Jan 092019
 

Jet tempur ringan JF-17 Thunder dilengkapi rudal jelajah supersonik CM-400AKG © Chinesse Internet

JakartaGreater.com – Pemerintah Nigeria telah mengumumkan atas persetujuannya untuk membayar sebesar $ 47 juta dari total $ 184,3 juta untuk akuisisi 3 jet tempur multi-peran JF-17 Thunder varian terbaru Blok III lengkap dengan persenjataannya yang dibuat Pakistan Aeronautical Complex (PAC), seperti dilansir dari laman Air Recognition pada hari Kamis.

JF-17 adalah jet tempur ringan, mesin tunggal, multi-peran yang dapat dipersenjatai hingga 3,629 kg – varian awal – dengan persenjataan udara-ke-udara dan udara-ke-darat. Dan jet ini mampu mencapai kecepatan hingga 1.960 km/jam atau sekitar 1,6 Mach.

Tidak dijelaskan lebih lanjut mengenai persenjataan yang dipilih Nigeria untuk melengkapi 3 jet tempur JF-17 Blok III yang akan diperoleh angkatan udaranya. Angkatan Udara Nigeria juga bisa mempertimbangkan untuk membeli lebih banyak JF-17 di masa depan.

Akuisisi ini memang merupakan bagian dari program modernisasi armada yang mencakup akuisisi 2 helikopter AW109 baru yang dibuat oleh perusahaan Italia, Leonardo Helicopters seharga $ 19 juta, akuisisi 8 helikopter serang Mi-35M buatan Rusia dan 12 pesawat serang ringan A -29 Super Tucano dari AS.

Anggaran yang diizinkan untuk Angkatan Udara Nigeria ini juga mencakup ketentuan untuk pemeliharaan depot berkala C-130 Hercules dan 2 jet Alpha, pengadaan berbagai senjata dan amunisi, tetapi juga pembangunan hanggar pemeliharaan pesawat standar. Semua biaya ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan operasional Angkatan Udara Nigeria.

  4 Responses to “Nigeria Akan Beli Tiga JF-17 Buatan Pakistan”

  1.  

    Laris manis… TNI AU kapan nih menyusul?? :D

  2.  

    Nih pesawat sudah aesa bermesin tunggal tapi laris manis di negara dunia ke tiga meskipun f 16 lebih canggih apalagi si gripin
    Tapi yang murah memang memiliki kelebihan tersendiri

  3.  

    Kelihatan nya ..versi upgrade yang mendatang akan lebih Baik..
    Banyak sekali yang Berminat punya JF 17 ini..
    Apalagi kalau mesin Dan avionics nya disempurnakan ..