Sep 072014
 
Chiron, man-portable, fire-and-forget system, day-night operational

Chiron, man-portable, fire-and-forget system, day-night operational

Magetan – Lanud Iswahjudi mulai dilengkapi dengan sistem pertahanan udara baru nan canggih. Kaunitharsenrat Bengsen Sathar 61 Depohar 60, Lettu Tek Fajar Ari Kumbara, dalam briefing pagi, Rabu (3/9), memberikan paparan tentang alutsista berupa persenjataan Oerlikon Skyshield 35 MM, pabrikan Rheinmetall Air Defence dari negara Switzerland.

Menurut Lettu Tek Fajar Ari Kumbara, senjata Oerlikon Skyshield 35 MM adalah senjata Penangkis Serangan Udara kaliber 35 mm yang dioperasikan secara otomatis dan diintegrasikan dengan Chiron missile.

Chiron Missile

Chiron Missile

Sedangkan Chiron Missile memiliki data teknik, jarak maksimum maksimum 7 km, Jarak efektif 3-5 km, ketinggian 3,5 km, berat missile 20 kg fuse impack dan proximity, diameter 80mm, launcher pedestal, Chiron Missile diproduksi negara Korea Selatan.

Briefing yang dilaksanakan secara rutin di ruang Tedy Kustari tersebut, diikuti oleh Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Donny Ermawan T. M.D.S., serta segenap pejabat dan seluruh penerbang Lanud Iswahjudi. (lanud-iswahjudi.mil.id).

  119 Responses to “Oerlikon Skyshield plus Chiron”

  1. ijin melintas

  2. mantab..

  3. Ayo ditambah lagi alutsistanya….nimbun kayak Vietnam…

  4. jarak pendek bingitttzzz

    • Iya juga sih bung. Tapi semoga saja berguna, siapa tahu ada rudal musuh yg lolos jaring oerlikon bisa diuppercut sama ini rudal :mrgreen:

      Peluru Skyshield dapat melesat hingga 1.440 meter per detik dengan jangkauan tembak efektif hingga 4 kilometer. Rudal Chiron yg jarak efektif nya 3-5 kilometer semoga jadi partner yg handal.

      Rudal ini punya proximity fuze, kalau mencapai jarak tertentu dari target [ walaupun belum senggol ] bisa langsung meledak ( bahasa kerennya ‘ kubacok sebelum kau senggol ‘ ). Jadi kemungkinan kena sasaran lebih besar. CMIW

  5. besuk jalan jalan ke maospati lihat hanggar f-16 mumpung week end.

  6. mantaps si oerlikonnya, gimana kemampuan sesungguhnya dari chiron ?

    • chiron ini termasuk kategori rudal manpad. jika memakai tripod diawaki 2 org. dibuat olh LIG nex1 co.ltd korea. dan mulai digunakan thn 2005 dan di order olh ROK sebanyak 2000 unit utk menggantikan rudal sam igla buatan soviet yg sdh dipensiunkan ROk korea pd thn 2003. chiron dirancang dan dibuat korea utk menggantikan rudal igla rancangan pd masa soviet. korea bekerja sama dgn prancis membuat chiron dgn konsep dan sistem eksternalnya memakai sistem rudal mistral, sdg utk rudalnya sendiri mulai dari sensor infrared homming seeker dan infrared couter measure sistem dan sistem kendali rudal termasuk warhead seberat 2,5 kg beserta propelan solid roket dibuat oleh korea dgn asistensi oleh mistral prancis. korea termasuk terlambat bbrp thn dlm mengembangkan rudal ini yg direncanakan siap sblm rudal igla mrk memasuki masa pensiun 2003. Chiron ini yg sebenarnya kw2 dari rudal mistral digadang2 olh korea tdk kalah dgn mistral, sing master copyannya chiron dan jg di klaim seimbang dan selevel dgn sam buatan us yakni fim92-stinger. tp secara praktek di palagan perang chiron blm mendapatkan cap battle proven, krn blm pernah diketahui chiron pernah merontokan target diudara sprt pespur dan heli. Salam..

  7. Ini masuk kategori VSHORAD ya ?

  8. Penangkis serangan udara,misalnya apa ya ?

    • Salah satunya yg paling melegenda dunia akhirat sing tiada lawan yah siapa lg kalau bkn kesayangannya para shuriken TNI AD yakni si mbah S60 yg sepuh dan sdh battle proven dipalagan WW2. si mbah S60 ini jk diberi pangkat selama mengabdi dimari, pangkatnya sdh melebihi bintang 5. yah,, kalau bintang 7 pasti dapetlah… hahaha.. S60 jos gandos..!!

  9. bisa di instal di komodo gak ya..??mohon pencerahannya..

  10. Ijin nyimak…

  11. kenapa tidak ambil penangkal pespur dan rudal dari rusky…?
    atau karena malon sudah belajar nembak krypton…?

  12. Sepertinya tiap2 pangkalan harus ada rudal kayak gini nih. Apalagi di natuna. Bisa memotong pergerakan musuh sebelum merengsek ke dalam.

  13. Tambah lagi di tanjung dato, daerah kecamatan subi, daerah kab. Anambas, tanjung pinang, batam, Kabupaten meranti, wilayah Medan dan aceh. Kemudian lanud singkawang, wilayah entikong, sampai nunukan. Pertahanannya sudah seperti pagar Dan tirai. Untuk musuh yg dari utara, bisa dihadang. Cuma mestinya dipadukan dengan R Han kita.

  14. Inilah satu lagi contoh kerahasiaan pengadaan alutsista tni…tanpa banyak membeber informasi..tiba tiba senjata itu sudah dimari
    Jadi inget informasi bung pemburu rajawali bahwa bentar lagi akan datang lagi yg lebih gahar dari oerlikon skyshield..
    Mantap..salam nkri

  15. Shorad dah banyak tinggal sam yg jarak menengah, moga2 di mef 2 dibeli

  16. mantepan super igla. tapi paling udah punya dan ngga pernah di berita in.

  17. kombinasi Hi – Lo kah ? kok tidak Skyshield+Mistral+Mica ?

  18. Met Pagi Warjager’s,Selamat Pagi para Komandan sekaligus Sesepuh..

    Seru ya,melihat kemunculan Alutsista kita “yg di kebut” kedatangan nya. Saat ini memang sedikit di Push utk Pertahanan Short to Medium Range. Tp kedepan Insya Allah Long Range sdh siap Operasional. Saat ini sdg & sdh di persiapkan “Rumah”nya jg Personel pendukung sesuai doktrin yg akan di terapkan.

    • Pagi bung PR, Off duty lagi kah? hehehe…

      Pecel bukmina yang ada dissini msk jarak sedang ya bung?

      Brrti Es teh telungatus msh d siapin dong hidangannya :mrgreen:

      • Pagi jg bung,shift 3 nie jd bsa ksh kue bolu. Es teh nya sdh ada tinggal uji kesiapan operasi aj.. yg jls apa yg di pake si Om insya Allah kita pake jg.. hehehe.

    • Trims kue bolu nya (bocoran halus) .. hehhe .. ditunggu lagi bolu nya .. hehe

    • Jangan ngawur lha mas Rajawali. Boro-boro mau dateng, tahun lalu saya yang liat sendiri medium sam ini uji coba dan sampe saat ini masih rencana pengadaannya di MEF 2. Sampe sekarang belum ada kontrak. Jangan berharap barang ruski yang dateng…lha yang masuk itu barang Nato kok. Kita puas sama hasil uji cobanya. Kalau sudah diizinkan si bos, saya akan publish foto-foro selfie saya dan tim saat nonton uji cobanya. Kita bicara data saja lah.

      • Nyang boneng yg mane nih…?? Bung@sempak ape Bung.PR..?? tar warjager pade galau loch..he.he.he..!!!

        • Salah satu foto saat uji coba pernah terpublished di forum sebelah oleh salah satu anggota tim dan yang bersangkutan sudah diberi peringatan secara keras oleh atasannya

      • Monggo silahkan bung.. agar rekan2 semua bsa tahu jg paham..

        • Nanti mas, kalau sudah dapat lampu hijau dari si bos akan saya buat artikelnya. Saya tidak mau mentok di kapten mas,,hehehehehe

          • Jangan kuatirnnananti sy lobi atasan sampean supaya bisa naik jd artikelyygyg penuh dg clue cetar membahana.
            Karir sampean panjang kok,tenang saja. Republik ini msh bth sosoksseseperti anda & kawan2 se tim. Usahakan yg khusus Publiktterbatas jgn lebih.

            Salamuutk rekan2 dsna bung.

          • oooh..bung sempak itu kapten toh, nah kalo bung PR, pangkatnya itu diatas atau dibawah kapten?

          • Mas Banzai..saya ini anak lulusan kemaren sore.

            Mas RR, Mas Erich, dan mas PS posisinya jauh lebih tinggi dari saya 🙂

      • klo bleh tau yg mediumnya nashams 2 y bung ,ataukah yg diatasnya lg yaitu patriot ktanya kita ditawari uncle sam juga y bung,relekosi pasti MEF 2 y krna tuk MEF 1 anggarannya ngk cukup

      • batang nato ???? apa jadi nih ambil nasam dari spain

      • Rencana data yg mau di babar utk publik terbatas apa A1. Klo A1 ckp clue nya saja..

        Saya hanya ksh “clue” nya sj,klo masuk di MEF 2 tergantung Lobi para pimpinan pd RI1 nya gmn,soalnya RI 1 yg akan dtg “ular” nya banyak loch. Sista dr slh satu negara NATO jg bgs tp kita tdk blh tergantung dg 1 negara supplier. Ingat embargo dlu sperti apa susahnya kita hrs cari sucad & munisi.

        Pada intinya dlm forum ini utk Ilmu, pengetahuan & diskusi sehat. Jk ada perbedaan hrs di sikapi dg bijak.

        #ranah anda & saya berbeda tp tujuannya sama. Anda yg tes, kami yg pake duluan.

        • Salam kenal sebelumnya bung PR.
          ane senang isi komen ” #ranah anda & saya berbeda tp tujuannya sama.” Hal seperti inilah yang menjadikan diskusi jadi menarik bagi ane yg cuma fanboy militer. Walaupun sama sama anggota TNI ( kalau benar ) jenjang kepangkatan dan beda matra pasti bisa beda informasi. cmiiw Akan lebih berbobot dan akan menjadi pencerahan bagi kami dengan mengawali setiap koment informasi dengan kata kata ” setahu saya,/ sejauh yang saya ketahui untuk mengcounter info yang sekiranya kurang cocok. dengan begitu diskusi akan ter hindar dari saling cemooh para fanboy yang mengidolakan para senior dan sesepuh di sini.
          Maaf bukan bermaksud menggurui tapi hanya curhatan ane saja. salam buat semua senior warjag wassalam

          • setuju. Tujuan dr forumiiniini sbg wadah anak bangsa utk lbh mencintai Para Kesatria Penjaga Republik terlepas dr semua keterbatasan dan kelebihan nya.

            Salamhormat kami pd Warjager’s dan Anda bung

          • Saya setuju ini..”Walaupun sama sama anggota TNI (kalau benar ) jenjang kepangkatan dan beda matra pasti bisa beda informasi”.

            Tapi…..semuanya harus lewat Cilangkap kan? hehehehehe.

          • SR salam kenal semuanya, baru 2 bulanan baca JKGR ternyata bikin pusing bacanya, komentarnya banyak banget jadi pusing bacanya 😀 waktu baca pada artikel A1 list antara bung nara sama bung PS saja beda pendapat masalah kepanjangan TBD, padahal menurut saya keduanya pemahaman militernya sangat paham. jadi inget waktu acara 17 bulan kemaren, saya iseng2 nanya salah satu anggota TNI AD yang jaga pameran tentang pengadaan marder saja gk tau. di indonesia divisinya banyak mungkin gk selalu tau anggota dari divisi yang satu mengetahui pengadaan dari divisi lain.

          • informasi ini sdh cukup bagi kami…orang awam…suka nonton film perang…he7x…kalo utk teknis yang lebih dalam yah urusan bung-bung militerlah…lihat gambar2nya aja udah seneng…mau clue…hoax…fakta…kelepasan omong itu sdh alhamdulillah…bahwa militer negara ini tetap berkembang..krn dari dulu saya walau termasuk kelompok pasifis..saya meyakini jg…militer itu asuransi bangsa ini..tuk kelanggengan hidupnya..

        • Ane jadi inget bung@nara jgn” ganti nick nih ..!! hehehe..!!

        • Setuju bung.BBukan alutsista sj kok krn lingkupnya sangat luas dan sangat.dalam,bykppihak yg berkepentingan agar prog bung berjalan dg baik, aman,lancarssesuai prosedur. We just back you up.

        • Selamat siang Mas Satrio. Ya begitulah mas keadaannya 🙂

          Masalah foto saya no comment deh mas. Sensitif ah, sensitif,,hehehehehe

        • @Pak SS dan Pak Sempak : negara haram Pak? kita ddulu kan punya mainan dari tu negara kan ya? kalo skrg? heheh 😀 :mrgreen:

        • Mas NKRI…drone penghuni Lanud Supadio 🙂

      • Kirain masih ngurusin rompi sama helm bung sempak…salam hangat bung… 😀

        • Hahahahaha….Sebenarnya saya ga mau komentar masalah pertahanan udara ini mas, tp teman saya dari Paskhas minta saya untuk meluruskan berita ini karena medium dan long range sam rencanya Arhanud yang bakal jd operatornya, bukan dari Paskhas atau TNI AU, padahal yang bersangkutan jadi SR disini.

          Mungkin di artikel skyhield ini komentar terakhir saya karena kedepannya sibuk ngurus dokumen untuk melanjutkan pendidikan mengikuti jejak Pak Prabowo dan Pak Luhut panjaitan. Untung saya tidak ditugaskan ke negara yang katanya paling haram di dunia ini,,hehehehehe

          Salam hangat untuk Mas Wehrmacht dan rekan-rekan Warjager yang lain 🙂

          • selamat bertugas dan sukses bang sempak..salam hormat!

          • Selamat belajar bung…kalo belajar di negeri paling haram di dunia jg gak papaasal gak ketauan kayak proyek alpha…everything is fair in love and war kata shakespeare…

          • Selamat bertugas bung.Selamat menyerap ilmu yg tak ada habisnya demi kemajuan bangsa. Salamhhormat utk rekan2 “sematra” & yg sdg jd “mahasiswa” jg keluarga anda.

          • Mas Akung, Mas Wehrmacht, Mas Pemburu Rajawali…terima kasih doanya. Semoga saya dan rekan saya bisa menyerap ilmu yang banyak disana untuk 2 tahun kedepan. Bocoran sedikit, kami berdua juga ditugaskan untuk terus memantau perkembangan upgrade leo disana, tp hanya sebatas memantau, tidak lebih .

          • Israel…ya…ha7x…utk kepentingan negara..sih bisa2 saja..lha Iran aja..yg .tiap hari ngutuk Israel..pas butuh amunisi kontak2 sja…jual beli jg…

  19. Mantab

  20. Selamat pagi..

    Manpadsnya kok macem2 jenisnya ya. Ada QW 3,ada chiron. Kok ga disamain.?
    Padahal kelasny sama2 manpads.

    • jangan lupa RBS-70, Grom, startreak dan TD2000….shorad gado-gado is the best

      • Gado gadoinnya gmana bang? Wong sekelas semua

        Kalo long range n medium mungkin cocok gado2 saling mengisi…#ceilahhh bahasanyaa#

        Nih manpads kan untuk AU,padahal AU dah punya yg dari China.

        • emang masih sekelas tapi coba ente cari dari negara mana j tuh barang itu yang ane maksud gado2, kalo medium sama long itu mah jenisnya , biasanya yang dimaksud gado2 itu senjata yang dibeli dari beberapa negara misal pespur f-16 dari as hawk dari inggris, t-50 dari korea, sukhoi dari ruski , rafale dari prancis (moga2 jadi dibeli 😀 ). getooo

  21. pengen nya sih baca judul artiker nya wellcom s400 and pansirt. . .hehe. . .
    http://www.ngarep.co.id

    SALAM NKRI

  22. maaf ndan sempak..gue ndak pernah ngikutin kalo rudal chiron sdh pernah dibeber infonya…
    yg gue tau cuman oerlikonya aja..
    by the way semoga makin banyak lg alutsista yg akan datang..
    krn kalo inget cerita alm.bpk (dulu di kostrad brigif 18) miris banget kalo cerita persenjataan yg dipakai saat itu
    moga moga pemerintahan yg baru jg punya program program yg bagus bagi para ksatria pengawal ibu pertiwi..
    salam nkri..
    dari bumi arema…

  23. jarak pendek melulu, kapan ssitim pertahanan udara jarak menengah/jauh & surface to surface missile medium/long range ???

  24. sy mau comment apa, sy gak tau tentang alutsista, sy disini cuma mempelajari apa yg menjadi clue, bagi sy negara dan TNI kuat sudah cukup membuat tdur sy nyenyak, tetapi bila melihat TNI dikerdilkan, sy slaku orang awam bisa emosi juga….harapan sy smoga pemerintahan mendatang lebih banyak menyimak forum ini shingga tau apa yg dibutuhkan oleh TNI dan keinginan masyarakat, jaman sekarang gak ada lg istilah bambu runcing, bambu runcing hanyalah sbgai penambah semangat nasionalisme sj (maaf bukan mengetrol), bagaimanapun sy tetaplah orang awam yg jarang bercomment disini, isi commentnyapun bs dibilang jauh dr berbobot, tp perlu diingat, nasionalisme sy akan selalu ada dengan atau tanpa alutsista yg gahar…slam NKRI

    • Betul bung.. alutsista yg paling hebat itu militansi yg pantang menyerah, dgn mental pejuang yg tdk pernah lelah dan takut mati sprt yg pernah dicontohkan generasi org tua kita dahulu dlm mempejuangkan tanah air utk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia demi anak dan cucunya alias kita2 yg sekarang ini. apakah kita tdk malu dgn mrk yg hanya berbekal semangat juang serta bambu runcing mampu melawan mundur pasukan sekutu yg sdh memenangkan perang dunia ke 2 dahulu. Salam tabik..

  25. test ijin masuk bung

  26. kabar angin truck KAMAS yg udah disini katanya bermetamorfosa jadi PA*SIR benar ga ya mohon pencerahanya…

  27. Trims bung sempak..
    Semoga sukses sll menyertai anda.
    Saya berdoa semoga anda bisa menjadi pimpinan tni di masa yg akan datang..

  28. Aduh

  29. Kalau beli stinger pastinya embargo dan dilarang dijual ke RI, terus kenapa gak beli Igla yang sudah batleproven dan bisa di pakai oleh satu orang..

    kayaknya pembelian chiron bernuansa paket TOT KS, biar korsel bisa leluasa jual produk dengan negara lain dengan mengatakan produknya chiron telah dipakai oleh TNI yg terkenal guru latih dari tentara-tentara dikawasan ASEAN…politik dagang yang pintar

    http://cakidur.wordpress.com/2011/10/19/chiron-rudal-panggul-anti-pesawat-paskhas-auterkini/

  30. lanjut kan,hehehe

  31. Ane gk ngerti Alutsista, cuman penggemar Militer sja. mau ikut koment entar takut salah. mendingan jdi SR aja deh..he. Salam Hangat utk warjagers.

    • Gapapa lah bung, namanya kita juga sama2 belajar.. kalo takut salah, ksh kata “CMIIW” d akhir kalimat 🙂

    • Assalamualaikum wr.wb
      tidak usah takut salah bung, semua pasti bisa salah namun yang terpenting saling mengkoreksi dan melengkapi.
      sampaikan saja
      hehehe tapi saya juga tidak tahu juga batasannya
      misalnya komen pertamax, dr segi militer itu komen maksudnya gimana hubungannya apa kan termasuk salah itu 😆 tapi berhubung adminnya tidak keberatan dan para pembaca tidak keberatan ya tidak apa-apa jadinya :mrgreen: buat ngeramein aja jadinya supaya aktif menyimak :mrgreen:
      seperti komen saya ini hubungannya dengan militer apa? kan tidak ada hubungannya kan salah kalau di lihat dari sudut pandang militer, tapi kalau dilihat dari sudut pandang memotivasi orang untuk mengutarakan pendapat kan ada benarnya juga, lagian sekarang semua orang boleh mengutarakan pendapat asal santun dan sesuai etika saja :mrgreen:

      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

    • enakan jd SR bung AFN & bung WN , sambil menikmati kopi rokok kalau2 ada bocoran gede lg ( d jkgr bkan bocoran halus lg tp bocor gede kya termos ane)

  32. Dan ini untuk mawas diri kita sendiri,
    Beli murah(rawan embargo) ada ToT
    Beli murah (rawan embargo)tak ada ToT
    Beli mahal(zero embargo)ada ToT
    Beli mahal(zero embargo)tak ada ToT
    M1-Thor/BUK/S400 (tak ada ToT) tp wajib dibeli,walau semahal dan serumit apapun politik/birokrasinya.RX550 ttp jalan terus.

  33. Luar biasa..bnyk sesepuh yg hadir disini masing2 dgn kemumpuniannya. Sy ijin mbaca aja krn malu mau ikut koment diantara sesepuh., bung pemburu rajawali, bung Wehr, bung satrio, bung lare sarkem, bung NKRI jaya, bung Pedro baretta..sy merasa bangga bs mmbaca ulasan2 anda semua bbrp hari ini…bangga trhdp anda semua..Dan jg bangga dgn TNI dan negara ini..

  34. mari kita resapi bersama para warjagger disini,antidot apakah yg bisa membendung kekuatan singapore bila menginvasi daerah kepulauan riau,batam,natuna dll…?pesawat tempur mereka bisa terbang diatas awan NKRI,KSnya nyilem di perairan NKRI,tinggal menghitung rencana saja mereka akan mendarat di NKRI…satu demi satu pulau bisa dilampauinya,sudahkan jendral TNI menyusun strategynya untuk membentengi kepulauan riau…?

    • Ngemeng ape bung?

    • Assalamualaikum wr.wb
      kalau mengenai strategi pasti ada cuma takut bicaranya keceplosan sehingga mereka tau strategi kita.
      ya misalnya penyusupan melalui Malaysia, misal di saat Singapur vs Indonesia kan tidak mungkin semudah itu orang Indonesia masuk ke Singapura saat terjadi kontak maka di buatlah operasi penyusupan melalui Malaysia.

      • Iya bener bung Wd@ model perang modern adalah membuat puluhan insiden kecil dulu dan penyusupan intel.seterusnya saya tidak bisa membabar selanjutnya…..( Rahasia Pertahanan).Cmiiiiw

    • Anda terlalu wah dengan spore bung

      • iya saya jg g pandang remeh S.pore..tapi logika saja dipakai…negara dgn luas serebu km2…kalo kita perang hancur2an aja…model ISIS…(serbuan eselon)…sptnya sulit mereka..utk menang…walau bisa menang..negara mereka sdh hancur lebur…..

  35. Selama ini yang saya tau nongkrong dimari ya tukang layangan, tukang lontong, tukang perahu. Kayanya ok juga kalau tukang2 dari marinir, paskhas, armed, arhanud, kavaleri dll ada yang nongkrong di sini, biar jadi forum silaturahmi non formal. Kayanya sih banyak tapi pada SR doang…ayo bung2 pada komenlah, atau bikin artikel sekalian (yg bisa buat konsumsi publik). Warjager pasti sueneng kalo diceritain pengalaman operasi, alutsista dll..palagi kalo ada yg sering2 keceplosan kaya bung PS…hahaa becanda bung PS, salam hormat!

  36. Duduk manis sambil nunggu hidangan roti bolu (bocoran halus) dari Bung PR. xixixi.

  37. Soal negara haram, itu mah hanya ungkapan org2 yg sok suci.

    • negara haram utk didatangi bangsa ini krn tdk ada hubungan diplomatik…dan sensitif dimayoritas penduduk Indonesia..(alasan loe tahu sendiri kan)…jadi haram….diMalaysia kan pendatang illegal disebut pendatang haram…he5x..

  38. tentara singapore lucu, jadi tentara spt dipaksa, ke markas bawa bekal spt anak sekolahan.

  39. kok nggak beli Pantsir S1 aja sih, sebelum chiron nembak udah kena hajar bom pintar macam JADM, paveway3 atau Kh series…

 Leave a Reply