Aug 152014
 
MBT Leopard 2 Revolution Indonesia

MBT Leopard 2 Revolution Indonesia

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.


Jakarta โ€” Deputi Tim Transisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Andi Widjajanto, mengatakan, pihaknya akan mengkaji soal keberadaan main battle tank (MBT) Leopard dalam postur pertahanan Indonesia. Andi menyebut pihaknya belum mengambil keputusan apa pun terhadap tank itu.

“Harus dilihat dulu kontraknya seperti apa, kesiapan infrastruktur pertahanan, terutama Angkatan Darat, seperti apa,” kata Andi di Kantor Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Mantan Dosen Universitas Indonesia itu mengaku belum tahu kontrak pengadaan MBT yang didatangkan dari Jerman tersebut. Dia hanya mengetahui bahwa pada awal Oktober, sekitar 25 unit tank tersebut akan datang dari total 120 unit.

“Harus dilihat konsekuensi-konsekuensi dari pengadaan tersebut, termasuk anggaran kedatangan tank Leopard,” kata Andi.

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.

“Kalau Pak Jokowi meminta itu direvisi dari program pengadaan tank Leopard, kita cari opsi-opsinya,” kata Andi.

Sebelumnya, Jokowi mengangkat isu soal pembelian tank Leopard dalam debat capres pada Minggu (22/6/2014) malam. Jokowi mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank itu karena berat tank bisa merusak jalan dan jembatan.

“Tank Leopard terlalu berat, 62 ton. Lewat jalan rusak semua, apalagi jembatan kita tidak kuat menahan beban 62 ton,” ujar Jokowi. (Kompas.com).

  388 Responses to “Nasib Tank Leopard di Era Jokowi”

  1. Jalankan program MEF,lanjutkan….!!!

    • orang model jokowi itu cara kerja hangat hangat tai ayam…awalnya doang keliatan bagus, hebat…selanjutnya, terserah…
      buktinya sdh cukup byk di solo n di jkt.

      • orang jawa bilang “koyo hiyo-hiyo-o” gitu to ? ๐Ÿ˜€

        • Hehe artinya apa tu om McD..maap :p

        • ujung ujunge mangkrak,, ๐Ÿ˜€

        • Betul2.. kang aher gubernur jabar tanpa banyak basa basi denger2 malah akhir agustus ini akan meresmikan monorel pertama di jabar bandung. Tanpa ribut2 dimedia malah berprestasi bagus.

        • @ pak handal, koyo hiyo hiyo-o, itu artinya diawal nampak sangat semangat (kobaran semangatnya luar biasa) tp di tengah jalan “mampeh” ( mampeh= bhs yg dekat ini adalah loyo) ๐Ÿ˜€

        • Wkwkwk bener om McD. Ga ada kejaan jokowi yg selesai dengn baik. Hampir semua meninggalkan masalah dibelakangnya. Yg nyebokin malah si penerusnya.

        • Jare arek Suroboyo iku ” NJEKETEK “

        • Tidak usah suudhon dulu lah…Jokowi dulu menyelesaikan masa jabatannya yg pertama dengan sukses dan pada pilwalkot yg kedua mendapat suara lebih dari 80%. Jadi kalau komentar tidak pernah menyelesaikan masa jabatan, itu tidak fair. Utk yg akan datang, saya sebagai rakyat jelata hanya bisa berdoa (karena tidak bisa mendukung, tapi juga tidak akan merecoki) semoga sukses. Salam hangat.

        • Om pitik. Kl anda mo objektif, ini bukan suuzon. Fakta ko. Silahkan d search, hasil kerja jokowi dan apa yg terjadi setelahnya. Hanya tampak “hebat” di awal

        • Kalo Prabowo kerjanya kayak apa? apa dia bisa lebih baik?? wong mengelola usaha aja kagak beres, lihat saja KIani kertas utagnya 24 Trilyun lebih, apalagi mengelola negara, jadi sudahlah jangan buat kekacauan seperti pak wowo, yang awalnya siap kalah, ternyata malah bikin kacau , harusnya pendukung pak wowo lebih sehat berpikirya, jangan kayak orang setres, kita lihat sajalah programnya berjalan apa tidak, toh beliau (Jokowi) terpilih dan dipilih masyarakat indonesia, tinggal menuggu MK, ngapain juga sok sok an palingan kalo jokowi jadi presiden kalian juga ikut menikmati programnya

        • Om joko, saya no comment kl bhub sm gituan

          Om wajas, dr tulisan anda aja sdh tlihat salahnya

    • Ah..sok tau ente..!!! Yakin..!! Blm jadi az dah gedebak- gedebuk ga karuan..kecewa berat pak sby klo begitu…apelagi kanjeng mami bekas musuhnye..

      • tunjukan bahwa dia lebih hebat & pintar dari pak SBY “jendral besar” jgn cuma bisa ya bicara tanpa bukti

      • “”Kita mungkin tidak terlalu fokus ke utara tp akan lebih fokus ke selatan ..””

        statemen anda mengisaratkan bahwa musuh kita diselatan …itu tidak bijak,,,
        Sebagai pendukung pak JKW anda bisa dianggap asbun karena sampai sekarang tidak ada statemen dari pihak pak JKW ngomong begitu

        Kalau berani ngomong gitu saat sebelum pilpres,,,alamat akan benjut ‘
        dipikir dulu lahhh
        “”Edisis kuciwa””

      • mau diganti sama TANK ESEMKA. oh alah ….

      • Semoga ini bukan mimpi ya bung,,,Salam NKRI

      • lha kan udah jelas toh pandangan dan program capres doubleJ ini di debat capres.yaitu mengganti leopard dengan anoa biar jembatan dan jalan tidak rusak atau amblas,penyelesaian sengketa wilayah dan perbatasan dengan negara tetangga yang tidak tembus diplomasi melalui pengadilan internasional,pengadaan drone untuk mengawasi perbatasan dan wilayah laut yang satelit untuk pengoperasianya disewa aja.Rakyat memilh mereka berarti rakyat suka dengan cara begini dan ini maunya rakyat.kalau ada apa apa ya salahkan rakyat.

      • saya bahkan tdk percaya kl yg dselatan itu adalah musuh utama kita
        nyatanya ibu Mega dan JK udah terbang lbh dulu ke US
        bisabisa nnt d era JOKER situkang sadap itu malah djadikan sahabat

      • monorel ehem gagal
        mrt ehem blm jalan
        bus trans ehem karatan

        emang sih cepet tp juga cepet gagal di tengah jalan
        semoga harapannya pas jd presiden gk begitu lg

      • sangsi mas,jokowi mau ngadain tu semua lha wong mbt ja ga setuju,gmn mau ngadaiin sekelas ks,frigate,paling yg di utamain kapal ferry buat penyebrangan umum……………………………!!!!!

      • Maaf Bung Joko, saya tidak sejalan dengan pendapat sampeyan.

    • Paling sebentar lagi akan dibantah dan diluruskan oleh Pak Fachrul Razi,
      Karema pak Fachrul adalah Tokoh militer yang ditunjuk sebagai pimpinan pembahasan penyusunan kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla Bidang Pertahanan

      Atau bisa langsung direvisi oleh Pak Luhut yang bertindak sebagai Penasehat Tim Transisi,

      Kalau tidak dibantah ,,,berarti yaa jalan terus wacana diatas
      alasannya MUNGKIN yang akan dipakai adalah
      – akan lebih mememntingkan Indutri Pertahanan dalam negeri dengan membuat Panser atau Tank Banteng sebagai pengganti Leo.
      – Lebih mendahulukan yang urgent yaitu pengadaan Kaprang dan Pesawat angkut untuk TNI

      kalau yang lebih parah memakai alasan
      Mendahulukan pembangunan untuk kemakmuran rakyat,,

      Kita lihat saja ,,,

      • Assalamualaikum wr.wb
        mendingan pengadaannya di rahasiakan kalau gini jadinya
        hadeh -_-” kuciwa kelas berat ni bung, nangis-nangis
        DP udah di bayar, barang gk jadi di termia, itu kontraknya mengikat tidak bung? seperti kontrak mistral ke Russia
        kalau mengikat bisa kena denda, apalagi itu tank ada ToT untuk amunisi serta roda rantainya.
        kalau menurut pendapat saya:
        Korupsi adalah tindakan menghabiskan uang negara dengan sia-sia, baik digunakan untuk kepentingan pribadi, kelompok, partai, bahkan dalam bentuk kebijakan sekalipun.

        la ini sama saja buang uang DP hadeh, ya setidaknya bukan buat jalan-jalan lah leonya tapi untuk meningkatkan profesionalitas TNI, hadeh. mending AD narik becak aja :v
        alutsisatnya untuk meningkatkan profesionalitasnya di preteli gini -_-”
        dalam pengadaan MBT kan bisa belajar tentang operasional MBT, perawatan, dukungan serta lainnya. sepertinya prajurit AD di suruh lap-lap tank bekas lagi wkwkwwk :v

      • Jokowi belum tentu jadi presiden saja sudh bnyk @ edisi ngelus dada, apalagi kalo benar dijadikan,,,kemungkinan sesak nafas.com bermunculan. Salam NKRI.

      • kalo alasannya spt itu ane pikir area perbatasan sonora ato ambalat cs bakalan memanas. maka kita lihat saja nanti. ๐Ÿ˜€

      • #traveller
        ngurus solo setingkat kabupaten aja ga becus apalagi setingkat ibukota…
        lah ini ngurus negar…
        waduuuh bakal kacau nih Indonesia..

      • Saya dari jogja ke surabaya. Sampai Solo kira2 pkl 7. Wah macetnya luar biasa. Antrin dengan truk mengular ber km panjangnya. Dengan kerja keras karena pakai mobil kecil musti berani cari jalan supaya tidak stag di situ. Semua jalur mengarah ke timur sesak. Jadi ingat Jakarta. Mungkin memang harus yang pengalaman menangani macet tapi bukan yang harus menyelesaikan macet. hehe

      • Ralat: pukul 7 malam. Bukan weekend, bukan Jumat.

      • Untuk tank atau panser banteng saya sarankan untuk persenjataanya berupa tanduk bukan meriam jadi bisa seruduk tank lawan…

      • Kenapa pendukungnya pak jokowi gak dewasa dewasa cara pikirnya ya?.. apakah sdh menjadi trademark simpatisannya bu mega dan banteng mabuk? Kampanye dan pilpres udah selesai jd tolonglah tak usah menjelekkan sesama anak bangsa..sing kalah kudu nerimo seng menang ojo jumowo.

        • Pendukungnya satu Biji IDnya banyak…makanya komentnya gak jauh beda, mbulet di situ situ aja…

          • Bung waja sebelumnya permisi sy mau tanggapi pernyataan anda ya supaya jelas…

            Pertama anda bilang pendukung prabowo kaya orang stres, seharusnya anda sadar ini adalah bentuk kritik kepada calon penyelenggara negara, bung diego mengangkat artikel ini pun sudah paham akan terjadi pro dan kontra disini jd iniliah demokrasi mau tdk mau suka tdk suka anda harus terima, yg stres adalah bila ada suatu kebijakan atau rencana kebijakan anda diam saja dingin tdk menanggapi lantaran anda penyokong sipembuat kebijakan.

            Kedua anda mengecilkan Prabowo dgn mengatakan kalah 3x dan punya hutang 14 triliun… justru karena beliau org yg bertindak secara konstitusional makanya berulang kali ikut pilpres tdk meraih kekuasaan dgn cara inkonstitusional walaupun dahulu beliau menpunyai peluang untuk itu. masalah kiani, data anda sj salah karena harus meralat dr 24 ke 14 T bagaimana anda bisa menilai beliau??? Dahulu waktu pemilik asal bob hasan di nyatakan bersalah dan harus di hukum maka kiani di ambil alih oleh BPPN yg kemudian akan dijual, saat itu calonnya adalah JP Morgan (US) dari pada jatuh ke mereka maka Prabowo berkongsi dgn LUHUT PANJAITAN utk mengakuisisi kiani, dan hutang 14 T itu pun adalah hutang berjalan pd supplier bukan kepada lembaga keuangan (bank) atau negara, hal ini mengemuka karena ada konspirasi buruk dikarenakan perkongsian sudah tdk harmonis.

            Selebihnya anda bisa berfikir dahulu sebelum berucap… salam

          • Satu lagi bung waja, tentu jelas kita wajib menikmati program pemerintah siapapun presidennya, karena pemilu kan bentuk dari partisipasi rakyat dalam menentukan pemimpinnya esok walaupun tdk memilihnya tp berhak menikmati programnya… kalau bagus dukung kurang bagus kritisi.

    • Assalamualaikum wr.wb
      kemarin baru baca artikel tentang kapal ragam class katanya di setiap desain kapal itu harus di perhitungkan center of gravity untuk keseimbangannya.
      hubungannya dengan tank leopard masa seh tank leopard segede gitu center of gravitynya terpusat pada satu titik saja.
      kalau kapal kan di air sifat air kadang bergelombang la di darat kan berdasar beban yang di topang, masa tank leopard di fokuskan pada satu titik aja center of gravitynya?

      kalau salah ya maaf ๐Ÿ˜€
      mode kuciwa kelas berat

      • Bingung koment. Sby Bapak pemikir. Capres saat ini masih harus banyak belajar dg beliau di setiap bidang khususnya tni. Klo Ada yg mau ubah, wah payah.

        • Dulu jg SBY waktu jadi Presiden dipandang remeh-lah…g pernah tempur-lah…jenderal sekolahan-lah…malah yg lebih kasar..tentara salon…saya masih inget itu krn gw timses beliau 2004…malah bbrp rekan dari kelompok tentara yg remehin beliau…kan skr..malah kita anggap bagus…keren..penuh perhitungan…intinya biarlah mereka bekerja…kita tunggu hasil akhirnya baru kita nilai…jangan2 2019…yang mandang enteng Jokowi…malah dia yg fanatik berat…ha7x…sama dgn rekan SMA gw , termasuk pimpinan FBR yg anti Jokowi..pas pilgub DKI ,skr malah timses yg paling fanatik Pilpres Jokowi 2014….unik..kan..

    • TNI itu lebih tahu senjata apa yang diperlukan. janganlah kita orang sipil merasa lebih tau dari mereka, shg apa yang sudah ditetapkan TNI mau direvisi lagi. Kalo mau revisi ulang mohon kepada pemerintahan yang baru nanti revisi saja tuh kontraknya Freeport yang jelas2 merugikan kita.

  2. Waduhh??

    • ????!?!!!???????….aku yoo emboh….koyok bung Satrio….hiks..hiks…hiks….

    • โ€œKami harus izin pimpinan daerah dulu. Kan itu beratnya 30 ton, bisa merusak jalanan, yang penting tanknya datang dulu,โ€ pungkas Mayor (Inf) Setyo Wibowo

      Yang ngomong ini USER nya sendiri, itu baru Marder (30 ton) sedang Leopard (62 ton)

      Khusus yang satu ini saya dukung JKW 100%

      • jangankan cuma mendukung, jadi timses nyaga apa apa kok om…

      • itu mayor (Inf) Setyo wibowo. di lihat corp aja dia infantri bung Melek, yah statmen nya kayak gitu. coba kalo yang ngomong dari corp Kav (kavaleri) beda bung stetmennya. Mikir dong….

        • yang ngomong mayor infanteri paling banter taunya cuma truk isuzu dan isuzu D max buat operasional giliran mau dikasih yang rada gahar ngomongnya sembarangan..ngga bisa diambil rujukan omongan orang infanteri lha wong dia blm tau barangnya.. kok bisa bilang merusak jalan.. liat parade marder di halim sama sekali tidak terjadi apa yg dikhawatirkan oleh mayor inf setyo wibowo..jalan yg dilewati marder dan leopard.. baik – baik saja…

          • “yang ngomong mayor infanteri paling banter taunya cuma truk isuzu dan isuzu D max”

            Apalagi ANDA ??? yang bukan siapa – siapa ? mikir dong ?

            Halim memakai Aspalt nomer super wahid, karena BANDARA, juga di PELABUHAN.

            Sangat sangat Jauh berbeda dengan jalan biasa, jadi jangan samakan dengan jalan biasa. terlalu jauh bung

        • Kalau “memakai pemikiran anda”, berarti TNI-AD ngak akur dong ? berarti didalam tubuh TNI-AD sendiri terpecah belah, ada yang Pro ada yang Kontra.

          berarti sebagian TNI-AD (50% : 50%) juga ada yang ngak percaya dengan Leopard, belum lagi TNI-AL dan TNI-AU, kalau pakai hitungan TNI yang percaya Leopard hanya 15%

          Kalau TNI-AD sendiri terpecah, apalagi Rakyat ???

          Gimana anda ini, mikir dong ???

      • @bunng melektch
        bila next president meng gugurkan pengadaan MBT, semoga tdk meng gugurkan perudalan juga ya bung…lumayan kan bung kita/NKRI mempunyai antidot untuk MBT tetangga tidak hanya menggunakan MBT…
        nuhun

        • Yang dibahas di sini adalah Leopard om…..
          mungkin maksud JKW, uang Leopard tersebut bisa untuk beli BUK atawa S-400, atau ATGM berat dalam jumlah banyak

          • Tuan hubungannya dengan Buk dan S400 apa dalam perang kota? kalau atgm jelas berhubungan.disini membahas leopard tentunya hubungannya dengan perang antar mbt dan perang kota, kok malah dihubungkan atawa diganti dengan rudal anti rudal hehehe tuan …..tuan…..ckckckckck

      • dari kapan hari ribut tank merder 30 ton yang katanya merusak jalan.emang seberapa sering sih tank merder diajak”jalan jalan”?padahal dalam minggu aja ada 10-20 truk pengangkut semen dari tuban ke denpasar dg muatan 35 ton(+bobot kendaraan 10-12t=45-47ton) dan kondisi jalan tetep gak ada perubahan.banyak orang pintar soalnya,tapi gak paham kondisi real dilapangan(keminter).

        • Mayor infantri hmmm… kebijakan pembelian alutsista di TNI saat ini adalah bottom to up.. bukan keputusan seorang KSAD atau panglima TNI sendiri.. sudah melalui uji teknis. Truk2 tronton itu beban angkutnya sampai 50an ton lho. Tiap hari lewat dan jumlahnya
          lebih dari 1 lho

  3. 3 besar…….

    • Akhirnya!….

    • sesuai pidato bapak Presiden kemarin ;
      ……..” Melalui mimbar itu pula, SBY mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

      โ€œTahun depan, Presiden kita yang baru akan memberikan pidato kenegaraannya di mimbar ini. Saya mengajak segenap bangsa Indonesia, marilah kita bersama-sama mendengarkannya, dan mendukung beliau untuk kebaikan dan kemajuan negeri ini,โ€ seru Kepala Negara.”…………….

      Sudah cuku jelas, Mari kita hormati Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.
      Beri kesempatan Presiden terpilih untuk bekerja. Baru kita beri masukan, saran, dan kritikan yg membangun.

      Nah sekarang tidak perlu lagi debat kusir.

      Salam hangat

      • idem bung

      • kita coba lihat dulu bung gue…statement diatas juga bukan dikeluarkan oleh jokowi pribadi..semoga apa yg saya takutkan mengenai kedatangan 4 senator amerika kemarin tidak terjadi

      • Setuju Bung Gue…. Baru kemungkinan,,,, Bs ya dan bs tdk. toch blm diputuskan. kita tunggu tgl21agust keputusan MK terkait sengketa Pilpres. Kl Jokowi-Jk tetap diputuskan sbg pemenang pemilu mbok ya legowo. Enought is enought komentar2 sinis, asumsi2 tanpa dasar, fitnah dan pembentukan opini yg menganggap diri paling pinter, tau, hebat, baik dan benar. We wait & see. Presiden terpilih blm bekerja aja brisiknya minta ampun, sotoynya ngak ketulungan, membentuk opini seolah2 menganggap dirinya Tuhan yg tau apa yg terjadi nantinya. Apapun yg jd keputusan Presiden terpilih nantinya berkaitan dgn arah kebijakan strategi pertahanan nasional hrs kita dukung. Biarkan mereka bekerja dl. kl nantinya hasil baik kt2 jg yg merasakan dampaknya dan kl ternyata keliru yaaa kt kritisi sama2. toch mereka pemimpin kt semua. Karna baik dan benar menurut bung2 blm tentu baik dan benar menurut Presiden dan para pembantunya. Tetap optimis, ayo kita sama2 beropini yg bs membangun nasionalisme dan persatuan serta kesatuan bangsa dgn dilandasi kejujuran dan obyektivitas dlm menilai suatu hal bkn didasarkan atas emosi dan nafsu pribadi. Harapan kt bersama berkumpul diforum ini unt mendapatkan nilai dan manfaat positif. wassallam

        • Memang banyak komentar emosi apalagi menjudge adalah tidak baik. Tapi menunggu hasil kerja malah blunder. Sama juga dengan memberi cek kosong.
          Bahasa buruk di sini setuju diperbaiki tapi kritik justru harus dimulai sejak konsep dibua karena planning adalah pedoman, dan bahaya jika dibiarkan.

          • bung Ghi…. Konsep dan rencana kerja aja blm dibuat dan diputuskan. Hasil kerja mana yg ditunggu dan atas dasar apa bung mengasumsikan itu sbg sebuah blunder!!!!! dan bs mengibaratkan yg anda asumsikan sbg cek kosong!!!! Ada baiknya kl berbicara itu base on data dan fakta yg benar.

          • Sudah jelas sebenarnya komen saya. Tapi ok, begini, kalau kita menunggu hasil kerja tanpa mengkritisi konsep itu sama dengan memberi cek kosong. PernyataanAndi W adalah indikasi. Meski belum dinyatakan tertulis, sebagai perlu dikritisi. Makin awal ada pendapat kritis, makin bagus untuk kualitas konsep tertulisnya.

          • Pernyataan Andi W adalah fakta. Saya tidak berasumsi. Jadi sah saja dan malah lebih bagus kalau ada yang mengkritisi. Apa kita menunggu setelah pekerjaan jalan baru dikritisi?

          • Dalam ranah kebijakan publik adakalanya dilakukan “test the water”. Bisa jadi si Andi melakukan ini. Apalagi politik, hal semacam itu lumrah dilakukan. Maka betul kalau bung Diego mengangkat isu ini. Jadi si Andi juga akan lihat bagaimaan reaksi masyarakat. Bagaimanapun saat ini media sosial termasuk web adalah salah satu sumber informasi. Dan Jkgr ini saya yakin bukan hanya dibaca dan dikomentari oleh banyak orang tapi yang berkomentar dan yang membaca banyak juga bukan orang awam.

          • bung Ghi…. jelasnya komentar bung tu dmn???? Kl komentar bung sblm mudah dipahami saya tdk akan melontarkan pertanyaan. Konsep dan rencana kerja yg mana yg bung kritisi!!!! Bung Andi W memberikan pernyataan berupa wacana. Presiden terpilih aja blm tentu tau detail konsep, rencana dan isi kontrak pengadaan Leopard. Justru itu Jokowi-Jk membentuk tim transisi yg mana salah satu tujuannya adalah mengkonsultasikan dan mengkoordinasikan apa yg menjadi rencana2 kerja dan kebijakan2 yg telah diambil oleh pemerintah sblmnya apakah nantinya akan dilanjutkan atau tdk. Bagaimana bs wacana bung pahami sbg fakta, konsep dan rencana!!!! Karna dijakarta Greater yg ngebaca artikel byk bkn orang awan ada baiknya jg memberi komentar dgn bahasa2 yg sopan, memberi kritik yg membangun, berbicara hrsnya berdasarkan fakta bkn asumsi2 tanpa dasar, subyektif, sotoy, mengangap diri plg benar, keminter.

        • kalau saya pendapat pribadi santai aja, paling paling leo tetap datang ke Indonesia.
          Wlo ada penolakan baik timses atau pemerintahan baru…
          membatalkan kontrak internasional (antar 2 negara) tidak semudah membalikkan telapak tangan.
          Ada yang disini pekerjaannya berhubungan dengan kontrak pengadaan barang dan jasa? Nah disitu jelas byk terdapat pasal2 perjanjian kontrak termasuk klo wan prestasi, pembatalan kontrak kerja, force mojeur dll
          Apa dampak dari pembatalan tsb thp kepercayaan internasional.
          Ini ada cerita:
          Biasanya jangankan pemerintahan pusat, klo ada bupati/walikota /gubernur baru, pasti ada orang2 pejabat tsb di sekelilingnya istilahnya oknum, yang berpikiran sempit cuma kepentingan pribadi/kelompok/golongan. Mereka pasti mempengaruhi kebijaksanaan pemerintahan lama apalgi berhubungan dgn proyek. Setiap proyek pengadaan barang dan jasa biasanya ada fulus/bonus fee dll……. , nah itulah yg di incar (apalagi merasa sudah mengeluarkan keringat, tenaga, biaya)

          Itulah ujian bagi Presiden baru, kepentinngan nasional harus menjadi nomer satu, jangan sampai tergoda untuk melanggar sumpah jabatan dan amanah rakyat Indonesia

          • Bung gue…. Saya setuju dgn apa yg menjd pendapat bung. Presiden terpilih aja blm mulai bekerja tp isi komentar2nya apriori2 sekali, penuh dgn pesimisme, subyektif, beropini layaknya Tuhan yg berkuasa menentukan takdir hambanya. luar biasa.

          • Bung Sanjaya…. Katanya yg mana tlh menyinggung keberlangsungan NKRI!!!!! Benar dan salah itu tdk bs dikesankan bung tp kt pilih unt diyakini. Sp jg yg mengatakan Jokowi-Jk dewa ataupun Mahadewa.!!! Mereka tu manusia biasa yg tak luput dari salah dan dosa. Tp saya tetap membangun optimis bhw mereka bs membawa Indonesia lbh baik. Aamiin

  4. kalau otak om jokowi kayak gitu, yahh kayak otak ONENG itu istri si bajuri

    • wktu jg gubrnur mndkung hbis sistem prthann ibukota…smpe2 mu jdiin monas markas leo…mu jdiin jln2 djkt bs kuat dlwtn si leo…skrg ngemengny da beda lg…mntg2 da pnya pnasehat si MTB (MAS TE BE)….
      bnern trnyta..MBT dgnti sm MTB…tpok jidat dah…
      dlu bilg gk mkirn mu nyapres,,,tb2 nyapres jg….seorg laki2 hrus konsisten pak…jgn mncla mencle ngmgny…klo emg dilantik sbgai presiden…anda lah yg mu jd supir bngsa ini…kmi rkyat sbgai pnumpang,,bwa kndraan yg brnma Republik Indonesia ini dgn tnang…jgn grusak grusuk kyk supir bus antar kota…yg asal mgmbil kbijakan..yg akhirny mlah mnclakai pra pnumpangny.
      hadeh2…khbisan kta2 dah.

  5. 5 besar kah??

  6. Selalu jdi polemik..leopard
    Bukankah tni sbg user lbh paham alutsista mana yg dibutuhkan

    • @bagus …gamang boleh…liat saaja hasil putusan mk…ngeri2 sedap tuh barang…klo liat dr perjalanan sidang …dan bukti dr tni…klo di undang sbg saksi…mef tetap joss smoga

  7. ckckck si kowi…

  8. Kalau betul begitu
    Ndan Sarkem akan menangis dan sedih tak berujung,,,

    Blue print MEF kok gak berlaku yaa ?
    semoga tidak terjadi,,, kalau terjadi yo wis embuh,,,

    • ganti presiden berarti ganti kebijaksanaan, apalagi kemungkinan yg jd adlah mantan partai oposisi, yang notabene lawan di masa lalu…..hik..hik.. sedih om ane…

    • Ndan Satrio,apakah tdk ada yg mengawal blueprint MEF dari pemerintahan skrng k pemerintahan selanjutnya?
      Lalu nasib kebijakan industri strategis beserta research nya kita gmn ya,karena ini merupakan 1 rangkaian tak terputus

      • Blue print sudah ada dan dipegang oleh kemenhan dan presiden untuk diteruskan oleh penggantinya,,,

        Selanjutnya terserah pemerintahan yang baru,,,
        Mau akan tetep non blok,,atau ngeblok kesalah satu blok,, atau membuat formula baru dalam hal pengadaaan alutsista,,

        Kalau ingat IPTN ..bisa saja bisa kok langsung dimati surikan dengan perubahaan kebijakan,,

        Analisa saya Leopard itu adalah diklaim keberhasilaan pengadaan oleh mantan KSAD yang terus ikut konvensi Presiden partai Demokrat,,dan ditulis dibuku beliau,,,
        Kalau program ini berhasil maka akan selalu dikenang “jasa Beliau” bagaimana bisa mendapatkan Tank dengan jumlah yang lebih banyak dengan duit yang sama…

        Kalau sudah kesenggol politik,,, maka pengadaan Leopard juga harus dihentikan agar citra keberhasilan itu juga ikut tumbang,,,agar nanti tidak menjadi musuh yang kuat pencitraannya di thn 2019 nanti,,,

        Semoga analisa saya SALAH

        • Bung@Satrio njenengan dadosaken ajrih terus

        • hehehe…tank leopard apa yang bisa dibuat berhasil, kalo negara kita perang baru bisa dikatakan berhasil tuh tank, lagian purnomo edhi ngga ada apa2 nya kok, malah bisa disuruh masuk KPK untuk menyelidiki proyek ini tank sama seperti kasus tank scorpion…kita lihat apa yang akan dilakukan jokowi sama ini tank, apa akan di hold ini tank atau atau diperkuat insfrastruktur nya seperti jalanan …karena sekarang dia megang kemenpu

          • Kalau ada indikasi korupsi pengadaan leopard silahken diaudit atau diajukan ke KPK karena itu keputusan pak Jokowi sebagai pemimpin nanti,,,

            Kalau analisa saya Leopard jadi bahan pencitraan “keberhasilan pengadaan”…maka kecil sekali adanya indikasi Korupsi …dan jangan dibandingkan dengan pengadaan Scorpion,,,, Jauh bung..
            saya kira pak SBY juga gak mungkin merestui bila ada indikasi korupsi karena akan rawan disorot karena menjelang pemilu.,,,

            Kalau nanti KPK mau masuk ke pengadaan Alutsista
            Semoga kebijakan pembelian Sukhoi batch pertama “,,rudal Grom.” dll juga di periksa agar tidak terkesan tebang pilih,,,
            Imho

          • dan ingat itu pengadaan Leopard adalah G to G
            gak pakai makelaran …

          • maaf bung satrio seingat saya leopard menggunakan skema G to B, pihak pemerintah jerman hanya sebatas menjembatani saja. jadi dari pemertintah Indonesia ke Rheinmetal lands system.

        • idem bung @Anak Deli…..saya ikut jadi petani saja lah…

    • kalo itu terjadi ane kuatir sonora dan sonotan pokok’e joget ๐Ÿ˜€

    • sedih om..tdi ny bngga bgt..leo & apache jd icon ny AD,,,,
      ni bkaln galau lg…….hmmm…..bngung..yg rkyat biasa je kcwa brat…plgi yg jd user ny

    • Hehehe … nasib bung Satrio. Lha pak Jokowi nggak ngerti tank, di debat kayak ngerti saja. Eh, ditandingkannya dengan Anoa. Akhirnya banyak rakyat kagum: “wah hebat ya pak jokowi, nasionalisme banget, menguasai lebih dari lawan debatnya”. Sukseslah menambah citra. Berapa banyak rakyat yang paham bedanya Anoa dan Leopard, yang bukan saling substitusi tapi komplenter?. Saya yakin kebanyakan tidak. Begitulah politik, memanfaatkan ketidaktahuan rakyat juga sah. Yah kita tunggu langkahnya si Andi Widjayanto membisiki bos nya.

  9. Seandainya bnr tni pnya ks kilo..dari rusa bila di puplis resmi kmngkinan juga akan mngalmi nasib sama kya si leo..dgn alasan tidk cocok di perairan nkri…
    Ane setuju bila hal hal yg goib ga usah di puplis..
    Mungkinkah upaya pelemahan tni..

  10. yg bisik otaknya masih zero enemy…tunggu dilantik trus dikasi penjelasan ama panglima dan ksad..pasti beres. ini cuma misscomm aja..sabar bung…tunggu dilantik..semua akan berjalan sesuai plan MEF

  11. Tidaaaaaaaaak!!!. Jgn hentikannn!!!

  12. nasib… nasib bakal punya presiden kayak gini

  13. ckckck, klo benaran ane tepok jidat dibuatnya. mungkin mw nyuruh anoa bwt ngadepin mbt milik tetangge sebelah, hadeh

    • seharusny bkn leopardny yg dievaluasi, tpi jalanan & jembatan yg dievaluasi, dibangun yg lebih baik dan lbh kuat dr yg skg !!! kpn mw majuny klo cara berpikirnya begitu.

  14. nyimak

  15. telat dech

  16. harapan terbesar saya buat jokowi adalah menhan nya d ambil dari kalangan TNI pliis klo dari kalangan TNI pasti si leo jadi 100% ke indonesia

    • Jiah bukannya ente pendukung pak wi. Kemarin mbah bowo sekarang elo. Udah tau di belakang pak wi si tbh juragan amblesiyyah. Lha mau kalangan tni yang mane menhannya.

      • eh saya memang pendukung prabowo TAPI DULU PAS PEMILU sekali lagi PAS PEMULU pasca pemilu saya NETRAL ok SAYA DUKUNG KEPUTUSAN KPU

        SEKARANG WAKTUNYA MEMBANGUN BERSAMA

        buat ELO jangan ngomong WOWO WIWI lagi
        udah waktunya bersatu OK

        menjawab pertanyaanmu
        harapan saya seh pak budiman MenHanya

        • Saya setuju dengan anda
          Sekarang waktunya membangun bangsa ini bersama-sama
          Jika kita masih menganggap diri kita pendukung Prabowo ataupun Jokowi, kita terjebak dalam permainan Ular2 dan Naga2 diluar negeri yang tidak ingin Indonesia BERDIKARI dan MANDIRI
          Salam Indonesia Raya

    • klau ane tdk berharap…takut kecewa sie..
      maaf klau komentar ane kurang pas

      • kita negara demokrasi ndan jngn takut kecewa kalau kita bersatu semua pasti ada jalan optimis aja
        oz saya juga takut ni proyek si leo gagal pas transisi pemerintahan

  17. inilah yang namanya manajemen kambing hitam, tank leopard tidak pernah salah (karena dia benda mati) yang salah itu ya pemerintah yg tidak bisa membangun infrastruktur yang memadai, saya khawatir kalo di pimpin oleh presiden seperti ini

  18. He..he..he…tinggal diketawain doank klo orang yg ga ngerti ilmunye suruh ngurusin negara apelagi soal alutsista…!!! Bikin program MEF susah” ga taunye dirubah cape deeeh..!!! Ntar tuh si sukro diganti sama layangan koang-koangan lagi karena boros bahan bakar..tank leo diganti tank kambing..kapal selam diganti kapal nongol..paling” ntar pespur di ganti drone semua sekalian buat ngintip orang pacaran di taman…Mantaaf tambah maju indonesiaku..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  19. klo diganti ama T-90 MS aku rapopo

    • Kalo di ganti panser banteng dan anoa amphibi prototipe aku ora opo opo. Dan sarkem yang naik bukan saya juga pasti bukan anda. Iya ngga. Konsisten euy pak wi ya pak wi ajah. Kalo nanti ke tauan (katanya) bagusnya jangan jumawa soalnya kalo bagusnya jumawa kalo ketahuan boroknya pada cuci tangan.

  20. Komandan tankseptic Pendekar ke TNI AD: kasihan deh Leo….Di revised nih hehehe….

  21. Berharap team jokowi mantau JKGR dan melihat artikel ini, melihat realita kontra kepada kebijakannya kedepan…. dalam hati sambil menirukan perkataan SBY ( kalau bapak ditakdirkan menjadi Presiden )

  22. mungkin jokowi mau bikin PANSER DOLY KALI !

  23. Rasulullah bersabda:”Jika amanat di sia-siakan tunggu saja kehancurannya”.
    sahabat bertanya:Bagaimana maksud amanat di sia-siakan..???
    Nabi menjawab:”Jika urusan diserahkan bukan pada ahlinya maka tunggulah KEHANCURANNYA itu”(BUKHARI-605)

  24. WAH KALAU DIHENTIKAN MAKA MEF UNTUK TNI BISA KACAU, DAN KEWIBAWAAN NKRI KEMBALI AKAN DILECEHKAN OLEH NEGARA JIRAN, PADAHAL MBT LEOPARD 2 RI ADALAH ALUTSISTA IDAMAN TNI AD. BISA JADI PROGRAM MEF YANG LAIN JUGA TERANCAM, BERDOA SAJA SEMOGA TIDAK YACH

  25. Wis emboh.. Siap2 aja.. Nasib apes kalau bener kayak gitu.. Mudah2 an aja gak..cm bisa berdoa,,TNI doa kami bersamamu.
    NKRI HARGA MATI.

  26. tar kalo sisanya diganti,ane usul ama pak menhan kalo mo ganti ganti aja pake elf dikasih turret kanon ukuran 120mm, kan enteng,murmer lagi, kalo presiden cerdik dan pintar tentu tidak ada serta merta merubah program MEF,karena produk dalam negeri belum mampu dan masih butuh waktu cukup lama untuk memenuhinya, bukan duit yg sedikit yg dikeluarkan untuk merancang MEF yg tentu uang rakyat yg di gunakan, mosok mau di gusur dengan program baru yang tentu masih butuh duit dan waktu, Lima tahun ke depan kalo ganti presiden ganti program lagi… Penak temen ngguang duit ,

  27. Nelongso Qu..mo gmna lg jagoaanqu kalah..

  28. yaa kalo diganti sama Terminator 2 sama T90MS.. gpp deh

  29. waduh simacan mau disepitank nisasi brengsek tuh para mantan jendral krupuk yg dukungnya

  30. Bentar lagi MBT leo diganti dengan cap banteng xixixixixixiiii,,,,,,,

    @ mrongos.com

    • wah nick name sy dipakai ya bung Sony arr, bayar royaltinya jgn lupa ya bung….hehehehe
      wes embuh lah….edisi kuciwa.com kata bung satrio….. belum2 jd pemimpin wes akeh temen pencitraane blm nanti klo sdh jadi yaa….. ???? g tahu lah smg program yg sdh berjalan di MEF ini bs terus dilanjutkan tdk mandek.

      salam hangat bung2 sma y…..

      • Gimana tho, untuk jadi kan perlu citra .. hehe

        • klo citra banyak polesan itu namanya pembohongan publik apa tidak ya bung??? hehehe….. memang dizaman media yg sdh maju skr ini pencintraan diperlukan jg, tp klo sedikit – sedikit diliput, belum mau kerja wes koar-koar…. ” iki lho kerjoku tlng dilihat, wes apik to…??”.
          Saya arek suroboyo, semua pasti sdh tahu seperti apa kiprahnya ibu risma selama jd walikota, memang ada sebagian kegiatannya yg pernah diliput, tp orang pun tahu apakah itu semua tulus blusukan apa sekedar cari sensasi buat keinginan kuat akan haus jabatannya????
          Ya semoga dg berjalannya waktu semua bisa terlihat dg jelas nantinya, pemimping&negarawan sejati yg mana sesungguhnya????

          Salam hangat bung ghi….

      • Yoi bung mrongos ma’f qw pinjem NN anda,buat ungkapin mangkel qw…podo sby e tibakn.. Slam kenal ae rek.

  31. Buat pak jokowi,hati2 mengangkat penasehat bidang militer,tdk sembarang orang bisa,usul pak sby diangkat sebagai penasehat utama bidang militer, syafrie sbg menhan,jkgr sebagai bacaan rujukan,hehehe..kenapa pak jokowi menyoroti leopard yg merusak aspal dan jembatan,perang terbuka akan terjadi di daratan hutan dan pedesaan pak, saat perang sampai kota, jembatan dan jalanan aspal sudah tidak penting lagi krn sudah habis di bom pesawat tempur,saat itulah leopard menjadi tumpuan perlawanan kita,mikir dong

  32. bentar lagi si LEO diganti ama tank esemka.

  33. walaahh.. Tambah ora genah reek reek..

  34. Jokowi memang yesss pisan. Asli!!!
    Siiip, top markotop, juossss ganjooosssss euy….!!!
    Sekalian batalkan F-16 scrap, Om Jokowi… Ganti dgn SU-34, 35, S300/400, Kilo, Destroyer made in Rusia aja semua…!!!

    #EdisiBikinGondokPengkultusSiWowok
    Sundul Mbah Bowo!!!

  35. Beliau lg merencanakan mobil esemka yg diatasnya bisa bawa canon kaliber 120
    Sip deh pak,anti ambles dan irit bahan bakar ๐Ÿ™‚

  36. xi xi xi,aku rapopo opo jare boss

  37. Masalah pertahanan ko buat main”,coba-coba,negara maju az masih trs mencari & bikin yg lebih gahar” lagi..pespur az sudah mulai ke gen 6, nah indonesia masalah leo az bisa di tolak kehadiranye,jalan rusaklah,tetek bengeklah.kapan mo majunye nih negara..??? Klo ntar mimpin nih negara ga beres palingan siap2 az di demo gede”an nanti..kaya yg udeh” tuh..mudah”an sih bener mimpinye kite liat az ntar.. Klo kate orang betawi WAIT & SEE..!!!

    …NKRI JARGA MATI..

  38. Indonesia gk usah dibelikan alutsita yang gahar pak jok.entar low perang deploy pasukan cukup naik bus trans jakarta,

  39. malasia aj pny mbt pendekar jalany aj gk ambles..coba kmrn yg tnder yg d,ajuin tb menang..mbt gk bakaln ambles..jika mbt gagal,su35 gagal,kilo gagal,s300/s400 gagal maning gwe mogok bayar pajak..hak gwe donx jika negaraku aman dn dsegani..

  40. waduhhh alamat wes

  41. para pemimpin negaraku kok pda hancur yaa..mentale mental telo..laa pas pemilihn kmrn byk praktek uang..mkany cri sbnyk2 tender biar balik modal..kek senjatane sing sangar2 rak sido d,tuku yoo mengko nek perang wong sing neng duwor tak korbanno sek..didadekno tameng urip..

    • Setuju.

      • Ya pasti lah bung. Warjager kan rakyat, selama masih ada rakyat masih bisa buat presiden. Kalo ngga ada rakyat berarti presiden ketoprak donk hehehehe.
        Para garuda tuh pikirannya sekarang gimana caranya kalo misalkan perang rakyat ngga ikut2 kalopun mau harus bisa perang beneran. Bukannya kalo perang rakyat di jadikan garda depan. Terus kalian di bayar oleh pajak kami itu untuk apa. Ngangkatin kuda sama benteng nunggu apel siang apa

  42. Semoga cara berpikir pak joko berubah, dengan memperbarui semua jalan dan jembatan agar bisa di lalui oleh tank leopard.

    Semoga yg jadi menhan orang2 yg ahli dalam bidang militer. Semoga tni bisa mngantisipasinya…

    • Amin..betul bung..ane lbih stuju jlanan n jmbtan dibnahin..NYATANYA bnyak jlanan hancur n jmbtan ambrol..dsmping leo bsa aman lewat para pngguna jlan jga ikut nyaman..masa mau pake odong2 dksih turen 300 mm ato bajaj manggul RX 750…

    • @petra, haadddeeeeh itu mah kebanyakan harapannya………..realistis aja mas petra, apa kita punya rekam prestasinya yg bisa memenuhi syarat untuk menjadi kepala negara??? lha wong modalnya pencitraan tok (bintang iklan)

    • Tambah pesimis dengan nasib TNI kedepan…..Jakarta greater akan sepi peminat..

  43. entar direfisi itu tank kagak pakai logam tapi pakai kayu semua dibuat di toko mebelnya pak joko. dg alasan produksi dalam negri demi kemajuan usaha,,eh…..kemajuan bangsa

  44. Dalam pendapat pribadi saya, Harapan perbaikan dan Perubahan bangsa lebih besar peluangnya jika dipimpin Pak Jokowi . Akan lebih bijak jika Kritik diarahkan pada kebijakan bukan personal, tentu saja menyertakan data, dll. Ini pendapat saya. Yang jelas mari jaga persatuan, dan mari kita tolak ISIS dan varian2nya yang secara sistematis, masif dan terstruktur menyebar ke Indonesia dan berupaya menyalurkan syahwat kotor yang dianggapnya suci dan berupaya menghalalkan segala cara guna mewujudkannya.

    • Antum dulunya suka angon Bebek ya, giring opini terus, mengkultuskan seorang melebihi Kanjeng Nabi, Kerja aja belum???. satu lagi ngapain antum membuat paradikma negatif sama orang Islam (“Kata varian2nya”) atau anda memnag si bebek yang telah termakan dogma si ASU CS bahwa seorang berjuang untuk agamanya (ISLAM) adalah teroris…Jangan melihat apa yg terjadi di IRAQ aja bung…lalu antum memarjinalkan semua pergerakan ISLAM adalah berbahaya. eheh ..Maaf ya Bung jarwo ANDA itu Ajang atau Obet.???

  45. Bukan jembatannya yg kuat tapi otaknya yg lemah gk bisa mikir dan sok kepintaran.. blm resmi presiden sdh bahas hal yg penting

  46. jadi ingat waktu osorsing pertama diberlakukan di era jaman wapresnya pak jk. semoga ini tdk terulang. katanya demi kemakmusan rakyat tapi nyatanya menjadi kemakmuran para pengusaha( termasuk …..) kaum buruh menjerit karena tdk ada kepastian masa depan dan jaminan hari tua. bertambahlah kemiskinan di negri ini. curahan hati pecatan osorsing

  47. Setuju. … Tank Leopard di compres or ZIP jadi……. ?

    Supaya berat 60 ton jadi 25 ton. He…

  48. Andaikan saya yg jadi presiden dan saya tidak punya knowledge yg baik dalam hal alutsista TNI….maka akan saya serahkan urusan ini ke TNI, biar TNI yg memilih dan menentukan alutsista apa saja yg wajib dibeli atau tidak.

    Semoga Pak SBY di tahun 2019 bisa mencalonkan lagiii…

  49. Klimak dari sebuah kekecewaan yg bertumpuk,,mungkin akan terjadi apa yg pernah terjadi dithailand , dan yg terburuk selamat tinggal NKRI.@ maaf para sesepuh, malam ini sepertinya edisi kecewa berat bagi pengagum jkgr korban senyum sungging joko lemer.

  50. Belom kerja udah banyak omongan miring cenderung fitnah … ๐Ÿ™‚ semoga pak jokowi di beri kesabaran untuk menghadapi orang2 yg gak suka beliau …

    • Mas bro ini cuma koment kekecewaan atas berita diatas, menurut saya ini bukan “fitnah”, pengurus jkgr juga punya kebijakan terhadap post post yang masuk dan akan mengambil tindakan bila diperlukan, (sok tau mode “on”)

    • belum apa2 udah melempar statement yg kontroversi..mboo ya sabar to mas.
      tank leopard masih ada yang suka kok+ada juga yg tidak suka.jadi masih wajar klw ada yg kecewa soal berita ini..ngga usah mendramatisir+di anggap fitnah.kalau semua kiritikan dianggap fitnah trs harus gmana toh…?
      toh ada kok negara tetangga yg berkeringat dengan kedatangan tank leopard sampe2 tuh negara berencana mau beli penangkis tank leo.

      • Ya makanya tunggu kerjanya dulu dan lihat bagai mana kebijakan yg di ambil . Lah skarang saya tanya gimana mau di kritik wong itu hanya statment debat sama halnya capres sebelah pasti ada salah waktu debat dan bisa saja di revisi kebijakannya… Lah ni kan jelas wong kerja saja belom kok sudah di olok2 …. Budayakan jangan negative think .. Ingat seburuk2nya soeharto pun kita harus yakin dia cinta indonesia , lah apa lagi ini kerja belom udah banyak opini liar … Efek obor emang bikin orang gak melek yaa sedikit2 bawaannya negatif think semua … Aneh

        • maksud anda statement di debat tidak sama dengan apa yang akan dikerjakan… woowww

          kita lihat sama sama mana yang akan dikerjakan merujuk pada debat capres 2014 kemaren

          • tim transisi itu justru ingin mengerjakan semua yg dikatakan jokowi waktu debat capres…sayangya kebanyakan statement dr jokowi itu ngaco n asal jeplak, tanpa perhitungan, yg penting tampak hebat

          • nah kalo mengacu pada visi misi maupun statement waktu debat, kan berarti gugur sudah rencana 120 MBT leopard mengisi pos TNI AD, begitu kan jelasnya pak handal,

            Bener bener kecewa kalo memang itu akan dilakukan,

          • @Djoko Djawa : sama atau tidaknya itu tergantung pak jokowi sendiri . Debat waktu terbatas sedangkan latar belakang jokowi bukan militer , sama saja capres pilihan anda belom tentu tau apa yg bukan bidangnya contoh bocor 7rb T , padahal itu hanya potensi … Berfikirlah dari berbagai sisi .. Seburuk apapun penilaian anda ada yg wajib anda ingat pak jokowi itu orang indonesia. Darah kita sama DARAH INDONESIA …

        • bukan berarti statement asal di lempar saja bung,..klw semua bebas melempar statement tanpa pertanggung jawaban wah kacau dong bung.setiap statement yg keluar pasti ada yg mengkritisi bung hadapi saja kritikan ngga usah dikait2kan dengan kata fitnah/efek obor rakyat kaitannya dimana ya bung kan lg bahas leopard..?hehe
          kerjakan saja dulu,lalu sodorkan bukti kinerjanya,ngga usah gembar-gembor terlebih dahulu.
          bukan ane ngga mendukung jokowi/prabowo ya bung.tp ane kurang sreg sm orang2 di belakang ke2 calon ini..hehehe
          maaf bung hanya coment orang awam

          • Sy pernah berkomentar di salah satu artikel terdahulu bung wilasa, prabowo layak menjadi pemimpin jokowi juga layak untuk di teladani… jadi waktu yg akan menjawab siapa pemimpin teladan diantara mereka.

          • yup @bung rafly:saya juga inget,,klw ngga salah saya juga kena sindir oleh @bung satrio..tp sindiran bung satrio bagus.hehehe bs jadi control buat saya.
            ya kedua orang ini yang terbaik.makanya hasilnya beda tipis n hot…hehehe
            diwaktu sekarang2 ini memang serba salah,mengkritisi disangka benci,,hehehe
            tp klw ada yg kurang faham ya perlu dikritisi(dipertanyakan)+mengkritisi sesuatu bukan disaat orang itu dlm kondisi “lemah” saja..
            maaf bung klw balasan coment saya ngaco.mklm masih oot ๐Ÿ™‚

          • Kalo mengkritisi siapa pun wajib bung hukumnya, tetapi harus konstruktif jangan destruktif kebijakannya yg kita kritisi jangan personalnya. Sy yakin bila tuhan mengkhendaki jokowi menjadi RI 1 ybs pun tidak anti kritik, hanya kadang seperti yg anda bilang orang di sekeliling atau orang yg sudah terlanjur menjadi pendukung beliau yg suka kebakaran jenggot… Saya berharap keputusan MK nanti memberikan jalan terbaik untuk kita kedepan. Salam kenal bung wilasa ๐Ÿ™‚

    • Ini bukan personal bung Wilasa. Tapi pernyataan, pemikiran, konsep, dan nantinya implementasi. Salah satu yang dipegang dari calon pemimpin adalah apa yang dikatakan. Jadi ini analisis atas pernyataan dari calon pemimpin 250 juta orang di salah satu wilayah yang paling strategis di dunia yang memilili kekayaan alam amat amat besar, yang sekarang ada di urutan 10 besar ekonomi dunia (diukur dari GDP PPP), yang jika mengikuti trajectori normal akan menjadi 4 besar di 2050, dengan penduduk terbesar ke 4 di dunia, dengan garis pantai terpanjang di dunia dengan keragaman terbesar di dunia.

      • berarti mampu dong kita buat tank MBT yg lebih bagus dr leopard tanpa harus menghilangkan sepenuhnya tank leopard yg sudah kita pesan..ya anggap saja leo itung2 penjaga sementara sebelum tank made in INDONESIA rampung.jd kalau ada sesuatu keadaan urgent,masih ada yg bs diandalkan..
        jd ngapain membuat polemik yg sudah fix,masih ada yg lebih penting buat pemerintahan yang terpilih nanti.
        salah satunya LCS,negara siluman di sekitar kita+satu lagi yaitu AFTA,kita sudah dibekali belum biar bs bersaing.

  51. Datang dengan suadah di Upgrade semua mungkin lain critanya…
    Jika Datang seperti kemaren ibaratnya akan di upgrade terus*san dan membuang-buang uang saja…
    Dan ini akan mengakibatkan banyaknya tender yg bisa dikorupsi…

  52. Sekedar dan perlu di ketahui di dalam perang modern tetangga kita singapore sudah mengadopsi
    System perang modern…apakah kita akan menggunakan dotkrin daya gempur,daya gebuk,senyap dan menang..???
    Didiklah generasi TNI untuk kedepanya dengan alutsista yg modern dan cara bertempurnya seperti ini…..

  53. bung” yg saya hormati,
    Anda” smua adalh gnerasi terbaik bngsa, slah satunya pak prabowo dan pak jokowi,
    Semua rakyat indonesia menghrapkn yg terbaik untuk bngsa kita, berbeda pendapt itu biasa tpi jngn saling menghina dan menjatuhkan,
    Saya rakyat biasa di pelosok kampung bojonegoro cman berharap TNI ku bisa kuat dan di segani di dunia,.
    Salam kenal buat bung” di sini

  54. Klu memang Jokowi-JK bekerjanya tidak sesuai kehendak rakyat atau malah merugikan rakyat..kita demo saja ..

  55. Presidennya jg di outsourcing om. Kontrak per 3 bulan. Wkwk

  56. -deleted- admin

  57. mungkin kedepan Tank Leopard akan diganti dengan Tank EseMKa…ngahahahahaa ijin gan ngakakak sambil kentut…( sambil sedih lihat MEF yang pasti diacak acak lagi)

  58. Sy kawatir bila indonesia dipimpin oleh orang sperti ini ngomong asal jeplak aja tanpa adanya analisa, bila program leo dihentikan maka ini merupakan salah satu cara mengkebiri atau melemahkan TNI.hati2 bung denger2 beliau ada kedekatan dgn asu kupret

  59. payah, gak dewasa,gak intelek, tadinya saya demen banget ngeliat comment2 para anggota blog di mari, sekarang blog ini commentnya sama aja kaya blog2 yg lain….kacangan, pake caci maki, bahasanya payah , gak santun, mohon maaf nih, saya juga pendukung salah satu capres, fanatik juga, tapi bukan lewat kata2 yg gak santun, argumen nya gak logis lagi sekarang, maaf sekali lagi, kalo kita semua cinta dgn NKRI dgn di wujudkan mencintai blog ini, hal2 seperti ini harus di hentikan…NKRI harga mati, siapapun presiden nya…..salam

  60. gagal sarjana

  61. saya org nya netral,..tidak dukung s’pa2?..tp kita liat aja dulu gimana pemimpin kita yg akn datang..gimana kebijakan beliau..SUMPAH..tak satu pun ank negeri atau bangsa ini ingin hancur atw bercerai berai..tp malah sebalik nya..ingin bangsa ini KUAT,TANGGUH,MENTAL BAJA,tidak takut mati,ingin makmur,aman,dan sentosa…bangsa yg tidak melupakan sejarah..BERSATU KITA TEGUH,BERCERAI KITA RUNTUH…

  62. Kenapa MBT di salahkan..karna jalan indonesia byk uang nya..jalan aja di buat asal2…deket2 lebaran baru jalan di perbaikinn…itu suatu contoh…gimana mau kuat jalan nya…lah uang nya utk THR…bagi yang punya kelompok…ini nama nya amblesiyah….heee…maka nya MBT di recokinn…takut MBT makin banyak uang THR gak ada lagi…

  63. mantap pak…bus pngangkut s300/400 + bajaj tempur

    (miris meringis.com)

  64. ibarat bola yang tidak pernah lengket di tangan seorang penjaga gawang. terlalu banyak blunder2. wajar semua orang ketarketir.

  65. temen temen..

    soal repisi kan belon dilakuin, mbok cabe nya dikurangin yah..pedes banget neeeh..
    yg pasti semua kecewa kalo bener dilakuin, pada waktu ntu bacot ane kagak ada manis2nye..tapi karang mangsih sabar, n berharap program yg ada lanjut terus..temen2 juga harus ngerem dooong, kagak baek ah nyela2 orang..

    trus terang ane pribadi kagak seneng ma pak jokowi, tapi bukan alasan ane timpukin beliau pake cabe..gimanapun beliau calon presiden ane, panglima tertinggi tni yg wajib didukung seluruh rakyat indonesia..kalo pun ada kebijakan yg kagak cocok, yg tinggal dikritik aja dgn berharap nyampe n didengerin..ane yakin pendukung n pemilih pak jokowi pun akan maju bersama menyampekan keluhan rakyat..

    leopard emang unik, dari pertama rencana pengadaannya dah jadi polemik..
    tapi tni bukan anak kecil yg gampang ngambek trus mogok2 kalo kagak jadi dibeliin maenan, tni ntu dari dolo orang yg nurut2 aja..keluh kesah tni cuman berhenti antar bacot barak n di pos jaga doang, selebihnya diserahin ma bapak bapak pemimpin yg disono mo dibawa kemana..

    pak..tni butuh didandani biar tampan pak..tni selama ne buruk rupa pak, tolong kasih pakean yg layak pak biar dagu bisa terangkat kalo berpapasan dgn tentara asing..biar silau mata para begundal, pak..tni ada bukan buat maenan politik pak, mempertahankan kedaulatan bukan cuman pake bacot doang pak..
    silahkan bapak2 yg pinter2 berjuang pake otak, biarlah tni n rakyat berjuang pake otot..

    atu yg pasti pak, pemimpin yg kagak ngarti anak buahnya bakal kagak ada respek dari bawahan pak..kagak respek yg mendalam n lama bakal berbahaya pak..ingetin tuh pada bapak2 mantan dibelakang bapak..

    sekian..
    ane mo cari sasaran buat obat galau, beli abg ah..

  66. Perjuangan Pak Pramono Edhie untuk mendapatkan tank Leopard cukup berat. Tapi waktu itu dia punya satu cita cita, tni ad memiliki alutsista yg terbaik di kelasnya. Itu saja. Kendala pro kontra dgn dpr akhirnya bisa diselesaikan.

    Sebelum ke dpr, Pak Pramono Edhie minta satuan Kavaleri utk mengkaji secara mendalam soal keberadaan tank 60 ton ini. Kavaleri akhirnya mengeluarkan kajiannya secara detil. Termasuk beban titik pijak tank leopard. Semu Sudah dihitung. Dari hitungan kavaleri ini Pak Pramono Edhie bergerak ke dpr dan ke Kemhan. Dan semua setuju.

    Matanya waktu itu berbinar binar: prajurit tni harus punya kebanggaan terhadap alutsistanya. Bukan tank tua yang kecil yang hanya bisa digosok gosok tapi tidak bisa dibawa perang.

    Seharusnya Pak Jokowi yang terhormat, tidak usah berbicara terlalu dalam dgn bilang tank leopard tidak cocok. Pak Jokowi mengurus yg lebih besar, spt proyeksi kemandirjan alutsista ke depan.

    Apa yang sudah direncanakan TNI, seharusnya bisa berjalan. Saya bukan hendak menghujat Pak Jokowi, namun ada yg keliru ketika dia mengatakan tank leopard tidak cocok, lha usernya saja senang sekali dgn mbt itu.

    Jadi tidaknya pengadaan alutsista ditentukan oleh user. Kalau user OK, barulah tim kesenjataan/ahli memeriksa kemampuan kehandalan alutsista ini.

    Silakan kalau ada pendapat lain
    Salam

    • Itulah Bung. Jangan bicara jika tak mengerti. Jangan hanya jadi alat pencitraan seolah ngerti. Ambil di domain yang dimengerti. Tapi karena banyak rakyat nggap paham apa beda Leo dan Anoa, jadilah banyak yang terpana bahwa nasionalisme sang calon sangat tinggi, padahal Leo dan Anoa saling melengkapi bukan saling ditandingkan karena beda spesies. Artinya, ngomong keliru pun tak apa, asal citra naik. Beres.

    • Yup saya pernah baca laporannya, dan saya salut dengan perjuangan tim Yonkav yg melakukan kajian yg sangat melelahkan tersebut. Ada satu kejadian mereka tidak membawa tank recovery dan akhirnya mereka harus nyangkul karena Scorpion mereka kebalik.

      • “Ada satu kejadian mereka tidak membawa tank recovery dan akhirnya mereka harus nyangkul karena Scorpion mereka kebalik”

        Saya mau komentar, namun ngak tega bung Jalo……

        • Silahkan bung Melektech, kalau bisa akan saya jawab. ๐Ÿ™‚

          • Assalamualaikum wr.wb
            saya tau bung Melektech mau komen apa ke bung Jalo,
            la kalo yang waktu itu Leonya yg kebalik? cara ngebaliknya lagi gimana?
            kalau menurut saya beban di lawan beban di jungkat jungkit pk rantai
            lagian masih ada turretnya

    • saya hanya mau menunggu saja apa yg dilakukan jokowi kalau sdh jd presiden,jika menurut timx leopard g sesuai dgn kontur indonesia maka apa solusinya,.?jgn smpe solusinya hanya sekedar ganti pabrikan saja. yg jelas sdh ada program jokowi yg katanya akan dia laksanakan secepatnya dan menurut saya kurang tepat yaitu kartu indonesia sehat..kenapa harus ada kartu indonesia sehat lagi.?knp tidak biaya pembuatan kartu dialihkan saja untuk memperkuat BPJS.?bukankah dr BPJS kita sdh mndapatkan kartu

    • Pak Pramono Edhie, membentuk tim untuk memeriksa langsung alutsista yang akan dibeli AD. Banyak rekanan yang datang ke dia, menawarkan komisi yang berlimpah dengan syarat, alutsista yang akan dibeli lebih mahal. Semua ditolak. “Rekanan yang mau untung dari pengadaan alutsista, boleh saja, tapi ya jangan begitu begitu banget, dengan harga yang mahal dari aslinya. Dia cukup santun. Rekanan yang dia maksud, yang saya tangkap adalah yang diusulkan/didorong oleh anggota DPR.

    • soal teknologi beliaw emang jagonya,,,, tapi apakah beliaw juga paham dengan strategi pertempuran / perang ?
      percayakan saja pada TNI. mereka ga asal piih.

    • wah berarti pak habibie bisa juga design tank ya, hebat ya, tapi kok timor timur kok bisa lepas ya, maaf anak sd nanya

    • Jd Inget Timor Timur,..

    • Yang ngebisikin jokowi adalah tentara kacungnya ASU, akan berhasil kalo di tubuh TNI banyak kacungnya ASU. Tapi kalo di TNI banyak Nasionalis anti Imperialis pasti ingin bangsanya sejajar dengan ASU bukan jadi boneka ASU.

    • Yang melepas TImor Timur juga Habibie padahal berapa banyak uang untuk Tmtim, emang layak disebut pemimpin kepercayaan

  67. Melu like bung ismed….!!!!

  68. kalau jokowi jadi presiden kemungkinan besar alutsista dari china dan usa (kelasnya dibawah singapura dan australia) yang banyak masuk ke indonesia, investor asingnya juga banyak dari china dan usa.

    leopard dengan berat 62 ton sebenarnya aman2 saja untuk kondisi di indonesia, sebab ground pressure nya kecil, contoh kalau kita berjalan diatas tanah liat dengan menggunakan dua tapak kaki pasti akan amblas, tapi kalau diatas tanah liat tersebut di kasih satu keping papan dan kita jalan diatasnya insya allah tidak akan amblas, begitu juga dengan leopard seberat 62 ton yang seluruh bebannya di bagi rata keseluruh tracknya kemudian disalurkan ke tanah.

    mungkinkah sejarah akan terulang lagi seperti alutsista dijaman soekarno kemudian di lemahkan secara terstruktur sistematis dan masif.

    mungkinkah sejarah sumber daya alam dan potensi indonesia yang kaya raya akan dibagikan secara murah kepihak asing seperti jaman megawati?

    mungkinkah sejarah lepasnya sipadan dan ligitan akan terulang lagi (salah satu faktor karena alutsista TNI lemah)

    susah nya bangsa ini kalau ingin maju dan kuat

    salam gigit jari………..

    • semua kemungkinan bisa terjadi bung, tapi yang jelas tergantung dari kebijakan yang diambil oleh pemerintahan yang akan datang. salah satu dewan penasehat Pak Jokowi yang mantan kepala intel kita, tengah berada di Vietnam, ketemu siapa kah? hehehe.. coba cek artikel Bung Yayan kemarin. so wait and see saja Bung :mrgreen:

      • bda pmrintahan,,bda kbijaksanaan
        kbijaksanaan=bijakโ€ฆ..dsbut kbijaksanaan klo bijak dlm kptusannyโ€ฆni bnr2 gk bijakโ€ฆpgn bgt gw bjek2 ni orangโ€ฆ
        bnr2 bwt ilg simpati gua sm lo jokowโ€ฆ

        mf ndan PS…bwaanny org lg esmosi nih….

        • hehehe…. pemerintahannya aja belum jalan kok Bung, nanti kan bisa kita lihat arahnya seperti apa, ingat lho kedaulatan negara ini ditangan rakyat bukan ditangan seseorang atau golongan apalagi kroni-kroninya hehehe… saya optimis MEF akan berlanjut walau ada perubahan disana-sini, asal perubahan itu lebih baik ndak masalah toh Bung? hehehe… :mrgreen:

      • Wow. Ada perlu apa Pak Hendro ketemu Martin Dempsey? Kalau ingin memojokkan rusia, maka kebijakan alutsista akan condong ke daftar belanja yang sudah dipaparkan wakil US di DPR.

      • Jual diri, jual terorisme si negara mayoritas, jual nkri yg penting untung

    • Bung Surti@ Gak usah jauh kesana dulu, antisipasi yg jelas2 sudah menjadi manifestasi politik kubu nya Jokowi aja dulu, yakni perpecahan.. Kami orang Sumatera tidak suka ribut2 SARA, tetapi kami was-was akan masa depan, kami tidak ingin menjadi Poso.

      Maaf, saya hanya tidak percaya pada kubu Jokowi.

    • Sabar bung alit…

  69. Yah kalau tidak mencari state of art teknologi tinggi mungkin kita tidak perlu pesan leopard, mungkin ada yang merasa cukup tank banteng saja. Berhubung pihak TNI tahu apa yang bisa dipelajari dan kelak membuat dari pengetahuan leopard ini, tentu sangat disayangkan revisi/pembatalannya. Jadi ingat jargon pilgub jatim partai banteรฑg..i like bambaรฑg-said (suka apa kata bambang)…paralel joko wijk (istana joko)…wa allahu a’lam

  70. alangkah baiknya tim diputi “calon” (karena msh ada pemerintahan yg memimpin) pemerintahan yg baru jangan cuma melemparkan statement mau revisi pengadaan tank leo doang.lempar juga dong pengganti tank leo apa+yang terpenting tanyakan sm user nya.biar ngga jadi polemik.
    masa barang mau diganti,tp penggantinya di pikirkannya belakangan…aduh….hehehe

  71. Leo hilang zhong thong datang KECEWA SAAANGAT KECEWA !!!!!

  72. Rapatkn barisan, kita bentuk pengadilan jalanan apabila NKRI kita di gadaikan.

  73. Sepertinya harapan kita (pendukung MBT Leopard) hanya tinggal di MK. Mari sama2 berdoa untuk kemenangan capres yang satu nya lagi ^_^

  74. Yeaah Leo “ROCK ON”.. he..3x

  75. asem..jargonnya aseeem waaa ha ha ha ๐Ÿ˜€

  76. Waktu konflik Ambalat, beberapa alutsista yg dipper hitungan TNI AD adalah mbt PT 91 dan Astros Malaysia. Tentara juga manusia dan punya per hitungan, bukan sekedar maju ke medan pertempuran. Astros Malaysia dianggap akan berbahaya ketika menghujani pasukan infanteri dan kita tidak bisa berbuat banyak. MBT PT 91 juga dianggap bukan lawan seimbang bagi scorpion atau AMX. Mental prajurit bisa rontok. Mungkin bisa di ingat kembali bagaimana jeritan Pangdam Mulawarman saat itu, yg sangat berharap dgn MBT yg seimbang dengan PT 91. Itu curhatan Pangdam Lho, yang berada di garis depan. Curhatan prajurit di lapangan lainnya, adalah kekhawatiran mereka atas Astros Malaysia.

    Pak Pramono Edhie meresponnya dengan membeli MBT Leopard, Anti-tank Apache, Atros2 dan meriam Caesar 155mm.

    Setuju, seharusnya tim Pak Jokowi menyampaikan konsepnya tentang lapis baja indonesia, jika mengatakan Tank leopard tidak cocok untuk Indonesia.

    Silahkan Tim Pak Jokowi, dibabar konsep dan pemikirannya….

    • Astros bukannya permintaan dari pak Budiman ya bung Diego. ๐Ÿ˜€

      • mungkin bung jalo sebagai “wartawan” tahu ada peristiwa apa di perbatasan kalimantan-malaysia diawal pemerintahan SBY, yang kemudian menjadi salah satu pertimbangan pengadaan MBT Leopard. Apalagi bung Jalo sangat dekat dengan “sekutu barat” pasti tau kan maksudnya… ๐Ÿ˜€

        • Kok bung Sanjaya tahu saya deket dengan sekutu barat?? emang sekutu barat itu kayak gimana sih?? ๐Ÿ˜€

          • itu lho yang suka main remote control… ๐Ÿ˜€

          • Wew, kalau itu saya no comment lebih baik saya belajar dan mengawasi pengembangan dalam negeri. Besom insyallah kalau balik cepat saya kasih oleh2 bagus, ๐Ÿ™‚

          • berati anda tidak punya alasan menyalahkan sby menurunkan pak budiman. sby tidak salah pak budiman diturunkan sehari belum pilpres…krn anda sangat membela beliau, dan kita tahu anda membela kubu mana.

      • Ya Bung Jalo, Pak Budiman adalah master mind di AD, saat itu.

        Salam Hormat Jenderal Budiman.

    • ….hmm…gimana ya , soalnya Pres yg skg ibaratnya klas MBT sementara yg kayaknya mau gantiin (si kurus) klas LBT..ya pasti beda. gua jadi setuju ama pandangan Pak Habibi agar ada standarisasi tertentu untuk bisa ikut nyapres biar bisa didapatkan calon2 yg terbaik , sehingga akhirnya akan terpilih yg “best of the best”

    • saya setuju bung diego, harusnya dibabar apa konsep tentang lapis baja indonesia mulai dari jangka pendek hingga jangka menengah..tidak mungkin lah kita mau langsung ngandalin MBT buatan lokal yg satau saya sampai saat ini prototypenya sj blm dibuat.

    • Paling jawabannya pro kontra biasa. Bertempurlah yg baik. Kalau kalah yaa yg salah sampean man lbh ahli dibanding saya hahaha

  77. bang diego..
    pertanyaannya, apa mereka ngarti ato asal beda doang?

    • Kalau jalan jalan kita dianggap tidak kuat menopang MBT, berarti konsep pertempuran yang akan digelar, “infanteri strong”, bersembunyi di dalam hutan dan tank hanya sebagai support. Karena tidak mungkin light tank head to head dengan MBT lawan.

      Model seperti itu akan empuk bagi lawan. Mereka konsentrasikan MBT nya untuk merebut titik titik strategis dan penyekatan logistik.

      Apakah AD akan menyerahkan nasibnya ke AU dan AL yang juga tidak superior atas lawan potensial ?

      Mungkin maksud Pak Jokowi, ke depannya kita akan bangun tank yang cocok untuk indonesia. bobot ringan namun memiliki kemampuan fire power yang mumpuni.

      Sementara TNI, waktu pengadaan MBT itu, melihat kondisi real, calon lawan dan senjata yang mereka gunakan. TNI tidak bisa hanya bicara projection. Harus dibedakan antara kondisi real dan projection.

      • Perang gerilya

      • Soal MBT ini ada baiknya TNI mengundang langsung Jokowi-JK dan tim penasihat militernya untuk menjelaskan dan melihat langsung bagaimana kinerja MBT Leo ini di pusat pelatihan Yonkav. Mungkin beberapa kali test ride akan membuktikan dan mengakhiri polemik apakah MBT ini memang cocok/tidak cocok, ambles/tidak ambles.

        sekedar saran CMIIW

        • Yup lebih baik demikian daripada dijadikan polemik. Mendingan duduk bersama menyelesaikan masalah, musyawarah untuk mufakat. Kalau kedapatan ada indikasi seperti yg dicurigai silahkan bawa ke meja hukum, meski proses pengadaan melalui perjanjian rahasia karena pak Jokowi kan Panglima tertinggi (Insyallah kalau jadi dilantik). Nanti kedepan kan bisa dilakukan ANEV atas kejadian2 ini.

          • setuju,wong jadi presiden aja blom, mau ketemu yg punya kebijakan,disebut gak etis ama papa besar, jadinya si tebe lagi yg jadi referensi, sukur2 sih jagoannya bung jalo itu ikut nimbrung nanti.

          • Jagoan saya siapa sih?? Saya cuman membela yg berjuang membangun bangsa. Track recordnya jelek ogah ah, ๐Ÿ™‚

        • secara hirarkis gak bisa begitu, TNI tentunya akan berkomunikasi dengan presiden terpilih, dalam hal ini setelah MK ketok palu.
          jika resmi terpilih jokowi adalah panglima tertinggi, TNI yang harus mendatangi / menjelaskan, pada prakteknya nanti komunikasi akan terjadi pada level menhan – KSAD…

          • Kalau sudah ditetapkan oleh MK dan DILANTIK oleh MPR baru TNI dan seluruh rakyat termasuk yang 50 persen kurang yang tidak memilih pak Jokowi akan ,,menjujung dan menghormati beliau,

            Saya juga tidak senang melihat rakyat yang mencemoh Presiden nya sendiri dengan cara yang kasar,,,

            Kalau memang pak Jokowi tidak ingin membuat POLEMIK dimasyarakat
            Harusnya teteap menahan diri dalam bersikap dan membuat statement,,, karena akan rawan perpecahan lagi bangsa ini,,
            Bukankah dipihak yang menang menginginkan PERSATUAN??

            Kalau mengingkinkan itu,,, Buatlah sikap yang menuju persatuan,bukan sebaliknya dan mencidrai pemerintah yang masih berkuasa…

            pak Andi wijayanto itu salah dalam membuat statement,,, belum saatnya harusnya…karena bisa memancing ketidak sukaan dari User yang menginkan leopard,,,dan rakyat yang tidak memilih pak Jokowi,,,dan akhirnya menjadi Polemik,,,Kalau kemenangan sudah ditangan ,,gak perlu main gas (bleyer bleyer) agar kondusif suasananya,,

            Semoga cepat di luruskan ,,,
            Imho

          • sori bung danu numpang ngreplay
            hehehehe

          • bung Satrio,

            kalau dicermati sebetulnya ada kemajuan pemikiran dari waktu kampanye dulu (jelas masukan dari TB); โ€œTank Leopard terlalu berat, 62 ton. Lewat jalan rusak semua, apalagi jembatan kita tidak kuat menahan beban 62 tonโ€. Ini kan sudah terdengar seperti vonis.

            Sekarang;
            Andi Widjajanto, mengatakan, pihaknya akan mengkaji soal keberadaan main battle tank (MBT) Leopard dalam postur pertahanan Indonesia. Andi menyebut pihaknya belum mengambil keputusan apa pun terhadap tank itu.

          • Hehehe iya…maksud saya setelah resmi jadi RI 1. Mending denger dan liat langsung bersama usernya drpd dengerin bisikan2 orang2 yang gak ngarti/gak ada pengalaman soal tank.

            Karena sudah terlanjur teken kontrak, ya sudah lanjutkan saja kalau memang sudah tidak bisa di renegosiasi lagi. Tetapi jgn lupa meminta penjelasan dan masukan dari pak Habibie soal keberatan beliau. Seandaimya memang ada kelemahan/kekurangan pada Leo mari kita perbaiki. Kita bisa menjadikan Leo dan Marder ini sebagai basic tank nasional :mrgreen:

            Salam hormat CMIIW

  78. Bs jadi bung lare alit….kaprang gaban dijual lg trus tni disuruh sewa spt kpl tanker pertamina dulu jaman kanjeng mami berkuasa….

  79. mbah ini pendukung setia Jokowi. Mbah meski tua selalu nurut dan patuh pada petunjuk petunjuk beliau, karena mbah yakin beliau adalah putra terbaik bangsa pilihan rakyat. Presiden unggulan dan sangat sangat cerdas,

    kalau masalah tank leopard mbah sangat setuju dengan Bapak Presiden terpilih JOKO WIDODO. kandangankan semua tank leopard dan ganti semua dengan Panser ringan dan tank ringan.

    Rakyat masih susah, mending uangnya buat beli beras saja.

  80. Mungkin akan jadi satu kebijakan SIMALAKAMA…

    Dikatakan PEMBOHONG bila tetap melanjutkan program akuisisi MBT leopard (meskipun user sangat mengidamkannya) karena mengacu pada statement waktu debat capres beliau dengan lantang mengatakan Leopard tidak cocok untuk Indonesia,berarti dapat ditarik kesimpulan bahwa Leopard sisa pengadaan setelah Oktober hampir pasti tidak datang.ITU BERARTI TEGUH MEMEGANG OMONGANNYA ( tidak mencla-mencle sekedar menaikkan citra di mata rakyat yang kurang tau tentang alutsista)

    Tidak mau dikatakan tidak cerdas ya nyatanya begitu, berbicara sesuatu yang kurang dan tidak menjadi keahliannya.segala sesuatu mungkin sekedar titipan pihak-pihak lain, tapi kalo pemimpin bijaksana tentu akan bertanya terlebih dahulu pada ahlinya sebelum mengeluarkan statement apalagi kebijakan strategis…

    Nah ahlinya yang mana ni….. YANG ULAR atau YANG GARUDA…

  81. mohon buat para komentator disini.

    Tidak usah memprotes lagi kebijakan pak jokowi dan ini itu tentang pak jokowi, pilpres sudah usai dan pak jokowi adalah presiden terpilih resmi berdasarkan undang undang. Yang sakit hati, monggo ditunggu 5 tahun lagi.

    Suara Rakyat adalah suara Tuhan.

    • Kita tidak membenci Pak Jokowi Mbah. Kita harus menghormati Presiden terpilih, karena itulah konstitusi.

      Prinsip Mbah itu hanya berlaku di negeri Kim Jong Un.

      Pujilah yang patut dipuji dan kritiklah yang patut dikritisi.

      • mbah jaman muda dulu tidak pernah mengkritisi pimpinan. Bagi mbah pimpinan adalah bapak atau orang tua bagi mbah, mbah akan dukung semua kebijakannya, memaklumi kesalahannya, dan selalu bersamanya dalam suka dan duka.

        Salam hangat buat Bung Diego, mohon maaf bila ada kata-kata mbah yang salah,

      • Sama seperti Mbah, saya berharap banyak dengan Pak Jokowi, bisa breaking through membuat Indonesia menjadi membanggakan. Amin.

        Soal kritik mengkritik, sejarah dunia sudah menunjukkan, block timur rontok, akibat pemerintahan tidak boleh dikritik. Indonesia kandas tahun 98 karena anti-kritik.

        Kritikan jangan diangggap kebencian. Selama kita menganggap kritik adalah kebencian, kita gak akan maju Mbah.

        Mari kita sokong Presiden Terpilih dan awasi kebijakannya.

      • siapapun pemimpin bangsa ini berikutnya mudah-mudahan dia dapat mengangkat harkat,martabat,derajat serta dapat memeberikan kemakmuran bagi NKRI.

      • Maaf bung Diego, menurut saya tugas konstitusional kita sebagai rakyat itu tidak harus menghomati, cukup menerima. Menghormati atau tidak menghormati seseorang itu hak prerogatif individu yang tidak bisa dipaksakan. Karena untuk menilai seseorang itu pantas dihormati atau tidak ya bergantung sama pribadi masing-masing. Kita liat saja apakah Jokowi nantinya pantas dihormati atau tidak. Justru tindakan memaksakan setiap orang untuk menghormati pimpinan tertinggi suatu negara itu malah mirip di Korut atau Myanmar yang jauh dari nilai demokratis.

  82. Statement itu cuma sekedar kampanye aja untuk membanggakan hasil kerja JK (Anoa) , ane yakin kok Jokowi orangnya bisa kompromi apalagi pak moel yg bisikin .

  83. Wah asistent JoPreet ini jago jg buat statement yg bikin semua militer fansboys langsung down. Tapi tidak masuk diakal sekali kalau MBT diganti dgn anoa yg beda kelas dan fungsi dgn alasan jalan rusak.

    Semoga keberhasilan MEF yg sdh dibuat oleh sby utk menegakkan wibawa kita dgn negara lainnya tdk diganggu oleh antek asu dan singaporn ini. Seharusnya kitabisa fokus kppd pengambilan FIR kita oleh singaporn yg selama ini sdh byk mengambil keuntungan dari wilayah udara kita. Sudah waktunya kita merdeka thd wilayah sendiri, ambil uang kita dan BLBI dari cukong2 di singaporn ini.

    • Kalau mau bicara pengganfi MBT ya jenis tank medium laras kaliber besar misalnya, bukan APC. Tapi masyarakat nggak ngerti, yang kelihatan hanya jargon nasionalismenya. Sukseslah. Teman saya yang doktor ilmu sosial juga kagum dengan pernyataan tentang Anoa. hehehe.

  84. jgn coba coba ngilu..

  85. Selamat buat warungnya Bung Diego yg telah berhasil menghangatkan suasana, semoga tidak berlanjut ke lempar piring dan gelas. Mau urun rembuk, Pak Pram (dari komentar Bung Diego no.82 diatas, kan merespon curhatnya user ketika menghadapi Malingsial) mendatangkan Leo, akan menempatkannya di kalimantan, bagus dan harus didukung sampai kebutuhan tercukupi. Jadi di Jawa ini hanya mampir menginap saja. Walau hanya mampir, waktu pindah dari Jakarta ke Pasuruhan, membutuhkan waktu 5 hari perjalanan, dengan mengorbankan pengguna jalan lainnya (mengalah). Kalau jalan2 pada rusak dan ambles, ternyata tidak juga, krn rantainya ada karetnya. Tapi ketika melewati jembatan2, bisa meningkatkan andrenalin yg bawa trailer. Bagaimana tidak was2, jembatan dilewati oleh tronton dan trailer yg bobotnya maksimal 60 ton dng muatan penuh saja banyak yang ambles (terakhir jembatan Comal Jateng), apalagi ini trailer + Leo bisa berbobot lebih dari 75 ton. Jadi semoga Leo dikembalikan ke rencana semula utk ditempatkan di Kalimantan. Saya rasa, utk Leo yg sdh dipesan sangat amat kecil kemungkinannya utk di batalkan. Tapi untuk penambahannya, bisa jadi tidak berlanjut. Dan TNI telah mengajukan anggaran utk membangun jalan di perbatasan kalimantan sepanjang 1000km lebih. UTk di jawa, mungkin lebih tepat tank Medium. Maaf pendapat oot, dari seorang pedagang ayam di pasar.

    • Pasuruan-Surabaya adalah nadi ekonomi yang menentukan aliran logistik ke Surabaya sebagai hub Indonesia Timur. Jalur itu juga dekat dengan Malang-Surabaya yang juga nadi aliran produk agro ke Surabaya. Penempatan Leo menggunakan strategi khusus dan mestinya ke depan diikuti perkuatan infrastruktur sehingga makin banyak area yang dengan aman dilewati Leo. Saat ini sedang dibangun tol Gempol-Malang dan Gempol-Pasuruan sebagai lanjutan Surabaya-Gempol. Juga sedang progress tol Surabaya-Solo-Semarang-Jakarta. Jadi strategi jangka pendek dan jangka panjang harusnya beda. Di jangka pendek Leo mengikuti kesiapan prasarana, jangka panjang prasarana yang ditingkatkan kemampuannya.

    • Untuk kalimantan, yup sedang dibangun jalan yang mestinya dengan standar mampu dilewati MBT, seperti di wilayah tetangga itu.

    • Pemikiran saya sederhana saja. Dulu ketika mobil berhasil diciptakan, orang mulai membuat jalan beraspal. Ketika muncul pesawat jumbo, orang memperpanjang landasan pacu.

      Kini era MBT, termasuk tetangga-tetangga kita, ya kita harus memperkuat jalan dan jembatan. Masak karena tidak ada jalan beraspal, orang harus kembali menggunakan dokar di jaman sekarang ini

  86. LONTONG DI KETOK KETOK….

    OMONG TOK GAK ONOK BUKTINYA…..

    TANK BANTENG

    • ngak usah emosi begitu, kenapa ? sakit hati jokowi jadi presiden ? inilah resiko berdemokrasi, yang kalah harus ngalah, meskipun mbah terkadang menyakini bahwa MBT sangat diperlukan bahkan 1000 unit.

      tapai gmn lagi, ndoro inginya panser anoa untuk melawan MBT negeri malaysia.

  87. memang pasangan jokowi-jk ini lambene amis kabeh, waktu gempa jogja dulu si JK ini waktu dia jd wapres koar2 rumah runtuh dibantu sekian, rumah rusak berat dibantu sekian, rusak ringan dibantu sekian, tp hasilnya yg didapat buat bikin haus tembok aja ga cukup, ming gedhe omongane. tp ya gimana lg nasi udh jd bubur jd cuma bisa pasrah dg apa yg mau dia buat utk NKRI,wong bapaku yo milih jokosu.

  88. Sepandai dan semegerti apapun anda dalam hal alutsista tapi anda kalah dengan suara Rakyat, Rakyat memilih Pak Jokowi, dan Pak jokowi memilih panser anoa untuk melawan MBT negeri tetangga kita. Kalau memang tidak cocok tunggu 5 tahun pemilu lagi, makanya kalau milih presiden yang hati hati, jangan dikit dikit ngatain pelanggar ham dsb.

    Coba kalau calon presiden satunya yang jadi, pasti militer negeri ini sekuat NEGERI CHINA YANG AGUNG 10 tahun lagi.

    Tapi Rakyat tidak ingin alutsista, rakyat butuh makan dan pelindung bagai mereka yang menjamin kesejahteraan mereka.

    • Suara rakyat = suara Tuhan? 52% suara tuhan milih si A, 48% milih B. Tuhan kok setengah-setengah? Fox populi fox dei itu gembar gembor orang yang make demitcrazy untuk menguasai negara laen.

  89. dalam lubuk hati mbah yang paling dalam dan mbah sangat meyakini bila saja, andai saja dan bilamana wakyu itu bisa berputar kembali dan capres satunya yang jadi maka sudah bisa dibayangkan betapa ancaman asing yang menggerogoti sumber daya alam di Indonesia akan di elemninasi.

    Andaisaja waktu berputar lagi dan capres yang satunya jadi adalah :
    1. Alutsista akan dibeli besar besaran, 3 matra akan digelontor dana besar besaran untuk pembelian alutsista dan menguatkan postur pertahanan.
    2. Beliau Pra….. lebih mengerti dan paham betul ancaman dari utara tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya, bahkan untuk kemungkinan terburuk sekalipun.
    3. Beliau Pra….. dari basic militer, pasti lebih mengerti apa yang dibutuhkan militer agara tampil gagah perkasa.
    4. Sang Garuda, benar,…… Sang Garuda akan sangat gagah perkasa.

    tapi sayang,……

  90. ikutan komen ah…maaf kalo kaga berkualitas komennya,
    harapan ane sih yg udah pesen nunggu dateng ya tinggal di test aja ntu si leo parade seharian lewat jalanan sama
    jembatan yg ada di mari yg jalanannya standar di Indonesia di saksiin sama siapa aja yg penasaran boleh lah…ntar kebuktian mana yg bener teorinya…., kalo ambles berarti pejabat di sini harus “revolusi mental”
    bahwa kalo besok” bikin sarana umum buat rakyat ya harus yg berkualitas…rubah semua standar pengadaan sarana infrastruktur dari yg ecek”
    menjadi berkualitas meskipun mahal dan butuh waktu tapi kan jargonnya revolusi mental kalo kaga sekarang pas berkuasa ya kapan lagi…buat rakyat ko coba” sama yg murahan seperti selama ini, …kalo jalanan sama jembatan kaga ambles ya silahkan lanjutkan pengadaannya…pan beritanya rheinmettal joint bareng sama
    pindad produksi amo si leo, ….kalo “perang opini” antara mr.habibie dgn pihak user..ya silahkan mereka berdua di pertemukan mencari jalan tengah lho…bukan jalan pembenaran atas opini masing”…ane yakin kedua belah pihak orang” cerdas lagi bijak….ane pikir cuma masalah urgensi…waktu…dan penempatan pointnya ( yg ini opini ane yg sotoy…maaf ),
    apalagi ya…hmm ada yg mao nambahin ga !? …cape lah kalo harus gontok”an mlulu….hayo siapapun yg berkepentingan demi kemajuan Indonesia mari duduk bersama membahas masalah bangsa…di mulai dari pihak yg akan memegang tampuk kekuasaan kepada mereka yg berseberangan sementara di pihak lain terimalah uluran…singkirkan segala perasaan di hati demi Indonesia !
    …sudahlah YG BAIK BELUM TENTU BENAR sementara YG BENAR BELUM TENTU TEPAT…!
    mohon maaf ya….

  91. emang susah milih yang terbaik kalau gak ada pilihan terbaik!

    @nyesal!pool

  92. pengebirian TNI

  93. Tank Leo bekasiyah diganti saja dengan MBT dari Ukraina atau Rusia yang gress dan lebih ringan dari si LEO. Btw dalam lomba Tank terbaik 2014 kemarin Tank dr Negara mana ya yang menang??? Jawabannya Rusia. Ya ambil aja tank dari rusia yang seri terbaru dan Gresss bukan Upgrade. Setujuu kawan???

  94. hahahahaha…. kalau pimpinan model android susah. ada yang masang leopard, hayu kita bikin kandang leo dibawah monas. kemudian ada lagi yang bilang leo kegemukan bisa bikin jalan ambles, hayu bilang leo gak cocok hidup di indonesia.

    kalau model gini apa cocok buat mimpin manusia yg hampir 250 jt???

  95. kalau tank leopard sampai gagal ….. hanya kata ini untuk VAKINK !!!!

  96. Hahaha

  97. Hehehee…….mbt sudah ada sejak PD II..kalau ngga salah…Di seluruh benua ADA mbt kecuali antartica..populasinya banyak banget..alhamdulillah setelah menunggu 69 thn !!???!!!!! TNI AD punya..eh malah dibilang ngga cocok..

  98. kuciwo poollll…!!! ngelus dhodho yen ora sido..

  99. Duh.. Sedih rek… Icon kebanggaan d bilang gak cocok…

    Saya melihat d antara komen” ini, ada yang kesannya sangat “mendambakan”… Ada baiknya d rem kalo mendambakan orang…

    Inget loh ya, kta semua tdk mengetahui sesuatu yang akan trjadi d masa depan.. Bisa saja semuanya menjadi terbalik

  100. Bismillahirrahmanirrahiiimmm..terakhirxx….ahhahahahhhaahhahhh….ohh iya mumpung jadi buntut jadi bebas nih koar2,,,,kalo leonya gak jadi buat TNI saya mau ajukan permintaan kredit satu unit buat jaga2 kalo tetangga sebelah yg udah punya mainan sejenis dan suka mindahin patok gak macem2 lagi dan saya gak malu2 lagi lewat depan rumahnya sambil nunduk2..tapi DPnya berapa yaaa??

  101. Cobak klen bayangkan dulu kalau jokowi jadi presiden ngomong “peraaaaaaaaaaaaaaaanggg…!!!!….cocok gag ??…..pasti lucu bang….ini lah presiden pilihan klian ine….mantapphh..

  102. Jalan atu-atunya,keputusan KPU bisa dibatalin.diselenggarakan pemilihan umum ulang.
    Muangkellll tenan.kementhus poool
    Siap2 NKRI dijoke-we kan…..

  103. Kasian kavaleri AD yg sudah susah payah melakukan kajian layak tidak ya Leopard beroperasi di Indonesia jika akhirnya Leopard harus di batalkan kontrak ya… Jd inget kasus challenger tp yg datang scorpion…

    • Biarlah TNI yg menentukan sendiri alutsista yg mereka inginkan.. Karna mereka lebih tau apa yg di butuhkan untuk menjaga negeri tercinta ini. Smua pembelian alutsista pAsti sudah di kaji dngan mendalam oleh ahli ya… Biarlah masyarakAt yg menilai dan menjaga agar setiap pembelian alutsista berjalan transparan tanpa ada praktek2 yg mencurigakan … terbaik untuk rakyat terbaik untuk TNI

  104. Jangan sampe TNI seperti di jaman orba meminta gk di ksh. Meminta tp gk sesuai dngan keinginAn…liat kasus AMX 10 yg cm jd tank buat parade

  105. gile loe Ndro fans wowo ma wiwi brantem wkwkwk ..koplak

  106. Pemahaman anda mungkin bung sukhoi yg perlu di luruskan, kami disini semua mengolah informasi dari yg disajikan Admint lalu menjabarkanya dalam bentuk analisa,ide atau pendapat, jelas dan pasti ada perbedaan, tapi disitulah letak “ke Bhineka Tunggal Ika”an kami, Semua yg Berkontribusi menyumbangkan ide dan pendapat maupun analisa disini mempunyai satu Harapan, Ingin Negara Kesatuan Republik Indonesia ini Bisa Maju,Berkembang lebih baik,berdaulat adil dan makmur.

  107. Blm apa2 sudah berulah, team transisi sotoy…, banjir kanal yg ada banjir KADAL !! Monorel jd Monopret, TransJ bis karatan di ACC, mana tuh si ESEMKA ??? Lu kate gk tau modalnya ?Merk FUDAY aslinya china tuh mobil, alat pencitraan doang, Ngandelin DRONE, Poros Maritim segudang janji buat DKI saja mangkrak, Kartu Sehat mana tuh ? Kalah sama BPJS, sekolah gratisss bull shit, belum apa2 TNI mau di bonsai lagi, hiden agenda apalagi ini?? Pesanan asing ya begini jadinya
    Klo gk mau di cubit jangan nyubit, biarkan TNI memilih krn kita yang paling tau kebutuhan kita apa,

  108. Ane setuju pendapat Bung Diego, Soal alutsista sbaiknya serahkan kpd Permintaan TNI sbgai ahlinya.

  109. maaf oot, mengkritik ma menghujat beda Bung, sy prcaya Bung2 dsni orang2 trpelajar

  110. sebenarnya ada solusi banyak bisakah kita pesan mainan rusky yg kayak ini…

  111. ” VIVAnews โ€“ Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membantah ucapan Joko Widodo yang menyebut tank Leopard tak cocok dengan kontur wilayah Indonesia. Saat ini Indonesia sudah membeli 110 tank Leopard, namun baru dua yang tiba di Tanah Air”.

    TANG LEOPARD SUDAH DIBELI, GAK USAH DI DEBAT LAGI, PALING CUMA GAK MESEN LAGI, GANTI ANOA versi CANON 155mm (MIRIP CENTAURO).

  112. ini yg bikin saya galau beberapa hari belakangan ini.bagi yg membaca tulisan saya dan kebetulan ada akses utk menyampaikan pesan ini ke pak jokowi maupun tim transisinya.tolong masalah leopard jgn di usik2.negara sekecil singapura aja punya,masak kita malah ga ingin beli?lantas negara kita mau pakai tank yg bagaimana?bobot tank juga sangat menentukan dalam ketahanan armor dan kekuatan perssenjataan.kehancuran suatu bangsa adl apabila dalam mengambil suatu keputusan bukan berasal dari para ahlinya.para petinggi militer tentunya sudah melakukan analisis berkepanjangan sebelum menentukan alutsisita yg akan di beli.kepada tim transisi jokowi,tolong jangan mengubah atau merusak pondasi yg telah di bangun dlm bidang persenjataan negara kita.jika terus berganti2 ide seperti sekarang,militer kita akan tumbuh menjadi militer yg tidak di segani.jika ada ide,sebaiknya adalah unutk menyempurnakan,bukan malah merombak tatanan yg sudah di bangun.

  113. Benar juga katanya bung Diego,Teori kita sebenarnya simple saja.bila pesawat boeing diciptakan maka keperluan kita adalah dgn memperpanjang landasan pacu.revolusi industri perancis tercetus maka dibuatkan rel rel kereta api yg sebelumnya dlm sejarah dunia blm wujud.dalam 50 thn kedepan kemungkinan MBT sudah bisa terbang dan kita msh memakai Anoa? Ga lucu

  114. bahaya sekali apabila kebijakan n strategi militer diserahkan kepada org sipil, yang maaf mungkin seumur-umur tidak pernah melihat senapan.

  115. Yang penting KPK harus kawal kebijakan Pemerintah jangan sampai merugikan rakyat Indonesia dan menguntungkan ASU dan Imperialis UE, usut sampai tuntas kebijakan pengelolaan blok-blok migas oleh Asing, Kasus Centuri maling atas nama kebjakan, Kasus Mobil Rongsokan Trans Jakarta, Perrnyataan lunas pengemplang BLBI dll.

  116. Yang ketakutan Leopard merusak jalan adalah kontraktor jalan yang suka maling aspal dan maling semen

  117. Pemikiran praktis penasihat jokowi. Seandainya mrk prnh lihat konflik scra lsg,mslh MBT berat/tdk,merusak jln,jembatan/tdk dlm perang smua jln & jembatan adlh target vital yg hrs di hancurkn/dikuasai utk menghambat dukungan musuh & bgtu jg sebaliknya bg pihak lawan. Yg hrs d dukung adlh support item mobilisasi MBT kita. Klo lawan pk MBT msa mau d lawan dg light Tank/panser. Ingat konsep sishankamrata & Grilya TNI dg perang berlarut & Pre emtive strikenya. Ketangguhan alutsista tdk akan ada apa2nya jk tdk dsupport ketahanan energi khususny BBM. TNI SANGGUP MENAHAN & LAKUKAN SERANGAN PADA MUSUH ITU 1BLN JIKA DI INVASI TAPI BAKAL MELOROT JAUH JIKA KETAHANAN/SUPPLY BBM TERGANGGU/DIKUASAI MUSUH. Jd hrs arif sikapi pembelian alutsista. Tni lbh paham apa yg dibutuhkan. Ingat kasus penyebrangan 1divisi rusia lengkap ke ukrania timur? Ini jg jd pembahasan Pati TNI di cilangkap loh.. jika ini terjadi di kita,apa yg terjadi? Dlm 20jam pertama satuan TNI terdekat bkl mati2an hadang,24jam bru PPRC & YONKAV,YONARTMED,YONHANUD,CAS BEKERJA nah rakyat ky kita bkl terbengong2 dpn tv. Apa kita mau TNI jd lemah syahwat & mental,srh tuh para pendukung & penasihat merasakan nikmatnya di siram peluru saat DOPPERING..

  118. Sabah dan Serawak harus kita rebut kembali dari Malaya.

  119. ngomogin jokowi terus menerus bosan kita jokowi itu adalah presiden era reformasi mental yakinlah segala kebijakan nya nanti sudah matang .soal blususkan mau kegorong2pun akan tetap dilakukan demi kemajuan bangsa indonesia. soal malasia tidak perlulah kita perang kita disegani bukan karena alusista tetapi karena ekonomi dan industri kreatip barulah kita maju . soal esemka modal dan dukungan saja yang kurang .buktinya jokowi tetap nomor 2jadi dinomor satukan

  120. siapa tau diganti sama T-90 ms wkwkwkw

  121. tank itukan di pekek buat perang bukan buat konvoy pak jkw jadi ngapain takut ngrusak jalan
    toh klok kita perang jalan aspal jembatan juga akan hancur

 Leave a Reply