Aug 232016
 

Tiga dari empat tawaran untuk kompetisi jet tempur latih T-X Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) sekarang telah diketahui, dengan desain yang jelas dari Northrop Grumman telah difoto untuk pertama kalinya pada hari jumat (19/08/2016).

Jet bermesin tunggal terlihat melakukan uji coba taksi kecepatan tinggi di Pangkalan Mojave Air and Space di California menjelang penerbangan perdana seperti yang direncanakan.

Rincian dari pesawat berkursi ganda hingga sekarang sebagian besar masih dirahasiakan oleh perusahaan. Sebuah model yang sebelumnya ditunjukkan secara singkat kepada wartawan, tapi tidak diperbolehkan mengambil foto. dengan nomor ekor N400NT, pesawat bersayap rendah yang telah dibangun oleh Northrop Grumman anak perusahaan Scaled Composites terlihat agak mirip dengan Northrop T-38 Talon yang kemungkinan akan menjadi penggantinya, meskipun dengan konfigurasi bermesin tunggal.

Northrop Grumman sebenarnya berencana untuk menawarkan Jet Latih Hawk Lanjutan (AJT) dengan mitranya, BAE Systems. Opsi ini kemudian ditinggalkan demi desain baru. Selain tim Northrop Grumman/BAE Systems, persyaratan T-X US$ 1 milyar juga sedang dikompetisikan dengan Boeing-Saab, Lockheed Martin-Korea Aerospace Industries (KAI), dan Raytheon-Leonardo.

Boeing/Saab menawarkan desain terbarunya; Lockheed Martin menawarkan versi dari KAI T-50 (berdasarkan T-50A untuk USAF); dan Raytheon/Leonardo menawarkan M-346 (berdasarkan T-100 untuk T-X). Dari jumlah tersebut, hanya Boeing/Saab yang belum mengungkapkan rincian dari penawaran.

Menurut permintaan anggaran Angkatan Udara tahun fiskal 2016, kontrak T-X diperkirakan sekitar 450 pesawat dalam kurun waktu 12 bulan sejak proposal permintaan dirilis yang mana diharapkan sebelum akhir 2016.

Sumber: IHS Jane