Jul 022014
 

image

Jakarta – Pemerintah berhasil merenegosiasi kontrak harga jual gas Tangguh ke Fujian-Tiongkok dari US$ 3,35 per mmbtu menjadi sekitar US$ 8 per mmbtu. Menteri ESDM Jero Wacik menceritakan keberhasilannya meluluhkan Tiongkok sehingga mau renegosiasi kontrak.

“Sebelum saya ke Beijing, saya sudah ditakut-takuti, kalau Presiden CNOOC (China National Offshore Oil Corporation) Mr. Wan orangnya kaku, cool, sangat dingin, sehingga pasti gagal renegosiasi,” ucap Jero Wacik kepada wartawan di kantornya, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (1/7/2014).

Jero mengungkapkan, meski ditakut-takuti, dirinya optimistis, karena sebelumnya antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping sudah bertemu sebelumnya dan menyatakan bersedia renegosiasi.

“Ketika bertemu di Beijing, saya dengan presiden CNOOC, saya ceritain dulu bahwa sejak abad k3-7 bagaimana kejayaan Sriwijaya dan Majapahit bersahabat dengan Tiongkok, bagaimana utusan China Putri Campa dan Laksama Ceng Ho masuk ke Indonesia pada abad 14, kita saling berkunjung, jadi sudah seharusnya bersahabat juga dengan merenegosiasi kontrak ini,” tutur Jero.

Jero menambahkan, setelah cerita panjang lebar, Presiden CNOOC akhirnya luluh juga dan bersedia merenegosiasi.

“Hasilnya per 1 Juli 2014 berlaku harga LNG Tangguh yang baru yakni US$ 8 per mmbtu, dan menghapus harga patokan Japan Crude Cocktail (JCC) price, jadi harga gasnya nanti tidak dipatok hanya US$ 8 per mmbtu saja, tapi bisa naik-turun seiring harga minyak JCC,” ungkap Jero.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, sejak dirinya dilantik menjadi Menteri ESDM, salah satu amanat dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah merenegosiasi harga ekspor gas ke Fujian, Tiongkok.

“Amanat Pak SBY, perbaiki, renegosiasi harga gas Fujian, masa hanya US$ 3,3 per mmbtu, murah sekali, nggak adil ini,” kata Jero.

Jero mengungkapkan, dirinya kemudian bergerak dengan membentuk tim renegosiasi gas Fujian pada Mei 2013, setelah Presiden Tiongkok Xi Jinping menyatakan mau merenegosiasi kontrak.

“Kita buat tim renegosiasi yang dipimpin oleh Menteri ESDM saya, Wakil Menteri ESDM Susilo Sistoutomo, SKK Migas, Dirjen Migas Edy Hermantoro, dan dari BP (British Petroleum) selaku operator gas Tangguh. Orang-orang inilah yang bolak-balik dari Indonesia ke Tiongkok dan akhirnya minggu lalu amandemen kontrak siap dan pada 20 Juni 2014 ditandatangi perubahan harga gas Tangguh ke Fujian,” kata Jero.

Dengan berhasilnya merenegosiasi kontrak tersebut negara mendapatkan pendapatan sebesar Rp 251 triliun.

“Sebelumnya jika menggunakan harga yang lama Indonesia hanya mendapatkan pendapatan US$ 5,2 miliar total sampai 2034, dengan harga baru Indonesia berpotensi mendapatkan pendapatan US$ 20,9 miliar atau setara dengan Rp 251 triliun,” katanya. (Finance Detik.com).

Bagikan :

  113 Responses to “Negosiasi Jero Wacik ke Fujian Tiongkok”

  1.  

    number one

    •  

      Salam persatuan dan kesatuan ………

      Alhamdulillah…. keterbukaan era komunikasi sekarang memungkinkan masyarakat luas bisa segera mengetahui hal hal yang berkaitan dengan keputusan keputusan strategis yang telah diambil oleh Pemerintah , dan sudah menjadi info global ……..

      1kg LNG = sekitar 50.000 BTU ( British Thermal Unit ) …
      1 mmBTU = 1 juta BTU.
      1kg LNG = 0,95 liter ( pembulatan = 1 liter ) ……
      Jadi 1 liter LNG = 50.000 BTU ……
      1 mmBTU = 20.liter LNG = 8 US$
      20 liter LNG = sekitar Rp.94.000,
      1 liter LNG = Rp. 4.700,-

      sekedar informasi,….. harga LNG Internasional saat ini sudah mencapai
      sekitar US$ 16 / mmBTU ….. atau setara Rp.9.400 / liter LNG …………….

      artinya kita masih mendapatkan harga 50% dari harga nornal …………… inipun wajib kita syukuri, dan apresiasi karena ada hal progress + , daripada harga awal yang hanya US$ 3,3 / mmBTU …… atau hanya 20% dari harga normal ……….. hmmm ….. ngelus dodo // ngelus dada dalam dalam …………

      semoga pemerintahan kedepan bisa dinego ulang minimal 75% dari harga pasar dunia …. dan tiongkok kulak,an ke indonesia sudah dikasih untung 25% ….. aturan mereka masih mau ….

      mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian ini, mohon koreksi pada para sesepuh warjager ………

      Salam Nusantara Agung…

      •  

        bung purwodhodo, maaf mungkin bung tahu kalau misalnya kontrak itu dibatalkan biasanya kisaran penalti yg harus dibayarkan itu berapa ya bung?

        •  

          Jangan sampai ada pembatalan kontrak Bung Kucingkura ….. secara psikologisnya akan jauh lebih buruk efeknya, berkaitan dengan tata hubungan internasional …….. pembatalan kontrak sepihak biasanya bisa mencapai maximal 10% dari nilai kontrak ……….

          Apapun yang sudah diputuskan dalam kontrak oleh pemimpin terdahulu adalah hal yang harus dipatuhi, meski begitu re negosiasi tetap harus dilakukan agar potensial potensial kerugian keuangan yang ada, masih bisa diminimalisasi …………. kita patut bersyukur pada pemerintahan sekarang yang telah, dan akan me renegosiasi kontrak kontrak lama yang secara ekonomis masih merugikan potensi penerimaan keuangan negara,…….. terutama pada kontrak kontrak besar PT. FREFORD… NEWMONT…. DLL DLL ……………

          •  

            betul memang nantinya akan terkait dengan ‘reputasi’ di saat kita akan kerjasama luar negeri di masa berikutnya.

            walaupun menurut saya hal ini tetap dimungkinkan bila memang alasannya kuat (misal: desakan rakyat dalam negeri), sekaligus hal ini kan dilakukan sesuai prosedur dengan membayar penalti yg disepakati. tidak asal putus kontrak saja lantas kabur..

            karena yg saya lihat dan bandingkan antara perekonomian RI itu sangat mirip dengan tetangga dekat kita Thai. di mana mereka juga agraris+maritim+industri.

            perbedaannya ada di manajemen energi. walaupun harga minyak di mereka itu floating mengikut harga pasar dunia, tetapi tidak berpengaruh thd transportasi/logistik. kenapa? karena mereka sangat besar ketergantungannya terhadap gas.
            baik di pembangkit listrik, transportasi, industri kecil-menengah dan rumah tangga, produksi petrokimia/pupuk.

            satu hal lagi yg menarik, Thai tidak punya cukup gas. dia mengimpor dari myanmar. bayangkan dengan mengimpor saja dia bisa pakai untuk menjaga inflasi domestiknya, apalagi kita RI yg punya gas sendiri. bisa dibayangkan betapa hebatnya dan besarnya dampak positif yg kita dapat bila kebutuhan gas kita terpenuhi.

            sekali lagi ini terlepas dari apresiasi yg harus kita berikan pada pemerintah sekarang yg di ujung masa kerja masih berupaya memberikan yg terbaik bagi bangsa ini.

            salam

          •  

            sangat setuju Bung Kucingkura ……….

            Terlepas dari apapun,….. saya telah ketemu langsung dengan para peneliti peneliti yang belum muncul ke permukaan, sedangkan beliau beliau ini sudah berhasil menciptakan beberapa hal sbb :

            1. Pengolahan Minyak mentah menjadi bbm solar / bensin dengan biaya yang sangat murah ( < 1000 rupiah , untuk pengolahan minyak mentah / liter ) …….. harga minyak mentah + formulasi temuan ini = kurang dari Rp.4000 per liter ………..

            2. Pembuatan bahan bakar pengganti BBM dari bahan bahan limbah ( jerami, bongkol sawit, dll dll ) … semacam Etanol …..dengan biaya yang sangat murah ……..

            3, 4, 5 , 6 …… dan banyak lagi ………… semoga pelan pelan bisa disinergikan dengan pemerintah untuk kemakmuran masyarakat …….

      •  

        Jika dengan harga nego baru US$ 8 / mmBTU ( 50% harga pasar Internasional ), dalam 1 tahun pemerintah NKRI akan mendapat pemasukan sekitar Rp.12,5 Trilliun ( ada penambahan Rp. 9 Trilliun ) …. maka jika saja kita dapat harga penuh 100% harga pasar internasional sekitar US$ 16 maka kita kehilangan potensial penghasilan Rp.12,5 Trilliun / tahun …….. hmmmm …… setidaknya bisa untuk beli Pesawat tempur 1 skuadron …….. atau bisa bikin KCR 60 sebanyak 25 KCR ( @ 500 milliar rupiah )

        Mohon maaf,…. hanya sekedar pemikiran sederhana saja ……… jawel Bung Satriyo, Bung Diego, Bung Yayan, Bung PS, dll…dll

        •  

          hmm … dengan 12,5 trilliun TNI bisa ada penambahan 1000 unit anoa berbagai varian dan persenjataan ………………………………

  2.  

    berita yang menyenangkan

    •  

      Saya dengar berita ini tiga hari yang lalu ,setelah rapat terbatas kabinet , dan cukup membagakan bahwa pemerintah berhasil merenegoisasi harga gas Tangguh,,
      Dengan hasil renegoisasi ini maka per tahun kita dapatkan Rp 12,5 triliun per tahun dari Fujian. Yang lama adalah Rp 3,5 triliun per tahun. Jadi tambahannya Rp 9 triliun per tahun,”

      Kontrak penjualan gas Tangguh ke RRT dilakukan pada era pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri dengan harga awal 2,4 dollar AS per MMBTU.

      Setelah melalui negosiasi, pada 2006, pemerintahan RRT bersedia menaikkan harga beli gas Tangguh menjadi 3,3 dolar AS per MMBTU. Pada 2014 ini, pemerintah akhirnya berhasil menaikkan harga jual hingga USD 8 per MMBTU

      Pak CT juga ikut berjasa menego bukan pak jero saja,, dan ini keberhasilan Pemerintah kedua dalam merenegosiasi harga gas tangguh diakhir masa bakti kabinet dipersembahkan untuk rakyat Indonesia.,

      •  

        Dan kenapa pihak RRT mau melakukan renegoisasi bila dikaitkan dengan pilpres yang akan berlangsung ??
        Kok tidak menunggu presiden baru saja yang katanya lebih berpihak ke china atau berpihak ke barat,,,

        Monggo diulas hehehehehe
        Yang suka kampanye negative ane jadi prihatin,,
        Setelah sore tadi diberitahu anak buah bahwa disetiap warung kopi disurabaya disebari tabloid Kontras secara gratis (tiap warkop dikasih 3- 4 tabloid) yang isinya menjelek jelekan capres tertentu lagi lagi isinya tentang penculikan 1998 ,,Padahal pemimpin Kontras meninggalnya karena apa kok gak dibahas di tabloid itu?

        katanya diramadhan sudah tidak black campaign dan negative campaign ??
        capek dehhh

        •  

          krungu2 kalo nggu Pres Baru malah harga jualnya lebih tinggi lagi 😀 ato mgkin ada hubungannya dengan lunaknya R.I di LCS ?

        •  

          monggo diulas Pak kenapa tiongkok tidak menunggu setelah pilpress? apa karena takut nanti president terpilih akan melakukan negoisasi dengan harga yang jauh lebih tinggi?
          untuk masalah pilpres,mudah mudahan pilihan saya kali ini tidak salah lagi Pak hehehehe “dont look the book by its cover” dan “pilihlah dengan otak jangan dengan hati” 😀 terima kasih Pak!

          •  

            masalahnya jaman sekarang kalo beli buku tu susah, lha wong bukunya d bungkus plastik jadi ga bisa intip dalemannya n cuma liat covernya tok….
            maaf Oot,, coz ane pernah ktipu masalah ginian. 😀

          •  

            waduh gak pernah beli buku lagi nih, seringnya donlot doank….

            mungkin sekarang jadi: “Don’t judge a book by it’s megabyte?”

        •  

          Memprihatinkan ya ndan satrio…. amunisinya gak jauh2 dari kata penculikan, padahal cuma di pakai utk komoditas politik sesaat.

          •  

            coba ditambahi kata peracunan dan ham tim tim,,akan tambah panjang yang diusut dan tambah membuka aib kita sendiri
            hehehehe

          •  

            Aduh mas satrio, klo masalah ham kan fakta,klo obor rakyat sama martabat baru fitnah… Bedakan dong.. Mana fakta mana fitnah

          •  

            Oiyah mas satrio, kasih tau kumendan.. Ada yg nyariin tuh, namanya wartawan allan from mamarika..doi nantangin tuhhh

        •  

          Wiji tukul masih hidup? Yg bener bung…waduh kalo bener dia satu satunya kunci untuk menguak siapa dalang penculikan ’98….

          Semoga bukan harapan kosong seperti cerita Hitler masih hidup di sumbawa dgn nama dr.poch :mrgreen:

        •  

          sepertinya sudah lama meninggal
          seperti kata pak kivlan yg tau dimana ditembak dan dibuang
          Cmiiw coba gogling berita itu,

          dan saat Pak agum diwawancarai oleh metro tv beliau berasumsi sudah ndak ada lah kan sudah 16 tahun,

        •  

          Td sy jg lihat bung indonesia, andi arif yg membeberkan hal ini dia bilang thn 99 sempat kontak adiknya dr wiji dan dia bilang masnya ada dan kondisinya baik. Yg melaporkan hilang adalah wartawan londo sekitar medio tahun 2000 sedangkan skrg berita yg beredar wiji hilang di tahun 98.

        •  

          propaganda negatif, semua hanya demi kekuasaan yang dahulu tidak didapatkan bahkan tidak dinikmati karena apa yang sudah dilakukan demi negara, sudah merasa melakukan dan berkorban demi negara tetapi apa yang didapat?periode saat inilah kekuasaan harus didapat, bahkan dengan cara yang kejam sekalipun 🙂

        •  

          klo wiji thukul pasti sdh lewat..klo tukul doank mah ada,di cipete

        •  

          Assalamualaikum Bung Satrio,
          Semoga sehat selalu, lama SR beritanya menarik jadi kepingin komen nich.. hehe..
          Saya melihat pemerintahan kita semakin kemari semakin baik, semoga penggantinya nanti kedepan akan lebih baik lagi.. Tegas, Amanah, Membela kehormatan bangsanya, Menyayangi rakyaknya walaupun dibenci asing..
          Saya melihat Presiden kita menempatkan CT sangat sangat tepat.. mudah-mudahan presiden berikutnya nanti tetap bisa menempatkan orang-orang berkualitas dan lurus di Pos-pos strategis Negara..
          karena tidak mungkin kepala bisa berdiri tegak kalau tulang-tulang penyanggahnya reot…

      •  

        Saya capres nomer satu akan menambal kebocoran kebocoran di Indonesia..
        Saya capres nomer dua yang akan memberikan kartu indonesia pintar dan indonesia sehat,,,

        Dan dijawab
        Saya sudah berhasil merenegoisasi harga gas tangguh,..membuatkan pijakan pijakan untuk pemerintah kedepan agar sesuai dengan kepentingan nasional,
        saya sudah membuat program MEF setelah 20 tahun Indonesia tidak belanja alutsista besar besaran
        Dan Saya SBY ,,adalah Presiden Indonesia ,,bukan capres
        hehehehehehe

        •  

          andai beliau dapat menjadi president berikutnya lagi Pak….selangkah demi selangkah akan terus membaik bangsa ini di pimpin beliau,walau banyak yang mencibir tetapi beliau tetap bekerja dengan hati dan bekerja untuk memajukan Bangsa ini bukan untuk asing…salam dari rakyat indonesia,dear:Pak SBY

          •  

            biarkan beliau lengser ,,dan mengabdi kepada bangsa dengan cara lain ,,
            mungkin ditingkat Internasional kelasnya

          •  

            benar bung satrio
            pergantian pemimpin memang hal yg pasti
            siapa tahu ke depan diantara warjager ada yg jadi presiden

          •  

            siapapun the next president nya,semoga Pak SBY menjadi mentor untuk melanjutkan program programnya dan demi memajukan Bangsa….

        •  

          like this

        •  

          kurang satu bung sat
          JKN 🙂 dengan perundangan BPJS yang akan optimal 2019 🙂
          terima kasih telah mengabdi untuk bangsa SBY 🙂

      •  

        kado dari pak beye, utk kesan terbaik di eranya. makasih pas Beye.

      •  

        Salam persatuan dan kesatuan ………

        Alhamdulillah…. keterbukaan era komunikasi sekarang memungkinkan masyarakat luas bisa segera mengetahui hal hal yang berkaitan dengan keputusan keputusan strategis yang telah diambil oleh Pemerintah , dan sudah menjadi info global ……..

        1kg LNG = sekitar 50.000 BTU ( British Thermal Unit ) …
        1 mmBTU = 1 juta BTU.
        1kg LNG = 0,95 liter ( pembulatan = 1 liter ) ……
        Jadi 1 liter LNG = 50.000 BTU ……
        1 mmBTU = 20.liter LNG = 8 US$
        20 liter LNG = sekitar Rp.94.000,
        1 liter LNG = Rp. 4.700,-

        sekedar informasi,….. harga LNG Internasional saat ini sudah mencapai
        sekitar US$ 16 / mmBTU ….. atau setara Rp.9.400 / liter LNG …………….

        artinya kita masih mendapatkan harga 50% dari harga nornal …………… inipun wajib kita syukuri, dan apresiasi karena ada hal progress + , daripada harga awal yang hanya US$ 3,3 / mmBTU …… atau hanya 20% dari harga normal ……….. hmmm ….. ngelus dodo // ngelus dada dalam dalam …………

        semoga pemerintahan kedepan bisa dinego ulang minimal 75% dari harga pasar dunia …. dan tiongkok kulak,an ke indonesia sudah dikasih untung 25% ….. aturan mereka masih mau ….

        mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian ini, mohon koreksi pada para sesepuh warjager ………

        Salam Nusantara Agung

    •  

      Wah berita yg membanggakan d akhir pemerintahan Bpk.SBY bserta jajarannya.izin kasih jempol Bung Satrio atas ulasannya 🙂 sya pun ikut prihatin atas kabar Blck Kamp yg Bung sbutkan d atas,berulang kali di bantah,berulang kali pula di bahas seolah Rakyat ini tuli.sya dukung si pembantah yg d zolimi ini,xixixi 🙂

  3.  

    Alhamdulillah

  4.  

    kedahuluan

  5.  

    limo

  6.  

    Oke

  7.  

    salah satu kehandalan para pakar delegasi indonesia. lanjutkan

  8.  

    nomer pitu

  9.  

    Jempol buat team ESDM dibawah pimpinan presideb SBY.

  10.  

    Test 10 gedee

  11.  

    good job Pak,,,, slanjutnya tinggal proyek2 yg lain Pa’ d nego lagi biar sama2 untung.
    tapi knapa nda dari dulu ya ? 😀

  12.  

    “Ketika bertemu di Beijing, saya dengan presiden CNOOC, saya ceritain dulu bahwa sejak abad k3-7 bagaimana kejayaan Sriwijaya dan Majapahit bersahabat dengan Tiongkok, bagaimana utusan China Putri Campa dan Laksama Ceng Ho masuk ke Indonesia pada abad 14, kita saling berkunjung, jadi sudah seharusnya bersahabat juga dengan merenegosiasi kontrak ini,” tutur Jero.

    Untung jero gak cerita dulu kertanegara memotong telinga meng qi,utusan ku bilai khan yg menuntut singasari untuk menyerah…ku bilai khan mengumpulkan pasukan dari fujian (tiongkok selatan) untuk mengepruk singasari…eh malah di tipu raden wijaya yg kemudian balik mengepruk ekspedisi tiongkok selagi teler kemenangan mengepruk jayakatwang yg disangka kertanegara… :mrgreen:

    Dijamin negosiasi jadi pernyataan perang….
    Mumpung natuna masih anget 😀

  13.  

    semoga kebijakan seperti ini berlanjut di pemerintahan selanjutnya nd semoga para diplomat selanjutnya mempunyai jiwa nasionalid nd mengutamakan kepentingan bangsanya sendiri amiinnn..

  14.  

    frepot, newmont bagaimana?

    tp kbar yg membanggakan, mengembirakan kado buat lebaran rakyat indonesia

    •  

      Trimakasih bung@ satrio pencerahanya.

      berarti ketauan siapa yg rakus dan tamak serta arogan ya bung.

      Semoga siapa saja pemimpin kedepannya jgan pantang mundur kalah sama kepentingan asing.
      biar cucu-cicit nanti bisa menikmati dan mengolah demi kemakmuran rakyat indonesia.

  15.  

    Sebenarnya normalnya harga didunia itu brp $ per mmbtu itu sih..?? Bukanya lebih dari 8$/mmbtu..!!! Ko bisa ya eranya presiden Megawati menjual dg murah dg harga 2,4$/mmbtu..akhirnya pemerintah selanjutnya yg bekerja keras renegosiasi ke tiongkok..capeee deh…!!! Tapi syukur Alhamdulillah bisa dinaikin..mudah”an jgn kaya eranya megawati lagi dah SDA di obral,untung kaga malah ngerugiin …rakyat kecil boro2 nikmatin manyun iye..

    …NKRI HARGA MATI..

    •  

      ehmmm…. masi inget ini gara gara first gentlement of our gov that time..
      asal jual gas murah…
      kl melawan lupa…. ngapain pula first gentlement ikut urusan pemerintahan bini nya…

      aku no kampanye lhoo yaaa

    •  

      Dalilnya bung ismed tempo hari tangguh sudah terlanjur di explore dan harus segera di alirkan sementara harga sedang turun sementara ausie dan jepang yg diharapkan membeli ogah alias nolak akhirnya ikut tender di fujian dan di berikan harga yg murah dibawah pasaran ke tiongkok lalu mereka akhirnya mau setelah dibujuk rayu katanya sih seperti itu… mengenai deal2 lain yg ada dibalik itu waullahualam tp yg pasti itu kontrak sangat merugikan, tp jgn putus asa dulu karena setau sy di klausulnya ada tercantum bisa di tinjau setiap 4 tahun jadi ada kemungkinan kebocoran ini 4 tahun mendatang akan semakin kecil dgn catatan presiden nya yg punya komitment mengurangi kebocoran.

    •  

      Kalo nggak salah seharusnya $15/mmbtu CMIIW

  16.  

    Alhamdulillah…. akhirnya potensial lost kita berkurang sedikit, walaupun harga pasaran sekitar $ 18 USD /mmbtu selisih $ 10 USD tetapi sudah sangat berarti perkembangan ini. Terima kasih utk pak SBY dan team pak Jero Wacik yg sudah berhasil merenegosiasi LNG Tangguh, kedepan penerus bapak pasti akan terus mengecilkan gap itu demi kesejahteraan rakyat Indonesia.

  17.  

    Setubuh bung danu… pertamina udah ngebet banget untuk mengelola blok mahakam itu, tp sayaangnya belum mendapat restu juga. Mungkin harus lobi2 para mafia2 dulu yaa bung biar blok mahakam kembali ke bumi pertiwi.. hehehe

  18.  

    gak ada yang menjelekan Presiden Megawati bung..
    Malah koment anda yang menjurus bahwa itu kelemahan Bu megawati??
    Anda yang sensitif atau bagaimana ?

    Oh ya jadi tergelitik menanggapi koment anda ,
    “pemerintahan Bu mega bagaimanapun beliau berjasa memulihkan kondisi bangsa Indonesia setelah porak poranda akibat krisis 1998 “”

    Setelah porak poranda 1998 presiden yang paling mengahadapi tekanan itu adalah Presiden BJ Habibie yang harus menurunkan kurs dolar yang 16 ribu per dolar dilanjut oleh Presiden Gus dur,, baru bu Megawati,,,
    Coba anda review kembali kebijakan ekonomi ketiga presiden tersebut sehigga dapat menyimpulkan bu megawati yang berjasa mengahadapi pora poranda 1998 ??
    mohon pencerahan ..

    •  

      Klo ngeliat komenye bung@sukro ketauan banget presiden pilihannya bung..!!! Hehehe…!!

    •  

      imho.
      saia dulu kerja di perusahaan yang akhirnya dijual ke asing.
      kenapa harus dijual?
      pendapatan kotor perbulan diatas 1 trilliun, gak perlu hutang2an.
      hutang Indonesia ke imf bisa langsung lunas dengan pendapatan bersih gabungan perusahaan2 yg dijual tersebut hanya dalam waktu 1 bulan.
      dan banyak lagi aset2 yang dijual.
      yang lebih miris adalah aset2 strategis.

      biang nya adalah laks sukardi,, tapi tentu saja pemimpin saat itu bisa menyelamatkan aset2 nasional jika sadar dan nasionalis, jewer aja tuh mentri2 nya.
      sayang bos nya laks sukardi kalah sama tekanan asing dan bisa dikibulin anak buahnya, sadarnya belakangan setelah terlambat

      maaf, sekedar analisa tukang gorengan

  19.  

    good job lanjutkan

  20.  

    kira2 ada syarat husus g ya bwt jd sekjen PBB??? sayang klo stlah turun tahta orng se hebat pakde beye g di angkt jd jendral di PBB. andaikata nyalonnya pake coblosan kyak pemilu, maka akulah orng prtama yg mw nyoblos pak beye jd sekjen PBB. biar dunia aman sejahtera g ada perang lg. pak beye is THE BEST.

    •  

      saya sih usul jadi sekjen Asean dulu saja karena jatah sekjen PBB dari asia sudah diambil Banki mon dari korea diperiode ini,,,
      Atau jadi Sekjen Negara negara melanesia akan sanagat membantu Indonesia dipercaturan dunia

      sekedar usul

      •  

        Wah bung Satrio..saya kok malah kepikiran bahwa Presiden RI itu berpengaruh daripada Sekjen ASEAN 🙂

        •  

          iya sih bener
          tetapi pak SBY kan sudah diterima oleh kalangan asean atas kenegarawannya ,,
          sedangkan capres kan belum punya pengalaman bekerjasama dan berhadapan dengan kepentingan diluar asean seperti china,US ,India uni eropa dll.
          belum lagi nanti capres pro yg mana yg terpilih,,,

          Nah Pak SBY bisa menjadi mediator Indonesia,asean dan luar asean sehingga kepentingan asean (terutama Indonesia) dan dunia bis dijembatani
          dan sekaligus ketua negara negara melanesia,,,
          Imho

        •  

          Setelah 20 oktober nanti sy lebih menghormati pak SBY sebagai salah seorang bapak bangsa yg memimpin RI dgn sukses, terlepas nanti beliau menduduki posisi apapun.

          •  

            sekjen PBB saat ini (asia) sudah 2 periode..,
            selanjutnya jatah dari kawasan afrika atau
            amerika selatan/latin yg akan menjabat…,
            maaf…kalo ada yg salah !

  21.  

    Yang lain pada euforia klo pentential lost kita berkurang, kx malah anda yang mikir kampanye… sensitif sekali yaa bung dengan sebutan nyai megawati. Hehehehe
    Santai wae brooow.. tetep bisa makan koq anda siapapun yang jadi presidennya. Gak akan cepet mati jugak kx klo pendukung anda tidak menang., enjoy ajaa

  22.  

    Jakarta (ANTARA News) – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, harga gas alam cair (LNG) Tangguh, Papua Barat, ke Fujian, Tiongkok, akan direnegosiasi kembali pada 2018.

    “Kami harapkan harganya bisa lebih tinggi lagi dari sekarang,” katanya saat jumpa pers soal harga baru LNG Tangguh ke Fujian di Jakarta, Selasa.

    Menurut dia, sesuai kontrak harga LNG Tangguh ke Fujian bisa dilakukan renegosiasi setiap empat tahun sekali.

    Deputi Komersial Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Widhyawan Prawiraatmadja mengemukakan, renegosiasi setiap empat tahun sekali tersebut bisa menyebabkan harga Tangguh ke Fujian mengalami kenaikan atau turun.

    “Tergantung harga JCC sebagai patokannya,” katanya.

    Harga LNG Tangguh ke Fujian memakai harga minyak mentah di pasar Jepang (Japan crude cocktail/JCC) sebagai acuan.

    Pada 2002, saat kontrak pertama LNG Tangguh ke Fujian ditandatangani antara BP Berau Ltd selaku produsen dengan CNOOC sebagai pembeli, harga memakai rumus 0,0525 dikalikan JCC ditambah konstanta 1,35.

    Harga tersebut berlaku di Tangguh (free on board/FOB) dengan JCC dipatok maksimal 26 dolar AS per barel.

    Dengan patokan maksimal JCC 26 dolar per barel tersebut, menurut dia, maka harga gas ke Fujian mentok di 2,7 dolar per MMBTU.

    Lalu, saat renegosiasi harga pada 2006, harga Fujian memakai patokan JCC maksimal 38 dolar/barel.

    Kenaikan patokan JCC tersebut, mengerek harga Fujian menjadi 3,35 dolar/MMBTU.

    Pada 2010, ada kesempatan renegosiasi, namun tidak tercapai kesepakatan.

    Selanjutnya, pada 20 Juni 2014, ditandatangani amendemen kontrak gas Fujian di Beijing, Tiongkok yang berlaku mulai pengapalan 1 Juli 2014.

    Menteri ESDM Jero Wacik hadir dalam penandatanganan di Beijing tersebut.

    Kesepakatan yang dicapai adalah harga tidak dipatok lagi pada JCC tertentu atau dilepas sesuai harga pasar.

    Rumusan yang dipakai adalah 0,065 JCC+1,5 untuk 2014.

    Pada 2015, berubah menjadi 0,09 JCC+1,3, 2016 menjadi 0,105JCC+1,5 JCC, dan 2017 menjadi 0,11JCC+2,3.

    Dengan asumsi harga JCC 100 dolar AS per barel, maka harga gas ke Fujian menjadi delapan dolar/MMBTU pada 2014, lalu 10,3 dolar pada 2015, 12 dolar pada 2016, dan 13,3 dolar pada 2017.

    Harga yang berlaku mulai 2018 hingga akhir kontrak pada 2034, memakai formula 2017.

    Namun, harga Tangguh ke Fujian setelah 2018 bisa berubah dan tergantung hasil renegosiasi nanti.

    Dengan hasil kesepakatan 20 Juni tersebut, maka harga rata-rata LNG ke Fujian antara 2014-2034 menjadi 12,8 dolar/MMBTU.

    Sementara, penerimaan negara akan meningkat dari sebelumnya hanya 5,8 miliar dolar AS menjadi 20,9 miliar dolar sampai 2034.

    Jero juga mengatakan, pihaknya sedang merenegosiasi harga Tangguh ke Korea Selatan.

    “Sudah hampir berhasil. Dalam dua minggu ke depan, akan kami umumkan,” ujarnya. (*)

    •  

      Salam persatuan dan kesatuan ………

      Alhamdulillah…. keterbukaan era komunikasi sekarang memungkinkan masyarakat luas bisa segera mengetahui hal hal yang berkaitan dengan keputusan keputusan strategis yang telah diambil oleh Pemerintah , dan sudah menjadi info global ……..

      1kg LNG = sekitar 50.000 BTU ( British Thermal Unit ) …
      1 mmBTU = 1 juta BTU.
      1kg LNG = 0,95 liter ( pembulatan = 1 liter ) ……
      Jadi 1 liter LNG = 50.000 BTU ……
      1 mmBTU = 20.liter LNG = 8 US$
      20 liter LNG = sekitar Rp.94.000,
      1 liter LNG = Rp. 4.700,-

      sekedar informasi,….. harga LNG Internasional saat ini sudah mencapai
      sekitar US$ 16 / mmBTU ….. atau setara Rp.9.400 / liter LNG …………….

      artinya kita masih mendapatkan harga 50% dari harga nornal …………… inipun wajib kita syukuri, dan apresiasi karena ada hal progress + , daripada harga awal yang hanya US$ 3,3 / mmBTU …… atau hanya 20% dari harga normal ……….. hmmm ….. ngelus dodo // ngelus dada dalam dalam ………………..

      semoga pemerintahan kedepan bisa dinego ulang minimal 75% dari harga pasar dunia …. dan tiongkok kulak,an ke indonesia sudah dikasih untung 25% ….. aturan mereka masih mau ….

      mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian ini, mohon koreksi pada para sesepuh warjager ………

      Salam Nusantara Agung

  23.  

    “(Kalo mental bangsa kita seperti sekarang cuma hitler yang cocok jadi presiden Indonesia. Hidup hitler hidup fasisme)”
    Bung @sukro percuma berharap ame hitler..sang fuhrer udh kaga ade makamnye aje kaga ade nyang tau dimane..hee
    tolong babar dimari dong kekurangan ame kelebihannya klo ntu fasisme diterapin di indonesia??
    Maaf pertanyaan tukang sapu kurang berbobot..
    Tulung di jawab yee pertanyaan ane biar ade nyang nemenin nyapu nih

  24.  

    12,5 Triliun per tahun , itu baru dengan fujian china belom yang lain , saya gak heran jika indonesia punya kapal selam lebih dari 15 karena 1 deal saja harga minyak nya segitu , belom ditambah harga komoditi lainya . Yayayaya

    •  

      Jika dengan harga nego baru US$ 8 / mmBTU ( 50% harga pasar Internasional ), dalam 1 tahun pemerintah NKRI akan mendapat pemasukan sekitar Rp.12,5 Trilliun ( ada penambahan Rp. 9 Trilliun ) …. maka jika saja kita dapat harga penuh 100% harga pasar internasional sekitar US$ 16 maka kita kehilangan potensial penghasilan Rp.12,5 Trilliun / tahun …….. hmmmm …… setidaknya bisa untuk beli Pesawat tempur 1 skuadron …….. atau bisa bikin KCR 60 sebanyak 25 KCR ( @ 500 milliar rupiah ), atau bisa nambah 1000 anoa all varian …..

      Mohon maaf,…. hanya sekedar pemikiran sederhana saja ……… jawel Bung Satriyo, Bung Diego, Bung Yayan, Bung PS, dll…dll

  25.  

    katax indonesia bangkit,,n indonesia hebat,,dalam kepemimpinan 2 periode pak sby,semua itu udah terjadi loh,,harusx capres yg baru punya slogan yg kreatif dkt donk”INDONESIA JAYA”kek biar mantep..hehehe

  26.  

    hahahahaha…nda usah sensi mas,bulan puasa loh…sy tanya balik ke sampean apa saja yg dilakukan megawati untuk memperbaiki ekonomi indonesia.?sy setuju dgn bung satrio yg paling berjasa sebenarnya adalah pak habibie,.

    •  

      Di era habibie, undang2 yang berhasil direalisasikan sangat banyak, hanya dlm waktu setahun kepemimpinan beliau, dan ada kabar dari kenalan sy, ketika ikut lelang pembelian Indosat, dipanggil oleh Laks Su di Singapore, intinya Wani Piro…..berapa anda bisa kasih ke kami……akhirnya kenalan saya mundur dari ikut lelang tsb……(this true story)…

  27.  

    Harga pasaran USD 16, klo USD 8 bru separuh nya…

    •  

      betul bung Jejaka Tingkir …………….

      Salam persatuan dan kesatuan ………

      Alhamdulillah…. keterbukaan era komunikasi sekarang memungkinkan masyarakat luas bisa segera mengetahui hal hal yang berkaitan dengan keputusan keputusan strategis yang telah diambil oleh Pemerintah , dan sudah menjadi info global ……..

      1kg LNG = sekitar 50.000 BTU ( British Thermal Unit ) …
      1 mmBTU = 1 juta BTU.
      1kg LNG = 0,95 liter ( pembulatan = 1 liter ) ……
      Jadi 1 liter LNG = 50.000 BTU ……
      1 mmBTU = 20.liter LNG = 8 US$
      20 liter LNG = sekitar Rp.94.000,
      1 liter LNG = Rp. 4.700,-

      sekedar informasi,….. harga LNG Internasional saat ini sudah mencapai
      sekitar US$ 16 / mmBTU ….. atau setara Rp.9.400 / liter LNG …………….

      artinya kita masih mendapatkan harga 50% dari harga nornal …………… inipun wajib kita syukuri, dan apresiasi karena ada hal progress + , daripada harga awal yang hanya US$ 3,3 / mmBTU …… atau hanya 20% dari harga normal ……….. hmmm ….. ngelus dodo // ngelus dada dalam dalam ………………..

      semoga pemerintahan kedepan bisa dinego ulang minimal 75% dari harga pasar dunia …. dan tiongkok kulak,an ke indonesia sudah dikasih untung 25% ….. aturan mereka masih mau ….

      mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian ini, mohon koreksi pada para sesepuh warjager ………

      Salam Nusantara Agung

  28.  

    Entah ada apa dgn Megawati sampai2 sumber penghasilan negara dijual semurah itu.

  29.  

    nah yg kaya gini yg kita karungin, lalu kita minta jaga perbatasan laut dalam kita bersama ikan…

    laut flores dan laut banda lah……………
    jamin orang nya ga nongol lagi, asal karung nya jgn lupa di kasi pemberat..

  30.  

    pelajaran luar biasa mahal untuk presiden dan menteri2 RI ke depan hingga akhir jaman;

    jika ingin membuat kontrak penjualan apapun dengan negara lain, jangan pernah mau jika diusulkan pasang P R I C E C A P !

    (yang masih melakukan, amat sangat tidak cocok memimpin ratusan juta manusia, mending merumput aja di lapangan bareng kerabat, …para keledai)

  31.  

    kalau saya jadi presiden nanti bapak2 investor china saya kasih harga murah untuk SDA indonesia, silahkan bapak2 bantu saya untuk memenangkan Pilpres ini,

  32.  

    Saya juga bung..

    Pak SBY maaf saya suudzon kepada anda.
    Mungkin saya dulu kebanyakan nonton Metro mini.

  33.  

    Bung@sukro anda jgn menjelekkan islam,apa yg dilakukan orang yg menyatakan islam tetapi tdk sesuai ajaran islam jgn islam yg disalahkan.hukum islam jika ditegakkan akan memberi kemakmuran dan keadilan bagi orang islam dan non islam.sudah terbukti dizaman kekhalifahan dulu.hanya saja jika diterapkan para mafia jd kismin bung.jurang kemiskinan yg dalam hanya ada pd sistem kapitalisme.fasisme blm pernah diiterapkan secara penuh dan blm terbukti.italia saja yg dulu fasis sekarang kapitalis,buat apa coba coba dng sistem yg blm terbukti.indonesia ini sebenarnya negara yg tdk layak miskin.yg ada adalah pemiskinan terstruktur.negara ini salah urus.melalui age agen di indonesia mereka mengatur agar kekayaan indonesia mengalir keluar.kita harus berani sebab apa yg seharusnya milik kita harus jd milik kita.katakan pada dunia.dulu kita berani berkata ‘tidak’untuk penjajahan.sekarang zaman penjajahan ekonomi. Semoga tulisan saya bermanfaat.

  34.  

    Dengan Keberhasilan Renegosiasi tsb.,,kita ucapakan Alhamdulillah 3x..memang harga jualnya dulu sangat sangat murah..atas keberhasilan renegosiasi merupakan prestasi bagi pejabat terkait trsmk Panglima Tertinggi kita..dan juga merupakan berkah bagi bangsa Indonesia umunya..salam NKRI harga mati !!!

  35.  

    Ijin nyimak!

  36.  

    Salam hormat dan terikasih kepada Bpk Presiden SBY. Yang telah membangun. Pondasi NKRI untuk menjadi negara. Yang maju dan besar. Yang melindungi seluruh. Rakyat. Indonesia sesuai amanat Pembukaan UUD 1945

  37.  

    ini bukan prestasi pemerintahan SBY…..krna klausul renegosiasi sdh tertera dalam kontrak sebelumnya pd era Megawati 😀 ………bener gk ya?????

  38.  

    Kalau saya lihat diskusinya sudah mulai melenceng, semua pada mengaku si ini berhasil, si itu berhasil. Mendingan kita lihat masalah kebijakan diatas dan kritisi atau langkahnya seperti apa, bukan cuman promosiin si ini berhasil dan si itu gagal. Lalu ada kampanye hitam disini, ok saya kasih sedikit clue. Mudah2an bisa membuka tabir, Ron Mueller, mantan timsesnya Presiden ASU saat itu, George Walker Bush diindikasi menjadi penasehat salah satu Capres. Silahkan dimaknai sendiri, dan silahkan cari infonya. 🙂

  39.  

    om udah baca kontraknya ya?

  40.  

    bagaimana bung diego?..artikel bung gayus naik tajuk ini. monggo!? jadi materi baru pencerahan keluarga warjag..

    •  

      setuju bung blaze
      ni artikel bisa menambah rasa bangga kita pada NKRI .
      saya sering main di kali brantas belakang rumah akses menuju ke dhoho kediri disitu saya sering menemukan uang kepeng cina dan voc di dasar kali

    •  

      Ternyata 8 abad yang lampau Indonesia melalui Majapahit pernah menjadi pembebas dunia walaupun secara tidak langsung. Mengakhiri teror kerajaan Mongol selama berabad-abad sebelumnya.

  41.  

    masa kejayaan dipergilirkan, atlantis–>Yunani–>Persia–>Romawi–>Arab–>monggol–>Eropa–>Amerika–>ISIS indonesia mybe

 Leave a Reply