Northrop Grumman Ganti Center Wing Box Hercules C130 TNI AU

C-130H TNI AU, ex RAAF (photo : Phillip Brown)

Perusahaan Northrop Grumman menawarkan penggantian center wing box (CWB) bagi para pengguna pesawat Hercules C-130. Penawaran ini muncul setelah Northrop Grumman AS melakukan program perbaikan lima pesawat C-130H Australia yang diberikan kepada Angkatan Udara Indonesia.

Pesawat Australia ini dirombak (overhauled) oleh Northrop Grumman Integrated Defence Services (IDS), yang telah memberikan dukungan pemeliharaan untuk armada C -130 Royal Australian Air Force (RAAF) sejak 1958.

Wing Box C130

Salah satu dari lima Hercules untuk Indonesia telah mengalami korosi center wing box / CWB, dan membutuhkan pengganti. Northrop Grumman IDS telah melakukan riset yang mendalam, setelah Angkatan Udara AS berencana mempertahankan peswat Hercules C-130H mereka. CWB baru telah dibangun oleh Northrop Grumman di Lake Charles, Louisiana, (tempat perusahaan melakukan pemeriksaan dan perbaikan terhadap Armada E-8 dan KC-10 Angkatan Udara AS). Pesawat ini dikirim ke Australia, di mana Northrop Grumman IDS sekarang menyelesaikan perbaikan terhadap kelima C-130H untuk Indonesia.

Center Wing Box Pesawat Hercules C-130H

Jim Sutton, Direktur Jasa Teknologi Northrop Grumman, mengatakan banyak kepentingan dalam penggantian center wing box (CWB). Ada berbagai alasan mengapa CWBs lama dari C-130 harus diganti, mulai dari korosi, kebocoran cairan hingga akibat adanya hard landing, katanya.

Ainonline.com

Tinggalkan komentar