Jun 112016
 

Kapal nelayan tiongkok kembali berulah dengan melakukan pencurian ikan di lepas pantai barat. Kondisi ini menyusul keluhan yang dilaporkan oleh banyak nelayan Korea Selatan karena banyaknya penyimpangan yang dilakukan kapal nelayan China di perairan itu.

Akibat ulah kapal tiongkok itu, Korea Selatan (Korsel) dan pasukan Komando PBB memulai patroli gabungan untuk menghentikan praktik illegal fishing yang sering terjadi di lepas pantai barat. Patroli bersama ini diluncurkan menyusul nelayan Korsel yang berhasil menyita dua kapal penangkap ikan China yang melakukan praktik pencurian dan kemudian menyerahkannya ke pihak berwenang.

Demi keamanan perairan pantai barat, pihak Angkatan Laut dan polisi air Korea Selatan bergabung dengan Komando PBB untuk berpatroli di sekitar 60 km sepanjang perairan di muara Sungai Han yang membentang hingga ke perairan antara Korsel dan Korea Utara.

“Angkatan Laut kami, penjaga pantai dan Komando menyiapkan polisi militer untuk meluncurkan operasi mengusir kapal-kapal nelayan Tiongkok,” kata pejabat Kementerian Pertahanan Korsel, seperti dikutip Reuters, Sabtu (11/6).

Anggota tentara Korea Selatan, polisi maritim dan Komando pasukan PBB mengambil bagian dalam operasi bersama untuk menjaga kapal nelayan Cina dari beroperasi secara ilegal di lepas pantai barat,(foto Yonhap via REUTERS)

Anggota tentara Korea Selatan, polisi maritim dan Komando pasukan PBB mengambil bagian dalam operasi bersama untuk menjaga kapal nelayan Cina dari beroperasi secara ilegal di lepas pantai barat,(foto Yonhap via REUTERS)

Menurut Kepala Staf Patroli Gabungan, terdapat lebih dari 10 kapal China yang kedapatan melakukan praktik pemancingan ilegal di muara Sungai Han pada Jumat, namun seluruh kapal berhasil melarikan diri ke sejumlah daerah dekat pantai Koret sejak patroli Korsel-PBB diluncurkan.

Praktik Pemancingan ilegal marak terjadi di perairan yang dekat Garis Batas Utara, perbatasan maritim yang disengketakan dengan Korut. Di perairan ini pernah terjadi bentrokan angkatan laut antar Korsel dan Korut dan juga konfrontasi kekerasan antara polisi air Korsel dan kapal nelayan Tiongkok.

 Kapal patroli Korea Selatan melakukan operasi untuk mengusir kapal nelayan Cina ilegal dari perairan dekat perbatasan laut yang disengketakan dengan Korea Utara (Foto Agence France-Press)


Kapal patroli Korea Selatan melakukan operasi untuk mengusir kapal nelayan Cina ilegal dari perairan dekat perbatasan laut yang disengketakan dengan Korea Utara (Foto Agence France-Press)

Korea Selatan sudah berulang kali melaporkan keluhan soal pemancingan ilegal kapal ikan Tiongkok. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korsel, Cho Joon-hyuk, mendesak Tiongkok untuk segera bersama-sama menangani permasalahan ini. Namun Hingga kini, belum ada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri Tiongkok terkait hal tersebut. (marksman/ sumber metrotvnews.com dan cnnindonesia.com)

Bagikan:

  34 Responses to “Kapal Korsel dan PBB Patroli Bersama Halau Kapal Tiongkok yang Gemar Mencuri Ikan”

  1.  

    dirudal saja kapal tiongkoknya.

  2.  

    Wooo

  3.  

    Kapal tiongkok yg “gemar mencuri” ikan…

  4.  

    Hantam pake rudal anti kapal “dong munyuk” versi apgret dong Feng.. kwakwakkwak..

  5.  

    Pantas di Korea harga ikan mahal dibanding ayam ternyata ikan langka dicuri nelayan Tiongkok. Sialan !!

  6.  

    Kok ada armadanya PBB yg dsana??

  7.  

    nggak di tempel coast guard china…

  8.  

    Mungkin karena sekjen PBB ,orang korea.!
    Ngomong ngomong kapan PBB patroli dengan indonesia di natuna.!kapan ,sri??

  9.  

    China di mana aja kelakuan nya memang maling, apalagi di LCS. Perairan zee kita aja diklaim sbg tempat tradisional mancing mrk.

  10.  

    Hahahaa.. seneng dgn kata “gemar” dlm judul..

    Gemar = senang = suka = hobi.

    Gemar mencuri = senang mencuri = suka mencuri = hobi mencuri.

    Klo di Indonesia mencuri adlh krn tuntutan idup.. klo jauh disana mencuri adlh krn kegemaran/hobi..

  11.  

    DI SITU DAERAH KONFLIK DEKAT KORUT,MAKANYA ADA PASUKAN PBB.
    HATI2 BUNG NEMBAK/HANTAM KAPAL NELAYAN CHINA PAKE RUDAL NTAR NYASAR KE KAPAL PERANG KORUT KIM JONG UN MELEDUK PERANG DUNIA DAH

  12.  

    tingal tetangga sebelah yang belum beraksi,apa perlu disuport mental agar terlihat lebih berani atau bahkan lebih jaguh.jadi tidak terlihat hanya besar mulut saja.

  13.  

    Kita perlu tiru itu.. Patroli bareng pbb… Terlihat resmi dan punya pengakuan international… Jadi Ada saksi nya Kalo Ada insiden
    ..

  14.  

    Yang saya soroti gambar boatnya.

    Itu ujungnya kok ada jagungnya ya ?

    Jadi laper nih pingin jagung.

  15.  

    Hihi hii..mo komen jagung td malu2,gak taunya malah ada yg sefikiran.. Jd ikut laper jg.

  16.  

    Hihi hii..ternyata ada yg sefikiran jg akhirnya dg jagung.

  17.  

    Colibri ini Malaysia hatters banget norak artikel apa komen apa Jaka sembung

  18.  

    kwak kwaakk kwaaakkk

  19.  

    Kirain reng artinya goreng..

  20.  

    Korea sampai gandeng PBB buat halau kapal nelayan cina.Mungkin takut ditabrak cost guard cina.
    Tau kan betapa hebatnya Indonesia.Bukan cuma dihalau tapi ditangkap trus diledakkan pula,y meskipun terkadang dilepas gara2 kalah dipersidangan.*Kami tidak takut

  21.  

    Itu jenis Corn-Boat kerjasama Korea Selatan dengan negara mana ya?

  22.  

    Negara yg memang jago dagang, copy paste, dan juga nyolong tapi dgn menghalalkan segala cara

  23.  

    Begitupun cina2 di Indonesia dlm usahanya menghalalkan segala cara, seperti mencuri pajak, listrik, air bahkan hak karyawan dan keringat karyawan, dll ……….. !!!

  24.  

    d maklumi aj … byk mulut yg hrus mkn … cina kampretttt …

  25.  

    Lu beradu kecersasan juga bakal kalah…kalah ama pisang..wakakaka..beruggg beruggg…

  26.  

    Ras malodon memang bangsa paling terhormat sekolong langit…tapi langitnya sebesar tempurung…
    sudah lama saya gak makan daging malodon..sini lu gue sate…

  27.  

    Sabah merdeka itu harus bung kita dukung..hhehe gak nyambung ya…
    Salam..

  28.  

    makanya latihan penembakan rudal C802 dan C705 tu diadakan di laut Natuna, plesetkan satu buat kapal coast guard china dan satu lagi buat kapal nelayan (AL china) kalau berhasil tenggelamkan mereka berarti rudalnya bagus, bilang saja rudal melenceng dari jalur tembakan karena kesalahan teknis, cuma keluarkan pernyataan minta maaf dan berduka cita cukup sudah seperti yang dilakukan oleh AL Taiwan, ternyata setelah kejadian rudal salah sasaran ndak ada kapal nelayan dan coastguard cina yang berani memasuki perairan Taiwan…..kadal lawan kadal….patut ditiru ndak ada salahnya belajar dari pengalaman negara lain

 Leave a Reply