Apr 192015
 
Obama meremehkan keputusan Putin menjual rudal S-300 ke Iran. | (Reuters)

Obama meremehkan keputusan Putin menjual rudal S-300 ke Iran. | (Reuters)

Washington – Presiden Amerika Serikat Barack Obama, meremehkan dampak keputusan Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang mencabut embargo penjualan rudal S-300 ke Iran. Obama mengaku tidak heran dengan keputusan Putin mengingat penjualan senjata itu terjadi karena ekonomi Rusia sedang sulit akibat sanksi dari Barat.

”Saya tidak heran, mengingat betapa memburuknya hubungan antara Rusia dan Amerika Serikat, dan fakta bahwa perekonomian mereka di bawah tekanan dan ini adalah penjualan yang cukup besar,” kata Obama, dalam konferensi pers bersama di Gedung Putih dengan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi.

”Ini adalah penjualan yang direncanakan terjadi pada tahun 2009, ketika saya pertama kali bertemu dengan Perdana Menteri Putin (sebelum jadi presiden). Mereka benar-benar berhenti melakukan penjualan, berhenti atau menangguhkan penjualan, itu permintaan kami,” ujar Obama, seperti dikutip CNN, semalam (17/4/2015).

S-300 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

S-300VM Antey-2500 air defense system (RIA Novosti / Valeriy Melnikov)

“Dan saya terus terang terkejut bahwa itu dijalani selama ini, mengingat bahwa mereka tidak dilarang oleh sanksi dari penjualan senjata-senjata defensif,” lanjut Obama, mengacu Rusia yang menahan untuk menyanggupi permintaan Amerika selama enam tahun.

Seorang ahli, menyatakan, nekatnya Putin menjual senjata ke Iran adalah kemunduran dari prestasi diplomatik Presiden AS.

“Mereka (Kongres AS) jelas tidak menyetujui ini,” kata Aaron David Miller, mantan asisten Menteri Luar Negeri baik dari Partai Demokrat maupun Republik AS. “Anda akan berpikir bahwa komentar lebih tepat seharusnya begini; ‘Kami tidak berpikir ini sangat membantu”, kritiknya pada Obama yang meremehkan penjualan rudal Rusia ke Iran. (SindoNews.com).

Bagikan Artikel :

  56 Responses to “Obama Remehkan Putin Jual Rudal S-300 ke Iran”

  1. Wueeh

    • Yg pakai rantai bukannya Antey 2500?

      • ya gitu lah bung.. lihat sumber beritanya. kadang gambare ngarang asal2an.

        misal ada berita ttg KS indonesia gbrnya kilo, ato kita beli rudal penangkis udara jarak pendek gbrnya s 400 nanti dikira ghoib.

        • gak apa gambarnya salah sedikit yang penting masih gambar senjata bukan gambar batu akik .. yang penting kapan Indonesia cepat mengakuisisi rudal S 300 & S 400 serta Yakonth

    • Oh Rusia nasibmu….gak lama lagi peran Rusia akan di ganti China. Secara modal China punya segalanya….Begitu Putin turun maka Rusia akan jadi sahabat USA atau ikut China?…Ekonomi babak belur. Kesalahan terbesar adalah lepasnya Ukraina dari pengaruh Rusia, sementara sebelumnya Ukraina adalh supporter terbesar industri Rusia termasuk alutsista. Antonov lepas total, Sukhoi sebagian, Galangan kapal sebagian….Minyak…jatuh banget….

      • Itu juga ulah Amerika yang licik akal Yahudi, tukang seru perdamaian tapi dia suka perang karena jual senjata, tukang seru HAM tapi dia sendiri pelanggar HAM berat, Dajjal telah tiba

        • Apa2 nyalahin Amerika…. besok kalo tukang sayur ga lewat juga salahin amerika. Kagak lulus UN juga nyalahin Amerika

          • Bung bluesky-raider @ lagi ngomongin rudal rusia bung bukan UN asal bung tahu UN sekarang 100% lulus semua karna un sekarang mencari tingkat integritas sekolah dan siswa yg tinggi dan terbaik bukan mencari berapa yg lulus atau yg gagal

  2. mosok sih

  3. hemm…

  4. Ayo Putin maju terussss !

  5. Usa

  6. WW3 di ambang pintu

    • WWW3 selalu dan pasti gagal..karena memang di gagal kan..oleh pihak pecinta kedamaian di bumi ini

      • Pasti berhasil, as long as there is profit in war the world will never know peace. Coba dilihat komentar david rockefeller, henry kissinger and top bankir2 international. Mereka selama ini selalu berhasil.

  7. merasa sudah mengetahui kelemahannya. menaggap enteng deh

  8. coba saja kalo ASU berani menyerang Iran ……….. ASu cuma berani ke negara yg lemah, miskin, itu pun main keroyokan …

  9. kalau putin vs obama adu jotos tangan kosong … menang mana ya…????

  10. 2 presiden ini, sama sama kurus…. tapi nyali gedhe ……..’

    hmmm……… semoga bisa akur dan kenduri bareng bareng …makan nasi tumpeng bersama ………………

  11. Hmmm..bisa jadi cuma gertakan si obama saja..belum ada bukti S-300 diintercep.

  12. Hak RUSIA itu, Kok ASU yg SEWOT. TAKUT disalip ASU sama PAMAN PUTIN..

  13. Asu kakean bacot!. Dia kaya krna gak mau bayar urang sama negara kita. Coba klau dia byar utang ke RI.jls ASU langsung kere selawase!.

  14. masa obama di adu sama Putin sama aja kaya ngadu anggota DPR sama Kopasus, mr Putin mantan kepala KGB lha obama mantan senator/anggota dewan

  15. Bukannya gx mampu,jumlah Rudalnya israel yg ditembakkan dari pesawatnya dan jumlah pespurnya aja jauh lebih banyak dari sam nya Suriah,

  16. kalo S-300 atau 400 gimana ya?

  17. kan yang ada cuma buk-m2 sama sa-3.

  18. Ya wajar aja kalo S300 diremehkan. Karena Russia aja sekarang sedang dalam proses ngganti S300 dengan S400 utk di dalam negeri. Malah mereka lagi riset S500. Jadi jelas kalo bagi Russia sendiri S300 udah ketinggalan jaman. Makanya Obama juga ga ngeliat itu sebagai ancaman. Apalagi S300 kan senjata pertahanan, bukan untuk nyerang.

  19. Mantap…

  20. Bung lm vs rbt @ pespus israel itu terbang di wilayah suriah untk mencek apa benar ada rudal s 300 .. Dan pesawat f 15 bukan tak dikenal malahan sdh di ingatkan .. Tp mereka kira itu cm gertakan .. Selanjutnya setelah mendapat laporan maka meluncurlah 2 rudal patriot yg di tembakan ke arah suriah tp di cegat S 300 dr kapal selam rusia .. , karna itu mereka nato mengirim isis karna klu menyerang lewat udara bisa mencret karna sekarang rusia sudah menginstall s 300 pesanan presiden suriah , setelah keberhasilan s 300 mencegat patriot dan mengunci rafale disaat memasuki suriah

    • Bung, anda tahu kan betapa susahnya cari link yg memuat berita kelemahan barat? Tp kalo cari link kehebatan barat sangat banyak sekali, krn pemberitaan di dunia ini sdh dikuasai barat, jd kali cari di link kehebatan produk timur hebat kalo bisa dicari krn pintarnya propaganda barat, betapa hebatnya amerika dan sekutunya memutar balikan fakta, bahkan di perang vietnam pun kita tidak temukan berita kalo amerika kalah, bahkan selalu menang dan seolah olah menjadi pasukan hero di vietnam dg menolong orang2 yg tidak berdaya dan anak2 padahal justru sebaliknya, sekali lagi jgn terlalu termakan propaganda, gunakan hati nurani, sy bukannya tidak suka usa dan pro rusia, tp saya selalu berdoa utk kedamaian dan keadilan di dunia ini.

    • Media main stream udah dikuasai mereka (us nato pbb yg mrpkn vassal dr pd bankir2 globalis terkaya) kalo mau cari cobak di blog atau situs2 yg klandestine, di us banyak, namun jg selalu dikejar2.

  21. Wah , di jatuhnya di sini kahkahkah ,
    Gagal s 300 meluncur itu biasa karna rudal membutukan tabung peluncur roket untuk meluncur/terbang , tp apabila s 300 dalam mengejar target atw mengenai sasaran luput atw meleset itu baru bahaya atw mengenai pespur sendiri ini malah lebih kacau
    S 300 di buat pada masa emas uni soviet untuk menandingi sistem rudal patriot us .. S 300 mempunyai 3 varian yaitu darat laut udara , s300 rudal pertahanan udara yg awalnya dirancang untuk menjatuhkan pespur kemudian di kembangkan tuk mencegat rudal kendali dan rudal balistik .. Ini rudal pencegat jd bukan di cegat 🙂 hehe .. Belum ada berita erros s 300 dalam mengintercept .. Walaupun ada itu cm tembakan 1 klu tembakan 2 mencret dah.. Jadi kwualitas s300 dinilai dr fungsinya tuk mencegat bahaya di udara dalam jarak yg jauh bukan di nilai dr gagal meluncur .. Klu 1 gagal kan ada yg k 2

    Siap salah !

  22. Saya komen dgn apa yg saya ingat pada peristiwa lampau
    Patriot adalah rudal yg dirancang us dgn memiliki 3 varian tp berbeda dgn s300 , Patriot jg di rancang sebagai penyerang/melumpuhkan kekuatan lawan dan penyerang
    Dalam perang irak 1990 – 1991 disaat negara nato arab s , israel , kwuait di ancam dgn rudal scud maka us memagari 3 negara ini dgn patriot .. Tembakan rudal scud irak hanya berhasil di cegat 77% , rudal scud sudah jadul waktu itu klu gak salah , selebihnya salah sasaran dan berapa berhasil menembus pertahanan asu salah satunya jatuh di markas nato arab saudi menewaskan 94 tentara nato
    Pada perang 2003 irak ,Patriot pernah tampil CERMELANG dengan menembak F 18 hornet dan F 15 .. Luar biasa Patriot semua yg di udara di sikat .. Hahaha , patriotpun di evaluasi dan klu menembak F 18 hornet dan F 15 dan pespur nato lainnya harap mendarat dulu .. Hehe , pilot mungkit bisa selamat dr patriot karna tingkat akurasi yg lemah dan suka error , apakah pilot punya nya di ancam s300 .. Tp sayangnya nato blum punya nyali melintas jika di ancam s300 , bktnya liat sj dlm wkt dkt
    Irom dome israel jg gagal fungsi setelah roket2 hizbullah menghantam negaranya , iron dome di evaluasi kembali

    Siap salah ndan!

  23. Ada udang di balik batu. Ada s300 di iran ada keuntungan yang di dapat dari arab saud buat usai. Jelas negara liga arab dan sekutu arab saudi lainya akan memborong peralatan tempur modern dan canggih dari usa. Hemm.. weleh weleh weleh..

  24. Nampak nya bukan meremehkan tapi pusing..sebentar lagi anak emasnya nggk bisa tidur nyenyak di Timur Tengah, dan S 300 nanti akan terus disempurnakan Iran mirip cara fotocopy si panda, mumpung lagi situasi gini usaha kita maju teruuss.

  25. s300 mungkin masih ditakuti oleh pilot pespur, sekali narget bisa 2 missile meluncur. jangkauannya jauh juga, mengalahkan radar pesawat.Amerika berputar otak, mencoba memancing keberadaan s300 dengan uav karena lebih murah dan mematikan. uav dilengkapi pengacau sinyal dan memberikan target palsu, intinya mengetahui keberadaan s300 dan menghancurkan.
    Apakah ini kelemahan s300? rusia mengupgrade sampai dengan s500.
    saran: pertahanan s300 harus dicover dengan buk/pantsyr.
    #siapa yang menguasai udara maka dia memenangkan pertempuran#

  26. Israelnya udah berhitung dgn formasi terbang tertentu pula, dulu udah dibahas kalo tdk salah di jkgr atau patga, sy lupa.

  27. Propagandis

  28. Ha ha ha bung lm vs rbt @ dr td pertanyan tentang rudal gagal meluncur kalau meledak bagaimana .. Itu sudah di jwb sama2 teman jkgr apa kamu gak baca , pemikiran anda cetek banget .. Bijimana klu rudal balistik/nuklir gagal meluncur .. Hilang benua amerika bung , jgn anda tanya lg sebabnya .. Kahkahkah ,
    Link yg bung minta di atas gw gak punya .. Itu berita perang irak vs nato di tayangkan di TVRI DUNIA DALAM BERITA dan aljajira .. Tentu saja sdh di preteli mana komsumsi publik dan umum klu yg sebenar

  29. Barang asu jelek !! kenapa lain x gw jwb ya

  30. Ndilalah mledak dewek y.. haha

  31. bung kickhead martin, sepertinya benci blok timur ya…? yg namanya ciftaan manusia tak ada yg sempurna, masalah gagal dlm teknology itu byk yg terjadi sprti rudal pesawat yg tdk meledak pdahal sdh mengenai target pesawatnya dan rudal yg tidak mau meluncur sy baca dalam majalah ANGKASA, jdi masalah anda itu dimana bung? anda mau blok barat itu hak anda, tapi bila diforum ini byk yg suka blok timur itu juga hak mereka, mereka punya alsan sendiri. masuk akal bila org2 pd gak suka usa n nato karena mereka merekalah penyebab utama perang di muka bumi ini, lihat lah penggulingan presiden sukarno oleh suharto, lihatlah lepasnya timur timur karena siapa??? siapa aktornya USA n tmn2nya. apakah anda bisa tidak merasakan kegundahan warjager…? trims imho

  32. Coba di situasikan Gimana rasanya kalo di dalam kokpit F 16 tiba tiba alarm missile lock berbunyi.. Dan.. ‘Kampret … Ternyata binatang itu yg lagi melesat mengejar…!! (Es telungatus)

  33. Amerika memang suka menganggap remeh senjata lawan, tanpa dia menyadari kalo Frigat mereka pernah di matiin sistem navigasi dan senjatanya sama dua jet shokoi , dan mereka memilih meninggalkan laut hitam saat konflik ukraina.dan semua dilakukan dari dalam cockpit,

    Coba aja ikuti beritanya di RBTH. com atau di Iiran military forum

 Leave a Reply