Negara Arab UEA Percayakan Pembangunan Kapal Perang ke Singapura

Kapal Patroli Lepas Pantai OPV Falaj 3 class

JakartaGreater – Industri kapal perang Singapura terus berkembang setelah ST Engineering mengumumkan pada Senin, 15 November 2021, bahwa mereka mendapatkan sub-kontrak dari Abu Dhabi Ship Building PJSC (ADSB) untuk penyediaan desain, peralatan platform, dan bantuan teknis untuk pembangunan empat Kapal Patroli Lepas Pantai (OPV) Falaj 3 class yang akan dibangun di oleh Abu Dhabi Ship Building (ADSB) untuk Angkatan Laut Uni Emirat Arab (UEA).

Kontrak mencakup desain dasar, detail, dan desain produksi kapal. Bantuan teknis akan diberikan selama pembangunan kapal pertama dari OPV itu, ungkap ST Engineering, 15/11/2021 .

Falaj-3 class adalah kapal patroli lepas pantai yang sangat serbaguna dan andal, cocok untuk melakukan berbagai misi termasuk keamanan maritim dan operasi pencarian dan penyelamatan.

Kapal itu akan dibangun Berdasarkan Kapal Patroli Fearless class Singapura yang telah terbukti andal. Kapal Patroli Lepas Pantai 60 meter ini akan dirancang untuk memenuhi Aturan Angkatan Laut Klasifikasi internasional, serta keunggulan untuk sistem utama dan sistem kritis, serta persyaratan kemampuan bertahan yang tinggi.

Falaj 3 Class Offshore Patrol Vessels

Desain Kapal Patroli Lepas Pantai (OPV) Falaj 3 class. (@Abu Dhabi Ship Building – ADBS)

“Kami merasa terhormat telah dipilih oleh ADSB sebagai salah satu mitra utama mereka dalam program Falaj 3 yang sangat bergengsi ini. Kami yakin pengalaman masa lalu kami dalam desain dan konstruksi kelas kapal semacam itu akan memposisikan kami dan ADSB dengan baik untuk menghadapi tantangan,” kata President Marine at ST Engineering, Ng Sing Chan.

“Kami menantikan kemitraan kami dengan ADSB dalam memenuhi komitmennya untuk membuat empat kapal berkemampuan masa depan yang akan melengkapi armada yang ada dan membantu Angkatan Laut UEA menyelesaikan misinya.”

Fearless class patrol vessels

Fearless patrol vessel singapore (@ST Engineering )

ST Engineering memiliki rekam jejak yang luas dalam desain kapal angkatan laut, selain kemampuan pembuatan kapal angkatan laut yang terkenal. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan ini telah berinvestasi dalam kemampuan Kelautannya, memanfaatkan digitalisasi untuk mendorong pembuatan kapal yang lebih cerdas dan kecerdasan kapal yang lebih dalam.

Baca juga: Top! Kapal Perang AH140 akan Digarap RI

Kapal Patroli Lepas Pantai Falaj-3 class diharapkan memiliki sistem manajemen tempur, sensor, dan peperangan elektronik dan sistem senjata, termasuk meriam utama, persenjataan sekunder, sistem rudal permukaan-ke-permukaan dan permukaan-ke-udara, taktis, kemampuan komunikasi yang taktis, decoy dan peperangan elektronik.

Fearless class patrol vessels 2

Desain Fearless patrol vessel singapore (@ST Engineering )

Sebelumnya, Perusahaan Abu Dhabi Ship Building (ADSB) pada ini 18 Mei 2021 mendapatkan kontrak senilai AED 3,5 miliar (durham), sekitar USD 953 juta, atau sekitar Rp 14 Triliun dari Kementerian Pertahanan (MOD) dan Angkatan Laut UEA, untuk membangun empat Kapal Patroli Lepas Pantai (OPV) Falaj 3 class.

*Foto cover: Desain Kapal Patroli Lepas Pantai (OPV) Falaj 3 class. (@Abu Dhabi Ship Building – ADBS).

Leave a Reply