Nov 202017
 

dok. Tank Leopard Norwegia dalam latihan perang dengan NATO (US DoD)

Oslo. Jakartagreater.com – Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg berharap Turki akan menerima permintaan ma’af negerinya setelah para pemimpin Turki tampil dalam “skema musuh” saat latihan militer NATO di Norwegia, kata media publik NRK, Minggu, 19/11/2017.

Namun, seandainya Turki ingin berbicara lebih banyak mengenai peristiwa tersebut, Norwegia akan terbuka untuk itu, kata Solberg, sebagaimana diberitakan Xinhua -yang dipantau Antara di Jakarta, Senin siang, 20/11/2017. Solberg menambahkan hubungan antara Norwegia dan Turki tidak berada dalam krisis dan berlangsung “baik”.

“Kami jelas mengenai Turki, dan mereka jelas terhadap kami. Sekarang, saya berharap mereka menerima permintaan ma’af kami, sehingga kami bisa bergerak maju,” kata Perdana Menteri Perdana Menteri Norwegia.

Pada Jumat, Turki mengumumkan negeranya menarik 40 prajurit Turki dari pelatihan NATO dari Joint Warfare Center di Stavanger, Norwegia, setelah nama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan gambar pendiri Republik Turki Mustafa Kemal Atarturk digunakan di dalam “skema musuh”.

Setelah kejadian itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dan Menteri Pertahanan Norwegia Frank Bakke-Jensen meminta ma’af kepada Turki. Mereka mengatakan pesan itu ditulis oleh warga negara Norwegia yang disewa untuk bekerja sebagai staf selama pelatihan dan orang tersebut segera diberhentikan.

Erdogan pada Sabtu, 19/11/2017 mengatakan peristiwa itu adalah “cermin tahap pemutarbalikan yang telah kami saksikan di NATO …” dan masalah tersebut “tak bisa ditutup-tutupi cuma dengan permintaan ma’af”.(Antara/Xinhua-OANA).

  10 Responses to “Norwegia Berharap Turki Terima Permintaan Maaf, Atas Insiden Latihan NATO”

  1. Udah, maafkan aja Pak Erdogan. Orang tentara Aussie mengejek Pancasila aja disini juga akhirnya dimaafin dan jadi damai kok. Betul kan para Warjager sekalian.

    Hhhhhhhhhh

  2. Simbol negara ko buat mainan, emang ga ada gambar yg lain apa !!??…….. pake aja gambar PM yg suka korupsi kek atau si Donald bebek kek…..

    *tiarap dulu ah……… takut kena dopper……. 😆

  3. Si qarin mana dia? knp ga nongol hr ini? mungkin lg di dokter gigi ya, buat bersihin komentar2 warjag yg nyangkut di gigi nya…haha …

  4. Akibat bangsa Asia ngotot gabung NATO hanya karena sebagian negaranya berada di Eropa, tetap aja Eropa gak tulus dlm penerimaannya hanya cuma memanfaatkan saja!

  5. roda berputar dalam hubungan antar negara apalagi landasannya kerjasama militer
    lhah dulunya kan dirimu juga tidak menghargai kerja keras tentara rusia dalam misi membantu suriah
    kalo ada insiden menyangkut harga diri negara dan bangsa selalu makan banyak hal makanya pak dog hati hati kalo bersikap berbuat berbicara bermanuver berpolitik kalau sudah kena target baru deh tahu rasanya
    ingat tidak pada om putin dulu itu
    apa yang dilakukan om putin
    ingat pak dog roda tidak selalu bundar

  6. Kokkkk…

    Kita

    Senasib

    Dengan

    Turki ya

 Leave a Reply