Norwegia Waspadai Pergerakan Destroyer Severomorsk Rusia

Kapal Perusak anti kapal selam Severomorsk (foto: Common Wikipedia)

Sekelompok kapal perang Armada Utara yang dipimpin oleh kapal perusak rudal Severomorsk memasuki Laut Norwegia dalam perjalanan kembali ke pangkalan, rilis siaran pers Armada Utara Rusia.

“Kapal perusak anti kapal selam besar Severomorsk dan kapal tanker menengah Vyazma memasuki bagian selatan Laut Norwegia. Kelompok ini menuju ke Severomorsk, pangkalan utama Armada Utara. Diharapkan tiba pada akhir minggu, “kata pernyataan itu.

Namun yang menjadi perhatian besar dari Norwegia adalah, rombongan kapal perang Rusia tersebut melakukan latihan penembakan dengan meriam dan roket saat melewati Laut Norwegia. Selain menembakkan artileri, kapal perang Rusia juga menembakan rudal anti-pesawat dan roket anti kapal selam.

Severomorsk menembak dengan meriam AK-100 (kaliber 100 mm), AK-630 dan rudal anti-pesawat 9K35 “Kinzal” dari sistem peluncuran vertikal.

Menurut Norwegia, Rusia semakin sering berlatih lebih jauh, ke perairan batas antara Laut Utara dan Laut Barents. Bahkan, kapal perang Rusia beroperasi lebih ke barat dan selatan – yang secara provokatif mendekati pantai Norwegia.

Meski masih dalam koridor hukum maritim, karena kapal-kapal Rusia beroperasi di perairan internasional. Namun, bagi militer Norwegia dan NATO, ini adalah sinyal yang jelas bahwa Rusia mulai memperluas batas operasi di luar wilayah latihan yang biasanya dilakukan, yang kemungkinan menguji sistem Rusia di perairan potensi konflik di masa depan.

Lewatnya armada Rusia tersebut memaksa Angkatan Laut Norwegia untuk terus memonitor pergerakan armada Rusia di wilayah itu.

Tass/defence24

Tinggalkan komentar