Okt 032015
 

d2b2ca1b7a8a06f4baff50b30bb9e247KRI HIu - Sail Morotai 2012

 

JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menginginkan agar Natuna menjadi Pearl Harbour bagi Indonesia dalam menjaga kedaulatan negara.

“Ya itu harus, Natuna harus diperkuat karena itu (penguatan Natuna) juga rencana saya. Bila perlu kita jadikan Pearl Harbour-nya Indonesia, untuk mengawasi wilayah kita yang begitu luas,” ujarnya di Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Menurut Agus, Natuna perlu dibangun pangkalan yang betul-betul sesuai untuk melaksanakan operasi Angkatan Udara (AU). Termasuk juga dermaga-dermaga lautnya juga harus diperkuat.

“Penempatan skuadron pesawat tempur tidak perlu di Natuna, sebab pesawat tempur dalam waktu singkat sudah bisa berada di sana. (Fasilitas atau sarana) itu yang dibutuhkan seperti bunker-bunker, enggak bisa parkir biasa,  harus bunker,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu berencana meningkatkan pertahanan laut dan udara di Kepulauan Natuna, menyusul meningkatnya tensi di Laut China Selatan (LCS).

“Ya nanti bulan depan Natuna  akan kita lengkapi, landasan kita perpanjang, ada pelabuhan besar paling tidak bisa menampung empat kapal kemudian pesawat-pesawat besar,” ujarnya.

Sindo

 Posted by on Oktober 3, 2015

  54 Responses to “Natuna Diproyeksikan Jadi Pearl Harbour Indonesia”

  1.  

    YES akhirnya 1st

  2.  

    absen

  3.  

    hadeuhh.. slmet secondmax moga ja xixixiiiii

  4.  

    Kudetax…

  5.  

    Hehehehehehehheehehehehe…siap jenderal..berarti bukan hanya 1 skadron saja kan pak..? Xixixiixixixixixi…kira2 brp ska pak jenderal..?hihihihiihihihihi… Yg pasti bisa nutup seluruh langit sinagpono dlm 1 kali flight ya pak…hehehhehehehe…

  6.  

    buat pangkalan di natuna seperti pearl harbaour..jadi untuk mengatisipasi negara mana nih??

  7.  

    Payung udara jg mesti dilengkapi, S400 segera diakusisi utk ditempatkan dimari

  8.  

    Wacana yang sangat briliant, tapi harus direalisasikan, bukan hanya cuap2 saja, jgn gede omong doang, ……. lha poros maritim dunia pun tidak ditunjang dgn infrastruktur, alutsista dan BBM …… !!!

  9.  

    Semoga cepat terlaksana

  10.  

    Great Information sharing .. I am very happy to read this post.. Thanks for giving us go through info. Fantastic nice. I appreciate this post.

  11.  

    Actually i was waiting for ur wonderful post rugby world cup live streaming 2015

  12.  

    KOGABWILHAN tengah akan bermarkas di NATUNA hehe wah bisa rame ini,, berarti gak mungkin 1 skadron pesawat, gak mungkin kapal perang jumlahnya 14, gak mungkin 2 kapal selam, gak mungkin 1000pasukan haha
    Dalam benak saya
    Pesawat tempur 2 skuadron heavy, 4 skuadron medium, 1 pesawat AEW&C, 1 RADAR OTH, dan perlindungan rudal jangkauan medium antara 200-400km, 2skuadron apche, 4 unit chinook 😀 wah wah
    4 Frigate, 8 corvet, puluhan kcr 40&60, 4 kapal selam,1 kapal bantu minyak
    10rbpersonil ,1 skuadron helikopter pemburu weleh weleh kaya mau perang aja nih Destroyer???hmmm pilihan menarik kasil saja 1 hmmmm hmm tetangga akan semakin meringis saja nih
    (Woy woy bangun ngimpi aja lo BBM buat jaga dananya terbatas gak usah ngimpi lo) haha emang lo udah pernah ngitung berapa cadangan minyak kita???

    •  

      Yg pastinye begitu bung.BP..masa mau jadi poros maritim dunia ALUTSISTA kelas ecek” & jumlahnye segitu-gitu doank..ape kate dunia..!!! Hehe..demen ane dgn kata” “” BUNKER “”. itu tandanye ada sesuatu yg harus diumpetin agar saat diserang & diliat dari atas kaga keliatan / ngumpet…tau-tau nongol aje saat diperlukan…emang sih bikin bunker bukan buat barang ghoib doank..tapi yg jelas pertahanan sdh di buat dgn keadaan & kecanggihan jaman…pokoke indonesia stroong..!!! Salam bung” semua..!!!

  13.  

    Please don’t,troll in this blog.it is cancer to the my eyes.

  14.  

    Au ah gelap

  15.  

    klo TNI yg bangun gw percaya bs jadi.. tp klo sipil yg bangun.. gw ga percaya duit segitu bs bangun seperti itu…

  16.  

    Sangat beresiko menempatkan telur dlm satu keranjang,kalo mo dua keranjang perlu dana byk n takut mubazir krna telornya nggak cukup,hehehe….tp sy yakin tni pnya stratgi jitu,

  17.  

    Lho baru kemarin saya bilang Pearl Harbour di Ayo Mari Kita Berhitung Seri 9 , nah sekarang Pak KSAU Pak Agus juga bilang Pearl Harbour.

    Tgl 14 Sept 2015 saya bilang minimal 18 kapal selam di Ayo Mari Kita Berhitung Seri 8, tanggal 17 Sept 2015 mantan KSAL Pak Bernard bilang juga di koransindo RI butuh minimal 18 kapal selam.

    Hayo siapa yang kemarin nuduh saya sebar hoax ?

    http://jakartagreater.com/ayo-mari-kita-berhitung-seri-9/

    •  

      yang pasti bukan aku loh bung TN

      itungane njlimet aja blm ngarti-ngarti mending SR deh

      •  

        Hehe..ane aje fans nye ghoib ama hoax bung..!!! Hoax & ghoib salah satu taktik jitu dlm psywar dgn musuh negara ini…di jgkr dah banyak pihak luar yg mengontrol..” terlihat kuat disaat lemah, & terlihat lemah disaat kuat ” membuat pusing para intel” parno negara jantungan tsb..dan yg pasti negara ini udah sadar dgn keadaan sekarang ini, mangkenye Ada program Mef 1’2’3 dan dilanjutin dgn pak jokowi dgn poros maritim..salam bung” semua..!!!

    •  

      Bung tukang ngitung …….gelar phd alias pokoknya hadir dimari
      Hahahahahahahahah….xixixixixixixixi

      Komentar bunker…its good….
      Bikin sarang goa yg lain ya kayak yang disana…..ups
      Kira kira berapa pasang ya……disana cuma sepasang…beda baju sama temennye…

      Tni kuat…bro

    •  

      Saya selalu antusias nunggu hitunganya Bung TN PhD. Karena saya yakin bahwa Indonesia itu memamg mampu dan bahkan mampu untuk beli alutsista yg lebih banyak dan lebih gahar dari apa yang di hitung Bung TN PhD.

      Banyak pengusaha luar negeri yang bilang bahwa Indonesia itu punya segalanya, jangankan negara2 ASEAN, China & India saja pasti kalah sama Indonesia kalau rakyat dan pemegang kekuasaan mau bersatu menjayakan negeri ini.

      Nyatanya America is nothing without Indonesia. Makanya hingga kini masih ngrecokin terus urusan dalam negeri Indonesia.

      •  

        ”…saya yakin bahwa
        Indonesia itu memamg mampu dan
        bahkan mampu untuk beli alutsista yg
        lebih banyak dan lebih gahar dari apa
        yang di hitung Bung TN PhD.”
        Mampu…tapi rakyat.e arep dipakani op?? Belanja tahun.an ini-itu aja masih ngutang sana-sini bung….belum lagi utang+bunga yg setiap taun harus dibayar. Butuh jangka panjang agar NKRI menjadi STROOONG….!!!!

  18.  

    slamat malam… masih susah OL, hp lg sering hang dan jamping

  19.  

    Kalo mo dipikir dg jernih…sebenernye hitung”an negara ini butuh brp pespur,kasel dll..dgn poros maritim yg dicanangkan oleh pak.jokowi, bisa diambil kesimpulan pasti harus ada penguatan dg alutsista & ga mungkin alutsista itu” doank…ape kata dunia nanti..!!! Bagaikan pungguk merindukan bulan, besar pasak daripada tiang, kemauan besar tapi tenaga kurang..aya aya wae…!!! Bisa” cuman dilecehin doank ma tetangga,dipandang sebelah mata bangsa ini, tapi liat keadaan tetangga yg mulai parno & kebakaran jenggot saat tau Menhan merelease pembelian su.35 & kilo…bijimane galaunye mereka, ampe” mau kerjasama militer segala macem dgn RI ketauankan arahnye..tapi liat pembelian kilo oleh vietnam ditanggapin biasa aje….coba klo bangsa ini yg koar” dan mempublish pembelian ini itu geger dah semua…yg ghoib aje dah mulai dikorek” sama intel” parno….

    …..NKRI HARGA MATI…

  20.  

    menunggu apache dr america

  21.  

    IINDONESIA GREATER…!! MASA KEJAYAAN SINGOSARI DAN MAJAPAHIT AKAN TERULANG LAGI..!!!

  22.  

    Xi xi xi

    Untuk yang ini pengecualian

  23.  

    Kalau mau kuat, kita mmbutuhkan kehadiran USAF dan US Navy dengan mnyediakan lahan untuk mmbangun pangkalan, tentunya dengan biaya dari USA sendiri.

  24.  

    Sebelum menjadikan Natuna sebagai ‘Pearl Harbour ‘ nya Indonesia ada baiknya kita urus FIR dulu …

  25.  

    Keuntungannya : para maling ikan akan mikir 2x, para tetangga tidak bisa seenaknya mondar mandir, ini sebagai penangkal pertama, sebagai bantuan serang dari halaman depan maupun belakang.

    Kerugiannya : bagaikan umpan pertama, bagaikan menaruh telur dalam satu keranjang.

  26.  

    hehehe…pembangunan di natuna ternyata di respon juga.

  27.  

    Pearl harbour di natuna..

    Emm kayake pernah dengar kata2 itu..
    Kapan ya??
    Sekitar 2 tahun yang lalu oleh bung s*tr*

    Hehehe..

    Salam NKRI

  28.  

    Jangan ah jadi pearl Harbour,…. tragis tuh akhirnya,…

  29.  

    Aku rapopo mas….wkwkwk

  30.  

    Saya setuju dengan ide pak Ksau ini, tentu dengan catatan telah mempelajari kelemahan dan kekuatannya, sehingga apa yang kita akan buat kedepan menjadi sesuatu yang “lebih” kuat, aman dan benar benar menjadi benteng terdepan NKRI.
    Salut! Semoga hal ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat setempat.

  31.  

    Absen aja..