JakartaGreater.com - Forum Militer
May 122018
 

Sistem rudal permukaan-ke-udara S-300V1 (SA-12 Gladiator) Angkatan Bersenjata Ukraina Β© Ukraine MoD

Moskow, Jakartagreater.com – Rusia tidak dalam pembicaraan dengan pemerintah Suriah tentang penyediaan Rudal darat-ke-udara S-300 canggih dan tidak berpikir bahwa mereka dibutuhkan, ujar harian Izvestia mengutip seorang pembantu pejabat puncak di Kremlin pada hari Jumat 11 Mei 2018, yang tampak sebagai kebijakan yang berputar balik oleh Moskow, dirilis Reuters, 11 Mei 2018.

Komentar dari Vladimir Kozhin, seorang pembantu Presiden Vladimir Putin yang mengawasi bantuan militer Rusia ke negara-negara lain, muncul usai kunjungan ke Moskow oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pekan ini, yang telah melobi Putin dengan keras untuk tidak mentransfer Rudal-Rudal itu.

Rusia bulan lalu mengisyaratkan akan memasok senjata kepada Presiden Bashar al-Assad, melangkahi keberatan Israel, setelah serangan militer Barat terhadap Suriah. Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan serangan itu telah menghilangkan kewajiban moral yang harus dimiliki Rusia untuk menahan Rudal-Rudal dan harian Kommersant Rusia mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan pengiriman mungkin akan dimulai dalam waktu dekat.

Namun, komentar Kozhin, yang dirilis begitu cepat setelah pembicaraan Netanyahu di Moskow dengan Putin, menunjukkan upaya lobi pemimpin Israel, untuk sementara waktu, membuahkan hasil. “Untuk saat ini, kami tidak berbicara tentang pengiriman sistem modern baru (pertahanan udara),” kata Izvestia mengutip Kozhin ketika ditanya tentang kemungkinan memasok Suriah dengan S-300.

Militer Suriah sudah memiliki “semua yang dibutuhkan,” Kozhin menambahkan. Kremlin mengesampingkan pendapat bahwa mereka telah memutar balik kebijakan atas rencana pengiriman Rudal atau keputusan apa pun, terkait dengan kunjungan Netanyahu.

“Pengiriman (dari S-300) tidak pernah diumumkan seperti itu,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan pada panggilan konferensi, ketika ditanya tentang masalah itu. “Tapi kami mengatakan setelah serangan (Barat) (di Suriah) bahwa tentu saja Rusia mencadangkan hak untuk melakukan apa pun yang dianggap perlu.”

Kemungkinan pasokan Rudal ke Assad bersamaan dengan hadirnya kekuatan militernya ke Suriah telah membantu Moskow meningkatkan kekuatan Timur Tengahnya. dengan Putin menjadi tuan rumah semua orang, mulai dari Netanyahu, presiden Turki, Iran dan raja Saudi.

ISRAEL LOBBYING

Israel telah melakukan upaya berulang untuk membujuk Moskow untuk tidak menjual S-300 ke Suriah, karena khawatir hal ini akan menghambat kemampuan udaranya terhadap pengiriman senjata ke kelompok Libanon yang didukung Iran, Hezbollah. Israel telah melakukan sejumlah serangan udara terhadap pengiriman yang dicurigai.

Pada hari Kamis 10 Mei 2018, Israel mengatakan telah menyerang hampir semua infrastruktur militer Iran di Suriah setelah pasukan Iran menembakkan roket ke wilayah yang dikuasai Israel. S-300 dapat secara signifikan mempersulit serangan Israel.

Sistem Rudal, awalnya dikembangkan oleh militer Soviet, tetapi sejak dimodernisasi dan tersedia dalam beberapa versi dengan kemampuan yang sangat berbeda, menembakkan Rudal dari truk dan dirancang untuk menembak jatuh pesawat militer dan rudal balistik jarak pendek dan menengah.

Meskipun sejak digantikan oleh sistem S-400 yang lebih modern, S-300 masih dianggap sangat kuat dan melampaui apa pun yang dimiliki pemerintah Suriah saat ini. Suriah saat ini bergantung pada campuran sistem anti-pesawat buatan Rusia yang kurang canggih untuk mempertahankan ruang udaranya.

Media Rusia pada Jumat 11 Mei 2018 secara aktif mengedarkan sebuah video yang dirilis oleh militer Israel yang menunjukkan Rudal Israel menghancurkan satu sistem semacam itu – sebuah baterai pertahanan udara buatan Pertahanan-S-1 buatan Rusia – pada Kamis 10 Mei 2018 di Suriah. (Reuters).

Berbagi

  93 Responses to “Nasib Suplai S-300 Suriah, Pasca kunjungan Netanyahu”

  1.  

    Zionis kamfreeet.aku pukul kamu,tapi kamu jangan melawan yach.

  2.  

    HABIS MANIS SEPAH DIBUANG, Jd Masalah Bkn Barangx Ttp Geopolitik, Lalu Apa Untungx Bagi Rusia ? Bisa Di Pastikan Suriah Kosong Melompong

  3.  

    memng jago lobby israel ini, sempat sempatnya ikut jalan kaki lumayan jauh untuk memperingati hari pahlawan tak dikenal di russia bersama jutaan rakyat russia, dalam hati si netanyahu “gua datang kesini pas lg ada acara negara, pengen nolak ikutan pawai ya ga enak jg..terpaksalah gua ikut jalan kaki”

  4.  

    Tentu tdk lepas dr pengaruh hasil intelijen mosadik yg pny kartu truff bt melobi

  5.  

    S-300 walaupun di bawah S-400 tapi tetap aja sangar!!!

    https://youtu.be/Nrtm1dKjrAo

  6.  

    Pakai manpads aja, lincah, gesit, tepat ?

  7.  

    Saya anteknya Jimmy πŸ™‚

  8.  

    HIDUP JIMMY πŸ™‚
    HIDUP JIMMY πŸ˜‰

  9.  

    Loby2 wahyudi memang yahud! Dpt konpensasi apa ya Rusia atas pembatalan pengiriman s300 keSuriah oleh Israel?

  10.  

    Loby2 wahyudi memang yahud! Dpt konpensasi apa ya Rusia atas pembatalan pengiriman s300 keSuriah oleh Israel? Makin rame dah huru-hara disana.

    •  

      kalo saya yg jadi presiden suriah.. ane mau ngomong gini sama rusia..mr putin sebenarnya ente ini sekutu kami bukan?.. dukungan anda(rusia) setengah tengah sih..kalo memang sekutu seharusnya anda itu dukung total…kalo tidak dukung kami secara utuh sebaiknya anda pergi..!!!

      •  

        Wajar aja setengah hati Perangkan butuh duit atau Imbalan Rampasan SDA ( minyak & gas ), di Tambah Lg Sanksi Embargo Ekonomi & militer dr Barat, Mkx Rusia Gengsi Impor Barang & Jasa dari Barat, Yg Pd Akhirx Barter Sama Itu Tuh

  11.  

    Agato Telah Sukses Misix adalah Jama’ah Rusiyah mulai Berkurang dan Bertambahx Jama’ah US

  12.  

    Klean antek marika beraninya ngancem πŸ™‚ face to face lah gblk, duel tonjok-tonjokkan diring tinju
    Beraninya ngancem potong k**tl aja sana bhe ericko lim

  13.  

    sepertinya russia menahan dulu pembicaraan mengenai s-300 suriah, sampai ada perkembangan kedepannya baik mengenai aksi IDF dan milisi dukungan iran untuk suriah yang tidak terkoordinir

  14.  

    Entah apa yang ditawarkan atau di janjikan kepada Russia, yang jelas itu bukanlah hal yang sepele… terbukti saat ini, bahkan tidak ada satu pihakpun yang menekan Russia, jauh berbeda ketika koalisi USA akan menyerang Suriah, semua pihak ikut menekan Russia termasuk Inggris…

  15.  

    Wkkkk… Lah ini juga bikin bingung seharusnya kalau senjata AA yg lebih modern aja bisa Mereka hancurkan ya si wahyudi tidak usah khawatir soal ini dong xixixi…

  16.  

    Kasihan Suriah Tdk Punya Program Kemandirian Alutsista Nasional Spt Indonesia, Jd Kalau Mau Perang Sdh Siap

    •  

      Mereka Dulu Punya Program Senjata Yg Sangat Ambisius Bung. Malahan Sempet Mau Kembangin Nuklir. Tapi Sebelum Proyek Itu Kelar Suriah Sudah Kelanjur Di Acak-2 Ama Wahyudi&AS.

    •  

      Dulu dah mau buat nuklir, tapi udah dihancurin reaktornya tahun 2007. Makanya Ane yakin kalo hanud Suriah bisa jago soalnya udah diupgrade Ama Rusia. Buktinya reaktornya aja di Deir Ezor bisa dihancurin, begitu sekarang bisa garang juga tuh hanud tua.

    •  

      Bung Jimmy & Agato, Pakistan Punya Hulu Ledak Nuklir Tp Knapa Nggak di Hancurin ?

      •  

        Yah mereka mengembangkan sejak tahun 60an dan baru diuji coba tahun 90an. Lagian Pakistan, India dan Israel bukan negara yg ikut menerima atau meratifikasi NPT.

        •  

          60An Apa 70An?.

          •  

            Lah mereka kan sezaman dg kita, China, Korut dan India waktu belajar buat roket dan nuklir dulu.

          •  

            Ya Nggak Lah. Coba Baca Aja Atau Search Di Google Dgn Judul Pakistan And WMD History.

            Lagian Dulu Mereka Memang Gk Di Tekan Terutama Oleh Barat Krena Mereka Satu-nya Benteng AS Di Asia Tengah Untuk Membendung Pengaruh Kuminis Soviet Dan India Yg Merupakan Musuh Bebuyutan Pakistan Dan Dulu India Jg Dianggap Kacung Soviet Oleh Barat. Dan Selain Itu Banyak Negara Yg Support Program WMD Pakistan Terutama Negara Islam Seperti Saudi Dan Lainnya Krena Mereka Dulu Menganggap India Adalah Negara Kfir Makannya Dibiarkanlah Itu Proyek Nuklir Iran

          •  

            Makannya Dibiarkanlah Itu Proyek Nuklir Iran

            ———————

            Ehhh Proyek Nuklir Pakistan Bukan Iran.

          •  

            Hhhhhhhhhh…. Ya ya ya… Memang menarik masalah Pakistan-India ini. Dulu India dekat dg Rusia-Uni Soviet, sekarang mendekat ke Barat. Dulu Pakistan dekat dg Barat, sekarang dekat dg China.

          •  

            sekarang pakistan sudah sadar bahwa selama ini pakistan hanya dimamfaatin amerika & sekutunya & yg didapat pakistan dulu sewaktu brkoalisi dgn amerika cuma tong doang

            hahhaahaaaa

          •  

            Pakistan berseteru dengan India… Pakistan mendapat dukungan dari USA, dan India jelas saja merapat ke Rusia/Uni Sovyet…
            Karena mementingkan potensi pasar, USA rela melepaskan Pakistan dengan target merebut pasar di India apalagi USA paham kalau India dan China juga sedang panas…
            Ketika China mendapatkan Su-35 India memilih Rafale untuk melawan Su-35 China…
            India tidak merapat ke barat… India terbiasa dengan teknologi Rusia/Israel/Prancis… dan USA berusaha merebut sesuatu disana, kebutuhan pespur yang masal jelas menjadi pangsa yang terlalu renyah untuk dibiarkan liar oleh USA…

          •  

            tapi sebetulnya india menyesal mmboyong rafale, krna masih lbh canggih su35

            hahhaahaaaa

          •  

            Kata siapa, orang India sendiri yg bilang: Su-35 kelaut aja, istilahnya. Hhhhhhhhhh

          •  

            bukan, tapi f16 & f35 kelaut ajja, karna india sudah menolak kok terus dipaksain beli oleh lm

            hahhaahaaaaa

        •  

          agato @ pakistan india itu sekutuh usa,dgn alasan dua2nya berkonflik supaya dpt nuklir tanpa sekatan,
          tujuan masa depan membantu usa untuk menghadapi china.

      •  

        Lain Ceritax Kalo Pakistan Bertetangga dg Israel, Kan Pakistan Dg India Sdg Konflik Jd Ingat Film Bollywood Tentang Khasmir, Soal Suriah Salah Buat Nuklir, Seharusx Mulai alutsista Kelas ringan, menengah Lalu Berat, Spt Indonesia

      •  

        Jangankan mw hancurkan nuklir pakistan tegang dengan usa saja ratusan ribu pasukan china diperbatasan pakistan siap tempur bela pakistan bung ,pakistan-china bersahabat erat ,jika sampai pakistan diserang dijamin pasti china turun tangan ,taiwan,korut,pakistan itu garis merah yg ga blh diganggu

  17.  

    Udh di bilang dari duluu…

    Coba tanya ke om Putin, gue ini sekutu lu apa tempat uji coba senjata lu siih. Biar jelas semuanya. wkwkkwkw MEONGGGGGG

    Cian de lo.

    •  

      Perasaan kalau tidak ada kehadiran dan bantuan Russia, sekarang ini Suriah sudah hilang berganti menjadi ISIS… saat Russia mulai membantu secara langsung di Suriah, kondisinya sudah sedemikian parah tinggal 30% wilayah yang bisa dikendalikan pemerintah Suriah…

      Urusan Israel-Suriah-Iran jelas diluar agenda kehadiran Russia… Russia secara kusus membantu memerangi teroris, bukan untuk memerangi Israel..

  18.  

    Sekutu stengah2 dong klo gitu. Makanya dia kadang suka mikir dulu, duuhh bantu ga ya si Om Assad. wkwkkwkw

    Lu sih stengah2 jadi sekutu and biasa juga sering phpin sekutu lu. Mungkin gara2 itu sekutu2 dia dulu pada ninggalin dia. Ga bisa di andalin sih. wkwkkwkw

    •  

      russia tdk pernah meninggalkan aliansinya, mrk saja yg trgiur iming iming ekonomi wah dr inggris & sekutunya sewaktu di uni sovyet, terakhir inggris keluar dr uni eropa & negara yg lepas dr uni sovyet yg kini masuk uni eropa cuma tong yg didapat dgn utang yg banyak

      hahhaahaaaa

    •  

      Assad sampai sekarang sehat dan Suriah sudah sukses mengalahkan ISIS… dari situasi hampir kalah… sekarang menjadi pemenang, dan jelas posisinya sudah sangat kuat dibandingkan tahun 2015…

      Israel memperkeruh situasi karena mereka kawatir dengan pergerakan Iran yang getol membantu Palestina… sehingga mereka berusaha terus mengganggu pergerakan yang terjadi di Suriah terutama yang berhubungan dengan pergerakan pasukan Iran…
      Apalagi Hizbulloh menang pemilu di Libanon…

  19.  

    Cian de lo

      •  

        Menurut saya serangan Iran ke Israel itu tidak ada hubungannya dengan palestina bung, Iran terkenal dengan Syiahnya, syiah dan sunni itu tidak akur bahkan Iran telah membuat kakbah tandingan di Iran jadi kalau mau berhaji mereka tidak perlu ke mekkah karena sudah ada mekkah nya versi Iran, jadi sangat mustahil kalau Iran menyerang Israel karena mendukung Palestina

        •  

          Hoax 55 ribu jamaah haji iran tiap th ke mekah bung,yg bantu hamas itu iran bukan saudi

          •  

            Rezim saudi yang sekarang sudah tidak bisa di harapkan lagi bung kalau bicara masalah Israel, mereka cuma kacung AS rajanya tidak punya taring, mereka hanya fokus dengan permasalahan internalnya.
            Kalau tidak nurut dengan AS nanti bisa di kudeta, seperti yang terjadi di Turki, “sudah terkena penyakit takut mati dan cinta dunia”
            yang masalah 55 ribu jamaah haji dari Iran itu mungkin saja, tapi faktanya mengenai kakbah tandingan di karbala itu juga bukan isapan jempol

        •  

          Israel Sunni???

          Setuju sama bung Kwan… Iran yang mendukung Hamas dan Hizbulloh, dan justru mereka2 ini yang secara aktif berseteru membela Palestina…

          •  

            Palestina yang sunni
            sudah jelas-jelas Iran berlawanan arah dengan sunni ngapain bela palestina?
            yang masalah Iran seolah bela palestina mungkin itu hanya cara mereka saja yang membingkainya melalui media seolah-olah membela palestina, padahal ada kepentingan lain di dalamnya.
            contohnya, Iran itu terkena sanksi perdagangan, mungkin hanya hisbulah yang mau membeli rudal-rudal ciptaan mereka sehingga beredar rumor kalau Iran pro palestina karena rudal ciptaannya di beli oleh Hizbulah untuk menyerang Israel (Ini hanya opini tidak ada linknya).
            kalau yang masalah Suriah dan Hizbulah pro palestina saya tidak tahu, tapi kalau anda bilang Iran pro palestina saya tidak sependapat dengan anda

            Tausiyah yang sering beredar di forum agama di Aceh
            Iran itu Syiah, dan mereka sudah mendirikan kakbah tandingan di karbala jadi mereka tidak perlu lagi berhaji ke Arab Saudi

          •  

            Konyol… Iran mendapatkan sangsi karena memang karena kejadian revolusi Islam di Iran menyebabkan USA sangat marah kepada Iran… dan dari dulu sampai kapanpun akan terus menekan Iran… termasuk mencegah supaya Iran tidak mendapatkan persenjataan modern dari Russia dengan berbagai sangsi…
            Entah untuk alasan apa, yang jelas Iran terus bermusuhan dengan Israel dan selalu memberikan dukungan kepada pihak2 yang berseteru dengan Israel termasuk memberikan dukungan kepada Palestina bekerja sama dengan Hamas-Hizbulloh-Suriah… itulah mengapa usaha melengserkan Assad salah satunya ya untuk mengehentikan dukungan Iran tersebut..

            https://international.sindonews.com/read/1228488/43/iran-dan-hamas-mesra-lagi-untuk-melawan-israel-1502211776

        •  

          Bukan kakbah tempat ziarah perayaan assyura mengenang wafatnya cucu nabi imam husein dikarbala ,mang hamas keuangan dan senjata dibantu iran mas dedy

          •  

            Nah kalau masalah hamas di bantu Iran saya tidak tahu bung. tapi setahu saya permusuhan antara sunny dan syiah di Suriah itu lebih parah dari pada permusuhan Islam-kristen

            Isu yang bereadar disini itu kakbah tandingan bung yang di karbala yang di gunakan untuk berhaji mereka

          •  

            Bung ganar kemana neh tolong jelasin

          •  

            http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/timur-tengah/16/03/21/o4cg87320-dubes-ri-untuk-suriah-angkat-bicara-soal-assad-dan-suriah

            “Orang sudah terlanjur menganggap pemerintah Suriah itu Syiah. Itu yang harus saya luruskan. Basyar itu Alawite, yang terdiri antara lain dari Druze. Ia Sunni. Saya lihat langsung. Mufti Syekh Adnan al-Fayouni, yang diundang berapa kali ke Indonesia oleh ICIS, dan belum lama ini ke Indonesia, mengimami shalat pada acara Maulid Nabi. Di belakangnya Assad dan shalatnya sendakep, berarti bukan Syiah. Itu kita luruskan dulu.

            Kedua, informasi yang menyatakan pemerintah Assad membunuhi rakyatnya. Itu tidak benar. Bagaimana mungkin, wong pemerintah solid didukung rakyatnya. Jadi jika memang ada yang meninggal, itu karena perang dua kubu, namanya perang.

            Kalau dulu perang itu antarprajurit, tak boleh menyerang rumah sakit dan lain-lain, rumah ibadah, sekolah. Nah sekarang jihadis di Suriah yang fanatis dengan ISIS, Alqaeda, saling berperang. Bukan hanya pemerintah. Itu yang harus diketahui. Saya langsung di sana, melihat dengan mata saya, mengamati detik demi detik dan melaporkan ke pemerintah RI.”

          •  

            “Di Suriah tidak ada benturan Sunni-Syiah, kalaupun ada itu adalah agenda perseteruan antara Arab Saudi dan Iran. Suriahnya sendiri tidak ada, saling menghormati. Kristen Ortodoks pun sendiri aman di sana. Orangnya ramah-ramah, sopan-sopan, tidak seperti negara lain, tentara sekalipun tidak ada yang berangasan.”

            Itu adalah pernyataan dari dubes Indonesia untuk Suriah ditahun 2016 ketika perang di Suriah masih sangat masif…

  20.  

    TEST…

    •  

      Napa avatar gip engak bisa sioihhh…
      Padahal buatnya mumet bener….pas dah jadi malah ngak bisa…xazaxaxa…
      Apa lagi buat pespur kali yaa…bisa bunuh diri ….

  21.  

    Nah kalau masalah hamas di bantu Iran saya tidak tahu bung. tapi setahu saya permusuhan antara sunny dan syiah di Suriah itu lebih parah dari pada permusuhan Islam-kristen

  22.  

    Udeh kelihatan kalau israel dan amerika takut sama s300, sama s300 aja takut apalagi sama S400, produk kwalitas moncer, tinggalkan produk amerika

    😎 huehuehue

  23.  

    Israel paranoid sama S300 neh? Coba minta klembak propelan mbah mien aja sono

 Leave a Reply