Norwegia Berhasil Angkat Fregat Helge Ingstad

840 472 matched pnsheq wOeHcZkh

Fregat Helge Ingstad (foto:Forsvaret.no)

Pada Sabtu malam 2 Maret, operasi pengangkatan fregat Helge Ingstad, yang tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal tanker Malta “Sola TS” pada 8 November 2018 berakhir.

Fregat sekarang ditempatkan di kapal tongkang semi-submersible, seluruh air laut sudah dikeluarkan dari badan kapal dan Helge Ingstad sedikit demi sedikit disegel dengan las.

Meski belum diumumkan secara resmi oleh Angkatan Laut Norwegia, namun selesainya operasi pengangkatan Helge Ingstad telah bocor di media-media Norwegia.

pnshfh mabbSPKG

Fregat Helge Ingstad (foto:Forsvaret.no)

Sejauh ini, Angkatan Laut Norwegia telah mengkonfirmasi bahwa kapal menjalani pengerjaan pengelasan untuk melindungi fregat – mempersiapkannya untuk operasi penarikan dengan kapal “Boabarge 33” ke pangkalan Angkatan Laut Haakonsvern. Nantinya setelah seluruh operasi keselamatan ini selesai, rantai pengikat dari dua crane mengambang Gulliver dan Rambiz akan dilepas.

Dari hasil penglihatan sementara, keadaan interior kapal masih baik meskipun sudah tiga bulan terendam di bawah air. Mungkin masih ada kemungkinan untuk menyelamatkan atau setidaknya memulihkan sebagian besar perangkat dan mekanisme kelistrikan dan elektronik.

Namun, nasib fregat akan diputuskan oleh komisi khusus yang akan memeriksa setelah fregat dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Laut Haakonsvern. Di sana akan dilakukan penyelidikan mengapa fregat begitu cepat tenggelam meskipun mengalami kerusakan lambung yang kecil.

Defence24

Leave a Reply