Agu 152014
 
MBT Leopard 2 Revolution Indonesia

MBT Leopard 2 Revolution Indonesia

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.


Jakarta — Deputi Tim Transisi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, Andi Widjajanto, mengatakan, pihaknya akan mengkaji soal keberadaan main battle tank (MBT) Leopard dalam postur pertahanan Indonesia. Andi menyebut pihaknya belum mengambil keputusan apa pun terhadap tank itu.

“Harus dilihat dulu kontraknya seperti apa, kesiapan infrastruktur pertahanan, terutama Angkatan Darat, seperti apa,” kata Andi di Kantor Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

Mantan Dosen Universitas Indonesia itu mengaku belum tahu kontrak pengadaan MBT yang didatangkan dari Jerman tersebut. Dia hanya mengetahui bahwa pada awal Oktober, sekitar 25 unit tank tersebut akan datang dari total 120 unit.

“Harus dilihat konsekuensi-konsekuensi dari pengadaan tersebut, termasuk anggaran kedatangan tank Leopard,” kata Andi.

Andi juga belum bisa berkomentar soal kemungkinan menghentikan MBT tersebut. Kendati demikian, dia mengatakan terbuka kemungkinan program pengadaan tank Leopard direvisi pemerintahan Jokowi-JK.

“Kalau Pak Jokowi meminta itu direvisi dari program pengadaan tank Leopard, kita cari opsi-opsinya,” kata Andi.

Sebelumnya, Jokowi mengangkat isu soal pembelian tank Leopard dalam debat capres pada Minggu (22/6/2014) malam. Jokowi mengaku tidak setuju dengan pengadaan tank itu karena berat tank bisa merusak jalan dan jembatan.

“Tank Leopard terlalu berat, 62 ton. Lewat jalan rusak semua, apalagi jembatan kita tidak kuat menahan beban 62 ton,” ujar Jokowi. (Kompas.com).

Bagikan:

  381 Responses to “Nasib Tank Leopard di Era Jokowi”

  1.  

    Jalankan program MEF,lanjutkan….!!!

    •  

      orang model jokowi itu cara kerja hangat hangat tai ayam…awalnya doang keliatan bagus, hebat…selanjutnya, terserah…
      buktinya sdh cukup byk di solo n di jkt.

    •  

      Ah..sok tau ente..!!! Yakin..!! Blm jadi az dah gedebak- gedebuk ga karuan..kecewa berat pak sby klo begitu…apelagi kanjeng mami bekas musuhnye..

    •  

      Paling sebentar lagi akan dibantah dan diluruskan oleh Pak Fachrul Razi,
      Karema pak Fachrul adalah Tokoh militer yang ditunjuk sebagai pimpinan pembahasan penyusunan kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla Bidang Pertahanan

      Atau bisa langsung direvisi oleh Pak Luhut yang bertindak sebagai Penasehat Tim Transisi,

      Kalau tidak dibantah ,,,berarti yaa jalan terus wacana diatas
      alasannya MUNGKIN yang akan dipakai adalah
      – akan lebih mememntingkan Indutri Pertahanan dalam negeri dengan membuat Panser atau Tank Banteng sebagai pengganti Leo.
      – Lebih mendahulukan yang urgent yaitu pengadaan Kaprang dan Pesawat angkut untuk TNI

      kalau yang lebih parah memakai alasan
      Mendahulukan pembangunan untuk kemakmuran rakyat,,

      Kita lihat saja ,,,

      •  

        Assalamualaikum wr.wb
        mendingan pengadaannya di rahasiakan kalau gini jadinya
        hadeh -_-” kuciwa kelas berat ni bung, nangis-nangis
        DP udah di bayar, barang gk jadi di termia, itu kontraknya mengikat tidak bung? seperti kontrak mistral ke Russia
        kalau mengikat bisa kena denda, apalagi itu tank ada ToT untuk amunisi serta roda rantainya.
        kalau menurut pendapat saya:
        Korupsi adalah tindakan menghabiskan uang negara dengan sia-sia, baik digunakan untuk kepentingan pribadi, kelompok, partai, bahkan dalam bentuk kebijakan sekalipun.

        la ini sama saja buang uang DP hadeh, ya setidaknya bukan buat jalan-jalan lah leonya tapi untuk meningkatkan profesionalitas TNI, hadeh. mending AD narik becak aja :v
        alutsisatnya untuk meningkatkan profesionalitasnya di preteli gini -_-”
        dalam pengadaan MBT kan bisa belajar tentang operasional MBT, perawatan, dukungan serta lainnya. sepertinya prajurit AD di suruh lap-lap tank bekas lagi wkwkwwk :v

      •  

        Jokowi belum tentu jadi presiden saja sudh bnyk @ edisi ngelus dada, apalagi kalo benar dijadikan,,,kemungkinan sesak nafas.com bermunculan. Salam NKRI.

      •  

        kalo alasannya spt itu ane pikir area perbatasan sonora ato ambalat cs bakalan memanas. maka kita lihat saja nanti. 😀

      •  

        #traveller
        ngurus solo setingkat kabupaten aja ga becus apalagi setingkat ibukota…
        lah ini ngurus negar…
        waduuuh bakal kacau nih Indonesia..

      •  

        Saya dari jogja ke surabaya. Sampai Solo kira2 pkl 7. Wah macetnya luar biasa. Antrin dengan truk mengular ber km panjangnya. Dengan kerja keras karena pakai mobil kecil musti berani cari jalan supaya tidak stag di situ. Semua jalur mengarah ke timur sesak. Jadi ingat Jakarta. Mungkin memang harus yang pengalaman menangani macet tapi bukan yang harus menyelesaikan macet. hehe

      •  

        Ralat: pukul 7 malam. Bukan weekend, bukan Jumat.

      •  

        Untuk tank atau panser banteng saya sarankan untuk persenjataanya berupa tanduk bukan meriam jadi bisa seruduk tank lawan…

    •  

      •  

        Kenapa pendukungnya pak jokowi gak dewasa dewasa cara pikirnya ya?.. apakah sdh menjadi trademark simpatisannya bu mega dan banteng mabuk? Kampanye dan pilpres udah selesai jd tolonglah tak usah menjelekkan sesama anak bangsa..sing kalah kudu nerimo seng menang ojo jumowo.

        •  

          Pendukungnya satu Biji IDnya banyak…makanya komentnya gak jauh beda, mbulet di situ situ aja…

          •  

            Bung waja sebelumnya permisi sy mau tanggapi pernyataan anda ya supaya jelas…

            Pertama anda bilang pendukung prabowo kaya orang stres, seharusnya anda sadar ini adalah bentuk kritik kepada calon penyelenggara negara, bung diego mengangkat artikel ini pun sudah paham akan terjadi pro dan kontra disini jd iniliah demokrasi mau tdk mau suka tdk suka anda harus terima, yg stres adalah bila ada suatu kebijakan atau rencana kebijakan anda diam saja dingin tdk menanggapi lantaran anda penyokong sipembuat kebijakan.

            Kedua anda mengecilkan Prabowo dgn mengatakan kalah 3x dan punya hutang 14 triliun… justru karena beliau org yg bertindak secara konstitusional makanya berulang kali ikut pilpres tdk meraih kekuasaan dgn cara inkonstitusional walaupun dahulu beliau menpunyai peluang untuk itu. masalah kiani, data anda sj salah karena harus meralat dr 24 ke 14 T bagaimana anda bisa menilai beliau??? Dahulu waktu pemilik asal bob hasan di nyatakan bersalah dan harus di hukum maka kiani di ambil alih oleh BPPN yg kemudian akan dijual, saat itu calonnya adalah JP Morgan (US) dari pada jatuh ke mereka maka Prabowo berkongsi dgn LUHUT PANJAITAN utk mengakuisisi kiani, dan hutang 14 T itu pun adalah hutang berjalan pd supplier bukan kepada lembaga keuangan (bank) atau negara, hal ini mengemuka karena ada konspirasi buruk dikarenakan perkongsian sudah tdk harmonis.

            Selebihnya anda bisa berfikir dahulu sebelum berucap… salam

          •  

            Satu lagi bung waja, tentu jelas kita wajib menikmati program pemerintah siapapun presidennya, karena pemilu kan bentuk dari partisipasi rakyat dalam menentukan pemimpinnya esok walaupun tdk memilihnya tp berhak menikmati programnya… kalau bagus dukung kurang bagus kritisi.

    •  

      Assalamualaikum wr.wb
      kemarin baru baca artikel tentang kapal ragam class katanya di setiap desain kapal itu harus di perhitungkan center of gravity untuk keseimbangannya.
      hubungannya dengan tank leopard masa seh tank leopard segede gitu center of gravitynya terpusat pada satu titik saja.
      kalau kapal kan di air sifat air kadang bergelombang la di darat kan berdasar beban yang di topang, masa tank leopard di fokuskan pada satu titik aja center of gravitynya?

      kalau salah ya maaf 😀
      mode kuciwa kelas berat

      •  

        Bingung koment. Sby Bapak pemikir. Capres saat ini masih harus banyak belajar dg beliau di setiap bidang khususnya tni. Klo Ada yg mau ubah, wah payah.

        •  

          Dulu jg SBY waktu jadi Presiden dipandang remeh-lah…g pernah tempur-lah…jenderal sekolahan-lah…malah yg lebih kasar..tentara salon…saya masih inget itu krn gw timses beliau 2004…malah bbrp rekan dari kelompok tentara yg remehin beliau…kan skr..malah kita anggap bagus…keren..penuh perhitungan…intinya biarlah mereka bekerja…kita tunggu hasil akhirnya baru kita nilai…jangan2 2019…yang mandang enteng Jokowi…malah dia yg fanatik berat…ha7x…sama dgn rekan SMA gw , termasuk pimpinan FBR yg anti Jokowi..pas pilgub DKI ,skr malah timses yg paling fanatik Pilpres Jokowi 2014….unik..kan..

    •  

      TNI itu lebih tahu senjata apa yang diperlukan. janganlah kita orang sipil merasa lebih tau dari mereka, shg apa yang sudah ditetapkan TNI mau direvisi lagi. Kalo mau revisi ulang mohon kepada pemerintahan yang baru nanti revisi saja tuh kontraknya Freeport yang jelas2 merugikan kita.

  2.  

    Waduhh??

    •  

      ????!?!!!???????….aku yoo emboh….koyok bung Satrio….hiks..hiks…hiks….

    •  

      “Kami harus izin pimpinan daerah dulu. Kan itu beratnya 30 ton, bisa merusak jalanan, yang penting tanknya datang dulu,” pungkas Mayor (Inf) Setyo Wibowo

      Yang ngomong ini USER nya sendiri, itu baru Marder (30 ton) sedang Leopard (62 ton)

      Khusus yang satu ini saya dukung JKW 100%

      •  

        jangankan cuma mendukung, jadi timses nyaga apa apa kok om…

      •  

        itu mayor (Inf) Setyo wibowo. di lihat corp aja dia infantri bung Melek, yah statmen nya kayak gitu. coba kalo yang ngomong dari corp Kav (kavaleri) beda bung stetmennya. Mikir dong….

        •  

          yang ngomong mayor infanteri paling banter taunya cuma truk isuzu dan isuzu D max buat operasional giliran mau dikasih yang rada gahar ngomongnya sembarangan..ngga bisa diambil rujukan omongan orang infanteri lha wong dia blm tau barangnya.. kok bisa bilang merusak jalan.. liat parade marder di halim sama sekali tidak terjadi apa yg dikhawatirkan oleh mayor inf setyo wibowo..jalan yg dilewati marder dan leopard.. baik – baik saja…

          •  

            “yang ngomong mayor infanteri paling banter taunya cuma truk isuzu dan isuzu D max”

            Apalagi ANDA ??? yang bukan siapa – siapa ? mikir dong ?

            Halim memakai Aspalt nomer super wahid, karena BANDARA, juga di PELABUHAN.

            Sangat sangat Jauh berbeda dengan jalan biasa, jadi jangan samakan dengan jalan biasa. terlalu jauh bung

        •  

          Kalau “memakai pemikiran anda”, berarti TNI-AD ngak akur dong ? berarti didalam tubuh TNI-AD sendiri terpecah belah, ada yang Pro ada yang Kontra.

          berarti sebagian TNI-AD (50% : 50%) juga ada yang ngak percaya dengan Leopard, belum lagi TNI-AL dan TNI-AU, kalau pakai hitungan TNI yang percaya Leopard hanya 15%

          Kalau TNI-AD sendiri terpecah, apalagi Rakyat ???

          Gimana anda ini, mikir dong ???

      •  

        @bunng melektch
        bila next president meng gugurkan pengadaan MBT, semoga tdk meng gugurkan perudalan juga ya bung…lumayan kan bung kita/NKRI mempunyai antidot untuk MBT tetangga tidak hanya menggunakan MBT…
        nuhun

        •  

          Yang dibahas di sini adalah Leopard om…..
          mungkin maksud JKW, uang Leopard tersebut bisa untuk beli BUK atawa S-400, atau ATGM berat dalam jumlah banyak

          •  

            Tuan hubungannya dengan Buk dan S400 apa dalam perang kota? kalau atgm jelas berhubungan.disini membahas leopard tentunya hubungannya dengan perang antar mbt dan perang kota, kok malah dihubungkan atawa diganti dengan rudal anti rudal hehehe tuan …..tuan…..ckckckckck

      •  

        dari kapan hari ribut tank merder 30 ton yang katanya merusak jalan.emang seberapa sering sih tank merder diajak”jalan jalan”?padahal dalam minggu aja ada 10-20 truk pengangkut semen dari tuban ke denpasar dg muatan 35 ton(+bobot kendaraan 10-12t=45-47ton) dan kondisi jalan tetep gak ada perubahan.banyak orang pintar soalnya,tapi gak paham kondisi real dilapangan(keminter).

        •  

          Mayor infantri hmmm… kebijakan pembelian alutsista di TNI saat ini adalah bottom to up.. bukan keputusan seorang KSAD atau panglima TNI sendiri.. sudah melalui uji teknis. Truk2 tronton itu beban angkutnya sampai 50an ton lho. Tiap hari lewat dan jumlahnya
          lebih dari 1 lho

  3.  

    3 besar…….

    •  

      Akhirnya!….

    •  

      sesuai pidato bapak Presiden kemarin ;
      ……..” Melalui mimbar itu pula, SBY mengucapkan selamat kepada Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.

      “Tahun depan, Presiden kita yang baru akan memberikan pidato kenegaraannya di mimbar ini. Saya mengajak segenap bangsa Indonesia, marilah kita bersama-sama mendengarkannya, dan mendukung beliau untuk kebaikan dan kemajuan negeri ini,” seru Kepala Negara.”…………….

      Sudah cuku jelas, Mari kita hormati Presiden terpilih yang nanti akan disahkan oleh Mahkamah Konstitusi.
      Beri kesempatan Presiden terpilih untuk bekerja. Baru kita beri masukan, saran, dan kritikan yg membangun.

      Nah sekarang tidak perlu lagi debat kusir.

      Salam hangat

      •  

        idem bung

      •  

        kita coba lihat dulu bung gue…statement diatas juga bukan dikeluarkan oleh jokowi pribadi..semoga apa yg saya takutkan mengenai kedatangan 4 senator amerika kemarin tidak terjadi

      •  

        Setuju Bung Gue…. Baru kemungkinan,,,, Bs ya dan bs tdk. toch blm diputuskan. kita tunggu tgl21agust keputusan MK terkait sengketa Pilpres. Kl Jokowi-Jk tetap diputuskan sbg pemenang pemilu mbok ya legowo. Enought is enought komentar2 sinis, asumsi2 tanpa dasar, fitnah dan pembentukan opini yg menganggap diri paling pinter, tau, hebat, baik dan benar. We wait & see. Presiden terpilih blm bekerja aja brisiknya minta ampun, sotoynya ngak ketulungan, membentuk opini seolah2 menganggap dirinya Tuhan yg tau apa yg terjadi nantinya. Apapun yg jd keputusan Presiden terpilih nantinya berkaitan dgn arah kebijakan strategi pertahanan nasional hrs kita dukung. Biarkan mereka bekerja dl. kl nantinya hasil baik kt2 jg yg merasakan dampaknya dan kl ternyata keliru yaaa kt kritisi sama2. toch mereka pemimpin kt semua. Karna baik dan benar menurut bung2 blm tentu baik dan benar menurut Presiden dan para pembantunya. Tetap optimis, ayo kita sama2 beropini yg bs membangun nasionalisme dan persatuan serta kesatuan bangsa dgn dilandasi kejujuran dan obyektivitas dlm menilai suatu hal bkn didasarkan atas emosi dan nafsu pribadi. Harapan kt bersama berkumpul diforum ini unt mendapatkan nilai dan manfaat positif. wassallam

        •  

          Memang banyak komentar emosi apalagi menjudge adalah tidak baik. Tapi menunggu hasil kerja malah blunder. Sama juga dengan memberi cek kosong.
          Bahasa buruk di sini setuju diperbaiki tapi kritik justru harus dimulai sejak konsep dibua karena planning adalah pedoman, dan bahaya jika dibiarkan.

          •  

            bung Ghi…. Konsep dan rencana kerja aja blm dibuat dan diputuskan. Hasil kerja mana yg ditunggu dan atas dasar apa bung mengasumsikan itu sbg sebuah blunder!!!!! dan bs mengibaratkan yg anda asumsikan sbg cek kosong!!!! Ada baiknya kl berbicara itu base on data dan fakta yg benar.

          •  

            Sudah jelas sebenarnya komen saya. Tapi ok, begini, kalau kita menunggu hasil kerja tanpa mengkritisi konsep itu sama dengan memberi cek kosong. PernyataanAndi W adalah indikasi. Meski belum dinyatakan tertulis, sebagai perlu dikritisi. Makin awal ada pendapat kritis, makin bagus untuk kualitas konsep tertulisnya.

          •  

            Pernyataan Andi W adalah fakta. Saya tidak berasumsi. Jadi sah saja dan malah lebih bagus kalau ada yang mengkritisi. Apa kita menunggu setelah pekerjaan jalan baru dikritisi?

          •  

            Dalam ranah kebijakan publik adakalanya dilakukan “test the water”. Bisa jadi si Andi melakukan ini. Apalagi politik, hal semacam itu lumrah dilakukan. Maka betul kalau bung Diego mengangkat isu ini. Jadi si Andi juga akan lihat bagaimaan reaksi masyarakat. Bagaimanapun saat ini media sosial termasuk web adalah salah satu sumber informasi. Dan Jkgr ini saya yakin bukan hanya dibaca dan dikomentari oleh banyak orang tapi yang berkomentar dan yang membaca banyak juga bukan orang awam.

          •  

            bung Ghi…. jelasnya komentar bung tu dmn???? Kl komentar bung sblm mudah dipahami saya tdk akan melontarkan pertanyaan. Konsep dan rencana kerja yg mana yg bung kritisi!!!! Bung Andi W memberikan pernyataan berupa wacana. Presiden terpilih aja blm tentu tau detail konsep, rencana dan isi kontrak pengadaan Leopard. Justru itu Jokowi-Jk membentuk tim transisi yg mana salah satu tujuannya adalah mengkonsultasikan dan mengkoordinasikan apa yg menjadi rencana2 kerja dan kebijakan2 yg telah diambil oleh pemerintah sblmnya apakah nantinya akan dilanjutkan atau tdk. Bagaimana bs wacana bung pahami sbg fakta, konsep dan rencana!!!! Karna dijakarta Greater yg ngebaca artikel byk bkn orang awan ada baiknya jg memberi komentar dgn bahasa2 yg sopan, memberi kritik yg membangun, berbicara hrsnya berdasarkan fakta bkn asumsi2 tanpa dasar, subyektif, sotoy, mengangap diri plg benar, keminter.

        •  

          kalau saya pendapat pribadi santai aja, paling paling leo tetap datang ke Indonesia.
          Wlo ada penolakan baik timses atau pemerintahan baru…
          membatalkan kontrak internasional (antar 2 negara) tidak semudah membalikkan telapak tangan.
          Ada yang disini pekerjaannya berhubungan dengan kontrak pengadaan barang dan jasa? Nah disitu jelas byk terdapat pasal2 perjanjian kontrak termasuk klo wan prestasi, pembatalan kontrak kerja, force mojeur dll
          Apa dampak dari pembatalan tsb thp kepercayaan internasional.
          Ini ada cerita:
          Biasanya jangankan pemerintahan pusat, klo ada bupati/walikota /gubernur baru, pasti ada orang2 pejabat tsb di sekelilingnya istilahnya oknum, yang berpikiran sempit cuma kepentingan pribadi/kelompok/golongan. Mereka pasti mempengaruhi kebijaksanaan pemerintahan lama apalgi berhubungan dgn proyek. Setiap proyek pengadaan barang dan jasa biasanya ada fulus/bonus fee dll……. , nah itulah yg di incar (apalagi merasa sudah mengeluarkan keringat, tenaga, biaya)

          Itulah ujian bagi Presiden baru, kepentinngan nasional harus menjadi nomer satu, jangan sampai tergoda untuk melanggar sumpah jabatan dan amanah rakyat Indonesia

          •  

            Bung gue…. Saya setuju dgn apa yg menjd pendapat bung. Presiden terpilih aja blm mulai bekerja tp isi komentar2nya apriori2 sekali, penuh dgn pesimisme, subyektif, beropini layaknya Tuhan yg berkuasa menentukan takdir hambanya. luar biasa.

          •  

            Bung Sanjaya…. Katanya yg mana tlh menyinggung keberlangsungan NKRI!!!!! Benar dan salah itu tdk bs dikesankan bung tp kt pilih unt diyakini. Sp jg yg mengatakan Jokowi-Jk dewa ataupun Mahadewa.!!! Mereka tu manusia biasa yg tak luput dari salah dan dosa. Tp saya tetap membangun optimis bhw mereka bs membawa Indonesia lbh baik. Aamiin

  4.  

    kalau otak om jokowi kayak gitu, yahh kayak otak ONENG itu istri si bajuri

    •  

      wktu jg gubrnur mndkung hbis sistem prthann ibukota…smpe2 mu jdiin monas markas leo…mu jdiin jln2 djkt bs kuat dlwtn si leo…skrg ngemengny da beda lg…mntg2 da pnya pnasehat si MTB (MAS TE BE)….
      bnern trnyta..MBT dgnti sm MTB…tpok jidat dah…
      dlu bilg gk mkirn mu nyapres,,,tb2 nyapres jg….seorg laki2 hrus konsisten pak…jgn mncla mencle ngmgny…klo emg dilantik sbgai presiden…anda lah yg mu jd supir bngsa ini…kmi rkyat sbgai pnumpang,,bwa kndraan yg brnma Republik Indonesia ini dgn tnang…jgn grusak grusuk kyk supir bus antar kota…yg asal mgmbil kbijakan..yg akhirny mlah mnclakai pra pnumpangny.
      hadeh2…khbisan kta2 dah.

  5.  

    5 besar kah??

  6.  

    Selalu jdi polemik..leopard
    Bukankah tni sbg user lbh paham alutsista mana yg dibutuhkan

  7.  

    ckckck si kowi…

  8.  

    Kalau betul begitu
    Ndan Sarkem akan menangis dan sedih tak berujung,,,

    Blue print MEF kok gak berlaku yaa ?
    semoga tidak terjadi,,, kalau terjadi yo wis embuh,,,

    •  

      Ndan Satrio,apakah tdk ada yg mengawal blueprint MEF dari pemerintahan skrng k pemerintahan selanjutnya?
      Lalu nasib kebijakan industri strategis beserta research nya kita gmn ya,karena ini merupakan 1 rangkaian tak terputus

      •  

        Blue print sudah ada dan dipegang oleh kemenhan dan presiden untuk diteruskan oleh penggantinya,,,

        Selanjutnya terserah pemerintahan yang baru,,,
        Mau akan tetep non blok,,atau ngeblok kesalah satu blok,, atau membuat formula baru dalam hal pengadaaan alutsista,,

        Kalau ingat IPTN ..bisa saja bisa kok langsung dimati surikan dengan perubahaan kebijakan,,

        Analisa saya Leopard itu adalah diklaim keberhasilaan pengadaan oleh mantan KSAD yang terus ikut konvensi Presiden partai Demokrat,,dan ditulis dibuku beliau,,,
        Kalau program ini berhasil maka akan selalu dikenang “jasa Beliau” bagaimana bisa mendapatkan Tank dengan jumlah yang lebih banyak dengan duit yang sama…

        Kalau sudah kesenggol politik,,, maka pengadaan Leopard juga harus dihentikan agar citra keberhasilan itu juga ikut tumbang,,,agar nanti tidak menjadi musuh yang kuat pencitraannya di thn 2019 nanti,,,

        Semoga analisa saya SALAH

        •  

          Bung@Satrio njenengan dadosaken ajrih terus

        •  

          hehehe…tank leopard apa yang bisa dibuat berhasil, kalo negara kita perang baru bisa dikatakan berhasil tuh tank, lagian purnomo edhi ngga ada apa2 nya kok, malah bisa disuruh masuk KPK untuk menyelidiki proyek ini tank sama seperti kasus tank scorpion…kita lihat apa yang akan dilakukan jokowi sama ini tank, apa akan di hold ini tank atau atau diperkuat insfrastruktur nya seperti jalanan …karena sekarang dia megang kemenpu

          •  

            Kalau ada indikasi korupsi pengadaan leopard silahken diaudit atau diajukan ke KPK karena itu keputusan pak Jokowi sebagai pemimpin nanti,,,

            Kalau analisa saya Leopard jadi bahan pencitraan “keberhasilan pengadaan”…maka kecil sekali adanya indikasi Korupsi …dan jangan dibandingkan dengan pengadaan Scorpion,,,, Jauh bung..
            saya kira pak SBY juga gak mungkin merestui bila ada indikasi korupsi karena akan rawan disorot karena menjelang pemilu.,,,

            Kalau nanti KPK mau masuk ke pengadaan Alutsista
            Semoga kebijakan pembelian Sukhoi batch pertama “,,rudal Grom.” dll juga di periksa agar tidak terkesan tebang pilih,,,
            Imho

          •  

            dan ingat itu pengadaan Leopard adalah G to G
            gak pakai makelaran …

          •  

            maaf bung satrio seingat saya leopard menggunakan skema G to B, pihak pemerintah jerman hanya sebatas menjembatani saja. jadi dari pemertintah Indonesia ke Rheinmetal lands system.

        •  

          idem bung @Anak Deli…..saya ikut jadi petani saja lah…

    •  

      kalo itu terjadi ane kuatir sonora dan sonotan pokok’e joget 😀

    •  

      sedih om..tdi ny bngga bgt..leo & apache jd icon ny AD,,,,
      ni bkaln galau lg…….hmmm…..bngung..yg rkyat biasa je kcwa brat…plgi yg jd user ny

    •  

      Hehehe … nasib bung Satrio. Lha pak Jokowi nggak ngerti tank, di debat kayak ngerti saja. Eh, ditandingkannya dengan Anoa. Akhirnya banyak rakyat kagum: “wah hebat ya pak jokowi, nasionalisme banget, menguasai lebih dari lawan debatnya”. Sukseslah menambah citra. Berapa banyak rakyat yang paham bedanya Anoa dan Leopard, yang bukan saling substitusi tapi komplenter?. Saya yakin kebanyakan tidak. Begitulah politik, memanfaatkan ketidaktahuan rakyat juga sah. Yah kita tunggu langkahnya si Andi Widjayanto membisiki bos nya.

  9.  

    Seandainya bnr tni pnya ks kilo..dari rusa bila di puplis resmi kmngkinan juga akan mngalmi nasib sama kya si leo..dgn alasan tidk cocok di perairan nkri…
    Ane setuju bila hal hal yg goib ga usah di puplis..
    Mungkinkah upaya pelemahan tni..

  10.  

    yg bisik otaknya masih zero enemy…tunggu dilantik trus dikasi penjelasan ama panglima dan ksad..pasti beres. ini cuma misscomm aja..sabar bung…tunggu dilantik..semua akan berjalan sesuai plan MEF

  11.  

    Tidaaaaaaaaak!!!. Jgn hentikannn!!!

  12.  

    nasib… nasib bakal punya presiden kayak gini

  13.  

    ckckck, klo benaran ane tepok jidat dibuatnya. mungkin mw nyuruh anoa bwt ngadepin mbt milik tetangge sebelah, hadeh

  14.  

    nyimak

  15.  

    telat dech

  16.  

    harapan terbesar saya buat jokowi adalah menhan nya d ambil dari kalangan TNI pliis klo dari kalangan TNI pasti si leo jadi 100% ke indonesia

  17.  

    inilah yang namanya manajemen kambing hitam, tank leopard tidak pernah salah (karena dia benda mati) yang salah itu ya pemerintah yg tidak bisa membangun infrastruktur yang memadai, saya khawatir kalo di pimpin oleh presiden seperti ini

  18.  

    He..he..he…tinggal diketawain doank klo orang yg ga ngerti ilmunye suruh ngurusin negara apelagi soal alutsista…!!! Bikin program MEF susah” ga taunye dirubah cape deeeh..!!! Ntar tuh si sukro diganti sama layangan koang-koangan lagi karena boros bahan bakar..tank leo diganti tank kambing..kapal selam diganti kapal nongol..paling” ntar pespur di ganti drone semua sekalian buat ngintip orang pacaran di taman…Mantaaf tambah maju indonesiaku..!!!

    ….NKRI HARGA MATI…

  19.  

    klo diganti ama T-90 MS aku rapopo

    •  

      Kalo di ganti panser banteng dan anoa amphibi prototipe aku ora opo opo. Dan sarkem yang naik bukan saya juga pasti bukan anda. Iya ngga. Konsisten euy pak wi ya pak wi ajah. Kalo nanti ke tauan (katanya) bagusnya jangan jumawa soalnya kalo bagusnya jumawa kalo ketahuan boroknya pada cuci tangan.

  20.  

    Komandan tankseptic Pendekar ke TNI AD: kasihan deh Leo….Di revised nih hehehe….

  21.  

    Berharap team jokowi mantau JKGR dan melihat artikel ini, melihat realita kontra kepada kebijakannya kedepan…. dalam hati sambil menirukan perkataan SBY ( kalau bapak ditakdirkan menjadi Presiden )

  22.  

    mungkin jokowi mau bikin PANSER DOLY KALI !

  23.  

    Rasulullah bersabda:”Jika amanat di sia-siakan tunggu saja kehancurannya”.
    sahabat bertanya:Bagaimana maksud amanat di sia-siakan..???
    Nabi menjawab:”Jika urusan diserahkan bukan pada ahlinya maka tunggulah KEHANCURANNYA itu”(BUKHARI-605)

  24.  

    WAH KALAU DIHENTIKAN MAKA MEF UNTUK TNI BISA KACAU, DAN KEWIBAWAAN NKRI KEMBALI AKAN DILECEHKAN OLEH NEGARA JIRAN, PADAHAL MBT LEOPARD 2 RI ADALAH ALUTSISTA IDAMAN TNI AD. BISA JADI PROGRAM MEF YANG LAIN JUGA TERANCAM, BERDOA SAJA SEMOGA TIDAK YACH

  25.  

    Wis emboh.. Siap2 aja.. Nasib apes kalau bener kayak gitu.. Mudah2 an aja gak..cm bisa berdoa,,TNI doa kami bersamamu.
    NKRI HARGA MATI.

  26.  

    Nelongso Qu..mo gmna lg jagoaanqu kalah..

  27.  

    yaa kalo diganti sama Terminator 2 sama T90MS.. gpp deh

  28.  

    waduh simacan mau disepitank nisasi brengsek tuh para mantan jendral krupuk yg dukungnya

  29.  

    Bentar lagi MBT leo diganti dengan cap banteng xixixixixixiiii,,,,,,,

    @ mrongos.com

    •  

      wah nick name sy dipakai ya bung Sony arr, bayar royaltinya jgn lupa ya bung….hehehehe
      wes embuh lah….edisi kuciwa.com kata bung satrio….. belum2 jd pemimpin wes akeh temen pencitraane blm nanti klo sdh jadi yaa….. ???? g tahu lah smg program yg sdh berjalan di MEF ini bs terus dilanjutkan tdk mandek.

      salam hangat bung2 sma y…..

      •  

        Gimana tho, untuk jadi kan perlu citra .. hehe

        •  

          klo citra banyak polesan itu namanya pembohongan publik apa tidak ya bung??? hehehe….. memang dizaman media yg sdh maju skr ini pencintraan diperlukan jg, tp klo sedikit – sedikit diliput, belum mau kerja wes koar-koar…. ” iki lho kerjoku tlng dilihat, wes apik to…??”.
          Saya arek suroboyo, semua pasti sdh tahu seperti apa kiprahnya ibu risma selama jd walikota, memang ada sebagian kegiatannya yg pernah diliput, tp orang pun tahu apakah itu semua tulus blusukan apa sekedar cari sensasi buat keinginan kuat akan haus jabatannya????
          Ya semoga dg berjalannya waktu semua bisa terlihat dg jelas nantinya, pemimping&negarawan sejati yg mana sesungguhnya????

          Salam hangat bung ghi….

      •  

        Yoi bung mrongos ma’f qw pinjem NN anda,buat ungkapin mangkel qw…podo sby e tibakn.. Slam kenal ae rek.

  30.  

    Buat pak jokowi,hati2 mengangkat penasehat bidang militer,tdk sembarang orang bisa,usul pak sby diangkat sebagai penasehat utama bidang militer, syafrie sbg menhan,jkgr sebagai bacaan rujukan,hehehe..kenapa pak jokowi menyoroti leopard yg merusak aspal dan jembatan,perang terbuka akan terjadi di daratan hutan dan pedesaan pak, saat perang sampai kota, jembatan dan jalanan aspal sudah tidak penting lagi krn sudah habis di bom pesawat tempur,saat itulah leopard menjadi tumpuan perlawanan kita,mikir dong

  31.  

    bentar lagi si LEO diganti ama tank esemka.

  32.  

    walaahh.. Tambah ora genah reek reek..

  33.  

    Jokowi memang yesss pisan. Asli!!!
    Siiip, top markotop, juossss ganjooosssss euy….!!!
    Sekalian batalkan F-16 scrap, Om Jokowi… Ganti dgn SU-34, 35, S300/400, Kilo, Destroyer made in Rusia aja semua…!!!

    #EdisiBikinGondokPengkultusSiWowok
    Sundul Mbah Bowo!!!

  34.  

    Beliau lg merencanakan mobil esemka yg diatasnya bisa bawa canon kaliber 120
    Sip deh pak,anti ambles dan irit bahan bakar 🙂

  35.  

    xi xi xi,aku rapopo opo jare boss

  36.  

    Masalah pertahanan ko buat main”,coba-coba,negara maju az masih trs mencari & bikin yg lebih gahar” lagi..pespur az sudah mulai ke gen 6, nah indonesia masalah leo az bisa di tolak kehadiranye,jalan rusaklah,tetek bengeklah.kapan mo majunye nih negara..??? Klo ntar mimpin nih negara ga beres palingan siap2 az di demo gede”an nanti..kaya yg udeh” tuh..mudah”an sih bener mimpinye kite liat az ntar.. Klo kate orang betawi WAIT & SEE..!!!

    …NKRI JARGA MATI..

  37.  

    Indonesia gk usah dibelikan alutsita yang gahar pak jok.entar low perang deploy pasukan cukup naik bus trans jakarta,

  38.  

    malasia aj pny mbt pendekar jalany aj gk ambles..coba kmrn yg tnder yg d,ajuin tb menang..mbt gk bakaln ambles..jika mbt gagal,su35 gagal,kilo gagal,s300/s400 gagal maning gwe mogok bayar pajak..hak gwe donx jika negaraku aman dn dsegani..

  39.  

    waduhhh alamat wes

  40.  

    para pemimpin negaraku kok pda hancur yaa..mentale mental telo..laa pas pemilihn kmrn byk praktek uang..mkany cri sbnyk2 tender biar balik modal..kek senjatane sing sangar2 rak sido d,tuku yoo mengko nek perang wong sing neng duwor tak korbanno sek..didadekno tameng urip..

    •  

      Setuju.

      •  

        Ya pasti lah bung. Warjager kan rakyat, selama masih ada rakyat masih bisa buat presiden. Kalo ngga ada rakyat berarti presiden ketoprak donk hehehehe.
        Para garuda tuh pikirannya sekarang gimana caranya kalo misalkan perang rakyat ngga ikut2 kalopun mau harus bisa perang beneran. Bukannya kalo perang rakyat di jadikan garda depan. Terus kalian di bayar oleh pajak kami itu untuk apa. Ngangkatin kuda sama benteng nunggu apel siang apa

  41.  

    Semoga cara berpikir pak joko berubah, dengan memperbarui semua jalan dan jembatan agar bisa di lalui oleh tank leopard.

    Semoga yg jadi menhan orang2 yg ahli dalam bidang militer. Semoga tni bisa mngantisipasinya…

  42.  

    entar direfisi itu tank kagak pakai logam tapi pakai kayu semua dibuat di toko mebelnya pak joko. dg alasan produksi dalam negri demi kemajuan usaha,,eh…..kemajuan bangsa

  43.  

    Dalam pendapat pribadi saya, Harapan perbaikan dan Perubahan bangsa lebih besar peluangnya jika dipimpin Pak Jokowi . Akan lebih bijak jika Kritik diarahkan pada kebijakan bukan personal, tentu saja menyertakan data, dll. Ini pendapat saya. Yang jelas mari jaga persatuan, dan mari kita tolak ISIS dan varian2nya yang secara sistematis, masif dan terstruktur menyebar ke Indonesia dan berupaya menyalurkan syahwat kotor yang dianggapnya suci dan berupaya menghalalkan segala cara guna mewujudkannya.

    •  

      Antum dulunya suka angon Bebek ya, giring opini terus, mengkultuskan seorang melebihi Kanjeng Nabi, Kerja aja belum???. satu lagi ngapain antum membuat paradikma negatif sama orang Islam (“Kata varian2nya”) atau anda memnag si bebek yang telah termakan dogma si ASU CS bahwa seorang berjuang untuk agamanya (ISLAM) adalah teroris…Jangan melihat apa yg terjadi di IRAQ aja bung…lalu antum memarjinalkan semua pergerakan ISLAM adalah berbahaya. eheh ..Maaf ya Bung jarwo ANDA itu Ajang atau Obet.???

  44.  

    Bukan jembatannya yg kuat tapi otaknya yg lemah gk bisa mikir dan sok kepintaran.. blm resmi presiden sdh bahas hal yg penting

  45.  

    jadi ingat waktu osorsing pertama diberlakukan di era jaman wapresnya pak jk. semoga ini tdk terulang. katanya demi kemakmusan rakyat tapi nyatanya menjadi kemakmuran para pengusaha( termasuk …..) kaum buruh menjerit karena tdk ada kepastian masa depan dan jaminan hari tua. bertambahlah kemiskinan di negri ini. curahan hati pecatan osorsing