Negara ASEAN Tertarik Beli Rudal BrahMos dan Akash

Rudal permukaan ke udara jarak menengah, Akash buatan India. © Reuters

JakartaGreater.com – Negara ASEAN dikabarkan tertarik membeli persenjataan yang dibangun secara mandiri di India, seperti rudal permukaan ke udara (SAM) Akash dan rudal jelajah BrahMos, seperti dilansir dari laman Financial Express.

Ketika 10 pemimpin ASEAN berkumpul dalam ASEAN-India Commemorative Summit di New Delhi pada hari Kamis, sejumlah sumber mengatakan kepada Financial Express bahwa ekspor rudal Akash dan BrahMos akan menjadi agenda utama.

Sebagai bagian dari kebijakan “Act East”, India semakin meningkatkan keterlibatannya dengan negara-negara Asean di bidang keamanan maritim, latihan militer, investasi dan perdagangan.

Rudal jelajah BrahMos ditampilkan di ajang IMDS 2007. © Wikipedia

Tahun lalu, pemerintah India telah mengatakan bahwa mereka telah menetapkan target untuk mengekspor persenjataan senilai US $2 miliar di tahun 2019, enam kali lipat dari ekspor India saat ini. Pemerintah India telah mengizinkan industri pertahanannya untuk mengalokasikan 10% dari produksi untuk pasar ekspor.

Industri pertahanan sebelumnya hanya dapat mengekspor setelah memenuhi pesanan dari Angkatan Bersenjata India.

Berbagai laporan menunjukkan bahwa India mempertimbangkan untuk memasok rudal tersebut ke negara Asia Tenggara. Pada tahun 2016 yang lalu, sejumlah laporan media menunjukkan bahwa 11 negara termasuk Malaysia, Thailand, Indonesia, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, Cile dan Brazil telah berminat untuk membeli rudal BrahMos.

Akash adalah rudal permukaan ke udara mobile jarak menengah yang di kembangkan oleh Defense Research and Development Organization (DRDO) dan di produksi oleh Bharat Dynamics Limited (BDL).

Sistem rudal permukaan ke udara ini dapat menargetkan pesawat terbang sejauh 30 km pada ketinggian hingga 18 km.

BrahMos adalah rudal jelajah supersonik jarak menengah yang mampu diluncurkan dari kapal selam, kapal laut, pesawat terbang dan platform darat.

Tinggalkan komentar