“Next Super Fighter” US Air Force adalah Boeing F-15X

JakartaGreater.com – Dave Majumdar, analis militer dari majalah National Interest telah menempatkan skeptisisme Angkatan Udara Amerika Serikat (US Air Forces) dengan lebih terus terang: “Sungguh menakjubkan promosi penjualan Boeing ini ditelan oleh hook, line, dan sinker oleh pertukaran pers. USAF tidak akan pernah membeli jet ini. Tidak ada gunanya berada di dalam wilayah udara yang sangat dipertahankan jika kita berurusan dengan kekuatan militer mana pun”.

Bersiaplah: Departemen Pertahanan A.S. sedang mengincar varian baru dari F-15X Advanced Eagle untuk menguasai langit, pembelian pertama oleh militer AS atas pesawat bersejarah dalam lebih dari 15 tahun.

Bloomberg Government, melaporkan bahwa Pentagon berencana meminta anggota parlemen menyediakan anggaran sebesar $ 1,2 miliar untuk mendapatkan 12 unit pesawat tempur Boeing F-15X Advanced Eagle sebagai bahagian dari permintaan anggaran tahun 2020-nya. Permintaan ini, jika disetujui, akan menjadi pembelian F-15 pertama Angkatan Udara AS sejak tahun 2001, ketika ia membeli beberapa varian F-15E Strike Eagle.

Varian yang diusulkan dari jet tempur generasi ke-4 berusia 45 tahun, yang mana keberadaannya pertama kali dilaporkan oleh Defense One di bulan Juli, dijelaskan oleh The War Zone sebagai produk dari penyelidikan “tenang” kepada Boeing dan Lockheed Martin mengenai pesawat tempur baru bahwa itu “dapat dengan mulus menyambung ke infrastruktur tempur udara mereka yang ada sebagai bagian dari strategi campuran kemampuan rendah-tinggi dan terdefinisi dengan lebih baik”.

Jet tempur Angkatan Udara AS, F-15E Strike Eagle © USAF via Wikimedia Commons

Berikut adalah beberapa rincian teknis dari F-15X dan kemampuan yang dimaksud, menurut The War Zone:

Konfigurasi mengesankan F-15X karena termasuk kokpit kaca panel datar, display helm (HMD) terpasang JHMCS II, struktur sayap internal yang direvisi, kontrol fly-by-wire, radar AESA APG-82, aktivasi stasiun sayap bagian luar 1 dan 9, serta komputer misi canggih, tampilan heads-up berprofil rendah, komunikasi radio dan satelit diperbarui, Eagle Survivability Warning Warning Active System (EPAWSS) yang sangat canggih, peperangan dan perangkat pengawasan elektronik, Legion Pod – terpasang Infrared Search and Track System (IRST) dan banyak lagi.

Dengan bantuan dari rak misil baru AMBER, F-15X akan dapat membawa 22 rudal udara-ke-udara dalam satu serangan tunggal. Atau, itu juga bisa terbang dengan 8 rudal udara-ke-udara dan 28 Bom Diameter Kecil (SDB), atau hingga 7 buah bom 2.000 pon dan 8 rudal udara-ke-udara.

Kita berbicara tentang kemampuan mengangkut senjata gila di sini. Perlu diingat bahwa F-15C/D Eagle hanya dapat membawa 8 rudal udara-ke-udara saat ini, dan varian Eagle kedua dari belakang yang saat ini sedang dibangun, F-15SA pesanan Arab Saudi yang dapat membawa hingga selusin rudal udara-ke-udara.

F-15C Royal Saudi Air Forces © Saudi88hawk via Wikimedia Commons

Jika dibeli, pesawat F-15X dilaporkan akan berakhir di tangan beberapa unit Air National Guard sebagai pengganti pesawat F-15C saat ini. Tetapi pada saat ini, tampaknya setiap akuisisi varian F-15 canggih akan membuktikan pertempuran berat di Pentagon.

Menurut Bloomberg Government, dorongan untuk pesawat baru datang dari para pemimpin senior di Pentagon seperti wakil menteri pertahanan Pat Shanahan, dan bukan dari Angkatan Udara atau yang akan menerbangkan pesawat.

Memang, Sekretaris Angkatan Udara Heather Wilson pada bulan September tahun lalu menyatakan bahwa Angkatan Udara AS tidak tertarik untuk mengambil F-15X generasi keempat, lebih suka berinvestasi dalam memperluas armada F-35 Joint Strike Fighters generasi kelima.

“Kami saat ini memiliki 80 persen pesawat generasi ke-4 dan 20 persen pesawat generasi ke-5”, kata Wilson dalam wawancara 5 September 2018. “Dalam setiap pertempuran yang telah kami rencanakan, lebih banyak pesawat generasi kelima membuat perbedaan besar, dan kami berpikir bahwa mencapai 50-50 berarti tidak membeli pesawat generasi keempat, itu terus meningkatkan generasi kelima”.

Tinggalkan komentar