Jul 192017
 

Jet tempur F-16I lepas landas dari Pangkalan Udara Ramon di Gurun Negev, Israel. © Jim Hollander

Militer Israel secara tak sengaja mengungkapkan tentang keberadaan pangkalan udara yang sebelumnya tidak diakui melalui situs resminya, namun Israel buru-buru menghapus semua referensi saat pemaparan hal tersebut diserang oleh media. Insiden itu menyoroti mengenai kerahasiaan inti strategi militer Israel, seperti dilansir dari laman Sputnik News.

Secara resmi, Angkatan Udara Israel mengoperasikan 10 pangkalan udara utama di bawah Komando Mayor Jenderal Amir Eshel, termasuk pangkalan udara Ramat David di utara dan pangkalan udara Uvda di dekat Eilat.

Namun, dokumen militer yang dirilis pada awal Juli melalui situs resmi Angkatan Bersenjata Israel (IDF) sesuai dengan Undang-Undang Kebebasan Informasi Israel mengakui adanya pangkalan udara lain untuk pertama kalinya.

Pangkalan udara kesebelas yang misterius disebut Sdot Ha’ela. Peta dalam situs resmi IAF (Angkatan Udara Israel) tentang semua pangkalan udara tidak mengakui keberadaan dari pangkalan tersebut, apalagi lokasi pangkalan itu berada.

Ini berarti, bahwa Israel yang tetap mempertahankan pangkalan udara rahasia tidak begitu mengejutkan. Setiap militer utama dunia memiliki banyak instalasi tentara di tanah mereka sendiri dan di tempat lain, beberapa diantaranya dirahasiakan, sebagian yang lainnya tidak terlalu rahasia.

Namun, militer Israel mungkin lebih tertutup kerahasiaannya dibandingkan dengan negara-negara lain. Ironisnya, rahasia militer terbesar Israel mungkin yang terburuk didunia bahwa sejak tahun 1970-an, Israel secara informal memiliki pencegah nuklir.

Meski keberadaannya tidak diragukan lagi, negara tersebut memiliki kebijakan untuk tidak mengkonfirmas dan bahkan menolaknya, mereka tetap mempertahankan senjata nuklir.

Israel memulai penelitian senjata nuklir pada akhir 1940-an. Pada waktu itu, banyak analis memperkirakan proliferasi teknologi senjata nuklir yang luas di seluruh dunia, dan sebagai sebuah negara yang berada dalam pengepungan yang efektif, pencegah nuklir adalah jalur permanen yang berpotensi tetap. Pembangunannya dibantu oleh Perancis, Inggris dan AS.

Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) pada tahun 2017 telah membuat laporan bahwa kecenderungan perkiraan perang nuklir, Tel Aviv memiliki akses ke sekitar 80 hulu ledak, dimana sekitar 30 adalah bom gravitasi yang diluncurkan melalui pesawat terbang dan 50 lainnya senjata yang dibuat untuk diluncurkan oleh Jericho II, rudal balistik jarak menengah (MRBM), yang diyakini berlokasi bersamaan dengan peluncur mobile di gua-gua di sebuah pangkalan militer di sebelah timur Yerusalem.

Bagikan:

  14 Responses to “Oops!, Tentara Israel Tak Sengaja Akui Keberadaan Pangkalan Udara Rahasia”

  1.  

    13

    Pengakuan tersial

  2.  

    keceplosan

  3.  

    Tentunya kaum goibiyah Israel sudah mengetahuinya sejak lama.
    Kaum goibiyah Israel juga tau (atau merasa) bahwa kapalselam mereka sebenarnya lebih banyak dari yang dipublis. Nggak cuma dua lah pokoknya!
    Kaum goibiyah Israel menduga beberapa kapalselamnya dititipkan di luar negeri dengan beberapa nomor yang sama.
    Kaum goibiyah Israel juga (sok) tau bahwa apa yang dimiliki USA pasti Israel juga punya.
    hihihiii…

  4.  

    emang benar lho..apa yang AS punya Israil juga punya
    tapi
    apa yang Israil punya belum tentu AS punya

  5.  

    kenapa isis gak nyerang israel?karna isis buatan mossad israel dan As .untuk propagnda dunia!

  6.  

    Isis nyerang tuan nya..kiamat lah dunia

  7.  

    11-12 sm iran x yah …
    dari dulu musuhan tp kaga perang2..
    tau2 irak,suriah…??

  8.  

    Yang ada di foto ke 2 F-35 ya.? Maknyiuss

  9.  

    Negara picik

  10.  

    Yah ke gep deh

  11.  

    ganarrrr,…yuhuuu….

  12.  

    Wajarlah Israel punya hulu ledak nuklir secara Iran pun Instalasi Nuklir-nya gk ada yg berani sebut 100% ditutup hanya karna ada Perjanjian baru..
    Malah sanksi USA ditambah baru2 ini ke Iran hanya karna alasan Terorism Support tak berdasar..

 Leave a Reply