Nov 302016
 
Boing 737-200  TNI AU

Boing 737-200 TNI AU

Bertempat di Baseops TNI AU Lanud Balikpapan, Kalimantan Timur, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Heddezul S.Sos Beserta Kadisops Letkol Lek Harry Markonery S.T menyambut kedatangan pesawat Boing 737-200 no Reg AI-7302 dan Pilot Mayor Pnb Agung Hartanto yang akan melaksanakan latihan terbang malam (Night Flight Exercise) di wilayah Kalimantan Timur selam dua hari, 29/11/2016.

Pesawat Intai Strategis AI-7302 dari Skadron Udara 5 landing di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pukul 14.25 Wita. Sebelumnya pesawat Boeing 737-200 ini, terbang dari Lanud Hasanuddin Makassar, Sulawesi selatan.

Sebelum Latihan Terbang malam dilakukan breifing di baseops Lanud Balikpapan dipimpin Komandan Lanud Balikpapan dan melibatkan Atsco (Air Nav), BMKG (Meteorologi), kesehatan dan unsur yang terlibat.

Terbang malam selama dua hari di wilayah Kalimantan Timur ini merupakan Latihan operasi pengintaian Skadron Udara 5, Latihan terbang malam (LATERMAL) dalam rangka profesiensi dan transisi penerbang skadron udara 5 Lanud Hasanuddin Makassar. Pesawat ini membawa 14 crew yang terdiri dari captain pilot, co pilot, engineer, operator dan observer. Sesuai namanya “pesawat intai strategis” tentu saja isi kabin pesawat didesain khusus bermuatan perlengkapan pengamatan, pemotretan dan pengintaian udara. Semuanya bermuatan instrumen intai strategis.

pesawat-boeing-tni-au

Adapun route Latermal yang dilaksanakan di wilayah Kaltim meliputi Balikpapan sasaran kembali Balikpapan dengan beberapa sorti antara lain : Sorti pertama berangkat dari Balikpapan pukul 16.40 wita, menuju sasaran dan kembali ke baseops pukul 19.27 wita, sorti kedua berangkat dari Balikpapan pukul 20.46 wita menuju sasaran dan kembali ke Balikpapan pada pukul 21.29 wita.

Operasi pengintaian jalur udara, merupakan tugas yang sangat penting. Bahkan terkadang pengintaian bisa berlangsung selama beberapa jam. Operasi pengintaian dilakukan secara acak. Sehingga diharapkan para siswa penerbang dapat meningkatkan profesional dan menambah pengalaman jam terbang malam.

TNI-AU.mil.id

Bagikan:

  23 Responses to “Night Flight Exercise, Pesawat Intai Strategis TNI AU”

  1.  

    Mantap juragan…

  2.  

    tali yg di atas itu fungsinya apa yo..

  3.  

    Kapan pak beli pesawat AWACS nya dari dulu kok cuma pesawat boeing jadul ini saja yang diandalkan?

  4.  

    tes

  5.  

    apa ada hubungannya denga heli yang jatuh di malinau??

  6.  

    “males” bung , spertinya rawan penyadapan en embargo

    lebih baik AWACS versi gripen , meski rawan embargo , potensinya masih kecil disbanding beli peralatan dari as langsung

  7.  

    pesawat pengintainya terlalu besar…hehehe

  8.  

    globe eye…mana globe eye….hehehehe…

  9.  

    MADE IN AMERIKA…… MADE IN RUSSIA BESERTA JAMAAHNYA BUANG KE LAUT AJE…. MAKNYSSSSS…..

  10.  

    tes.

  11.  

    Borong

  12.  

    kalau begini , Ane jadi ” kasihan ” sama panglima saat ini , kerja keras terus dimana diluar udah diusik-2 dan di intipin baik pakai Aerostat ataupun satelit mata-2 …
    eh dsini di ributin sama issue dalam negeri dan ga ada habis-habisnya per episode ini ,

    Sehat selalu ya pak Panglima , Saya tahu beban anda adalah berat saat ini ……
    kami selalu tut wuri hadayani bersama TNI

  13.  

    Orang segini banyak tiap hari kerjanya cuma ngrumpiiii gak putus-putus…..?!!!!

 Leave a Reply