Jan 122016
 

Kapal LCS, USS Independence

Washington – Arab Saudi menolak tawaran US Navy untuk membangun empat frigat berdasarkan desain Littoral Combat Ship (LCS), Lockheed Martin, namun sumber akrab dengan situasi ini mengatakan, langkah Arab Saudi itu dianggap bagian dari negosiasi atas harga dan jadwal, bukan penolakan terhadap keseluruhan kesepakatan.

Arab Saudi telah menanggapi Letter of Offer and Acceptance (LoA), tanggal 22 November 2015 dari Amerika Serikat, yang berisi rincian lebih spesifik dari kesepakatan, yang diumumkan oleh Departemen Luar Negeri AS pada 20 Oktober 2015.

Kapal yang dikenal sebagai Multi-Mission Surface Combatant (MMSC), akan dibangun berdasarkan desain LCS tapi dipersenjatai dengan rudal permukaan-ke-udara dan sistem tempur yang lebih kuat lainnya. MMSC adalah elemen terbesar dari Program Penguatan Angkatan Laut Arab Saudi kedua (SNEP 2), upaya besar untuk mengganti dan memodernisasi armada kerajaan di wilayah timur yang beroperasi di Teluk Persia.

Sementara Armada barat negara Arab Saudi, yang berbasis di Laut Merah, disediakan terutama oleh Prancis.

Kapal LCS, USS Independence

Kapal LCS, USS Independence

SNEP 2 memiliki rencana membangun empat kapal perang permukaan yang lebih besar – MMSC – bersama dengan enam kapal korvet berukuran lebih kecil, dan mengunakan helikopter Sikorsky MH-60R Lockheed Martin. Anggaran sebesar 1,9 miliar USD untuk kesepakatan pembelian helikopter diumumkan pada bulan Mei. Sejumlah kapal dan pesawat yang lebih kecil juga berada dalam rencana.

Negosiasi telah berlangsung antara AS dan Saudi atas paket MMSC, yang meliputi senjata, logistik, pelatihan dan layanan lainnya. Saudi menolak tawaran terbaru pekan lalu, ujar seorang sumber.

Kabarnya, Saudi menolak keras label harga yang ditetapkan untuk paket MMSC – lebih dari $ 3 miliar tapi kurang dari $ 4 miliar – dan tidak senang dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses detil pembuatan kapal, termasuk jadwal menginstal perbaikan infrastruktur di kerajaan Arab Saudi.

Salah satu sumber mengatakan, waktu untuk menyerahkan kapal pertama akan terjadi sekitar tujuh tahun, dan Arab Saudi menilainya berlebihan.

Menurut seorang sumber, AS akan datang kembali dengan counteroffer.

Sumber mengatakan, sikap Arab Saudi ini tidak terkait dengan kebijakan Menteri Pertahanan AS Ash Carter, 14 Desember 2015, yang memangkas pemesanan kapal oleh US Navy, dari 52 menjadi 40 kapal, dan mengurangi jumlah pembangunan tiga kapal per tahun, menjadi rata-rata 1-1-1-1-2 per tahun, selama lima tahun ke depan.

Angkatan Laut AS diharapkan menyertakan rincian mereka pada anggaran fiskal tahun 2017 yang diserahkan ke Kongres pada bulan Februari 2016.

Sumber mengatakan bahwa pengurangan pesanan dari militer AS, benar-benar bisa membantu rencana pembangunan untuk Arab Saudi, karena akan lebih mudah untuk memasukkan kapal Arab Saudi kejadwal konstruksi di Lockheed Martin.

Saudi ditaksir akan menghabiskan lebih dari $ 16 miliar untuk program SNEP 2. Tapi dengan pendapatan minyak yang turun dan konflik di Yaman berubah menjadi urusan yang panjang dan berlarut-larut daripada yang dibayangkan, tidak jelas bagaimana komitmen pemerintah terhadap rencana modernisasi angkatan laut mereka.

Defensenews.com

  15 Responses to “Negosiasi Pembangunan 4 Kapal LCS Arab Saudi, Alot”

  1. Kapal LCS Yang Sarat Dengan Teknologi Terkini

  2. Petralite

    Yonhap pasti bilang “Moncer ini barang”
    Tapi tidak tahunya ditolak mentah2 sama sekutu dekatnya arab saudi. Salesnya si yonhap sih niat mau jual barang, rupanya ngirimnya 7 tahun kemudian. Emangnya kredit motor dengan barang coming soon. 7 tahun boleh dicicil tidak ? Hahaha….ngarep.com

  3. pal bisa

  4. Model kapalnya kyk gerobak air, tidak ada kesan hebat2 nya sama sekali. Kecuali punya fiture stealth pasti banyak yg beli. Mending beli LPD kita tinggal disesuaikan keinginan , ada uang semua pasti beres.

  5. 1 fregat selesai dalam 7 tahun ??? wow,… pantes kesel Arab Saudi,… mending alihin aja ke PT PAL,…

  6. Biasa, dikadalin terus sama amrik. Sedot minyaknya, ambil keruk uangnya! Soal kualitas, beda2 tipis sama iran tapi jelas hrs di bawah israel. Dan waktu kirimnya …… gak janji deh!

    Buat arab saudi, banyak2 lah bersyukur dan jangan sombong. Minyak bukan segala2 nya!

  7. kapalnya keren.. ada lapangan badminton’y…

  8. manani kapal trimaran kita…sudah jadi blom?

 Leave a Reply