Jan 222019
 

Avante 2200 adalah korvet masa depan Angkatan Laut Kerajaan Saudi © Navantia

JakartaGreater.com – Pembuat kapal Spanyol, Navantia akan membangun sebuah korvet jenis Avante 2200 terbaru untuk Arab Saudi, berdasarkan kontrak senilai $ 2,2 miliar yang ditandatangani tahun lalu untuk pengadaan 5 korvet Avante 2200, seperti dilansir dari laman Navy Recognition pada hari Rabu.

Kapal pertama diharapkan dikirim pada akhir 2021, dan yang terakhir dimaksudkan untuk disediakan pada akhir 2022, menurut kontrak awal. Negosiasi kontrak dimulai tahun 2015 dan ditandatangani pada tahun 2018.

Korvet akan didasarkan pada Avante 2200 dan disesuaikan dengan persyaratan Angkatan Laut Kerajaan Saudi, menawarkan fitur-fitur canggih dan diantaranya yang paling menonjol adalah menjaga laut, kapasitas bertahan hidup yang tinggi dan kapasitas operasi pada suhu ekstrem di kawasan Teluk, semua itu dengan biaya siklus hidup yang optimal.

Dengan desain korvet tercanggih dan maksimal, pada saat yang sama partisipasi Navantia menggabungkan produk-produk sendiri seperti sistem tempur CATIZ, sistem komunikasi terintegrasi HERMESYS, pengarah tembakan DORNA, Sistem Kontrol Platform Terpadu, MINERVA yang terintegrasi dengan anjungan dan motor serta gearbox.

Persenjataan untuk korvet Saudi dapat terdiri dari:

  • 8x rudal anti-kapal Harpoon Block II buatan Boeing
  • 16x peluncur vertikal untuk rudal permukaan-ke-udara ESSM buatan Raytheon
  • 1x sistem senjata Super Rapid 76 mm buatan Leonardo
  • 1x Oerlikon Millenium 35 mm buatan Rheinmetall
  • 2x stasiun senjata jarak jauh (RWS)
  • 2×3 peluncur torpedo 324 mm
  • 2x peluncur umpan CHAFF
  • 1x radar multi fungsi (kemungkinan TRS-3D)
  • Hangar dan landasan helikopter untuk kelas 10 ton

Perjanjian antara Navantia dan Angkatan Laut Kerajaan Saudi meliputi pembangunan dan pengiriman lima korvet, pelatihan personil Angkatan Laut Saudi dan dukungan siklus hidup selama lima tahun, dengan opsi untuk lima tahun berikutnya.

Pernyataan Navantia menyebutkan bahwa kontrak yang ditandatangani dengan Arab Saudi mewakili yang terbesar dalam sejarah galangan kapal Spanyol dengan klien asing. Kontrak ini memperkuat masa depan langsung Navantia dan dapat menguntungkan semua galangan kapal perusahaan. Ini juga dapat menghasilkan hingga 6.000 lapangan kerja baru.

  2 Responses to “Navantia Akan Bangun Korvet Canggih untuk Saudi”

  1.  

    OH SEPERTI ITU KORVET MASA DEPAN……. HAHAHAAAA
    TEKHNOLOGY NYA DARI DULU SEPERTI ITU SAJA………
    KEMUNGKINAN YG MODERN ADALAH RADAR………..
    COBA KORVET MASA DEPAN ITU SEJENIS KASEL BISA NYELAM GITU …………….. HEHEHEEE

  2.  

    Alangkah Baik nya kalau kita ini bisa bikin OPV yang juga bisa berfungsi sebagai korvet submarine Hunter …
    Bukan sebagai OPV saja …
    Bagaimana pun juga korvet Parchim itu perlu Diganti segera…