NATO Gelar Latihan Militer Guna Antisipasi Ancaman Rusia

Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) telah memulai latihan militer besar-besaran di Polandia. Latihan militer itu setidaknya diikuti oleh 20 negara anggota NATO.

Latihan militer tersebut sebagai upaya untuk meyakinkan sejumlah negara Eropa Timur yang berdekatan dengan Ukraina bahwa NATO dan sekutu siap mengantisipasi serangan serta ancaman dari Rusia.

Latihan yang direncanakan diadakan selama lebih dari 10 hari itu melibatkan 30.000 tentara dan mengerahkan sejumlah kendaraan tempur, pesawat terbang, dan kapal perang.

Di samping latihan militer, NATO juga sedang mengadakan latihan manuver serangan helikopter pada malam hari serta pengerahan pasukan terjun payung, dengan sandi Anakonda-16. Tak hanya anggota NATO, latihan itu juga diikuti oleh sejumlah negara non-NATO, seperti Swedia dan Finlandia.

Latihan Anakonda-16 rencananya diadakan selama satu bulan hingga dilaksanakan pertemuan tingkat tinggi NATO di Warsawa. Amerika Serikat berencana mengirimkan 14 ribu pasukan dalam latihan tersebut.

Sementara itu, Rusia kembali menuduh bahwa tindakan Amerika Serikat dan para sekutunya tersebut sebagai ancaman terhadap keamanan negara. Terlebih, latihan militer itu diadakan di dekat wilayah perbatasan Rusia.

Sumber: Sindo News

Sharing

Tinggalkan Balasan