Naval Gun System Fregat Type 31 Inggris

Jakartagreater – Kontrak resmi antara Kementerian Pertahanan Inggris dan Babcock untuk pembangunan fregat Type 31 dijadwalkan dengan pemotongan baja pada tahun 2021. Kapal pertama akan meluncur ke air pada tahun 2023 dan pengiriman 5 fregat antara tahun 2024 – 2028, dirilis savetheroyalnavy.org.

Beberapa mitra rantai pasokan Arrowhead telah mengumumkan keterlibatan mereka dan banyak lagi akan menyusul. Raytheon Anschütz akan memproduksi Warship Integrated Navigation and Bridge System (WINBS) di Inggris untuk Type 31, sebuah sistem yang sudah ada di kapal destroyer Type 45 dan juga ditetapkan untuk fregat Type 26.

David Brown Santaslo, yang membuat sistem transmisi (gear train) kapal perang di Huddersfield, mengungkapkan bahwa mereka telah didekati untuk membangun rangkaian transmisi untuk fregat Tipe 31, meskipun itu akan menjadi sangat lebih murah dan jauh lebih canggih daripada yang mereka rancang untuk Tipe 26.

Desain Fregat Type 31 Inggris (@ Babcock)

Persenjataan

Di era ‘serangan berkelompok’ baik oleh kapal kecil atau UAV, meriam kaliber ringan-sedang kembali menjadi populer. Type 31 akan memasang setidaknya 3 sistem meriam modern yang sangat cocok untuk menangani beberapa target kecil.

Senjata terberat adalah meriam 57 mm Mk 110 Mod 0 kaliber menengah Bofors yang sudah digunakan oleh AS dan beberapa angkatan laut lainnya.

Meriam 57mm Mk 110 dapat mengirimkan hingga 4 peluru per detik dan memiliki jangkauan sekitar 17 km. Seluruh sistem, termasuk 1.000 peluru berbobot sekitar 14 ton.

Ini adalah senjata yang sangat berbeda dengan 114mm (4,5 ”) Mk 8 yang jauh lebih berat yang menghasilkan satu peluru setiap 2 detik dan telah melengkapi sebagian besar fregat RN sejak tahun 1970-an.

Mk 110 tidak dioptimalkan untuk mendukung pasukan di darat, tetapi untuk berbagai target lainnya dan target yang tidak dapat diprediksi. Jenis amunisi yang berbeda dapat dengan mudah dipilih kembali, termasuk amunisi Pre-fragmented, Programmable, dan Proximity-fused (3P).

Ini memiliki mode ledakan udara yang berguna untuk bertahan dari kawanan perahu tetapi dapat beralih untuk bertahan dari pesawat atau rudal menggunakan proximity fuses atau target yang lebih berat menggunakan delayed action fuses.

The 57mm Mk 110 Mod 0 Naval Gun System (@ Baesystems)

Kecepatan tembaknya yang tinggi berarti 57 mm benar-benar memberikan bahan peledak yang lebih berat ke target daripada senjata Oto Melara 76mm terbaru. Dudukan senjata dapat menampung 120 butir peluru tetapi dapat diisi ulang oleh 3 orang kru di ruang senjata di dek di bawah.

Fregat Type 31 tidak akan dilengkapi dengan 20mm Phalanx CIWS tetapi akan memasang dua senjata Bofors 40mm Mk 4. Dudukan ringan seberat 2,3 ton dan non-dek ini dapat menghasilkan 5 peluru per detik hingga sekitar 12,5 km dan dirancang untuk merespons dengan cepat pada berbagai ketinggian.

Dengan melontarkan peluru yang lebih berat dan lebih jauh, membuat Mk 4 lebih unggul dari Phalanx dalam beberapa hal.

Mereka memberikan pertahanan terhadap serangan udara dan rudal, namun juga menggunakan amunisi tipe 3P canggih yang sama seperti 57mm sehingga dapat dengan cepat berubah untuk menghadapi ancaman kapal kecil atau UAV. 100 peluru di dalam senjata siap tembakkan dengan kemampuan untuk berpindah di antara berbagai jenis amunisi.

Bofors dimiliki oleh BAE Systems sehingga keputusan Type 31 bukanlah berita buruk bagi perusahaan, dengan pesanan setidaknya 15 sistem meriam dan amunisi yang akan diproduksi di Skandinavia dan AS.

Satu pemikiran pada “Naval Gun System Fregat Type 31 Inggris”

Tinggalkan komentar