Northrop Tawarkan SABR Untuk Pembom B-52 AS

B 52 Korean overflight e1539932138215

Pesawat pembom B-52 Stratofortress US Air Force melakukan penerbangan rendah di sekitar Pangkalan Udara Osan, Korea Selatan. © U.S. Air Force by Staff Sgt. Benjamin Sutton

JakartaGreater.com – Northrop Grumman menawarkan untuk mengganti radar yang sudah usang pada armada pesawat pembom strategis Boeing B-52H Strafortress milik Angkatan Udara AS (US Air Force) dengan rader AESA terbaru, AN/APG-83, seperti dilansir dari laman IHS Jane pada hari Rabu.

Angkatan Udara AS mencari beberapa opsi untuk memenuhi Program Modernisasi Radar atau RMP untuk menggantikan radar AN/APQ-166 buatan Northrop Grumman pada B-52 Stratofortress yang sudah usang secara mekanis.

Berbicara sebelumnya kepada Jane, seorang pejabat senior Angkatan Udara AS menyebut bahwa “Ini radar tua. Tidak memiliki kehandalan yang kami inginkan, dan jikalau Anda menerbangkan misi jarak jauh dan Anda mendapatkan waktu rata-rata dua digit di antara kegagalan, itu berarti Anda sering terbang dengan radar yang rusak”.

US Radar APG 83 SABR

Radar APG-83 SABR dipasang pada F/A-18C Hornet Korps Marinir AS © Northrop Grumman

Layanan ini meluncurkan program RMP untuk 76 armada pembom pesawat pada Februari 2016 (sejak itu satu pesawat jatuh, tetapi telah diganti dengan satu yang dikembalikan dari penyimpanan), dengan kompetisi yang akan diluncurkan tahun ini.

Sebagai pemasok petahana, perusahaan Northrop Grumman memiliki harapan yang tinggi untuk sistem radar AN/APG-83, yang juga dikenal sebagai Scalable Agile Beam Radar atau SABR.

Leave a Reply