Mar 132014
 

image001

Musibah hilangnya pesawat Boeing 777-200 maskapai penerbangan Malaysia Air System bernomor registrasi MH-370 berisi 239 orang penumpang dan kru mengingatkan kita akan hilangnya pesawat Adam Air di sekitar perairan Mamuju Sulawesi Barat beberapa tahun yang lalu, namun ini dengan ukuran pesawat yang lebih besar dan juga melibatkan lebih banyak Negara dalam operasi pencarian pesawat yang diklaim paling intens dan paling menggerunkan sepanjang sejarah kecelakaan pesawat.

Kita semua tentunya ikut merasa prihatin atas kejadian ini, dan berharap semoga, apapun yang terjadi, kondisinya dapat segera diketahui dan diumumkan kepada khalayak. Namun, apa yang dipertontonkan oleh pemerintah Malaysia seperti jauh panggang dari api. Beberapa keluarga korban, terutama warga china yang kerabatnya paling banyak tercatat sebagai penumpang, menganggap pemerintah Malaysia seakan menutup-nutupi beberapa informasi penting.

Kita tahu bahwa  beberapa dekade kebelakang, pemerintah negeri jiran ini berusaha menarik perhatian kalangan bisnis dan pariwisata melalui berbagai advertorial baik di media internasional, bahkan di media-media lokal yang ada di Negara-negara lain. Maka, kagumlah semua bangsa ketika berbondong-bondong investasi dan arus wisatawan membanjiri negeri di semenanjung Malaya dan utara Kalimantan itu.

Kontradiksi: Iklan kunjungan dan berita hilangnya pesawat itu!

Kontradiksi: Iklan kunjungan dan berita hilangnya pesawat itu!

Namun, ketika kini, semua mata memandang ke “tetangga yang berisik” di utara ini tanpa harus memasang reklame, ketika pandangan dunia mengerucut pada hilangnya pesawat tersebut, yang terjadi adalah, pemerintah Malaysia seperti salah tingkah. Persis ketika seorang pemuda yang sering narsis dan caper di hadapan cewek-cewek cantik, tiba-tiba mendapat sorotan dan blitz kamera bertubi-tubi tanpa persiapan sama sekali, Demam Panggung!

Kita masih ingat kejadian tahun lalu ketika milisi Sulu menyerbu Lahat Datu Sarawak, berhari-hari sang pemuda narsis tersebut bingung mau dihadapi dengan cara apa, dan kemudian ketika saatnya bertindak, kita tercengang bahwa mereka sanggup menggunakan pesawat tempur dengan kemampuan air-superiority melawan pejuang yang hanya mengandalkan pistol dan senapan serbu, seperti meriam untuk membunuh seekor lalat, sangat berlebihan alias lebay kata cabe-cabean dan anak-anak genk motor.

Tentunya bukan hanya Malaysia saja yang seperti itu. Dulu saat Tsunami dan kemudian terjadi peristiwa Adam Air, pemerintah Indonesia juga terkesan kalang-kabut dan hanya bisa melongo melihat intensitas bantuan dan operasi penyelamatan besar-besaran yang dilakukan Negara-negara sahabat dengan peralatan militer ultra modern. Yang membedakan diantara kedua pemuda kampong ini mungkin hanyalah, Indonesia menerima segala bantuan tersebut dan berpasrah diri sebagai si bodoh yang belum tau apa-apa. Sebaliknya, pemuda jiran di utara itu, menghadapi sorotan blitz dunia internasional dengan lebay sekaligus Jaim dengan tujuan untuk menutupi kekurangannya.

Semakin besar perhatian media, semakin terbukalah borok dan topeng yang selama ini melanda birokrasi Malaysia. Dimulai dari ketidakkonsistenan pejabat setempat atas informasi yang masih simpang siur. Perbedaan info dan kesenjangan data mengenai penumpang, bagasi, detail teknis dll yang disampaikan pejabat yang berlainan. Hingga masalah pribadi kru terutama kopilot yang pernah membawa perempuan masuk kokpit selama penerbangan sebelumnya memaksa si Jaim untuk menambal semua borok yang sudah mengakar di lingkungan pemerintahan dan BUMN.

Area pencarian akhirnya terpaksa diperluas

Area pencarian akhirnya terpaksa diperluas

Pemerintah Malaysia juga terkesan menutup-nutupi adanya kesenjangan dengan pihak militer, padahal dengan kelengkapan radar militer yang canggih (radar primer), seharusnya tracking pergerakan pesawat segede jaban itu bukan sesuatu hal yang sangat sulit. Ini membuat beberapa pemerintah Negara tetangga yang terlibat dalam operasi pencarian menjadi meradang atas ketidak-becusan kepemimpinan pejabat Malaysia dalam mengorganisasi dan mengkoordinir kerjasama militer dari 12 negara.

Hari Rabu kemarin (12/3/2014), pemerintah Vietnam mengurangi kegiatan pencarian oleh kapal-kapal angkatan lautnya, meski masih menyisakan pesawat-pesawatnya membantu operasi. Ini akibat dari pernyataan pejabat Malaysia yang menarik ucapannya mengenai apakah pesawat masih di sekitar teluk Thailand, atau sudah berbalik dan melintasi selat malaka (pejabat yang menangani lalu-lintas udara mengatakan bahwa radar militer melihat pesawat membalik arah, tetapi pejabat angkatan udara justru membantahnya). Keadaannya kini ibarat alat dan tenaga terampil sudah tersedia, namun sang mandor bingung mau mulai darimana.

Tentu ulasan ini tidak bermaksud ingin menambah kesusahan keluarga para korban dan seperti menari-nari diatas penderitaan orang lain. Namun penulis hanya mengingatkan bahwa di era komunikasi digital ini, semua Negara harus bersiap bukan hanya untuk menarik devisa melalui pariwisata dan menarik investor asing, namun juga harus mempersiapkan diri menghadapi segala konsekuensi akibat semakin intensnya perhatian dunia kepada Negara sendiri.

Kita dapat berkaca dari masing-masing tindakan yang diambil kedua Negara bertetangga ini menyikapi terjadinya masalah yang berlingkup global. Setelah Tsunami, Indonesia membentuk BNPB yang mengkoordinir semua badan-badan pemerintah ditambah bantuan swasta jika terjadi bencana alam. Begitupun setelah hilangnya Adam Air, pemerintah membentuk KNKT yang bertanggung-jawab penuh atas segala upaya pencarian, penyelamatan, investigasi dan lain-lain. Kedua badan tersebut, diharapkan sanggup menjadi pemimpin skala besar ketika harus mengepalai operasi gabungan dari banyak Negara. Pemerintah juga sudah membentuk beberapa badan lintas departemental seperti BNN untuk menangani masalah narkoba, membentuk kementerian yang fokus pada bidang terkait seperti Kemenparekraf padahal sebelumnya antara pariwisata dan industri kreatif belum ada sinergi apa-apa. Dan jangan lupa badan satu ini, KKIP, yang menjadi idola military fanboy sekarang. (by: Maling Jemuran / MJ)

Dari berbagai sumber.

  81 Responses to “Negeri “Demam Panggung””

  1. Joss

  2. Minyak tanahhhh…..hehe

  3. pencarian sampai laut andaman.

    Simpati saya untuk keluarga para penumpang.

  4. Kompor Meledug ,. hehehe…

    Gimana perkembangan di sana bung Yayan ,. Colek Bung Yayan …

    • Terakhir mengerahkan pasukan DUKUN mengelar ritual dibandara kuala lumpur
      padahal ada team SAR dari japan yang lagi datang kemarin
      Bikin ketawa saja tingkah polanya,,,Dukunnya makai Jas pula.
      makai dukun mbok gak usah di atratiksikan

      • Orang2 ini tidak sensitive terhadap keluarga korban. Dan jelas tidak peduli image Mlaysia di mata dunia. Agak lucu juga, soalnya pemerintah Malaysia all about jaga image

        obviously buat mereka musibah ini ada hubungannya dengan kelapa

      • Jadi ingat dulu pernah ada anak2 mudah yang bilang gini: “CINTA DITOLAK DUKUN BERTINDAK”, sekarang berubah “PESAWAT HILANG DUKUN BERTINDAK”…. wkwkwkwkwk

      • Mungkin mksd nya ” atraksikan ” kali ya ? Bukan atratiksikan..

      • seolah2 dengan adanya musibah ini dari internal malaysia banyak yang unjuk image, sampai dukun keluar segala..”para penumpang sudah berada di alam ghaib”……ya jelaslah di alam ghaib, karena kemungkinan besar mereka semua sudah menghadap Pencipta..
        turut berduka….salam

      • Kita mungkin malah lebih parah, kasus adam air yang hilang sarat aroma skandal bahkan mungkin kriminal, karena ada indikasi/riwayat pihak airline lalai dalam maintenance dan dengan sendirinya safety, dan tidak ada penyelidikan pihak berwajib hingga hari ini.
        sudah sering terjadi crew mereka menolak terbang karena masalah safety pesawat,

        Adam Air – The Flying Circus Nightmare,
        http://www.pprune.org/rumours-news/240082-adam-air-flying-circus-nightmare.html
        Well, their idea of maintaining the IRS is rumoured to be: Take it out. Clean the ports, and plug it back in, if the thing runs, it’s maintained… LOL forget calibration.

        pesawat yang nyasar ke tambolaka rusak IRS (inertial reference system)-nya, dan tidak diganti, hanya diutak-atik
        (untung nyasar ke timur dan kebetulan ketemu tambolaka, kalau nyasar ke selatan dan nyemplung ke laut karena kehabisan bahan bakar, tidak akan ada yang menduga)

        Adam Air melakukan pelanggaran berat terhadap UU No 15/1992;
        Maskapai penerbangan swasta Adam Air tetap merahasiakan pemberi izin terbang (flight approval/FA) pesawat B-737 300 dengan nomor penerbangan DHI 782 yang diterbangkan dari Bandara Tambolaka, NTT pada Minggu (13/2) pukul 19.30 WITA menuju Bandara Hasanuddin Makassar.

        “Berdasarkan arahan dari DSKU (Direktorat Sertifikasi Kelaikan Udara), Dephub, kami tidak dalam posisi menjelaskan hal itu kepada publik,” kata Wakil Direktur Komunikasi, Adam Air, Dave Laksono kepada pers di Jakarta, Selasa.

        Penegasan Dave tersebut terkait dengan pernyataan Dirjen Perhubungan Udara, M Iksan Tatang bahwa pesawat yang kehilangan arah (lost orientation) itu tidak boleh terbang kembali tanpa izin dari pemerintah dan tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

        Pesawat itu kehilangan arah itu diduga karena kerusakan total pada sistem navigasi dan alat komunikasinya sekaligus, 20 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Makassar.

        Setelah terbang berputar-putar selama lebih kurang empat jam, pesawat itu akhirnya mendarat darurat di landasan terbang Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat, Pulau Sumba NTT pada pukul 10.45 Wita.

        Pesawat itu dapat kembali diterbangkan ke Makassar pada esok harinya setelah seluruh peralatan navigasi dan komunikasi yang rusak dapat diperbaiki kembali.

        Menurut Pengamat Hukum Penerbangan, K. Martono sebelumnya, apa yang dilakukan Adam Air tersebut adalah pelanggaran berat terhadap UU No 15/1992 tentang penerbangan, khususnya pasal 34 Ayat 2 yang tidak membenarkan pengubahan letak pesawat udara sebelum investigasi dilakukan, kecuali untuk menyelamatkan penumpang.

        11 bulan kemudian mereka run out of luck, dan terjadi peristiwa tragis itu;
        Adam Air jet subject of pilot complaints before crash
        By Don Phillips
        Published: January 30, 2007
        Pilots complained repeatedly about problems with an Adam Air Boeing 737- 400 in the weeks before it crashed into the sea off Sulawesi Island, Indonesia, on Jan. 1, according to several investigators involved in the crash probe.
        Two of the dozens of complaints were about the plane’s weather radar, an item of particular concern since investigators have determined that the plane flew straight into a violent storm before it went down with 102 passengers and crew.
        Normally pilots would make almost any possible maneuver to avoid flying into the heart of a thunderstorm.

      • Namun, di antara semua prediksi maupun ramalan di mana letak MH370 saat ini, yang paling tersohor adalah upaya pencarian dari dukun terkenal Malaysia Ibrahim Mat Zin yang juga dikenal sebagai ” Raja Bomoh Sedunia Nujum VIP “.
        Dengan percaya diri tinggi beberapa cara dilakukan Raja Bomoh untuk membantu upaya pencarian MH370. Menggunakan media kelapa, tongkat serta teropong Bomoh menyatakan hal ini diperlukan untuk melemahkan roh jahat agar MH370 dapat ditemukan.
        Namun, sampai saat ini, MH370 masih belum bisa ditemukan keberadaannya. Sepertinya, cara pencarian nyata dibanding mengharapkan bantuan paranormal merupakan cara terbaik untuk menemukan MH370.(okezone/14/3//14)

        gelarnya kagak nahan. ` Raja Bomoh Sedunia Nujum VIP ` .xixixi…

        • Gak usah ngejek mereka, itu keluarganya brharap bgt cpt ktmu mknya pake paranormal pun dilakuin. Lupa ya.? Waktu Adam Air dlu ilang bbrapa keluarga korban ada yg pake jasa paranormal dan di liput media juga…

      • Emang dapet info dari mana pemerintah msia pake kerahin paranrmal gt.? Gw yakin itu inisiatif keluarga penumpang, bkn pemerintahnya.

    • Hehehe..! Salam hangat dan salam kenal bung Polopi..! Dua hari satu malam belum tidur Bung..! Saya coba untuk mengukur seberapa jauh perbedaan daya tahan tubuh saya dengan anggota tim SAR Angkatan Laut Jepang yang sedang ngumpul di tempat saya. Sejak kedatangan mereka kemarin pagi, sampai sekarang mereka belum tidur lho. Semua sibuk dan fokus dengan tugas mereka masing-masing. Saya beruntung bisa melihat peralatan kecil kayak di film-film detektif. Tadi siang mereka baru selesai mendirikan menara setinggi hampir 120 meter. Dengan peralatan canggih, kerja mereka memang luar biasa. Semua terlihat pinter, tapi semua patuh pada orang yang terlihat paling pinter. Tapi secara umum mereka sangat sopan dan rendah hati, kontras dengan seorang perwira menengah TUDM yang mengawasinya.
      Sejauh ini suasana duka masih menyelubungi beberapa tempat di KL, di tambah lagi dengan kabut asap yang sangat tebal, membuat suasana seakan sedang berada diantara reruntuhan pesawat yang terbakar. Tadi kementerian Ristek sudah mencoba untuk menbuat hujan buatan agar asap bisa terurai, tapi gagal, gak ada setetes pun air hujan yang turun. Tadi siang saya sempat mengantar wartawan TV One dari Jakarta yang minta diantar ke stasiun TV3 di Damansara. Waktu saya lihat termometer besar yang ada di atas Mall, saya kaget, biasanya suhu ada diantara 34-36 derajat Celcius, tapi tadi saya lihat sampai di angka 38 derajat Celcius. Panas banget Bung..!
      Yang lucunya lagi, tadi siang hampir seluruh stasiun TV menyiarkan sidang parlemen yang menyorot hujatan Anwar Ibrahim atas ketidakmampuan pihak berwenang di Malaysia dalam menangani musibah MH370. Keputusan PM Najib yang mengutus Ong Ka Ting, seorang pemimpin oposisi dari partai etnis China, untuk mewakili pemerintah dalam pembicaraan dengan para keluarga korban di China, juga tak lepas dari sasaran olok-olok masyarakat yang menilai bahwa orang-orang Barisan Nasional tidak ada yang berani gentlement.

      Tapi saya salut dengan sikap CEO MAS, dia mampu mengambil hati para keluarga korban. Sehingga sampai saat ini, dia relatif terbebas dari sasaran hujatan pihak-pihak yang kurang puas. Saat wawancara dengan para wartawan pun dia terlihat sangat beda, begitu akrab dan membaur. Acara doa bersama masih terus berlangsung sepanjang hari di mesjid-mesjid dan rumah-rumah ibadah agama lainnya.

    • Mohon jgn diketawain dululah… Itu kan bagian dari ikhtiar. Toh baru mengerahkan dukun. Belum juga mengerahkan kekuatan Upin & Ipin, wakakakakakkkkk….
      Sumpah ngakak betol. GUBRAK…!!!

  5. China jengkel dengan polah malaysia yg seolah menutupi informasi.. sehingga sampai mengerahkan 10 satelitnya.. menurut sy, bukan menutupi.. emang minim data yg mereka punya.. jadi malah gelagapan..

  6. malahan kemarin udah pake jasa paranormal, katanya sampai firaun idup lagi juga kagak bakal ketemu, karena tu pesawat segede gaban di umpetin ma kalong wewe ala malaysia.

  7. hehehe… saya nyengir kuda aja deh…
    kalo lagi susah jadi saudara serumpun
    kalo lagi berjaya besar kepala..
    dasar Maling koplak…

  8. dan akhirnya, pencarian oleh para netter justru lbh membawa kemajuan dg hasil pencitraan satelit via tomnod.
    people around the world now can be support too

  9. Yah…malaysia…
    Semakin lama suatu rezim berkuasa,semakin parah kelakuannya…
    Malaysia skrg itu seperti zaman orba…
    Tidak transparan n korup
    Lambat laun malaysia akan mrasakan seperti Indonesia 1998

    Buat keluarga korban semoga diberi ketabahan…
    Malaysia emg gitu…

    • Kayaknya masih agak lama bung Ryuk. Karena orbanya malaysia masih lebih beruntung dari Indonesia, mereka gak dihajar kanan-kiri oleh Sonora-Sonotan seperti kita sehingga berujung rusuh mei 98….

      • Ya,mdh2an cepet gt bung MJ…hahahaha
        Anwar ibrahim cocok tuh buat mempererat hub indonesia-malaysia…
        Lagian mereka skrg diambang perpecahan antara etnis cina n melayu

  10. “Indonesian air force crewmen prepare a Boeing 737 “Surveiller” maritime patrol aircraft of the 5th Air Squadron “Black Mermaids” for a search operation for the missing Malaysia Airlines Boeing 777″. Photo: AP

  11. Jiah namanya juga OKB(orang kaya baru).ya begitu deh tingkah kampunganya ga bisa ilang.ngurusin kapal 1 yg ilang az dah bingung apalagi klo ngajakin perang tetangganya..bisa-bisa 100 kapal yg ilang tambah oon dah tuh OKB…

  12. Mungkin sebelum reformasi , Malay sangat sangat minder dan tertekan di bawah bayang-bayang Indonesia . Kebesaran Indonesia membuat mereka tak terlepas dari bayang-bayang sebagai negeri serumpun kelas dua . Maka begitu ada kesempatan mereka berusaha membuktikan diri sebagai bangsa yang lebih maju dan lebih segala-galanya dari Indonesia . Slogan pariwisata mereka saja “Truly Asia ” sudah mengambarkannya . Segala hal mungkin harus sempurna termasuk menutupi kebobrokan dan kebohongan . Mungkin sekarang ini yang nampak kebobrokan birokrasi , namun yang sudah jauh terjadi adalah kebohongan-kebohongan . Kebohongan terhadap dunia untuk mengklaim budaya Indonesia merupakan satu wujud ingin diakui sebagai bangsa Asia sesungguhnya . Apalagi kebohongan untuk mengklaim wilayah laut dan daratan . Mereka berusaha membuat bangga rakyatnya sampai rakyatnya arogan terhadap Indonesia . Tak akan ada kata damai sesungguhnya dengan Malay selama Sipadan , Ligitan atau pun wilayah lain kembali ke pangkuan NKRI.

  13. Hanya bisa tertawa melihat pejabat malaysia saat press rilis di media. Masa si pejabat bilang “pesimis”…blunder hebat nih pejabat. Bukannya menenangkn kluarga korban malah bilang “pesimis”

    #Pray for MH370

  14. “TRULY ASIA” ……. 🙂

    Pray for MH370

  15. lebih lucu lagi si bloger yang sangat di sanjung komentator malaysia yaitu syahpaskal.wkekke artikel uda ngaco dan komentatornya pun ngacoo semua.berbanding terbalik dengan image mereka yang menyatakan dirinya adalah negeri alim

  16. Giler.

  17. That is it, The trully malaysia

  18. Pembuktian yg cukup bagi RI utamanya TNI jika terjadi “sesuatu” dg negeri malon,mudah membuat mereka KOCAR-KACIR.bener gak ya?

  19. * Dukun pun memiliki Attack formation rupanya.. *

    1 flight = 3 dukun, dilengkapi 2 kelapa muda, berfungsi sebagai Dumb Bomb apa Radar ya.??

    # Mohon pencerahannya z deh..

    😀 😀 😀

  20. Saya malah curiga Kehilangan MH 370 adalah konspirasi besar dari suatu kekuatan berkaitan masalah LCS memanfaatkan bobroknya sistim di malaysia atau malah malaysia ikut bermain.
    Dilihat mbuletnya proses pencarian,

    Jadi Ingat masalah sulu yang cuma begitu saja endingnya,

    Yang pasti China marah dengan kejadian ini
    Apakah ini untuk memancing kemarahan china hingga memulai perang LCS.?
    semoga china tidak terpancing dan terprovokasi

    • saya sepemikiran dengan Om Satrio..saya melihat seperti ada “maksud/agenda tertentu” dengan memanfaat kan moment ini.. dan agenda ini lbh besar kepentingan nya dibandingkan dengan pencarian pesawat itu sendiri..

      masa iya..bangkai pesawat ( jika mmg crash ) dengan banyak nya armada yang dikerahkan dari berbagai negara, sampai 6 hari ini belum ketemu juga.?

      ditambah lagi AS akan mengirimkan Poseidon nya untuk ikut dalam misi pencarian. apakah dengan peralatan & armada yg telah ada ini tidak ckup mampu utk mendeteksi keberadaan bangkai pesawat ini.?

      ditambah lagi, hampir seluruh negara yg terlibat dalam misi pencarian ini adalah negara2 yg punya kepentingan dengan LCS..

      • Kenapa Singapura kok tidak bersuara ?
        Di Bandara changi ada radar sipil dan radar militer tercanggih diasteng mestinya bisa mendeteksi apalagi Singapura memegang otoritas FIR yg sampai natuna ?
        colek bung yayan

        Kalau Pesawat menghilang dari radar sipil maka bisa diganti mendeteksinya dengan radar militer.. pesawat segede gaban pasti bisa terdeteksi RCS nya guede..
        Belum radar militer malaysia sendiri

        • Mandat ICAO tak hanya memberi Singapura kewenangan mengatur lalu lintas udara di dalam area FIR, lebih daripada itu, Singapura juga BERHAK memungut fee atau bayaran dari seluruh maskapai yang melintasi FIR, termasuk fee dari maskapai Malaysia yang melintas dari kota-kota Semenanjung Malaysia ke Malaysia Timur di Kalimantan dan sebaliknya.

          Tarifnya dalam dolar Amerika. ”Besarnya berbeda-beda, tergantung jenis pesawat dan kapasitasnya. Misalnya, tarif Boeing 737-400 dengan Airbus A330 itu berbeda,”
          bayangkan berapa besar hasilnya yang diterima,”

    • tapi kalo teringat dengan rencana cina yang akan memasukkan natuna ke dalam teritorinya, saya setuju saja jika lcs membara, biarkan cina berperang & pasti akan dikeroyok oleh beberapa negara, itu juga konsekwensi dari tindakannya yang mengklaim lcs, asal jangan sekali kali mengusik wilayah teritori kita. saya suka cina tapi saya lebih suka jika dia tidak mengganggu wilayah NKRI.

    • malaysia udah merasa jaguh yaa.. mancing mancing kemarahan cina….

      • tentang malaysia…

        bangsa yang dibina oleh barat… pada akhirnya akan dibinasakan olehnya…
        bangsa yang diberdayakan oleh barat… pada akhirnya akan diperdaya olehnya…

        tipu daya bangsa penjajah….

        surat Ali imran ayat 118 mungkin bisa dijadikan renungan…

  21. mohon pencerahan para suhu : Apakah Amerika yg berada dibalik tragedi ini? untuk memulai perang di LCS.
    http://ahmadsamantho.wordpress.com/2014/03/12/tentara-nasional-indonesia-paling-update-waspada-aksi-as-dalam-hilangnya-pesawat-mas/

  22. mudah2an jangan sampai indonesia terkena bencana seperti itu….

    kenapa?

    mungkin sudah tabiat kali negara agresor bila memberikan bantuan mesti ada “tujuan juga”..

    telanjang sudah pemetaan perairan dan daratan oleh negara yang punya tujuan…
    berbekal bantuan pengerahan armada kapal dan citra satelit…

    semoga pemerintah juga respon , siapa tahu ada yang mau “ngintip” juga.

    apa lagi sedang hot lcs….

    #positif thinking aja deh negera tetangga ini

    cuma pendapat dan saran
    maaf cucu lancang

    • cocok dengan slogannya “visit malay”

      visit perairannya dan daratannya 😀

      cuma canda
      maaf cucu lancang

    • bung cucu,

      rela tak rela, kita tetap ditelanjangi bulat2 oleh satelit mata2 negara maju (dan mereka tak butuh adanya musibah sebagai alasan untuk ngintip), inilah alasan KS sebagai senjata strategis berlabuh dibawah shelter, sehingga tetap tidak diketahui keberadaannya secara pasti.

      jangankan kita, rusia juga ditelanjangi kok…

      foto kapal induk varyag digalangan nikolaev ukraina, ‘dicuri’ oleh kh-12
      ketajaman foto / imaging resolution kh-12 dapat menangkap benda hingga ukuran 15 cm…

      • makanya itu bung…

        saya di forum ini selalu mengutarakan percepatan satelit militer..walaupun UU antariksa ada tetep aja masih mandul, krena teknologi antariksa masih dikuasai negara “maju” + rakus kecuali kita punya rudal anti satelit itu baru mikir kali buat geserin poros ( kalau ga salah china,india pemain baru dalam antariksa sudah ada /cmiiw/ )
        kalau ruski n usa ga usah ditanya deh….
        bahkan konon ruski satelitnya udah ada bawa rudal konon lho ( gosip )
        inilah yang kadang ditakuin usa….
        masih ingat film star trek…saya yakin kemudian hari akan terjadi…
        dan perlu di ingat juga pemerintah juga harus kuatin cyber….
        usa + rusky maupun negara bersuhu dingin mempunyai nilai plus karena dalam penyimpanan server besar butuh suhu yang “dingin”.

        jadi intinya dimasa akan datang bila terjadi war ( saya berharap tidak )..
        yang akan menentukan peranan besar tapi dibalik layar yaitu para cyber army dengan dukungan satelit army…

        jadi mau bikin alutista bagaimana pun mau siluman mau hantu tetap akan terlacak dengan “cepat”.

        mungkin puh disini masih kasus pesawat awak us yang di paksa “turun” ma usa, saya yakin itu bukan sekedar dari radar…..trus rudal nya tembak….itu ada cyber army dibalik itu.
        dan masih ingat militan ( maaf lupa wily ) , intinya dimana pesawat mata2 usa yang sedang mengambil citra dan pemetaan di wily konflik bisa di hack hanya dengan bantuan alat (software) yang dibeli ( perusahaan dari amerika ) yang harganya berapa dolar saja ( tapi tentunya polesan dari para demit maya ), militan tersebut bisa tahu apa yang sedang dikerjakan usa..

        sorry oot
        mau dibilang mimpi juga boleh….tapi ingat teknologi semakin maju, bukti pesawat mata2 tanpa awak usa , pilot duduk manis…ga tahu pesawanya dimana…lebih ngeri lagi sudah bisa bawa rudal.

        salam it

        cuma pendapat
        maaf cucu lancang

  23. Bagus juga. Sisi lain yang tidak dialami oleh “pengamat”

  24. Tanpa mengurangi simpati pada keluarga korban tsunami, komen tersebut adalah berita bagus buat sby dan berita buruk buat pak amien rais. Saya melihatnya dari sisi lain, demokrat vs pan

  25. breaking news CNBC beberapa menit lalu:

    pesawat MAS dengan sengaja diterbangkan ke arah (deliberately flown towards) p. Andaman…

  26. peringatan buat indonesia,….
    lawan berat tni klo perang sama malon adalah
    Raja Bomoh Sedunia Nujum VIP beserta pasukan gaibnya
    apa tni siap?

  27. bung@adit..

    terima kasih sudah mampir……mudah2an akan ada banyak para tamu baru seperti bung adit yang ikut kontribusi dan memberi masukan terhadap forum ini….dan menjadi wawasan …..

    salam kenal bung..

    maaf cucu lancang

  28. update, rilis resmi pesawat diduga dibajak

 Leave a Reply