Nigeria Incar Jet Tempur MiG dan Yak-130

4
27
Pesawat Yak-130 Rusia (wikipedia)

Moskow – Nigeria sedang mempertimbangkan untuk membeli peralatan militer Rusia dan sangat tertarik pada jet tempur MiG, pesawat Yak-130, peralatan artileri dan kendaraan lapis baja, ujar Menteri Pertahanan Mansur Dan-Ali kepada Sputnik pada hari Kamis, 24/8/2017.

“Peralatan Rusia yang bisa kita minati adalah jet tempur MiG dan beberapa peralatan artileri.

“Kami di sini [di International Army Games-2017] untuk melihat-lihat. Kami telah mengidentifikasi beberapa barang, seperti senapan modern baru Kalashnikov dan juga avionik, helikopter dan beberapa kendaraan tahan ledakan lainnya.

“Kami juga melihat jet [Yak] 130 dan kami juga memikirkan bagaimana cara membelinya. Kami baru saja melihat dan sekarang saat kembali pulang, kami melihat beberapa spesifikasinya sebelum kami duduk untuk negosiasi, “kata Dan-Ali.

Berbicara tentang pasokan militer dari Rusia, menteri tersebut menyebutkan pengiriman helikopter Rusia yang sedang berlangsung ke Nigeria dalam rangka kesepakatan 2016.

“Pada dasarnya, kami telah membeli helikopter Mi-35 tahun lalu. Kami telah mengambil dua dan mengharapkan untuk mendapatkan dua lagi, awal tahun depan.

“Secara keseluruhan, kami memiliki sekitar 12 di antaranya,” kata menteri tersebut.

Dia juga mengatakan Nigeria berencana untuk ambil bagian dalam International Army Games 2018.

“Kami akan berpartisipasi dalam International Army Games. Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, kesepakatan yang baru saja kita ikuti memerlukan kerjasama yang lebih erat antara kedua negara.

“Kami melihat program pertukaran dan latihan. Sejak 2006, kami telah mendorongnya untuk memfasilitasi pelatihan personil dan pertukaran gagasan antara kedua militer, “kata menteri tersebut.

Pada hari Selasa, 22/8/2017, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu bertemu dengan Dan-Ali di sela-sela International Army Games 2017 dan mengundang pihak Nigeria untuk berpartisipasi dalam pertandingan tahun depan.

Pada hari yang sama, kedua negara menandatangani sebuah kesepakatan antar pemerintah mengenai kerja sama militer. Menurut Mr Shoigu, kedua negara akan, khususnya, fokus pada pelatihan gabungan pasukan, pertukaran pengalaman penjaga perdamaian, serta memerangi pembajakan dan terorisme.

Kedua negara memiliki sejarah panjang kerjasama, termasuk di bidang militer.

Pada bulan September 2016, Rusia dan Nigeria mencapai kesepakatan mengenai pengiriman helikopter serang Mi-35M.

Pada bulan Juni 2017, menteri pertahanan Nigeria mengatakan bahwa Rusia dapat memasok Nigeria dengan senjata untuk mendukungnya dalam perjuangan melawan kelompok teroris Boko Haram.

International Army Games adalah kompetisi militer tahunan yang diselenggarakan sejak 2015.

Dalam kerangka acara internasional, prajurit dari berbagai negara bersaing dalam berbagai disiplin militer.

Menurut situs Kementerian Pertahanan Rusia, games tahun 2017 diadakan di Azerbaijan, Belarus, China, Kazakhstan dan Rusia. Program dari event tersebut terdiri dari 28 kontes yang berbeda, dirilis Premiumtimesng.com, 24/8/2017.