Jan 082016
 

siap tempur

7/1/2016. Hasil kajian dari Lembaga Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) menempatkan Singapura dan Myanmar sebagai negara dengan alokasi belanja militer terbesar di ASEAN. Lembaga yang berlokasi di Swedia itu mencatat Singapura mengalokasikan anggaran sebesar US$ 9,8 miliar pada 2014 atau 3,3 persen dari produk domestik bruto (PDB), sebagian besar untuk peningkatan kualitas alat utama sistem persenjataan. Sedangkan, Myanmar menjadi negara yang mengalokasikan anggaran militer terbesar terhadap PDB.

Dari seluruh Negara ASEAN, Indonesia yang terkecil mengalokasikan anggaran PDB-nya untuk belanja militer, yakni hanya 0,8 persen.  Meski mengalokasikan anggaran PDB palling kecil, namun jumlah total anggaran yang dibelanjakan sebesar USD 7,0 miliar, menempati urutan kedua, setelah Singapura, untuk tahun anggaran 2014.

Tentu dengan alokasi PDB untuk militer yang terkecil di ASEAN, Indonesia masih memiliki peluang untuk mengatrol anggaran militernya, jika diperlukan. Jika dilihat dari alokasi dana (parsial), maka militer Singapura yang paling siap tempur di ASEAN.

Sumber : katadata.co.id

  159 Responses to “Negara Paling Siap Tempur di ASEAN”

  1. Cmn 0,08 aja kanan kiri sdh heboh gmn klo 3,3%…. Silakan saja yg lain siap tempur tp Indonesia yg siap mengakhirinya dgn kemenangan

    • Punya malon brp % ya denger2 anggaran militerny d potong 70% buat borong pisang dari hutan sebelah xixixi

    • hitung2an secara kasar
      jika PDB 2016, maka
      PDB = 100% / 0,8% x 7
      PDB = 1000/8 x 7
      PDB = 875 m dollar

      jika perkiraan PDB tahun 2017 tumbuh 4%, maka
      PDB = PDB 2016 + 4%
      PDB = 875 + (4/100 x 875)
      PDB = 875 + 35
      PDB = 910 m dollar

      jika 3,3% untuk pertahanan, maka
      ? = 3,3/100 x 910
      ? = 30,03 m dollar

      jika kurs rupiah 1 dollar=14 ribu maka
      ? = 30,03 m x 14000
      ? = 420,42 triliun

      jika anggaran 2016 sama dengan singapura yaitu 3,3% maka
      ? = 3,3 / 0,8 x 7
      ? = 33 / 8 x 7
      ? = 28,875 m dollar

      dibandingkan dengan singapura pada tahun yang sama dengan anggaran 3,3%, maka
      sing : Ind = 9,8 : 28,875
      ? = 1 : 2,946

      jika anggota personil ada 500.000 prajurit dan rata2 berpenghasilan 6.000.000 rupiah, maka dalam 1 tahun
      1 tahun = 1 bulan x 12
      ? = (500 ribu x 6 juta) x 12
      ? = 3 triliun rupiah x 12
      ? = 36 triliun

      sehingga sisa anggaran setelah dipotong gaji,
      ? = 420,42 – 36
      ? = 384,42 triliun atau 27,458 m dollar

      seharusnya sudah bisa beli destroyer, dan berharap tidak menguap hilang, karena susah menyelidikinya

      maaf kalau salah

      • Membaca komen bung Z.. wajar kalau Indonesia merupakan Raksasa yang sedang tidur,…

        Bangun dan tingkat spend militer hingga 5%,… maka,…. sudah tidak dipungkiri lagi akan menjadi yang terkuat dikawasan,… bahkan mungkin di belahan selatan bumi….

      • Bung Z, itungan pertama yang 875 milyar dollar itu seharusnya PDB 2014, mengacu pada artikel bahwa anggaran 7 milyar dolar itu adalah anggaran tahun 2014.

        Pertumbuhan di 2015 adalah 4.67% dan 2016 kalo menurut hitungan banyak ahli maupun ekonom adalah 4.7% sedangkan pertumbuhan 2017 kita ikuti saja 4% misalnya.

        Maka PDB di 2017 adalah:

        875 + (4.67% x 875) + (4.7% x 916) + (4% x 959) = 997 milyar dollar (dibulatkan).

        Dengan hitungan yang sekarang alias jamaah pesimisyah (0.8%) maka anggaran pertahanan 2017 adalah 997 x 0.8% = 7,97 milyar dollar.

        Kalo pendukung pemerintah mungkin akan ngikutin target jkw sebesar 1.5% berarti anggaran pertahanan bisa 14,95 milyar dollar.

        Sedangkan aliran optimisyah kita ikutin saja maunya bung Z sama dengan Singupil yaitu 3.3% maka anggarannya adalah 32.9 milyar dollar.

        Tapi gaji bukan komponen satu-satunya biaya pertahanan, masih ada yang sangat besar juga adalah biaya maintenance dan upgrade alutsista, biaya pendidikan dan pelatihan prajurit, biaya mobilisasi dan deploy prajurit/alutsista, serta biaya bunga dan cicilan pembayaran alutsista (ini masih belum termasuk anggaran khusus misalnya mobilisasi TNI dan Alutsistanya dalam penanganan bencana alam baik di dalam negeri maupun keluar negeri) sehingga anggaran tersisa untuk beli alutsista baru seharusnya tidak mencapai angka diatas. cmiiw…

        • ya bung di bulatkan saja 36 triliun untuk gaji, 4 triliun untuk operasional total sama dengan 40 triliun.

          4 triliun itu buanyak lo.

          misal untuk oprasional 50 shukoi, maka
          ? = 50 shukoi x 365 juta/jam x 5 jam/bulan x 12
          ? = 1,095 triliun

          4 triliun dipangkas untuk operasional shukoi, maka
          ? = 4 – 1,095
          ? = 2,905 triliun atau 207,5 juta dollar.
          Itu sudah muntah2 hanya operasional saja lo, misal untuk beli bensin, alat tulis, bayar pajak bumi bangunan, dls.

          la biaya untuk upgrade dan pembelian tidak termasuk biaya operasional.

          jadi 14,95 m dollar x 14 ribu = 209,3 triliun

          209,3 – biaya operasional 40 triliun = 169,3 triliun atau 12,092 m dollar.

          la apa gak muntah2 itu 12,092 m dollar untuk beli dan upgrade alutsista.

        • Hehehehehe… Mantap itungannya Bung MJ… Pantes ga pernah keliatan sibuk kursus kalkulator sama bung TN. Phd ya…xixixixixi… Sehat selalu bung.. Adios amigos ra sah adu jotos

    • ini di hitung dari budget yg di dapat peetahanan.. mestinya di lihat dari kesiapan prajurit danmental klo sewaktu2 ada serangan dadakan… klo mnurut ane pribadi si ya indonesia.. terbukti.. sya tinggal di subang.. dekat bataliyon inf 312 kala hitam.. waktu konflik LCS.. base disini udah waspada aj.. gerbang aj di jaga lbih ketat.. trus apel malam smpe jam 10.. blum lagi hampir semua prajurit gendong senjata lengkap.. kecuali keluar base doang.. yg biasany jarang bawa snjta juga skrng bawa. dan itu masoh berlaku sampai sekarang.. padahal jauh loh subang dgn natuna. tpi mnurut prajurit disna. semua markas tni juga siap siaga. slalu waspada.. kapan aja tempur slalu siap.. yaa.. terbukti.. sya percya.. klo negara lain ane kurang tau.. apalagi malaysia..

    • Like bung ,

      sejak peralatan militernya paling jadul , lemah lunglai , embargo berkepanjangan ….
      Ri sudah mulai meerasa siap , bahkan trah kemerdekaan sampai saat inipun jelas siap segal-galanya

      tak terbatas alutista jadul diatas , RI banyak cara untuk mengalahkan musuhnya

      Singapore ? Ya jelas segi perkuatan militirenya paling siap , eit jangan salah dulu
      Skill dan prajuritnya pun tak kalah siap bertempur , asla didampingi emak dan pembantunya membawakan Ransel

      Ok deal ,

    • yang saya tidak habis pikir
      secara hitungan kasar tahun 2014, total anggaran 810 m dollar, dengan asumsi dollar saat itu 13 ribu/dollar, maka total anggaran dalam rupiah

      ? = 810 x 13
      ? = 10530 triliun (10 pangkat 12)

      la uang 10.530 triliun ini kemana
      misal jika jumlah penduduk Indonesia 250 juta (10 pangkat 6), jika masing2 orang mendapatkan jatah 10 juta (10 pangkat 6), maka sisa uang yang ada
      ? = 10530 triliun (10 pangkat 12) – (250 juta x 10 juta)
      ? = 10530 triliun – 2500 triliun
      ? = 8030 triliun

      atau

      misal 250 juta penduduk itu terdiri dari 4 anggota keluarga ayah, ibu, dan 2 anak, maka anggaran dalam 1 tahun (12 bulan) bila setiap keluarga mendapat 10 juta, maka
      ? = (250 juta jiwa/4) x 10 juta x 12 bulan
      ? = 62,5 x 10 x 12
      ? = 7500 triliun

      maka sisa dana yang ada
      ? = 10530 triliun – 7500 triliun
      ? = 3030 triliun

      3030 triliun itu cukup untuk siklus ekonomi pembangunan nasional

      tapi dengar2 anggaran nasional tidak lebih dari 2400 triliun, la sisanya itu menguap kemana, apakah banyak pencucian uang?
      apakah terlalu konsumtif? Kalau terlalu konsumtif kenapa biaya sebesar itu tidak di alokasikan untuk produksi.
      Apakah sudah dialokasikan untuk produksi namun penjabatnya yang keblinger akhirnya bangkrut? Tidak bisa berbisnis.

      Wallahu a’lam bish-shawabi

      hanya berdasarkan data diatas dan hitungan kasar.
      Dan itu siklus dalam 1 tahun saja

    • Boleh2 saja Singapura punya alat2 tempur yg paling canggih di Asean, akan tetapi SDM, pengalaman tempur dan militansi tentaranya, Singapura menduduki peringkat ke 10 di Asean. Peringkat satu diduduki oleh Vietnam dan Indonesia….

    • Singapore is so tiny that It is always milking to USA. Since prophet Adam, Singapore has never stood on its own feet, as a weak baby always in cradle, swaying by its foster mother he he he

    • kok diagramnya kayak condom ya…
      hihihiihhi

    • Kalau 3.2% saja akan sama dengan 28 M$, lebih besar dari jumlahan yang lain !

  2. Unoss ross

  3. Buset masih kalah sama Singapura… Si Israel junior… Kagak heran… 1 SGD = 9000 rupiah…

  4. Klau suatu negara dinilai siap tempur diukur dari PDB ini suatu kekeliruan yg amat besar ,tu lembaga SIPRI seharusnya di ben.banyak faktor untuk menjelaskan suatu negara siap tempur atau tdk

    Modal utama untuk TEMPUR
    1.HARUS PUNYA IMAN
    2.RELA BERKORBAN APA SAJA UNTUK NUSA BANGSA

    Modal tambahan
    1.BARU APA SAJA YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK PERJUANGAN

    • hehehehehehhe……ane setuju om!!

    • di ban sih nggak perlu,…. lumayan aja info-info nya untuk analisis…

      Tapi memang betul bung noname,… semangat juang tinggi merupakan modal utama pertempuran,…
      Sebagai negara yang MEREBUT KEMERDEKAAN dengan semangat dan bambu runcing, tentu kita memahami ini, bahkan harusnya terus dikembangkan semangat juang ini….

      • right bung TNg PHD…
        by the way… artikel no 16 nya kerenn,
        negri seluas itu dengan isinya adalah sebenar-benar kekayaan dan kemakmuran yang sesungguhnya bukan?
        tidak bisa hanya dihitung dengan “uang”. Singaporean and his fpda friends, hanya punya alat tukar.
        Gampang bung… hihihi ga usah pakai alat tukarnya.

      • oh maaf nyasarr

  5. So when you will start to against with us? Are you dare?

  6. Indonesia dengan PDB 0.8 % aja dah urutan yg ke 2..target pemerintah secara bertahap akan di tingkatkan menjadi 1.5% dalam 5 tahun kedepan..dengan alokasi belanja 60-70% alutsista buatan dalam negeri sendiri untk semua matra..

  7. dude @singaporean, you really believe that report? seriously? (about the Indonesian Army’s Budget) c’mon ! Better ask your Singapore Army Intelligent then…. But if you believe, I guest your not a Singapore Citizen at all

  8. My friends, do not to judge too fast especialy to something was bigger than yourself. If u cant deffends yrself how u could save something huges like us, the nationt of thousands islands,thousands cultures and thousand religons.

  9. Secara tertulis memang RI nomor 2, tetapi RI dalam kegiatan banyak memakai sumberdana nonbudgeter ditambah take home pay buat tentara kita yg rendah, jadi klu kita hitung secara fair total pengeluaran militer jauh lebih besar 50%, klu setiap korem hanya diberi rata rata disediakan dana taktis 30% sisanya swasembada angkanya bisa bisa diatas 12 milyar USD….

  10. It’s a pity you fail to aware that one of our reasoning not to spend much for military is we consider what our neighbour’s feel. You have a modern military power, but we never see it as a fearness thing. Why? You just have very very small areas and people. It just need may be a thousand conventional modern rockets to make your country dissappeared. Actually i don’t want to say it, but you came here with sound like that. Keep in mind about our country’s humbleness, ok? ..

  11. Dalam sebuah latihan gabungan (latgab) tni ad vs singapura, kekuatan pasukan setara 1 batalion tempur singapura, lokasi latihan di wilayah barat bumi pertiwi, mental juang tempur dan psikologi lapangan ternyata berbeda jauh dgn peralatan tempur canggih yg di sandang, “seperti bermain perang2an setaraf menwa “celoteh seorang prajurit kepala…….heeeee hoax

  12. look this fact: if singapore and malaysia accumulate their troops that consist 20% of yr population, u just have 1 million troops. And we, indonesia have 2 million troops stanby waiting for u in border with just 2% of our population. Please be update yr data.

  13. please you compare it with the existing funds and goods come. does it make sense?

  14. ko si beruk urutan ke 4,,,,katanya negara kaya

    • we are now aware of and we will take what you’ve taken from Indonesia, and you are not richer than a small town in Indonesia. immediately!

      • @singaporean. Singapore bigest income derived from Indonesia, we just simply bring FIR, make your own oil refinery and make the biggest port in Batam or Sabang.

        and if you are smart you will know what will happen to your city, sorry I call singapore unfit as a state but as a small town

    • if we burn our forest.are you can breathe?

  15. we have signs new world orders, Sustainable development. U can make a good riset from this themes and we act according this role of conduct, to alocate 2% of our pdb. This good vision of the world for the all in future.

  16. Yg siap tempur to harus siap jiwa dan raga.. Dan tidak lupa minum jamu..

  17. taro aja 5 batalyon di batam , serang
    panik tu singapore , ga usah pake pespur atau artileri

  18. itu negara seukuran Batam kok
    jarak nya cuma 5 – 10km kok dari bibir pantai
    kalo ada pespur yg takeoff pake manpad juga bisa

    singapore mau punya 2000 F 22 juga ga ada artinya

  19. Belum diitung jg dana siluman,dana upeti dan dana partisipasi yg masuk dana ghoib.

  20. Yang siap tempur itu adalah NYALI !! singapura boleh siap tempur, kirim RX xxx Lapan BUBARR

  21. tingkatkan terus lah

  22. Apa’an itu, gak percaya ane.kampreeet..!! Jika dilihat dari parsial dana anggaran???, duit aja dipikiran mereka, makanya RAKUS gak HABIS2, harusnya survey berdasarkan kesiapan personil, alutsista aktif, pengalaman tempur dalam dan luar negeri, anggaran perang sementara ,dsb.
    Terserah ajalah situ survey, jangan mentang2 singapor aliasi nya amerika trus dijadikan nomer 1..lebay amat.

  23. xixixixixixixixix……setelah ane baca semua komen di kolom ini,niat hati mau reply,,,,,,ehhhh langsung bengong ane….cara nulis neng elis nya gimana,wkakakakakakakakakakaka
    maklum,ane sekolahnya di hutan ama burung2,hehehehehehehehe……….

  24. So what…?

  25. Hey singaporean…you cant win a war without strong spirit…see our war with the british, the nica, the gurkhas etc…no such a country in the world can handle us alone when we are unite….you see the Nusantara Theatre..is hugeeee man…event if your country+britain+australia+malyasia have war with us…we can defeat you easily….very2 easy..

    Back when we was fu*k the netherland with their ally and make him surrender at a KMB…hahahaha …yes sound funny huuu….our spend only 0.8% of gdp..but we have money 3 billion usd can use it anytime and unlimted budget from the ally when we have a war…

    Maybe you say i am retard? Nooo..
    This budget is huge man….and can easily transferred into military equipment with very2 fast..accordingly to the war theater..hahaha see…

    Why it so fast,..because the equipment is already exist…in no matter time it can easily to enter this arsenal into our army…hahahahahah…

    It is magic…noooooo…see what happen when we have larger army in asia….is only happen when the war is happen..for now…no problemm…

    • Yes at that time our people dont have a strong strong figure to unite all this people..and and netherland was a not only 16 million..it was a multinational company not only have an state army but also mercenary army so you can count that. But for today at least we already unite..you cant do anything at all…you can see how syrian army survive.it is because the majority of the people is unite..how much the saudi, nato, usa spend for this bloody proxy war and yet still not accomplish to toople assad…

      With our nation history left behind was a colonized but not as a Indonesia country but as a individual island like java, sumatra, celebes..etc..the movement for unite occur in 1928..when all the young man have a pledge to be one country, one languange, and one state of Indonesia…this is our pledge to be unite as a nation..and that why i am told you that one country in this universe can handle war with us alone…..so count it from 1928 to 1945,…how long the colonized when we are unite?and today we are still and forever as a independent country..by will and sacrifice not like your country independen by given…hahahaha

    • a have good education man,…i am already a Management Master (S2). i live with family with humble conditions,..we have hearts, we not a robot,…we i was at the SIngapore,..all the people is like a ROBOT,…

      now you tell me about living creature? living human?? you were ROBOT,..ahahahahaha…thats the fact.

  26. If we indonesian spent 3,3% of our GDP on military budget,…. will it makes you singaporean happy??…. inside your tiny mind knew it, it will makes all singaporean depress…. and makes your government restless…

    is that what you want?….

    Live with it,…. you are no match to us….. ….

    • Hee cah singapor..gelem pora urip nang negriku…enak lho masih banyak yg gratis pemberian Yang Maha Kuasa dengan alam yg memukau..buah2an tinggal metik..sayur tinggal metik..budaya yg beragam dan unik…menjalani kehidupan dgn alami …dijamin kamu bisa bener2 jadi manusia sejati..gak kayak negrimu..ayoo tinggal disini biar kamu gak bayar lg atas semua yg kami punya..

    • singapore army … just a lot of talk war games brought just rucksack ask other people what great ..No,, no guts.

  27. Singapuran sinong dans L’anglais et l’aide americane, l’ economi, wou ne deviendra pas comme ca.

    • lha bahasa apa lagi ni ,spanyol ,porto ? Kalau france aku bisa sikit ….pamer juga , QUELLE LANGUE AFIN DE MONTRER ICI ? apa manfaatnya pamer bahasa di sini ???.

      • hehehehehehehe,ane juga heran orang pake nick singaporno nimbrung dimari,kok kitanya yg repot.kalu dia mau gabung disini harus ikut aturan disini,Bhs Indonesia dong yg baik,,(xixixixixixi,alasan gk bisa Bhs Inggris)hadohhh….bikin kotor saja komennya pke Bhs neng eiysss….ampong jua,beta pusing,wkakakakakakakaka

  28. sudah tidak usah dipedulikan bung.
    Ambil saja FIR sama bangun saja pelabuhan internasional, perbaiki bandara untuk tourism sudah beres.
    Bisa jadi tempat bisnis + berlibur nantinya kalau itu semua dibangun dengan baik.
    orang berlibur itu butuh pemandangan yang luas serta nyaman dan butuh tempat bergerak yang luas, agar tidak penat/stress gara2 tekanan perkantoran. indonesia adalah tempat yang lebih tepat daripada singapura karena punya hal tersebut, dan jika Indonesia mengambil FIR serta memiliki pelabuhan internasional bandara yang nyaman, jalan yang nyaman maka dapat dipastikan gaji 1 orang Indonesia sama dengan 100 orang singapura.

  29. You must be an entrepreuner, not soldier right? You think that wealth is key of winning a war…. how naif you are friend.

    Read our history,… then you know it. with mostly sharpe bamboo and spirit we win oue freedom..

    Read Vietnamese history,… the you know it. spirit can make vietnamese people win their war againts much-much wealthier country, USA….

    wise friend–wise—

    • Hahahaha the USA WAS WOULDNT nuke THE VIETNAM BECAUSE THE BEAR BEHIND THE VIETNAM….thank god usa not nume vietnam…but when usa nuke vietnam..THE BEAR WILL NUKE USA FROM CUBA…AKAKKAKAKA..WISE MAN..SEE THE GEOPOLITICAL

    • dude, when i tell you that singapore i alone,..we are not an aggressive country,..your Country is in Commonwealth…so event you (Commonwealth nation) raging war againts us, you were still cannot win,…i dont have any time to lecture you about the spirit of war,..when people unite and have a bunch spirit to fight the oppressor, they always win,.. this is what singapore dont have the Spirit, Will (Hearts), because the singaporean is a ROBOT…

    • THIS GUYS IS FOOL,..WE TRYING TO LIBERATED YOU FROM THE BRITISH AND YET YOU WERE NOT SHOWING ANY RESPECT, SHAME ON YOU..

      DUTCH COLONIZE NUSANTARA NOT INDONESIA, ARE FOOL? THE MOVEMENT TO UNITE PEOPLE IN 1908, INDONESIA EXIST IN 1928,..STILL DONT GET? ARE U DUMB?

    • Sounded,man.
      The whole comment are live!Does it meant that jkgr’s back.
      Thanks to @singapure you made us back to fight again. @a alfais sallute.Saya malah tambah salut dengan cara Perancang strategi militer Indonesia yang terbukti telah mampu menurunkan peluang gesekan di wilayah ini. Mundur satu langkah untuk maju menerjang lebih….
      Apakah kita’kalah’ dengan singapure? Masya sich…!?

  30. That is nonesense. U cant win a war without numbers and coalition especialy in modern and maritime war. U can see at vietnam war or fresh afghanistan war. Vis a vi7 crimea or georgia. U need reconsidering 3times to face number in war. the bad sides of war is sunedesis of yr troops like korean or berlin war.CMIW. *sunedesis: the truth before moral.

    • That’s right,… yom kippur war give us a lesson, to invade small country, you don’t need a lot weapon or army,… just using a smoke,… that’s enough to make singapore surrender,…

    • Yom kippur, Tiny but deadly.

      How about macdonald house bombing? 2 soldier made mess and fear the whole country.

      Lesson learned.

      • @singaporean. you forget dr. azahari.

        I agree, Malon is leading exporter for global terrorism. it’s in their blood, and they are specialist in it. what can i say… ehehehehehe.
        Just don’t get too close with them. They bite.

        Malon learned, and they do better than you. You just talk, too much talk, about yom kippur, about this about that… but no prove.
        You’re sound like a bad salesperson.

        As an highly educated guy, would be nice if you dont use caps lock key very often.

    • Israel without british had been nope like your village, smallpore…

  31. I am suspecting Singaporean is the same person as Mbah Bowo.

    Xixixixixi…

  32. even INDONESIA PERCAPITA, EACH PERSON
    HAVE =US 9270.. But can ikan cuek tongkol 2000rupiah : 0,2 dollar per kilo. LMFAO. AND 5000 for the land base certified property for your name inside. Not the rental one. How much dollar u should pay for a cup of coffe there hah? I never met the singaporean as dumb as u.

    • Your comment is logical brother…

    • hahahaha, this singapore dont know ya,….NATUNA will be the HUB for Indonesia goods for Export and Import.

      and then SINGAPORE WILL COLLAPSE

    • In Singapore the cheapest nasi briyani with a small chicken wing is cost SGD 2.5 which is more or less IDR 25000.

      But in Indonesia with this IDR 25000 I can get one big bunch of nasi padang with one big piece of chicken curry, vegetables and one egg and one glass of fresh Orange or water melon juice.

      In Indonesia we can get a bottle of 600 ml of VIT mineral water with IDR 5000 which in SGD is more or less SGD 0.5 while in Singapore should spent SGD 1.5 to get the same item.

      So we, Indonesian, mostly are healthier than Singaporean which mostly skinny and starving due to expensive food.

      A healthier people is more ready to combat than a starving people.

      • koment paling super dari BUNG Tukang ngitung ….Logis dan tepat.Kita hidup pakai rupiah bukan dollar .

        Makanya ayo tingkatkan barang substitusi import ,bangun industri dari hulu ke hilir .Mulai dari smelter ,bahan dasar ,setengah jadi ,dan jadi …..Bikin pabrik komponen ,mesin mesin industri ,mesin tenun ,ini yang masih kurang sama kita. India unggul di sini .Mereka bisa bikin alat alat pertukangan ,tenun ,otomotiv dengan mesin sendiri seperti TATA . Kita kapan ?.

        Andai semua sudah di buat sendiri kita tak tergantung sama USD ,mau 1 usd berapa rupiah tak penting lagi .Kalau perlu rupiah di bikin lemah agar kita bisa bersaing di pasaran Internasional.

  33. Lets thinks like this. Just put yr money in indonesia. U can keep yr nationality. U can work there. But u should yr money in my pocket. My pocket is biger than u can imagine. Put our 2+1million troops in palestina soil to cover them and doing trade. Oil for food. U have money and we have resources. Huahahaha

  34. i can tell u this one. Indonesians dont like money. They like gold, house and buisness. U got what it means? It means our gov cant track how much our perkapita in real. We own our self buisness. We dont pay tax for anyone because we are the boss of our self. Thats why u should dont believe to statistik BPS. indonesia is richer than singaporeans. But, just there are so much poor people too. We cover each other. And we can pay them as privat soldier too.

  35. Xixixixi Pancing terus Mbah !!!!

    Mbah Bowo sedang berakting sebagai seorang warga Singapore…

    Dia sedang mancing diskusi dan juga mancing nasionalisme…

  36. Kesiapan perang bukan hanya bisa diukur dari besarnya belanja serta dana yg dianggarakan…agaknya sulit dibandingakan Antara singapur dan Indonesia, bicara soal modern singapura memang bisa dibilang up to date dalam memperbaharui kualitas arsenalnya tapi kelemahan besar singapura adalah sempitnya ruang gerak mereka utk bergerak makanya alutsistanya ampe dititipkan ke negara2 lain dan singapura berani bayar mahal demi mempertahankan FIR krn buat apa punya F-35 sekalipun kalo hanya bisa terbang cuman muter2 diatas patung merlionnya
    Emang singapura berani perang sendiri jawaban bullshit krn singapura pasti akan berlindung dibawah perjanjian militer FPDAnya makanya Singapura merasa jumawa, soal kualitas personil nya juga bisa dibandingkan kok yg simpel saja dikejuaraan menembak saja kalah kok ama Brunei ato Vietnam…emang kalo ada wamil di singapura menjamin warga nya siap perang gak juga, mental mereka ikut wamil kan hanya biargak kena penjara saja jadi bukan dari keinginan hati liat kasus Warga Indonesia yg jadi tentara di singapura kan hanya demi bisa tinggal disingapura saja hehehe lain cerita wamil di Korsel ato Israel jadi besarnya anggaran militer gak selalu menjamin kemenangan perang

  37. Cie cie senengnya @singaporeyan….bangga bener. Indonesia juga gak ada nafsu utk berperang denganmu kok. Bikin geli doang ah..

  38. to take down singapore, we don’t need any ship neither plane, we just swim across the strait and bomb every singaporean symbol of arrogant

  39. Named your field combat experience…Singa-porn??
    Again…REAL COMBAT EXPERIENCE..please??

    That’s the real data.

    THOSE DATA ABOVE IS BULLSHIT..!!
    No meaning at all, but SHIT..

    Glasses/freak VS Cobra blood drinking soldiers..??

    Dude you just make us..LOL 😀

  40. Pertahanan penting, tapi Indonesia harus bijak karena ada yang sedikit lebih prioritas. yakin saja, kekuatan dan pertahanan indonesia maju dan berkembang dibalik layar, namanya saja dunia militer. Jaya Indonesia Raya………………….

  41. siap tempur dengan belanja sekian banyak alusista apalah apalah itu cuma teori, kalo udah berhadapan langsung baru keliatan banyak faktor lain yang mempengaruhi

  42. Singapore firm guilty of facilitating arms
    shipment to N. Korea

  43. Beware of the necklace !!!!

    Xixixixi

    • yeah at least ini lbh baik daripada caci mencaci dgn malay….serasa topix pindah ke sini xD

      • Setuju bung ,lebih baik diskusi begini ,ilmiah kalau perlu .Mari tinggalkan menghina Malaysia ,.diskusi yang sehat .tengok Malaysia Militery Power . Mereka bisa kok di ajak diskusi yang baik .
        Kalahkan mereka dengan fakta dan data bukan menghina yang siapapun bisa lakukan.

  44. come down my friend singaporean… your money sistem is very good, and be the best in asean today.

    please…let me get an acces to the center of money in Indonesia, I guarantee that I can to conquer all of FPDA country with a pen.

    • Xixixixi good job bung they !!!!

      Only a signature…nggak perlu susah2 kirim alutsista…

      • Oom…tni ad/era SBY pernah pesan ratusan truk Izusu gardan ganda dr jepang, sekarang tu barang ada dimana ya?

        Kok ga pernah liat publikasinay

      • right bung TNg PHD…
        by the way… artikel no 16 nya kerenn,
        negri seluas itu dengan isinya adalah sebenar-benar kekayaan dan kemakmuran yang sesungguhnya bukan?
        tidak bisa hanya dihitung dengan “uang”. Singaporean and his fpda friends, hanya punya alat tukar.
        Gampang bung… hihihi ga usah pakai alat tukarnya.

  45. Udahlah gak usah banyak argumen sama si @singaporean , bila memang singaporean sendiri tampa bantuan pesemakmuran, apalah singaporean, tinggal tutup jalur udara dan laut, mau kemana mereka ?

  46. Submarine nya sudah diperbaiki kah malon?
    Gantian tepuk tangan…..
    Tahniah….LOL 😀

  47. Deputy President Director of SGMW Yuan Zhijun
    has said Indonesia is the largest economy in
    South East Asia.

  48. malon mau sewa pesawat saja gak ada uang, Indonesia berani 18 T untuk R&D KFX / IFX.

    uang segitu buat beli pisang, lalu ditaro singaporno tenggelam singaporno lon…

    tepuk tangan……

  49. waah keren tingkat dewa. Kyk lg mbaca blog luar negeri yg bahasa inggris.

    Saya sihh lebih suka pakai data globalfire bhw Indonesia peringkat 12 kekuatan militer dunia.

    Dari data tsb dah kliatan mana lawan sepadan mana yg msh dibawah Indonesia.

    Data tsb pun pernah dikemukakan Pak RR yg artinya bkn data ecek ecek…

    Imho, Indonesia gk bakalan kalah jika perang dgn negara peringkat 1-11 dan bukan mslh besar utk menghancurkan negara di peringkat 13 dst

    • top markotop,

    • beware from asymmetric war and proxy war this is the new strategy to make some country collapse

      • Yes you were right, just review back what was happened to Iraq, their military ranking top 5 in the world at that time more powerful than Indonesia TNI until this moment. If US and FPDA want to colonize Indonesia, they will create problems in every aspects, from internal and external to pressure Indonesia and get the sanction from international community UN. You think at that time, you will get support from Russia or any other countries? I’m sure only God can save Indonesia, nor your TNI. IMHO

        Salam Damai.

  50. if we has blockade for all support and closed all export and import with singapore, can you say singapore wealthies. are you ready for starving……. ?

  51. Dont be stubbron singaporean, although you have complete military armor and vehicle.
    You may not nessercarily be the strongest.

  52. Singapur apa singecet oom…?

  53. You kidding me, Smallpore produce control 33% indonesian GDP huuuh!!!!,….can you proof it.???

    Its ok. How about our sea and air access from smallpore we are closed?
    your plane and ship will take around….

    You a bigggg mouth and braggart….

    • Hey Fools Man.
      You mean Just Embargo your the internacional sanction? Use your super god american technology that you use your robot brain to think, we not only buy weapons from western block…
      Embargo..huh..ohhh embargo..like a child did, america smallpore Looserrrrs..

      We still closed our air and sea hey foolsMAN….

    • IN BEFORE, YOU PROUD OF YOUR WAR TOOLS, BUT NOW YOU HIDE BEHIND INTERNATIONAL LAW? THAT IS CHILDISH KID!!!!!

      BACK HOME AND SNEAK TO YOUR BRITISH MOM…OF ALMOST FORGOT, YOUR MOM IS JUST A TINY STEP TO BANKRUPT….

  54. Ini pada latihan debat pake Bahasa Inggris ya?

    Masih banyak Grammar yang salah sih..
    Tapi yang paling menohok adalah pemikiran yang salah (@Singaporean)
    Udah kagak usah diladenin, paling-paling @Singaporean masih anak ABG yang hobinya masih Onani sambil main game COC,..

    Are you guys practicing debates by using Mama Eli mother language ?

    Some Grammar is not correct..:p anyway.
    the most ridiculous is how this teenager (Jaguh Wannabe a.k.a Singaporean) thought about how powerful his country today is..
    Don’t waste your time by arguing his/her amateur comment, she/he’s just a kid who fond to pleasure him/herself using his/her middle finger….

  55. HI U SINGAPORE TINY COUNTRY

    do not forget to pay a nanny (carrying gun and backpack ) , if your troops war in the front line….!!!!! da…..lol

  56. sebenar kalo dibilang alussita sekarang singapore paling canggih dan siap(baik darat,udara,laut)nah kalo dibilang pengalaman perang modern adalah vietnam karena terakhir perang 1975(juga perang terbatas dengan 1979 dengan china divietnam utara)

    nah DIMANA KAH RI,kalo soal pdb tentang kenaikan anggaran sangat2 gampang dinaikkan,cm masalahnya pendidikan,kesehatan,infrakturur,bantuan sosial ntar terbengkalai sangat jauh dr negara2 asean lainnya.soal alusssita jalan terbaik adalah ada biarpun sedikit2 diakusisihehehehe
    wah ada luar komen menambah khazanah belajar ttg kita hehehehe

    salam damai selalu ikut absen:)

  57. My.analyze is the @singaporean is just trying to call him self is richer and have a big military budget than any country in the asean, so will put them a strong country with a high GDP. Aren’t you singaporean?
    On mathematic statistic, …yeah! That’s true in minor think. But, U should open up U’r mind and think, the population and the nation zone is not including for this calculated. @Singaporean, are U agree with my statement?
    Maybe, singapore proud him self with dafa agreement, but U should know, the Indonesian is a brotherhood in to Russian and have a power in KAsiaAfrica even U’r country is te member of it, we have a good power of consolidation with the best relationship with IOC and arabic, middle east. Are U ever listen to the statement of Russian prime minister :
    “If Indonesian attacking by Singapore with dafa, Russian military as a brotherhood will joint Indonesia to attack them back”.
    The singapore for now is still enjoy for the one of the best economic in the world, cause of the Indonesian goverment fail for handling the maritime ways to build the economic of the state. But U can see n feel for now, The Indoneian and our goverment is return to our soul country, it’s mean what will happens to singaporean economy in the future? U can imagine the destruction will collaps the singapore in every site of U’r economic. The power of Indinesian economic is just waiting a time to show up and controlling the asia pasific economic as just before, that’s the “GOAL” of the maritim country. What’s the weather is change right now!
    FIR force will take on 2019, I just can’t imagine the next situation on what will happens for changi airport? The dollars? Ofcourse the tax payed for Indonesia only, the tourists will guiding directly in to our nation air boarding without parking in to changi…can U help me to calculate the loose tax of it for U’r country?…please? Ehm…ehm! Sorry!
    @singaporean: one of U’r comment is that U’r people is still on invest the agriculture at Batam, that’s true and iam agree with it and it’s good for U’r people. The legal law in our country is to deny the foreign’s to have the land in Indonesia, thats our constitusional. U’r Singaporean people are growing the filed of vegetables at barelang island and carry on by him self in to singapore to cunsumpt by U’r people, they took the land by bribing the staff of Batam goverment, that’s olso happened at Tanjung Pinang. But for now, they can’t do thats way anymore, cause of the Indonesian navy is the father for those field for military practical war zone, Am I joking?
    Just giving you the information about me : I life in Batam for this 13 years and work in one of the biggest manufacturing coorporation in the world till now. it’s a subsidiary by Japan.
    I have many collega from singapore and have a good friend with them. I can see, the money and job both are os a god and it’s keeping on people of the singaporean mind set. Only thinking about money, playing and gaming. Never think obout the familly and parentage.
    So when they arrive in to Batam, they will say : Iam free, cause iam now in the freedom of country…
    Ups! @Singaporean : can U tell me the stories about the profile of the picture by the man with glases on U’r money? Who is really him?
    How poor are you and your country, how shame are you! The people of Indonesia is poor and very poor of individualism, we just have a different on culture, language, island, religion but we know about family relationship, we are stand on our feet together bacause we are Indonesia.Iam proud Iam Indonesia.

  58. hi singaporean and all Indonesian warrior..this is a good discussion i think..dibanding eyel-eyelan sm malon..singaporean says: indonesia lbh miskin daripada singapura..oke saya terima..tp kami yg miskin lebih tidak takut mati..setidaknya kami mati berguna utk Indonesia..sedangkan orang klu sdh kaya secara sadar mereka akan lebih takut mati..

  59. mungkin bung @Beriev Truk nya jdi truk pengangkut personil… Ane lihat pas jemput pasukan di asrama desember kemarin…

  60. come down my friend singaporean… your money sistem is very good, and be the best in asean today. You proud that you’r a lot of money, hihihihi…. that is not real wealthness my friend.

    please…
    let me get an acces to the center of money in Indonesia,
    I guarantee that I can to conquer all of FPDA country with a pen.

    Indonesia is my country, earth and water is mine, every people is my brotherhood!!

  61. Should i say WOW to you?! You will size nothing since your country to small to compare with indonesia. Nothing to worried at all! Just send some assets from riau or batam, you will be ereased from the map. We just care with the countries behind you (usa, british, australi).

    So, don’t be over acting, get back to your (simulator) room! You’re not counted yet!

  62. “should i say WOW to you!!” Indonesia banget bung, andai pemerintah kita berani memutus hubungan diplomatik nya dgn singa poor, kira2 apa jadinya ni fotocopy an israhel, ditambah thailand dgn Kra,,,

  63. To @singaporean, should i say Wow! to you? You will size nothing since your country to small to compare with indonesia. Truelly, you need and iron dome system! Because you will be attacked from riau and batam by a thousand of rocket/missile.

    We just worried with the contries behind you (usa, british, australia). So get back to your (simulator/ps4) room, you’re not counted yet!

  64. singaporno xxx tdk perlu pake rudal brow cukup pake asap aja… singaporno xxx tentara ama org singaporno kenna asma..tau ispa ..sayang rudalnya brow..cukup ngasi asap aj tunggu se minggu pada klepek klepek

  65. apalah apalah yang diatas cuma teori, praktek dilapangan selalu ada perbedaan

  66. Indonesia : anak STM singaporno : bocah playgroup mau naik TK. malon : bocah SD

    Sekali tendang, itu bocah playgroup / SD bakalan masuk ICU. Tak perduli sebagus apa senjatanya.

    Biarkan saja bocah-bocah itu loncat loncat jungkir balik berlarian mengejek cari perhatian… tidak jadi masalah buat kita. Namanya juga bocah.. lucu dan menggemaskan.

    Kenapa kita biarkan bayi2x itu kurangajar ? karena bocah2 bandel itu punya kakak mahasiswi cantik namanya ely.. cocok buat gebetan. hehehehehehe

  67. upil will vanish when death star is fully functioning and fire it powerful weapon

  68. Please don’t cry at here singapore. give my FIR now or war . TNI can deleting your country at map.

  69. kalo di ASEAN kita ngga usah khawatirlah….Indonesia pasti yg TERBESAR…

    AD : 100 Batalyon
    AL : 2 Divisi
    AU : 1 Divisi (sekitar 7000 lebih personil) PASKHAS, satuan yg tdk dimiliki oleh negara2 lain di ASEAN

    mari kita kerja, kerja, kerja……bayar pajak,
    ekonomi meningkat,
    anggaran militer juga meningkat kehormatan & harga diri bangsa juga akan meningkat…

  70. DON’T MAKE SINGAPORE CONTROL A FOOD…….
    KILL THE MAFIA FOOD OPERATION AND JAIL THE INDONESIAN MAFIA….

    BERDIKARI SEMBAKO!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    KEUATAN NEGARA ADA PADA PANGAN,SANDANG DAN PAPAN!!!!!!!!!!!!!!!!!

  71. Yg penting perut kenyang , klo disuruh perang bela negara kami siap. Gitu aja kok repot !!!!

  72. Hello @singaporean..
    Do U think with our less GDP or Money or that kind of paper we all unhappy.. I said to U that U’re so much wrong.. We are happy athougt we just have small house with a large yard.. a very simple food that we take from our land.. a very very common beach that we can enjoy everytime without worriying about our visit time.. all we get in INDONESIA is FREE.. N we don’t take a shit of your GDP of ur money or Paper.. we all Indonesian are FREE..

  73. Negara kecamatan emang siap tempur,tapi sayang tak punya nyali untuk berperang,sekomplit apapun senjata raja singa.kami tak takut hdapi negaramu,negara kecamatan emang patut untuk dimusnahkan

  74. yang saya tidak habis pikir
    secara hitungan kasar tahun 2014, total anggaran 810 m dollar, dengan asumsi dollar saat itu 13 ribu/dollar, maka total anggaran dalam rupiah

    ? = 810 x 13
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12)

    la uang 10.530 triliun ini kemana
    misal jika jumlah penduduk Indonesia 250 juta (10 pangkat 6), jika masing2 orang mendapatkan jatah 10 juta (10 pangkat 6), maka sisa uang yang ada
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12) – (250 juta x 10 juta)
    ? = 10530 triliun – 2500 triliun
    ? = 8030 triliun

    jadi masih ada sisa dana 8030 triliun, dan itu lebih dari cukup untuk siklus ekonomi nasional.

    tapi dengar2 anggaran nasional tidak lebih dari 2400 triliun, la sisanya itu menguap kemana, apakah banyak pencucian uang?
    apakah terlalu konsumtif? Kalau terlalu konsumtif kenapa biaya sebesar itu tidak di alokasikan untuk produksi.
    Apakah sudah dialokasikan untuk produksi namun penjabatnya yang keblinger akhirnya bangkrut? Tidak bisa berbisnis.

    Wallahu a’lam bish-shawabi

    hanya berdasarkan data diatas dan hitungan kasar.
    Dan itu siklus dalam 1 tahun saja

  75. yang saya tidak habis pikir
    secara hitungan kasar tahun 2014, total anggaran 810 m dollar, dengan asumsi dollar saat itu 13 ribu/dollar, maka total anggaran dalam rupiah

    ? = 810 x 13
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12)

    la uang 10.530 triliun ini kemana
    misal jika jumlah penduduk Indonesia 250 juta (10 pangkat 6), jika masing2 orang mendapatkan jatah 10 juta (10 pangkat 6), maka sisa uang yang ada
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12) – (250 juta x 10 juta)
    ? = 10530 triliun – 2500 triliun
    ? = 8030 triliun

    jadi masih ada sisa dana 8030 triliun, dan itu lebih dari cukup untuk siklus ekonomi nasional.

    misal 250 juta penduduk itu terdiri dari 4 anggota keluarga ayah, ibu, dan 2 anak, maka anggaran dalam 1 tahun (12 bulan) bila setiap keluarga mendapat 10 juta, maka
    ? = (250 juta jiwa/4) x 10 juta x 12 bulan
    ? = 62,5 x 10 x 12
    ? = 7500 triliun

    maka sisa dana yang ada
    ? = 10530 triliun – 7500 triliun
    ? = 3030 triliun

    tapi dengar2 anggaran nasional tidak lebih dari 2400 triliun, la sisanya itu menguap kemana, apakah banyak pencucian uang?
    apakah terlalu konsumtif? Kalau terlalu konsumtif kenapa biaya sebesar itu tidak di alokasikan untuk produksi.
    Apakah sudah dialokasikan untuk produksi namun penjabatnya yang keblinger akhirnya bangkrut? Tidak bisa berbisnis.

    Wallahu a’lam bish-shawabi

    hanya berdasarkan data diatas dan hitungan kasar.
    Dan itu siklus dalam 1 tahun saja

  76. yang saya tidak habis pikir
    secara hitungan kasar tahun 2014, total anggaran 810 m dollar, dengan asumsi dollar saat itu 13 ribu/dollar, maka total anggaran dalam rupiah

    ? = 810 x 13
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12)

    la uang 10.530 triliun ini kemana
    misal jika jumlah penduduk Indonesia 250 juta (10 pangkat 6), jika masing2 orang mendapatkan jatah 10 juta (10 pangkat 6), maka sisa uang yang ada
    ? = 10530 triliun (10 pangkat 12) – (250 juta x 10 juta)
    ? = 10530 triliun – 2500 triliun
    ? = 8030 triliun

    atau

    misal 250 juta penduduk itu terdiri dari 4 anggota keluarga ayah, ibu, dan 2 anak, maka anggaran dalam 1 tahun (12 bulan) bila setiap keluarga mendapat 10 juta, maka
    ? = (250 juta jiwa/4) x 10 juta x 12 bulan
    ? = 62,5 x 10 x 12
    ? = 7500 triliun

    maka sisa dana yang ada
    ? = 10530 triliun – 7500 triliun
    ? = 3030 triliun

    3030 triliun itu cukup untuk siklus ekonomi pembangunan nasional

    tapi dengar2 anggaran nasional tidak lebih dari 2400 triliun, la sisanya itu menguap kemana, apakah banyak pencucian uang?
    apakah terlalu konsumtif? Kalau terlalu konsumtif kenapa biaya sebesar itu tidak di alokasikan untuk produksi.
    Apakah sudah dialokasikan untuk produksi namun penjabatnya yang keblinger akhirnya bangkrut? Tidak bisa berbisnis.

    Wallahu a’lam bish-shawabi

    hanya berdasarkan data diatas dan hitungan kasar.
    Dan itu siklus dalam 1 tahun saja

  77. waaahhhh….sudah pada hebat semua bahasa inggrisnya kawan2 di JKGR.
    Semoga besok ada warga negara tiongkok nongkrong dimari, biar warjag bisa bahasa china. Biar gak gampang ditipu china.
    Salam damai NKRI

  78. Salam Warjager, nyimak ni adalah daftar negara terkaya di Asia Tenggara atau Asean terbaru bagi tahun 2015-2016:
    1. Singapore
    Perkapita= $55.182
    Human Development Index: Sangat Tinggi
    2. Brunei
    Perkapita: $39.355
    Human Development Index: Sangat Tinggi
    3. Malaysia
    Perkapita= $11.062
    Human Development Index: Tinggi
    4. Thailand
    Perkapita= $5.675
    Human Development Index: Tinggi
    5. Vietnam
    Perkapita= $4.000
    Human Development Index: Menengah
    6. Indonesia
    Perkapita= $3.700
    Human Development Index: Menengah
    7. Philipina
    Perkapita= $2.913
    Human Development Index: Menengah
    8. Laos
    Perkapita= $1.646
    Human Development Index: Menengah
    9. Myanmar
    Perkapita= $1.113
    Human Development Index: Rendah
    10. Kamboja
    Perkapita= $1.108
    Human Development Index: Menengah
    11. Timor Leste
    Perkapita= $1.103
    Human Development Index: Menengah.

    • Bung Indonesia pembaginya banyak makanya pendapatan perkapita rendah. Coba jika penduiduk hanya 100 jt maka pasti tinggi minimal 2 kali lipat dari sekarang. Harus bersyukut Bung dalam 16 tahun kita sudah mencapai seperti sekarang ,kita pernah minus pertumbuhannya yaitu tahun 1998 .

  79. masa negara yg paling siap ialah negara pengempang pajak sih ( tax heaven)

  80. Singapore jgn samain ky jepang lah… jepang lbh gede mereka itu sama ky satu pulau, pulau jawa atau sumatra ibaratnya beda dgn singapur yg cuma segede kota jakarta plus-plus klo skrg gara2 reklamasi pntai… jepang jg udah bisa bikin sendiri semua alat tempurnya meskipun kualitasnya saat itu blm tentu sama dgn blok barat/sekutu..

  81. should we kencing to that your country? think no pelor or rudal just kencing only to your coutry.your country will sink like a ember bocor,its just so easy as that,coz your country hanyya seukuran peternakan kebo

 Leave a Reply