Apr 222017
 

Kapal China eksplorasi bawah air di Anambas, Natuna

Natuna – Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap dan mengamankan Kapal asing berbendera China yang diduga melakukan eksplorasi bawah air ilegal di perairan Anambas, Tarempa, Natuna, (20/4/3017).

Kapal asing berbendera China ditangkap oleh Tim Western Fleet Quick Response (WFQR)-4 Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa di sebelah barat Pos Angkatan Laut (Posal) Jemaja, Letung, kurang lebih berjarak 45 mil. Kapal bernama Chuan Hong 68 berbobot kurang lebih 8352 GT dengan jumlah crew kapal 20 orang terdiri dari 16 WNA China, 3 WNA India dan 1 WNA Malaysia.

Saat diperiksa oleh Tim WFQR-4 Lanal Tarempa, di dalam Kapal Chuan Hong 68 ditemukan muatan barang-barang berupa besi dan tembaga campuran dari bawah laut dengan berat kurang lebih 1000 ton.

Koarmabar tangkap kapal China yang lakukan eksplorasi bawah air di Anambas, Natuna, Kepri

Adapun pelanggaran yang dilakukan diantaranya, kapal tidak dilengkapi dokumen resmi dari Kemenhub dan Kementerian KKP untuk eksplorasi bawah air dengan dugaan pengambilan barang-barang berharga di bawah air/ BMKT dan pengangkatan kerangka kapal. Selain itu, kapal beserta ABK tidak dilengkapi dokumen yang sah, kapal tidak mengibarkan bendera Indonesia saat bekerja di wilayah perairan Indonesia dan nakhoda tidak ada diatas kapal.

Berdasarkan pelanggaran itu, Tim WFQR-4 Lanal Tarempa mengambil tindakan tegas dengan mengamankan dan menghentikan kegiatan operasional kapal serta mengamankan ABK-nya dan dikawal menuju Posal Letung, Lanal Tarempa.

Dispen Koarmabar.

Bagikan Artikel:

  87 Responses to “Nekad, Kapal China Eksplorasi Bawah Air di Anambas, Natuna”

  1. tangkap

  2. dasar maling

  3. Tenggelamkan!!!!

  4. tenggelamkan…

    bareng abk nya…

  5. Turut …. Prihatin

  6. mana menteri Minerba ayo masa kalah koar2 sama bu susi perempuan loh. ente laki2 dibayar ratusan juta perbulan plus fasilitas mahal… mana suara mu hai pak meteri ? ayo serang CHINA yang dah kelewatan batas. angkat di forum internasional bila perlu ikut cara bu susi pak. kalau dibiarkan CHINA semakin merajalela seperti penyakit RADANG SINGA alias sifilis.

    • Serang china?.. pake logika dong? Saat ini malah china yg akan nyerang indonesia….krn mrk tau kekuatan indonesia spt apa? Bila dibandingkan dgn kekuatan mrk, indonesia blm pantas perang dgn china!!! Urungkan niat ente tuk nyerang china jika msh ingin nikmatin nasi goreng seafood dan sambal balado, sate kambing dan nasi rawon, rendang dan sambal ijo nya…xixixi knp jd jualan yah…xixixii

    • @mabok35

      Coba dibaca dulu artikele….perijinan dan pengawasan kapal survey berada di kementrian perhubungan dan kkp.

      Yang dicuri juga muatan kapal yang tenggelam.

      Bagian mana sih bung yang ada hubungannya dg esdm?

    • ente udah marah2, salah alamat lagi,

      setiap pelaksanaan kegiatan pekerjaan bawah air harus mendapat izin kegiatan pekerjaan di bawah air terlebih dahulu dari instansi yang berwenang dalam hal ini Direktur Jendral Perhubungan.

  7. Ledakan…

  8. china kali ini sudah bener2 deh abis kesabaran kita, apa maunya PERANG dengan NKRI ayo pak jokowi kabinet mu semuanya lemah. cuma pak jokowi yg bisa diandalkan. menteri2 mu melempem tahunya cuma nikmati gaji malah doang.

  9. Barang bekas di dsr laut Indonesia dicuri kemudian di bw ke negaranya.. diproses dan dibentuk disana mjd barang baru yg sama sekali berbeda bentuknya dgn bentuk awal sewaktu di angkat dr lautan..

    Kmudian barang tsb dikembalikan lg ke Indonesia dgn harga menawan.. alias dijual ke Indonesia..

    Spt org nyuri telor mentah di rmh bu rt yg semlohai..
    stlhnya telor mentah di masak jd matang dan dijual lg ke bu rt..

  10. Ada yang ngangon…cari tukang angonnya…

  11. Tapi diberita bu Susi dan stake holder lainnya memberi pernyataan klu kapal ditinggal setelah abknya dibawa kepos oleh aparat, dan KRI dikirim untuk mengambil kapal tsb dan ternyata kapal sudah tidak ada ditempatnya diperkirakan sudah berada diperairan Internasional, berarti ada kongkalikong kan?

  12. lebih rame lg klo yg dicuri celana dalamnya bu rt…
    hiii…hiii…

  13. Wah…Stepen nih yg rese…sikat pa haji

  14. Mudah2an segera diproses…bila lepas petugasnya yg diproses hingga pensiun dini.

  15. Duh..kapalnya ilang……padahal sdh menjadi viral…. Ngga tahu nih SOP penangkapannya gimana ya Bu Susi…?

    • Kapal yg udah ditenggelamkan oleh bu susi, skr mau diangkut lg oleh china utk bahan pembuatan kapal induk china ketiga…xixix

  16. kapal ini melarikan diri…
    pas tim WFQR membawa WNA, trus KRI mw mrapat kapal cina tsb nya d larikan

  17. bakar ..trus sate kasih ke koruptor..suruh makan

  18. Test

  19. Saya rasa tidak seharusnya CHINA melakukan itu kepada indonesia. NKRI selain menjadi bagian dari ASEAN yang beranggotakan negara tetap di PBB. tidak sesuai dengan prinsip COC code Of Conduct.

    China tidak menghargai Indonesia sebagai teman, perlu pernyataan keras supaya kejian ini jangan sampai terulang kembali.

  20. Nah lho…. ini bukan NEKAD…. ini LOGIS bagi chinten yg selama ini mengklaim perairan Natuna sbg wilayahnya…. cuma pemerintah Indonesia selama ini nampaknya mshterbuai dg pengakuan chinten bhw Natuna adalah milik Indonesia… tp tdk dg perairannya…. masihkah pemerintah Indonesia bersikeras dg mengatakan bhw Indonesia adalah Unclaimed country….??? dr banyak kejadian yg stlh d lakukan tindakan oleh Indonesia selalu mendapat protes dr chinten… sdh brp kali chinten katakan bhw perairan Natuna adalah wilayahnya…

  21. Melempen, sama cina harus tejas gabisa f16v paling banter sukro !

  22. Penduduk China komunis kerjaannya maling,jual narkoba,makar,adu domba dll……hayaaaa

  23. Kapal selam china sudah keluar masuk indonesia hahaha

  24. ILMUNYA TINGGI BISA NGELUNCURIN PESAWAT KARGO ANTARIKSA KOK MASIH MALING

    XAXAXAXAXA

  25. berani gak STOP beli produk Cina? :p

    • KAGAK BAKALAN BERANI BEGITUPUN MBAH BOWO YG SUKA JAJAN AMOY

      XAXAXAXA

      • Busyet Ngeri Amat Mbah Bowo… Tua2 Masih Suka Jajan Amoy…

        • Ssssshhh, jangan ngeres dulu kawan jim…

          “Amoy” itu merek sosis kesukaan mbah bowo…maklum sudah ompong jd sukanya yang empuk-empuk dan bisa diemut, xixixi

          • kalau empuk2 begitu ya Bakpao
            lagian mana ada sosis rasa susu merk Amoy disini
            kalau di Thailand si banyak

          • @anu

            Saya bisikin aja bung anu…sebenarnya mereknya “amoh” bukan “amoy” !!!

            Toh mbah bowo gak lulus kejar paket-A kok….xixixi

  26. Tetep harus di tindak tegas, kapal ini masih kemungkinan milik perusahaan swasta , meski dari cina kita tidak perlu ragu untuk menghukum mereka..!!!

  27. Bawa kapalnya di tempatkan di museum Bahari…

  28. foto2 abk nya dan barang rongsokanya kok gada yah,. publikasikan dong bung, byar internasional menilai kegiatan mereka..
    (bila masuk kategori pencurian di perairan, brati bu susi harus tampil, dgn kata ”TENGGELAMKAN”).
    termasuk ga yah,?

  29. malon masih berani nyuri yaaaaa. wtf lon

  30. Cina, udah tabiat memang, sejak lahir, semuanya, komunis, baaahhaangkeeee

  31. RRC bodoh. Tidak tahu cara merebut hati indonesia

    taunya cuma ngajak berantem.

    #bukan komen rasis

  32. xixixi kucing di atas ngeong nya apada aneh ,…kayak lagi pengen….kaburrrr xixixi

  33. malon usil ya,…
    lempar pakai pisang…

  34. Semoga diproses sesuai dengan hukum yg berlaku…

  35. Kapal dan besi nya dijual sama bang bakul rosok besi Madura ajah … Lumayan utk beli kopi dan solar xixixi

  36. Ahhh masaaa yg diangkat rongsokan besi ??? aneh !!!
    biaya operasional kapal se gede gitu sdh pasti mahal, gak imbang dg pendapatan jual besi rongsok

  37. Tess

  38. Anak buah Xi Jinping … china kampret ….maling tengik … perlu KRI 5 BUAH di batas terluar ZEE sama kawalan pernik burung merak … di salvo aja bos pake yakont tanpa pengamanan abk …

  39. Pemburu harta karun

Orang Bijak Isi Komentar :