadzar lari bugil keliling bundaran hotel indonesia kalau apa yg ditulisnya ini ternyata salah, lha mari kita yakini bersama, semata mata demi menyaksikan aki aki setengah tua gondal gandul muter bundaran h.i demi melunasi nadzarnya ๐Ÿ˜€

  49.  

    susudah membedah lalu mencangkok dr kita…hehehehe

  50.  

    garudamiliter.blogspot.com/2014/11/pesawat-tempur-indonesia-masih-impian.html?m=1

  51.  

    CMIIW,
    1. F35 bukan kelas berat, Su35 kelas berat, bukan kelasnya untuk ditandingkan. Maka mencari fighter selevel dg F35 adalah perlu dalam hal efisiensi peperangan. Dalam hal ini, gripen E/F memiliki rasio terbaik.
    2. Berbicara soal ToT, tawaran gripen dg ToT 100% sangatlah menarik sebenarnya, meskipun kita tahu gripen sendiri hanyalah pesawat gado-gado, jahitan. Tapi justru karena itu lebih menarik, karena ilmu menjahit itu yang sekarang kita butuhkan benar-benar. Kita belum kuasai mesin, radar, dan stealth. Tapi kita bisa pasang mesin yang kita suka, radar yang kita mau, dari blok barat maupun timur. Dan jangan lupa dengan integrasi sistem komunikasinya.
    3. Dengan kemampuan penggelaran di segala tempat, sistem mobilitas pangkalan yang ditawarkan gripen justru bisa menutupi kekurangan kita akan pangkalan yang letaknya berjauhan. Boleh jadi kita tiba-tiba punya pangkalan di pulau rote yang sejangkauan dengan Sidney. Atau di pulau Nusakambangan, yang hanya sak nyuk dengan pulau Christmas. Atau bisa ditempatkan scr tak terduga di pulau Bangka, untuk selangkah tepat ke Singapura.
    4. Meskipun gripen itu gado2 blok barat, tapi saya yakin jika ToT 100% itu bisa menjadikan orang kita yang jago ngoprek itu bikin gripen mutagenesis. Badan gripen mesin AL117s. Dijamin super agility dan super cruiser. Plus enteng nggotong apapun.

  52.  

    Catat perkiraan saya, pemerintah kita sekarang sangat pro AS. jadi kalau ada yang bilang visi pertahanan kita looking to the east, lupakan saja. Masih ada waktu 5 tahun untuk membuktikanyaโ€ฆ

    sayaa sependapat dengan ini…
    sedari awal kampanye pun sudah ada dugaan seperti disebut bung wehrmacht
    jadi mst siap2 plan Bnya

  53.  

    Saya setuju sama pt di ingat direkturnya pernah berkata tidak akan pernah ada satu negarapun yang mau 100% tot teknologi pespur jadi bagaimana caranya agar teknologi itu bisa kita kuasai? cara yang sekarang dilakukan sudah benar reverse engineering dengan berbagai negara seperti mengumpulkan kepingan puzzle teknologi pespur dari berbagai vendor untuk mencari teknologi yang belum kita kuasai…cmiiw

  54.  

    Kalau kondisi politik dan ekonomi indonesia bagus maka tot thypon n gripen kemunkinan besar bisa berhasil melihat kondisi ekonomi belum stabil, pesawat tersebut sudah teruji tinggal mencontoh,menjiplak dan mengembangkanya. Untuk KFX agak meragukan karena riset tersebut belum tentu berhasil masih coba2 dan lg asu adalah negara pelit teknologi kemungkinan gagal besar apalagi pesawat yg akan dibuat generasi ke 4++. Pada akhinya kita akan rugi.tetap semangat

  55.  

    Kita tidak bisa hanya mengandalkan Typhoon ato Gripen semata bung,
    tahun 2020 kita dikepung F35 dari utara dan selatan, harus yang sepadan bung.

    Apakah peristiwa Bawean akan terjadi lagi?? F16 kita intercept malah ganti di intercept lawan??
    pilotnya ampe landing gemetaran????

    Pikir bung..

  56.  

    AirbusGroup:

    Melaui Airbus Transport International, salah satu divisi perusahaan bagian dari Airbus Group telah lama menjalin kerjasama dengan PT DI diantaranya kerjasama produksi bersama dan Transfer of Technology (ToT) pembuatan pesawat CN295. Kerjasama tersebut diharapkan terus berlanjut dan pihak Airbus Transport International akan selalu menunggu serta siap mendukung sepenuhnya setiap ada permintaan kerjasama dari Indonesia.

    Dalam kesempatan yang baik tersebut pihak Airbus Transport International juga menawarkan kerjasama pembangunan pesawat angkut untuk mendukung bantuan angkutan peralatan berat dan juga kerjasama pengembangan sistem pesawat tanpa awak (UAV).

    Selain itu, Airbus Group melalui divisi Airbus Helicopters juga menyatakan siap mendukung kemajuan teknologi di Indonesia. Sejauh ini Airbus Helicopters telah menjalin kerjasama dengan PT DI dalam pembangunan helikopter baik untuk kepentingan militer maupun komersil.

    ——->>>> Sedangkan melalui Eurofighter Typhoon yang juga merupakan divisi dari Airbus Group menyatakan siap mendukung program pengembangan pesawat tempur KFX/IFX khususnya dalam peningkatam system assembly di PT DI, Bandung.

    sumber: DMC

  57.  

    Plan d mesin pake saturn.

  58.  

    wah duh…. saturn kayak merk pcb saja ….. apa sekalian merk ronika ..?

  59.  

    Yang satu bilang sudah masuk blue print ,yang satu lagi bilang bakalan gagal ,gimana lagi yang lain ?masihkah sosmed di Indonesia jadi tempat sumber berita hoax seperti yang disampaikan Pak Jokowi beberapa hari yang lalu ?sungguh miris nasib bangsa kita sekarang ini kalau begini kualitas berita yang kita jadikan sumber berita alias banyak berita yang tidak layak dibaca dan dijadikan acuan !Selamat untuk pak Jokowi yang telah menginisiasi gerakan anti hoax !

 Leave a Reply