Nov 112017
 

Jet tempur NATO dari Royal Air Force (RAF). (MoD UK)

Brussel. Jakartagreater.com – Para sekutu Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Rabu, 8/11/2017 mendukung rencana pendirian dua markas militer baru yang akan melindungi Eropa saat terjadi konflik dengan Rusia.

Keputusan ini meletakkan dasar bagi perluasan terbesar persekutuan militer itu dalam beberapa dekade.

Dengan harapan untuk menambah faktor pencegah terhadap Rusia, para menteri pertahanan NATO sepakat untuk membentuk sebuah komando Atlantik dan sebuah komando logistik untuk dapat melancarkan tindakan lebih cepat terhadap ancaman-ancaman di Eropa, kata sejumlah pejabat.

“(Pendirian markas) ini penting bagi persekutuan transatlantik kita,” kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam jumpa pers.

“Ini menyangkut soal bagaimana menggerakan kekuatan di seluruh Atlantik dan bagaimana menggerakkan kekuatan di seluruh Eropa.” Biaya pendirian markas belum akan dibahas sampai 2018 namun pembangunan kedua markas baru telah mendapat dukungan luas.

Kedua pusat komando baru itu juga menunjukkan pusat perhatian NATO terhadap tugas tradisionalnya, yaitu menjaga wilayah setelah operasi-operasi yang dijalankannya di Balkan, Libya dan Afghanistan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Jerman sangat ingin menjadi tuan rumah keberadaan komando logistik, kata beberapa diplomat, mengingat lokasinya yang stragis melintas Eropa tengah. Lokasi tersebut memungkinkan pergerakan peralatan dan personel menuju perbatasan bisa berlangsung cepat saat konflik terjadi.

Negara-negara maritim seperti Portugal, Spanyol, Prancis dan Amerika Serikat bisa menjadi lokasi komando Atlantik, menurut para diplomat. Namun, keputusan soal itu belum diambil.

Dalam tanggapan terhadap pencaplokan yang dilakukan Rusia pada 2014 terhadap semenanjung Krimea milik Ukraina, NATO sudah menempatkan pasukan secara bergilir di Polandia negara-negara Baltik serta memperkuat keberadaanya di Laut Hitam dan berupaya memodernisasi pasukannya.

Rusia telah meningkatkan patroli angkatan lautnya di Laut Baltik, Atlantik utara dan Arktik serta mengerahkan kapal-kapal selam, kata sejumlah pejabat NATO, kendati kekuatan angkatan laut negara itu saat ini lebih kecil dibandingkan masa Perang Dingin. (Antara/Reuters).

  9 Responses to “NATO Sepakat Dirikan Markas Militer Baru untuk Lindungi Eropa”

  1. 1

  2. NATO semakin paranoid terhadap Rusia, bahkan AS sampe embargo Rusia untuk mengamputasi kemampuannya! NATO dibawah ketiak AS.

  3. NATO perlu mengatasi salah satu ancaman dari negara yg memiliki jumlah nuklir terbesar. Andai saja Soviet tidak memiliki nuklir dan Andai saja Ukraina tidak menyerahkan 4000 hulu ledak nuklir ke Rusia, mungkin dari dulu Soviet/Rusia bukanlah ancaman bagi USA dan sekutunya.

    Hhhhhhhhhh

    • Dari dulu Sovyet/Russia itu menjadi saingan utama USA… dan praktis hanya Russia yang memiliki kemampuan dan teknologi yang bisa menciptakan senjata yang menjadi pesaing dan ancaman bagi USA… saking paniknya USA tidak bisa sendirian kalau bersaing dengan Russia, sehingga mesti melibatkan banyak sekali sekutunya untuk terlibat… NATO dibuat untuk menghadapi kekuatan Russia yang sayangnya dari segi apapun NATO tidak bisa menyaingi Russia, USA juga sama… USA kalau tidak keroyokan juga ga sanggup sendirian menghadapi persaingan dengan Russia

  4. Dan anggota2 nato berjumlah 16 bersepakat utk membuat Pakta Pertahanan baru yaitu PRESCO…(Permanet Structure Cooperation)…penggagasnya adalah Jerman, France, Italia dan Spanyol….

  5. NATO ngawar ngiwir setelah melihat latihan strategis rusia, blm lg mrk melihat rudal zircon, rudal KH35 yg tidak bisa mrk lihat dr sistemnya & pespur SU35 & SU57 yg full stealth walaupun sedikit beda konsep, dengan demikian, mau jadi apa itu sekumpulan nato?

    Hahhaahaaaa

  6. kini pusat perselingkuhan dunia telah kembali ke kampung halamannya
    silahkan bernostalgia ke jaman perang perang di masa lalu
    usainya proyek balkan dan lalu krimea sepertinya tidak ada laju kenaikan adrenalin lagi dan perlu disuguhkan keriuhan persiapan perang jaman now kelas keroyokan biar tercipta gaduh kelas dunia di halaman depan eropah
    semangat semsngat ayo semangat biar dunia hangat

 Leave a Reply