Nasib Tank Leopard di Era Jokowi

381
1161
MBT Leopard 2 Revolution Indonesia
MBT Leopard 2 Revolution Indonesia

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.


Jakarta — Deputi Tim Transisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Andi Widjajanto, mengatakan, pihaknya akan mengkaji soal keberadaan main battle tank (MBT) Leopard dalam postur pertahanan Indonesia. Andi menyebut pihaknya belum mengambil keputusan apa pun terhadap tank itu.

“Harus dilihat dulu kontraknya seperti apa, kesiapan infrastruktur pertahanan, terutama Angkatan Darat, seperti apa,” kata Andi di Kantor Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Mantan Dosen Universitas Indonesia itu mengaku belum tahu kontrak pengadaan MBT yang didatangkan dari Jerman tersebut. Dia hanya mengetahui bahwa pada awal Oktober, sekitar 25 unit tank tersebut akan datang dari total 120 unit.

“Harus dilihat konsekuensi-konsekuensi dari pengadaan tersebut, termasuk anggaran kedatangan tank Leopard,” kata Andi.

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.

“Kalau Pak Jokowi meminta itu direvisi dari program pengadaan tank Leopard, kita cari opsi-opsinya,” kata Andi.

Sebelumnya, Jokowi mengangkat isu soal pembelian tank Leopard dalam debat capres pada Minggu (22/6/2014) malam. Jokowi mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank itu karena berat tank bisa merusak jalan dan jembatan.

“Tank Leopard terlalu berat, 62 ton. Lewat jalan rusak semua, apalagi jembatan kita tidak kuat menahan beban 62 ton,” ujar Jokowi. (Kompas.com).

381 KOMENTAR

  1. dalam lubuk hati mbah yang paling dalam dan mbah sangat meyakini bila saja, andai saja dan bilamana wakyu itu bisa berputar kembali dan capres satunya yang jadi maka sudah bisa dibayangkan betapa ancaman asing yang menggerogoti sumber daya alam di Indonesia akan di elemninasi.

    Andaisaja waktu berputar lagi dan capres yang satunya jadi adalah :
    1. Alutsista akan dibeli besar besaran, 3 matra akan digelontor dana besar besaran untuk pembelian alutsista dan menguatkan postur pertahanan.
    2. Beliau Pra….. lebih mengerti dan paham betul ancaman dari utara tentu akan mempersiapkan segala sesuatunya, bahkan untuk kemungkinan terburuk sekalipun.
    3. Beliau Pra….. dari basic militer, pasti lebih mengerti apa yang dibutuhkan militer agara tampil gagah perkasa.
    4. Sang Garuda, benar,…… Sang Garuda akan sangat gagah perkasa.

    tapi sayang,……

  2. ikutan komen ah…maaf kalo kaga berkualitas komennya,
    harapan ane sih yg udah pesen nunggu dateng ya tinggal di test aja ntu si leo parade seharian lewat jalanan sama
    jembatan yg ada di mari yg jalanannya standar di Indonesia di saksiin sama siapa aja yg penasaran boleh lah…ntar kebuktian mana yg bener teorinya…., kalo ambles berarti pejabat di sini harus “revolusi mental”
    bahwa kalo besok” bikin sarana umum buat rakyat ya harus yg berkualitas…rubah semua standar pengadaan sarana infrastruktur dari yg ecek”
    menjadi berkualitas meskipun mahal dan butuh waktu tapi kan jargonnya revolusi mental kalo kaga sekarang pas berkuasa ya kapan lagi…buat rakyat ko coba” sama yg murahan seperti selama ini, …kalo jalanan sama jembatan kaga ambles ya silahkan lanjutkan pengadaannya…pan beritanya rheinmettal joint bareng sama
    pindad produksi amo si leo, ….kalo “perang opini” antara mr.habibie dgn pihak user..ya silahkan mereka berdua di pertemukan mencari jalan tengah lho…bukan jalan pembenaran atas opini masing”…ane yakin kedua belah pihak orang” cerdas lagi bijak….ane pikir cuma masalah urgensi…waktu…dan penempatan pointnya ( yg ini opini ane yg sotoy…maaf ),
    apalagi ya…hmm ada yg mao nambahin ga !? …cape lah kalo harus gontok”an mlulu….hayo siapapun yg berkepentingan demi kemajuan Indonesia mari duduk bersama membahas masalah bangsa…di mulai dari pihak yg akan memegang tampuk kekuasaan kepada mereka yg berseberangan sementara di pihak lain terimalah uluran…singkirkan segala perasaan di hati demi Indonesia !
    …sudahlah YG BAIK BELUM TENTU BENAR sementara YG BENAR BELUM TENTU TEPAT…!
    mohon maaf ya….

  3. Tank Leo bekasiyah diganti saja dengan MBT dari Ukraina atau Rusia yang gress dan lebih ringan dari si LEO. Btw dalam lomba Tank terbaik 2014 kemarin Tank dr Negara mana ya yang menang??? Jawabannya Rusia. Ya ambil aja tank dari rusia yang seri terbaru dan Gresss bukan Upgrade. Setujuu kawan???

  4. hahahahaha…. kalau pimpinan model android susah. ada yang masang leopard, hayu kita bikin kandang leo dibawah monas. kemudian ada lagi yang bilang leo kegemukan bisa bikin jalan ambles, hayu bilang leo gak cocok hidup di indonesia.

    kalau model gini apa cocok buat mimpin manusia yg hampir 250 jt???

  5. Duh.. Sedih rek… Icon kebanggaan d bilang gak cocok…

    Saya melihat d antara komen” ini, ada yang kesannya sangat “mendambakan”… Ada baiknya d rem kalo mendambakan orang…

    Inget loh ya, kta semua tdk mengetahui sesuatu yang akan trjadi d masa depan.. Bisa saja semuanya menjadi terbalik

  6. Bismillahirrahmanirrahiiimmm..terakhirxx….ahhahahahhhaahhahhh….ohh iya mumpung jadi buntut jadi bebas nih koar2,,,,kalo leonya gak jadi buat TNI saya mau ajukan permintaan kredit satu unit buat jaga2 kalo tetangga sebelah yg udah punya mainan sejenis dan suka mindahin patok gak macem2 lagi dan saya gak malu2 lagi lewat depan rumahnya sambil nunduk2..tapi DPnya berapa yaaa??

    • Biarlah TNI yg menentukan sendiri alutsista yg mereka inginkan.. Karna mereka lebih tau apa yg di butuhkan untuk menjaga negeri tercinta ini. Smua pembelian alutsista pAsti sudah di kaji dngan mendalam oleh ahli ya… Biarlah masyarakAt yg menilai dan menjaga agar setiap pembelian alutsista berjalan transparan tanpa ada praktek2 yg mencurigakan … terbaik untuk rakyat terbaik untuk TNI

  7. Pemahaman anda mungkin bung sukhoi yg perlu di luruskan, kami disini semua mengolah informasi dari yg disajikan Admint lalu menjabarkanya dalam bentuk analisa,ide atau pendapat, jelas dan pasti ada perbedaan, tapi disitulah letak “ke Bhineka Tunggal Ika”an kami, Semua yg Berkontribusi menyumbangkan ide dan pendapat maupun analisa disini mempunyai satu Harapan, Ingin Negara Kesatuan Republik Indonesia ini Bisa Maju,Berkembang lebih baik,berdaulat adil dan makmur.

  8. Blm apa2 sudah berulah, team transisi sotoy…, banjir kanal yg ada banjir KADAL !! Monorel jd Monopret, TransJ bis karatan di ACC, mana tuh si ESEMKA ??? Lu kate gk tau modalnya ?Merk FUDAY aslinya china tuh mobil, alat pencitraan doang, Ngandelin DRONE, Poros Maritim segudang janji buat DKI saja mangkrak, Kartu Sehat mana tuh ? Kalah sama BPJS, sekolah gratisss bull shit, belum apa2 TNI mau di bonsai lagi, hiden agenda apalagi ini?? Pesanan asing ya begini jadinya
    Klo gk mau di cubit jangan nyubit, biarkan TNI memilih krn kita yang paling tau kebutuhan kita apa,

  9. ” VIVAnews – Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membantah ucapan Joko Widodo yang menyebut tank Leopard tak cocok dengan kontur wilayah Indonesia. Saat ini Indonesia sudah membeli 110 tank Leopard, namun baru dua yang tiba di Tanah Air”.

    TANG LEOPARD SUDAH DIBELI, GAK USAH DI DEBAT LAGI, PALING CUMA GAK MESEN LAGI, GANTI ANOA versi CANON 155mm (MIRIP CENTAURO).

  10. ini yg bikin saya galau beberapa hari belakangan ini.bagi yg membaca tulisan saya dan kebetulan ada akses utk menyampaikan pesan ini ke pak jokowi maupun tim transisinya.tolong masalah leopard jgn di usik2.negara sekecil singapura aja punya,masak kita malah ga ingin beli?lantas negara kita mau pakai tank yg bagaimana?bobot tank juga sangat menentukan dalam ketahanan armor dan kekuatan perssenjataan.kehancuran suatu bangsa adl apabila dalam mengambil suatu keputusan bukan berasal dari para ahlinya.para petinggi militer tentunya sudah melakukan analisis berkepanjangan sebelum menentukan alutsisita yg akan di beli.kepada tim transisi jokowi,tolong jangan mengubah atau merusak pondasi yg telah di bangun dlm bidang persenjataan negara kita.jika terus berganti2 ide seperti sekarang,militer kita akan tumbuh menjadi militer yg tidak di segani.jika ada ide,sebaiknya adalah unutk menyempurnakan,bukan malah merombak tatanan yg sudah di bangun.

  11. Benar juga katanya bung Diego,Teori kita sebenarnya simple saja.bila pesawat boeing diciptakan maka keperluan kita adalah dgn memperpanjang landasan pacu.revolusi industri perancis tercetus maka dibuatkan rel rel kereta api yg sebelumnya dlm sejarah dunia blm wujud.dalam 50 thn kedepan kemungkinan MBT sudah bisa terbang dan kita msh memakai Anoa? Ga lucu

  12. Yang penting KPK harus kawal kebijakan Pemerintah jangan sampai merugikan rakyat Indonesia dan menguntungkan ASU dan Imperialis UE, usut sampai tuntas kebijakan pengelolaan blok-blok migas oleh Asing, Kasus Centuri maling atas nama kebjakan, Kasus Mobil Rongsokan Trans Jakarta, Perrnyataan lunas pengemplang BLBI dll.

  13. Pemikiran praktis penasihat jokowi. Seandainya mrk prnh lihat konflik scra lsg,mslh MBT berat/tdk,merusak jln,jembatan/tdk dlm perang smua jln & jembatan adlh target vital yg hrs di hancurkn/dikuasai utk menghambat dukungan musuh & bgtu jg sebaliknya bg pihak lawan. Yg hrs d dukung adlh support item mobilisasi MBT kita. Klo lawan pk MBT msa mau d lawan dg light Tank/panser. Ingat konsep sishankamrata & Grilya TNI dg perang berlarut & Pre emtive strikenya. Ketangguhan alutsista tdk akan ada apa2nya jk tdk dsupport ketahanan energi khususny BBM. TNI SANGGUP MENAHAN & LAKUKAN SERANGAN PADA MUSUH ITU 1BLN JIKA DI INVASI TAPI BAKAL MELOROT JAUH JIKA KETAHANAN/SUPPLY BBM TERGANGGU/DIKUASAI MUSUH. Jd hrs arif sikapi pembelian alutsista. Tni lbh paham apa yg dibutuhkan. Ingat kasus penyebrangan 1divisi rusia lengkap ke ukrania timur? Ini jg jd pembahasan Pati TNI di cilangkap loh.. jika ini terjadi di kita,apa yg terjadi? Dlm 20jam pertama satuan TNI terdekat bkl mati2an hadang,24jam bru PPRC & YONKAV,YONARTMED,YONHANUD,CAS BEKERJA nah rakyat ky kita bkl terbengong2 dpn tv. Apa kita mau TNI jd lemah syahwat & mental,srh tuh para pendukung & penasihat merasakan nikmatnya di siram peluru saat DOPPERING..

  14. ngomogin jokowi terus menerus bosan kita jokowi itu adalah presiden era reformasi mental yakinlah segala kebijakan nya nanti sudah matang .soal blususkan mau kegorong2pun akan tetap dilakukan demi kemajuan bangsa indonesia. soal malasia tidak perlulah kita perang kita disegani bukan karena alusista tetapi karena ekonomi dan industri kreatip barulah kita maju . soal esemka modal dan dukungan saja yang kurang .buktinya jokowi tetap nomor 2jadi dinomor satukan