Jul 312014
 

Ukraine- russia-02-

Kesiagaan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) amat lemah ketika salah satu negara anggotanya diserang Rusia, kata laporan Komite Pertahanan parlemen Inggris.

Komite yang beranggotakan sejumlah anggota Majelis Rendah parlemen Inggris tersebut merujuk konflik di Ukraina sebagai bukti kekurangan NATO.

“Serangan non-konvensional Rusia, yang menggunakan taktik asimetris atau peperangan ambigu—dirancang untuk menyelusup di bawah kesiagaan NATO. Hal ini sulit untuk dibalas. Kejadian seperti di Ukraina tahun ini, lalu sebelumnya serangan siber di Estonia pada 2007, serta invasi Georgia pada 2008 adalah panggilan kepada NATO agar bangun dari tidur,” demikian petikan laporan itu.

Guna mengantisipasi serangan semacam itu di masa mendatang, laporan tersebut merekomendasikan penambahan pasukan NATO di negara-negara Balkan yang rentan, termasuk Estonia, Latvia, dan Lithuania.

Lalu, NATO disarankan menyiapkan pasukan khusus guna menghadapi serangan non-konvensional, termasuk serangan siber. NATO juga diminta mengadakan latihan dalam skala besar serta meningkatkan jumlah pasukan reaksi cepat secara signifikan.

“Risiko serangan Rusia ke salah satu negara anggota NATO, walaupun kecil, namun signifikan. Kami tidak yakin NATO siap atas ancaman ini. NATO terlalu santai menghadapi ancaman Rusia,” kata Rory Stewart, Ketua Komite Pertahanan dari Partai Konservatif.

Padahal, sambungnya, taktik Rusia berubah cepat, termasuk serangan siber, mendukung kelompok separatis, dan mengombinasikan warga sipil bersenjata dengan pasukan khusus tanpa emblem kesatuan.

Dikaji
Juru bicara NATO, Oana Lungescu, mengaku belum melihat laporan yang disusun Komite Pertahanan Majelis Rendah Inggris.

“Namun, kami akan mengkajinya secara seksama begitu laporan tersebut dipublikasikan. Pada Maret lalu, Sekretaris Jenderal NATO Anders Fogh Rasmussen menyatakan aksi militer Rusia di dan sekitar Ukraina merupakan panggilan bagi aliansi dan komunitas internasional.

Dia juga menekankan bahwa NATO harus beradaptasi dengan lingkungan keamanan yang berubah. NATO telah menempuh sejumlah langkah untuk menguatkan pertahanan kolektif, khususnya untuk sekutu kami di timur, dengan lebih banyak pesawat, kapal, dan latihan di darat,” ujar Lungescu.

NATO dibentuk pada 1949, empat tahun sesudah Perang Dunia Kedua berakhir. Berdasarkan Pasal 5 Traktat 1949, aliansi itu sepakat membantu pertahanan bila salah satu negara anggotanya diserang musuh.

Setelah Perang Dingin usai dan Uni Soviet bubar, NATO melebarkan sayap ke Eropa Timur. Anggota NATO kini mencakup Latvia, Lithuania, dan Estonia yang dulu menjadi bagian Uni Soviet dan Pakta Warsawa.(BBC Indonesia).

  73 Responses to “NATO Tak Siap Hadapi Rusia”

  1. Uno

  2. Bakal petanh dongin noh

  3. ayo bule sapa yang superior nanti kalo menang lawan indonesia

  4. nato is nothing

  5. nato biasanya ngeroyok yg lemah

  6. Absen dulu ahh..
    Salam

  7. NATO saat ini hanya siap untuk invasi di negara2 dg kekuatan sekelas afganistan, irak, libia, nigeria, sudan, syria,,,dah lama mrk memang bisanya keroyokan,,saat ini tentu kalang kabut n tergagap jika hrs berhadapan dg rusia,,kira2 dibutuhkan 5 s/d 10 thn untuk mengimbangi rusia,,inipun hrs mempertimbangkan bhw rusia jg tdk tinggal diam dan akan trs meningkatkan kemampuannya dlm segala hal,,baik konvensional, non konvensiaonal, dlm 5 th kedepan, rudal jelajah yg mampu menghindar anti rudal amerika akan makin bnyk diinstalasi, bai, jarak pendek, menengah, jauuhh, bhkn jg yg dr kapal selam, blm perengkat persenjataan lain yg makin modern, sistem hanud yg makin diperbarui, submarine terbaru, pswt tempur n pemboom, rudal2 taktis, perangkat peperangan elektronika dll,,,saat ini sj sdh bikin nato merinding,,

  8. hadir

  9. 10 besar kah?

  10. Wah seru nih perang dunia ketiga di mulai tapi tak mungkin terjadi

    • ah jangan perang lagi, udah ketagihan hidup damai bisa ngopi sambil baca warjag tiap nih…hehehe
      kasian juga anak cucu generasi berikutnya, dapat bahan baru lg ttg sejarah… 😀

  11. absen dulu…

  12. Sungguh Menggetarkan ,………… Ayo siapa brani lawan Rusia,…?

  13. Absen

  14. Secara militer, di atas kertas NATO pasti bisa menyaingi Rusia dengan kuantitas armada militernya. TAPI…

    Secara POLITIK, Jumlah anggota NATO yang terlalu banyak menyebabkan sulitnya terwujudnya homogenitas pandangan antaranggota NATO mengenai RUSIA. Salah satu alasannya karena…

    Secara EKONOMI, lebih dari setengah pasokan energi Uni Eropa, termasuk Eropa Timur adalah dari Rusia. Jerman, yang merupakan salah satu anggota yang terkuat terpaksa tunduk di depan Rusia sebab hampir atau bahkan lebih 3/4 pasokan gas untuk industri Jerman berasal dari Rusia. Jika Jerman setuju dengan NATO untuk melawan Rusia maka Rusia tinggal menaikkan harga gas atau tutup saja kran gas yang imbasnya adalah turunnya ekonomi Jerman. Contoh konrit ini juga dialami oleh negara2 lain terutama anggota NATO dari Eropa Timur yang masih sangat tergantung pada Rusia. Selain itu, Rusia juga banyak menaruh investasi di negara2 Uni Eropa dan membuka pintu investasi untuk investor dari negara2 Uni Eropa.

    Hal2 di atas IMO sudah direncanakan oleh Rusia matang-matang sejak lama. Caranya adalah membuat Uni Eropa memiliki ketergantungan energi dan ekonomi kepada Rusia dan akhirnya situasi ini dipakai
    sebagai taktik Rusia merebut kembali wilayah2nya yang telah terlepas.

    Salam.

    • Kayaknya US sedang terbelenggu dengan kemunafikannya sendiri. Di saat lawan lemah, mereka menyerukan propaganda dunia tanpa batas. Tapi disaat musuhnya mulai tampak kuat, dia mencoba menelan liurnya sendiri. Sayang, dunia sudah terlanjur tanpa batas, tak ada satu negara NATO pun yang tidak memiliki kepentingan dengan Rusia. Disaat batas-batas kekuasaannya coba dibangun kembali, cengkeraman Rusia udah ada dimana-mana..! Nasi sudah menjadi bubur, mau melawan sendiri, ekonomi lagi morat-marit. Opsi menanggung malu bersama, akhirnya dirasa jauh lebih baik daripada harus mati karena malu sendiri..! Hehehe..! NATO, Game’s over..!

  15. IMO..
    Nato itu hanya segerombolan organisasi pengecut karna takut menghadapi berbagai ancaman utk negara2 eropa dengan dalih utk mnjaga stabilitas keamanan.. rusia pun sudah membubarkan pakta warsawanya. Lalu utk apa nato sampai saat ini berdiri ? Engga ada gunanyaa..
    Rusia pun MUNGKIN masih bisa menahan agresi militer nato kalaupun terjadi peperangan. Tp perlu di ingat sekuat apapun negara kalau di keroyok bakal tunduk jugaa seperti yg dilakukan jerman duluu.
    Tp mendekatnya rusia ke china yg notabene mmpunyai sdm yg besar pasti mmbuat nato berfikir ulang utk menganggu rusia..
    Kasus ukraina, walaupun negara2 eropa mngeluarkan sanksi sedemikian rupa terhadap rusia, rusia santai2 aja menghadapi itu. Krn rusia sendiri pn mmpu mengeksploitasi apa yg ada di negeri mereka dgn baik dan sanksi yg diberikan tidak trlalu signifikan bagi rusia..

    Maaf kalau ngawur cuma analisa tukang bubur hehehe

    • NATO sengaja dipelihara sebagai benda warisan, buat kenang-kenangan sejarah, biar National Museum mereka lebih beragam..! Hehehe..! Salam..

      • Banyak tentara anggota NATO yang tidak siap tempur seperti berat badan yang berlebih, serta menurunnya kemampuan tempur hanya sedikit negara Nato yang mempunyai kesiapan tempur yang tinggi …
        Salam tabik …

  16. Nato sudah tdk mempunyai taring utk menghadapi rusia. Kekuatan nato mungkin masih dibawah rusia.

  17. NATO…he No Action Talk Only….he tidak lah,menurut saya memang benar jika melawan rusia akan habis,soalnya nato saat ini jika terjadi perang melawan russia yg paling siap dari segi militer ya cuma ASU,pernah saya baca di warung sebelah bahwa saat ini ASU mengeluh kpd anggota Nato lainnya karena anggota nato saat ini hanya bergantung kepada ASU jika terjadi perang,hal ini di buktikan dengan nilai kesiapan militer negara2 nato di nilai ASU sangat rendah,paling tinggi cuma prancis yg notabene sangat sulit untuk di tebak kebijakannya,sedangkan saat ini ASU harus berkansentrasi di beberapa titik yg di anggapnya rawan….ma’af belepotan,maklum tukang cangkul…

  18. Xixixixi
    Blm waktunya bung freaxout
    Nunggu alam membersihkan negatif negatif yg ada dibumi nusantara
    Setelah 70 tahun lewat,mgkn kita baru mulai lagi membangun negeri
    Membangun jiwa terlebih dahulu sesuai sila kesatu dan kedua

  19. Msh butuh waktu bung surya
    10, 20 atau berapa lama lagi
    Smua msh rahasia

  20. bukan gitu bung urakan. kiamat itu bakalan dateng kalo bule jumlahnya lebih banyak dari bangsa asia ato afrika itu yang pertama yang keduanya biar ngga ngisruhin negara orang. biar aja mereka pada perang sendiri

    • Mereka sedang menciptakan kiamat bagi mereka sendiri bung dengan menebar angkara
      Dan kita pun harus memperkuat diri jiwa dan raga,mempersiapkan generasi2 penerus yg memiliki kecerdasan yg tinggi sq,eq dan iq.
      Mgkn kelak kita akan bertempur fisik dengan mereka,sekarang yg kita hadapi pertempuran jiwa dan mental,dan keadaannya kita terdesak saat ini

    • Alhamdulillah sehat bung SURYA (yang biasa a1 kan yah) becanda bung surya, maaf baru bales. Para sesepuh lagi bingungkan yah. Yang saya takutkan FIR kita hilang lagi bung. Ngenes liat negri sendiri padahal semua negara naruh hormat yang besar pada kita. Pegel kadang kalo liat berita. Saya harap sarpahoma bung, ngga ada nepotisme lagi, peduli amat anak siapa, mantu siapa rata sama. Biar cepet nentukan kemana arah negri ini bung. Salam hangat

  21. Hemmm … Wait and see …

  22. Kena batuny nato

  23. rusia sudah mengembanhkan pertahanan mereka sjak PD1
    kita baru rajin di thun 80-90an dan giat di 2000an bung
    mungkin di 2030-2040 kita bisa sekelas India dan di 2050-60 sekelas cina
    masih panjang bung perjalanan kita

  24. Saya jadi ingat kata2 jhon titor..
    Dia bilang klo dia itu berasal dari masa depan,dan dia bilang kalo 2015 akan terjadi perang dunia 3 yaitu rusia akan meluncurkan nuklir ke amerika…

  25. Ukraina bukan anggota Nato

    permainan dimulai oleh barat, yang mencoba membuat kerangkeng utk rusia, dengan mulai menjalankan rencana perlahan lahan memandulkan sevastopol sbg pintu rusia ke laut hitam dan laut mediterania..

    dimulai dengan demonstrasi maidan, kiev, menjatuhkan presiden yanukovich.
    hanya saja butuh waktu bbrp bulan utk menjatuhkan yanukovich dengan bantuan CIA dan dana besar besaran dari israel.
    bbrp bulan itu cukup buat rusia/putin menyiapkan counter dari skenario barat, setelah yanukovich jatuh, hanya butuh waktu satu bulan utk mengambil crimea dengan salah satu strategi militer paling brillian dalam sejarah. tanpa menumpahkan darah..
    permainan selesai, rusia mendapatkan akses penuh ke laut hitam dibawah kendali moscow langsung.

    korban sebenarnya disini adalah UKRAINA !
    setelah dihasut barat, skrg menderita, kehilangan krimea yg berharga, blm jadi anggota UE, blm jadi anggota NATO, produk2 unggulan ditutup pasarnya (tdk bisa masuk ke rusia sbg pasar produk2 nya), dan 4 bulan lagi musim dingin mengancam dengan resiko kekurangan gas, jika december gas ditutup oleh rusia, penduduk ukraina banyak yang bakal mati beku
    ditambah lagi dengan separatis di wilayah timur, hancurlah sudah negara ini

    barat sudah kehilangan permainannya, sekarang membantu ukraina sekedarnya
    mengharapkan NATO maju perang di ukraina timur? jangan harap

    • Analisis superb bung onthel. Saya harap sonotan sama sonora bener2 belajar dari sini. Ngapain ngusik2 negri kita, ngapain paranoid kalo ngga salah. Lagian kita negri pelupa , sehingga pasti pemaaf, selalu menunggu untuk kembali pada yang seharusnya. Kalo sampe perang paling segebrakan aja asu bantu. Kalo masuk berita pasukannya banyak yang mati pasti deh di demo sama rakyatnya dan di suruh pulang. Ujungnya cuman ngasih senjata yang ngga gratis. Apalagi rakyat kita mirip fasis aslinya cuman karena punya tuhan dan tuhan ngga tidur. Karma pasti berjalan. Mata untuk mata tangan untuk tangan nyawa di bayar nyawa. Makanya di negri ini ngga boleh adigung adiguna, dan diatas lagit selalu ada langit, dan lagit tertinggi kalah mulia oleh bumi

      • kalo masyarakat kita rada fasis, iya, ada bbrp % bung freaxout
        tapi beda, saya lebih senang menyebutnya ultranasionalis, karena fasis di Indonesia tidak bergantung dengan etnis (jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi dsb)

        beda dengan ukraina.
        ukraina sejak dulu fasis…!! tapi hanya utk etnis ukraina sendiri yg terpusat di wilayah barat (termasuk kiev)
        utk wilayah timur dan selatan tidak, krn disana etnis ukraina minoritas, yg banyak etnis rusia, sedikit tatar, armenia, slavik, dan yg paling menentukan > kaum cossacs sbg motor separatis di timur

        kalau kita ingat bagaimana dulu nazi jerman dan ukraina menyatakan diri sebagai satu negara, jerman menyebut ukraina adalah “negara jerman di timur”, dan ukraina mengakui berlin sbg pusat pemerintahan (sampai nazi kalah).

        makanya rusia kesulitan menahan nazi jerman di area timur tsb, karena nazi difasilitasi oleh ukraina. peperangan dahsyat di kursk dan sekitarnya akhirnya bisa dimenangkan rusia.
        ukraina kehilangan induk, gak ada pilihan selain bergabung dg ussr (daripada hancur).
        jadi kalau mau bicara fasis, ukraina (kiev) sejak dulu fasis

  26. Menunggu rusia -yang jauh lebih kuat dari nato- menyerang asu dan sekutunya.
    Kalau sekarang -sayangnya- asu dan sekutunya masih ada di tempatnya.

  27. 1. Sejak kapan Ukraina anggota PBB??? Tidak ada!

    2. Dalam arbritase dan rekonsiliasi konflik, mediator punya frame of frame, dan ga boleh keluar dari situ. Jadi apa pula hak PBB harus turun ke ukraina? Tidak ada!

    3. Ukraina, dan Crimea tidak ada landasan sejarah yg mengikat. Seperti halnya USSR juga tidak mengikat.

    4. Jangan pernah menyamakan konstitusi, demokrasi, falsafah, dan paradigma Indonesia kepada negara lain. Karena NKRI itu unik. Cth. Jangan paksakan anggap ikan akan masuk angin karena air.

    • Ngga kena jepret karet gelang waktu komen kemarin bung bhl. :mrgreen:
      Saya suka kalo ilmunya di keluarin kalo komen bukan hasil laporan sama atasan yang di tulis di sini

    • bung barisan harimau liar,
      menurut saya sih crimea lebih punya landasan sejarah dengan rusia.
      sudah 2 abad jadi pintu utama armada laut hitam rusia, dan etnis rusia disana lebih dari 70% lho, sbg impact pengerahan militer rusia disana sejak perang melawan keroyokan ottoman, inggris dan prancis.
      kalau bicara tatar dan ottoman, ya sekarang aja ottoman udah gak ada, dan etnis tatar di krimea gak sampe 5%

      yang menarik, dana besar2 an utk menjatuhkan yanukovich (pro rusia) datang dari israel, hehehe
      imho sih, ada hubungannya dengan pangkalan militer rusia di latakia (suriah).
      makanya israel berkepentingan mengurung akses rusia di laut hitam
      akhirnya gatot deh 🙂

  28. analisanya bagus semua.dengan mulai mengusik rusia dan sekutunya maka bersiaplah ww3

  29. Kalau seandainya NATO benar-benar menyerang Rusia,langkah apa yang diambil RI? Monggo pencerahane para sesepuh.

  30. kalo utk negara yg rakyatnya sdh dlm taraf hidup tinggi dan berkecukupan secara ekonomi, akan sulit bagi pemimpin negara tsb utk memutuskan ikut konflik atau perang di negara lain, mendingan ngurus ekonomi sendiri, biaya perang sangat mahal, blm lg korban soldadu nya … kalo kalah perang biasanya pemimpin negara jg dilengserkan alias dipecat oleh rakyat.

  31. Affirmative 😈

  32. sepertinya kalimat itu cocok buat para pejabat nkri bila diganti sprt ini

    “…adalah
    panggilan kepada NKRI agar
    bangun dari tidur,”

    maaf cucu lancang

  33. lanjut kan…

  34. itulah cara orang menyembunyikan kekuatannya..dgn memuji kehebatan lawan setinggi mungkin..
    Ada berita bginian jgn ditelan bulat2 dong hehe

    • om frans,
      menurut saya sih memang nato gak siap menghadapi rusia.
      lihatlah sekarang, pentolan nato yg lumayan independen cuma inggris.

      jerman?
      butuh gas rusia, dan ingat dosa2 jerman thd rusia dan ukraina timur.
      sampai2 putin bilang, ingat sejarah, siapa yang pernah menumpahkan darah orang2 di ukraina? yang jelas bukan rusia

      perancis?
      lihat saja mistral, terjawab sudah, prancis tidak berani mengutak atik
      akhir tahun ini tetep akan kirim kapal induk heli ke rusia, dan kemungkinan tahun depan juga

      satu2 nya jalan aman ya serang ekonomi rusia, bukan dari sisi militer

      • Rusia ikut mendirikan bank BRICS adalah salah satu strategi mengimbangi Bank Dunia. Makin banyak yang ikut di situ, Rusia makin bisa mendiversifikasi relasi ekonominya. Ditambah relasi investasi dan perdagangan yang makin luas dengan negara non sekutu dan kaki tangannya, ekonomi Rusia akan makin aman. Apalagi China dan India plus beberapa negara Asia lain yang makin besar ekonominya adalah potensi aliansi ekonomi yang terbuka dan selama ini secara diam-diam punya keinginan yang sama untuk keluar, setidaknya tak sepenuhnya bergantung pada kekuatan tradisional USA dan sekutunya serts kaki tangannya.
        Jika konstelasi semacam itu mampu dibangun dengan baik, makin sulit bagi Nato bahkan plus USA bertindak menekan begitu saja.

  35. Saatnya SDA sebagai alat tawar kebijakan luar negeri. Saatnya kita berani mengatakan tidak bila ada yg mau menyetir kebijakan SDA kita. Newmont sebagai sampel kita mampu tidak mengatakan tidak. Klo kalah pun harus ada opsi lain yang tegas (pemutusan sepihak) walau harus menerima kecaman negara lain. yang penting SDA kita terlindungi dan bermanfaat bagi kemasyalahatan bangsa Indonesia. Contoh argentina gak mau disetir dalam bayar utang walau dicap gagal bayar. tp cm cap tapi kepentingan nasional terjaga. Kita hutang sama bunga IMF besaran bunganya kita bayar juga. Smua kebijakan kontrak karya dan lain sebagainya perlu kita pikirkan ulang, bila merugikan negosiasi ulang klo gak mau sikat. Dari pada SDA kita habis gak ada hasil. Klo dipikir klo buang Newmont masih banyak yang ngantri mau masuk. Klo kita mau berfikir.

    • Yang berani nyikat siapa Bung? Apa nggak dihancurkan yang nyikat? Kebijakan smelter dan yang lainnya baru muncul di akhir era kepemimpinan SBY, saya nggak tau gimana akibatnya kalo itu dilakukan SBY di periode pertama awal pemerintahannya. Naiknya harga gas tangguh, freeport menyetujui menaikkan royalti dan smelter. Tinggal pemerintah selanjutnya yang meneruskan berani atau nggak. Kalo dia berani, sy berharap tidak ada hal-hal buruk yang terjadi disini memgingat masih banyak orang-orangng kita yang masih bersedia menjadi perpanjangan tangan kepentingan asing disini.

  36. Pasti kita bisa,, bapa SBY dengan jiwa kenegaraannya telah meletakkan pondasi yg kuat baik segi ekonomi,politik luar negri, militer sngt kita banggakan. Semoga bpk jokowi mampu melanjutkan dan mengembangkan lebih baik aku percaya akan kemampuan kombinasi Jokowi-Jk keduanya figur yg pas utuk memajukan NKRI sama sperti rusia bahkan mampu melebihi Rusia karena SDA dan SDM kita sngt melimpah, NKRI harga mati biar aus,usa,singaporn,malingsia bertobat dan tersadar.

  37. NATO? Ini mah aliansi peninggalan perang dunia II, hanya gagah pd waktu perang dingin masih berkecamuk dengan lawan tanding pakta warsawa, namun itupun hanya sering mengganggu negara-negara kecil. Namun anehnya setelah USSR bubar dg diikuti pakta warsawa, USA dg dukungan NATO pun hanya sukses memporak-porandakan afganistan, irak serta libya. Sementara di syria dan ukrania menjadi mandul, mengapa? ….

  38. NATO tuh perkumpulan apa ya?? mosok mau menghadang laju Tiongkok dan Rusia aja pake ngumpulin anggota banyak banget..

  39. lha mereka kan sebenarnya penakut, cuma beraninya sama militer yg levelnya dibawah mereka itu pun secara keroyokan.

  40. ai don ting ebot det…..copras capres..

  41. Logikanya orang yang rakus dan tamak suka bikin koncoisme, NATO sudah tidak lagi jamannya, tapi mereka mempertahankannya. Masalahnya karena Amerika dan NATO sama-sama penjajah, suka ngobok-ngobok negara lain, keroyokan suapaya nggak malu, biar salah dia bilang benar saja

  42. Sumpah gw beneran
    If you wanna clash of clans advantage go to http://clashofclanshelper.com/ – you receive free Clash of Clans gems instantly! It really works! (04YbX3yA1C)

  43. Sorry gan di step nya emang di suruh post kayak gitu

 Leave a Reply