Oct 212015
 

nato

Trapani – NATO dan sekutunya menggelar latihan militer terbesar dalam lebih dari satu dekade di Trapani, Italia, Senin (19/10). Kawasan pusat Mediterania dipilih sebagai lokasi memamerkan kekuatan.

Seiring dengan lesatan pesawat saat upacara di pangkalan udara di Italia selatan, Rusia menjadi topik utama kekhawatiran NATO. Rusia berhasil memaksa NATO melakukan modernisasi militer terbesar sejak Perang Dingin.

“Ini mengirimkan pesan yang sangat jelas kepada setiap penyerang potensial. Setiap percobaan pelanggaran kedaulatan satu negara NATO akan berujung pada keterlibatan militer seluruh negara NATO,” ujar komandan tinggi NATO Jenderal Philip Breedlove, dikutip dari  The News, Selasa (20/10).

Latihan gabungan tersebut melibatkan sekitar 36 ribu tentara, kapal dan pesawat tempur selama lima pekan. Di Baltik, tempat pangkalan laut Rusia di Kaliningrad, Rusia telah menempatkan rudal yang mampu menangkis serangan dari kapal dan pesawat. Rudal tersebut mampu bekerja di wilayah yang luas.

“Kami sangat khawatir mengenai peningkatan kehadiran militer Rusia. Peningkatan konsentrasi tentara di Kaliningrad, Laut Hitam dan timur Mediterania memang menjadi tambahan tantangan,” kata Wakil Sekretaris NATO Jenderal Alexander Vershbow.

REPUBLIKA.CO.ID

  34 Responses to “NATO Gelar Latihan Militer Terbesar untuk Lawan Rusia”

  1. *pertamak

  2. Keroyokan kog bangga lho,keroyok yg bener lagi,lama2 kualat NATO

  3. ..mulai panas ..

  4. ..Russia sendiri..dikelilingi NATO…Indonesia sendiri dikelilingi persemakmuran inggris..hadeeh..

    • Salah satu solusi segera bentuk KOGABWILHAN . salam bung

    • Hehehhehehehhehehe…numpang ngepot bung Indo elit..sehat selllau bung..pergeseran peta kekuatan dunia sdh mulai terlihat bung.. Penguatan kerjasama antara indonesia -rusia dan china baik dari sisi ekonomi maupun militer sdh menjadi garis takdir… Lihatlah saat ini investasi rusia di kalimantan dgn 300km jalur kereta utk tambang batu bara yg dikelola bersama RI.. Apakah investasi sebesar itu tdk memerlukan backup kekuatan militer yg mumpuni..?secara geografis posisi rusia sgt jauh dari RI..itulah yg mneyebabkan rusia sgt mendukung penguatan alutsista TNI secara total.. Dan lihatlah investasi china yg begitu besar diberbagai sektor di negeri ini, apkah tdk memerlukan kekuatan politik dan militer yg besar dan kuat..? Ingatlah bagaimana investasi rusia, jerman dan perancis di sektor migas iraq yg harus hancur bersama tumbangnya saddam husein oleh asu dan british..? Ini tdk akan mereka ulangi lagi di Indonesia.. Secara negeri ini penuh dgn rakyatnya yg militan dan terbukti samapai saat ini sanggup bertahan dan mampu berdri ditengah badai proxy dan krisis dan dgn konsep nonbloknya RI mampu berdiplomasi dgn cantik menghadapi musang2 dunia tsb.. Penguatan militer RI memang diproyeksikan menghadapai 4-5 negara fpda yg mengelilinginya dan RI diperkuat utk menghadapai kondisi terburuk tsb.. China diproyeksikan utk menghadapi kekuatan jepang, korea,taiwan dll dan negar2 arab besarta beberapa negara afrika akan diproyeksikan menghadapi isra hell dan sekutu asu di timteng..dan yg terakhir rusia bersama beberapa negara pecahan sovyet sendiri diproyeksikan utk menghadapi Nato dan asu sekaliigus.. Mungkin itu pola yg akan terlihat melalui pergeseran politik di dunia saat ini.. Salam sehat selllau warjag..

  5. Hehehehehhehehehe….dalam beberpa waktu k edepan kita akan lihat 2 kubu akan melakukan persiapan yg sama sbg awal perang akhir jaman…huuffffttt…

  6. makin menghangat dech

  7. Tanda tanda akhir jaman, Rusia vs nato, asian vs cina, arab vs Iran, yang nelayan israel siapa ya. Jebakan Batman

  8. Rusia luar biasa !

  9. Salam kenal bung PB . Sepertinya Rusia baru kluarin kekuatan kurang dari 5% bung.

  10. Es er aja ya.
    Sukses ya saaaay.. Pinjem komen bung PKB
    Hahahaha

  11. Beraninya cuman keroyokan….

  12. NATO = ASU.. ASU = KIRIK… perang kok wanine kroyok an… cntoh tu rusia china korea utara… dia bkrja kras buat memodernisasi biar kuat.. klo prang udah ada bekal.. ini klompok nato ada mslah dkit mlah mau kroyok an… sharusnya china rusia itu netral aja kyak indonesia… jadi dewan keamanan dunia

  13. perang mulu, seberapa jahatkah rusia untuk di musuhi..

  14. kalau mereka perang nuklir bakal seliweran hadeuwwww

  15. NATO braninya main keroyokan :v

  16. apa sih yang di banggakan sama NATO atau NOTA…….!!!!!

    Mereka ga sadar kalau hanya jadi BONEKA ASU…….!!!!!!!!

    NATO = ASU ……ASU = NATO…..

    RUSIA STRONG……RUSIA STRONG MORE THAN STRONG THAN ASU NATO….!!!!!!!

  17. Isikander segelar sepapan sudah dipacak baris di Oblast Kaliningrad.. tnggl pasang banner, Welcome NATO

 Leave a Reply