Nigeria Akan Beli Tiga JF-17 Buatan Pakistan

Jet tempur ringan JF-17 Thunder dilengkapi rudal jelajah supersonik CM-400AKG © Chinesse Internet

JakartaGreater.com – Pemerintah Nigeria telah mengumumkan atas persetujuannya untuk membayar sebesar $ 47 juta dari total $ 184,3 juta untuk akuisisi 3 jet tempur multi-peran JF-17 Thunder varian terbaru Blok III lengkap dengan persenjataannya yang dibuat Pakistan Aeronautical Complex (PAC), seperti dilansir dari laman Air Recognition pada hari Kamis.

JF-17 adalah jet tempur ringan, mesin tunggal, multi-peran yang dapat dipersenjatai hingga 3,629 kg – varian awal – dengan persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-darat. Dan jet ini mampu mencapai kecepatan hingga 1.960 km/jam atau sekitar 1,6 Mach.

Tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai persenjataan yang dipilih Nigeria untuk melengkapi 3 jet tempur JF-17 Blok III yang akan diperoleh angkatan udaranya. Angkatan Udara Nigeria juga bisa mempertimbangkan untuk membeli lebih banyak JF-17 di masa depan.

Akuisisi ini memang merupakan bagian dari program modernisasi armada yang mencakup akuisisi 2 helikopter AW109 baru yang dibuat oleh perusahaan Italia, Leonardo Helicopters seharga $ 19 juta, akuisisi 8 helikopter serang Mi-35M buatan Rusia dan 12 pesawat serang ringan A -29 Super Tucano dari AS.

Anggaran yang diizinkan untuk Angkatan Udara Nigeria ini juga mencakup ketentuan untuk pemeliharaan depot berkala C-130 Hercules dan 2 jet Alpha, pengadaan berbagai senjata dan amunisi, tetapi juga pembangunan hanggar pemeliharaan pesawat standar. Semua biaya ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operasional Angkatan Udara Nigeria.

Tinggalkan komentar