Jan 122019
 

Pesawat udara nirawak nEUROn buatan Dassault Aviation © Eurocopter Tigre via Wikimedia Commons

JakartaGreater.com – Demonstran teknologi UCAV (kendaraan udara tanpa awak) siluman multi-nasional nEUROn baru-baru ini melakukan penerbangan ke 150 sejak pertama kali mengudara pada 1 Desember 2012, seperti dilansir dari laman AIN Online.

Wahana udara tersebut saat ini sedang melaksanakan kampanye uji penerbangan nasional keempatnya, yang ditujukan terutama untuk menilai kemampuan radar dan sistem sensor lainnya untuk mendeteksi dan melacak pesawat kelas ini.

Kampanye saat ini dimulai pada bulan November, sedang dilakukan oleh Direction Générale de l’Armaments (DGA) Prancis, yang mana bertindak sebagai manajer program atas nama konsorsium multi-nasional, dengan bantuan dari Dassault, pemimpin industri. Mitra lain terdiri dari Yunani (HAI), Italia (Leonardo), Spanyol (Airbus Defense & Space), Swedia (Saab) dan Swiss (Ruag).

Tes penerbangan sedang dilakukan dari situs pengujian DGA di Istres, selatan Prancis. Pada akhir Desember, Neuron diterbangkan melawan dua pesawat tempur Eurofighter Typhoon dari Ejército del Aire (EdA alias Angkatan Udara Spanyol), yang dikerahkan ke Istres untuk serangkaian uji coba pencegatan udara-ke-udara, menilai kemampuan pendeteksian UCAV terhadap radar Typhoon dan sensor pencari dan pelacak inframerah serta seeker pencitraan inframerah IRIS-T dari rudal udara-ke-udara.

Jet tempur Rafale-M dan drone nEUROn melintas di dekat kapal induk Charles de Gaule © Dassault Aviation

Typhoon dari Ala 11 dioperasikan selama uji coba atas nama Centro Logístico de Armamento y Experimentación (CLAEX, pusat logistik dan senjata eksperimental) EdA. Kampanye uji coba berlanjut pada 2019 dan diperkirakan akan melibatkan nEURO melawan pertahanan kapal perang Angkatan Laut Prancis, termasuk kapal induk Charles de Gaulle.

Dassault berhasil melakukan uji terbang awal nEUROn, dan selama waktu itu demonstran UCAV terbang dalam formasi unik dengan Falcon 7X dan juga Rafale. DGA mengasumsikan manajemen uji terbang mulai 31 Oktober 2014, kampanye awal tersebut berakhir pada 26 Februari 2015.

Tanggal tersebut juga menandai penerbangan ke-100 nEUROn. Akhir tahun 2015 itu, UCAV diterbangkan di Decimomannu, Sardinia untuk uji sistem optronic dan siluman pemerintah Italia, dan kemudian di Vidsel, Swedia untuk uji coba pengamatan rendah lebih lanjut dan pelepasan senjata pertama dari weapon bay pada tanggal 2 September. Dan akhir bulan itu, nEUROn telah terbang sebanyak 123 kali.

uji penerbangan drone tempur nEUROn buatan Prancis © Dassault Aviation

Kampanye baru berlangsung pada tanggal 17 Mei 2016, termasuk studi tentang UCAV yang beroperasi di lingkungan maritim, bekerja dengan Charles de Gaulle. Pada awal 2017 drone nEUROn ambil bagian dalam uji coba pengukuran jejak elektro-magnetik di fasilitas DGA Maîtrise de l’Information (manajemen informasi) di Bruz, dekat Rennes.

Bagikan: