JakartaGreater.com - Forum Militer
Jun 052014
 

image

Situbondo – Puncak Latihan Gabungan TNI 2014 digelar dengan latihan operasi darat gabungan di Pusat Latihan Pertempuran Marinir V Baluran, Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Rabu (3/6).

Latihan Gabungan ini melibatkan 15.108 anggota dan sejumlah alusista TNI, di antaranya adalah 23 kapal perang Republik Indonesia (KRI), sejumlah kendaraan tempur amfibi, tank-tank Scorpion, delapan Pesawat tempur Sukhoi SU 27/30, enam jet F-16, sepuluh Hawk 100/200, serta sejumlah alusista lainnya.

Operasi pendaratan amfibi dengan dukungan kekuatan komposit semua unsur alias ketiga matra TNI menjadi puncak Latihan Gabungan TNI 2014, di Pantai Banongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu.

Setelah tembakan bantuan pantai dari kapal-kapal perang TNI AL di lepas garis pantai, setelah diperkuat serangan udara multi layer dan penguasaan ruang udara serta close air support, maka giliran tank-tank amfibi Korps Marinir TNI AL beraksi.

Prajurit pendarat TNI AL dari berbagai kesatuan dan unsur secara pasti bergerak dari kapal-kapal pembawa, merangsek sejak dari tumpuan darat pertama di Pantai Banongan, terus menghantam kedudukan-kedudukan musuh berkilometer jauhnya.

Wartawan ANTARA, Masuki M Astro, dari arena Latihan Gabungan TNI 2014 itu melaporkan, operasi amfibi itu menjadi puncak latihan gabungan terbesar TNI setelah 1983 di Pantai Cilegon, Banten.

Personel TNI AL, TNI AU, dan TNI AD dari multi korps dan kesatuan bahu-membahu menunjukkan kemampuan mereka setelah ditempa latihan secara parsial yang terprogram dan terstruktur.

Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI, Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio, Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, serta Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Budiman, mencermati setiap pergerakan operasi penutup itu.

Menurut Markas Besar TNI, segenap skenario latihan terbesar itu dibuat senyata mungkin. Semua peluru, peluru kendali, roket, bahan peledaknya adalah material sungguhan sehingga diperlukan disiplin sangat tinggi untuk mengoperasikan.

Sebelum operasi amfibi itu digelar pada hari “H” dan jam “J”, puncak latihan itu ditandai gelombang pertama pendaratan menembus gelombang pantai. Dilanjutkan proses bantuan tembakan kapal, menghancurkan kedudukan musuh di pantai pendaratan yang dapat menggagalkan pelaksanaan Operasi Amfibi.

Berturutan gelombang demi gelombang pertama baterai (istilah satuan setingkat peleton bagi korps kavaleri) tank-tank amfibi lalu meluncur dari dalam palka kapal-kapal pengangkut yang memiliki rampa.

Gelombang kedua terdiri dari kompi kendaraan pendarat amfibi yang mengangkut pasukan dengan perlengkapan penuh, menyerang maju bersama kompi tank dengan kerja sama infanteri tank; guna menduduki sasaran-sasaran yang telah direncanakan sebelumnya.

Gelombang ketiga dari unsur kendaraan pendarat amfibi yang mendarat untuk membantu pasukan yang lebih dulu mendarat dan menghancurkan kedudukan musuh yang masih berada di sekitar pantai.

Setelah itu selesai, barulah pendaratan berikutnya alias gelombang keempat, terdiri dua unit landing craft unit (LCU) dan enam unit kendaraan amfibi pengangkut artileri, dengan unsur artileri medan terdiri dari dua pucuk roket multi laras, RM-70 Grad dan meriam howitzer 105 milimeter.

Setelah mendarat, semuanya akan menempati titik siaga tempur penembakan sesuai koordinat yang telah direncanakan, selanjutnya akan memberikan tembakan artileri medan terhadap sasaran-sasaran musuh.

image

Gelombang atas panggilan mendarat dengan unsur KAPA yang mengangkut empat unit howitzer 105 mm. Setelah mendarat dan selanjutnya menuju pos tempur penembakan sesuai koordinat yang telah ditentukan.

Setelah meriam-meriam howitzer itu masuk untuk siaga penembakan, gelombang atas panggilan berikutnya mendarat dengan menggunakan LCU yang mengangkut dua unit RM-70 Grad.

Setelah mendarat kemudian menuju titik siaga penembakan yang telah direncanakan.

image

Dari udara, dukungan penguasaan superioritas ruang udara dioperasikan selain percepatan penguasaan titik-titik sasaran musuh memakai tiga helikopter.

TNI belum punya air cavalry sebagaimana satuan kavaleri udara di Ekspedisi Gabungan Korps Marinir Amerika Serikat atau Divisi Lintas Udara 1 Angkatan Darat Amerika Serikat.

image

Namun, prinsip interoperabilitas seperti itu diujicobakan dilaksanakan dalam Latihan Gabungan TNI 2014, satu hal yang menjadi target penguasaan doktrin baru tempur dan perang TNI.

Apalagi didukung topografi Pantai Banongan dan wilayah berkilometer jaraknya dari garis pantai yang sangat mendukung untuk menguji itu semua.

Tidak jauh dari pantai berpasir padat berkombinasi dengan rawa dan hutan bakau itu, terdapat bukit-bukit cukup terjal yang memungkinkan titik-titik kedudukan musuh tidak mudah dibidik.

Tiga unit helikopter itu mengangkut prajurit-prajurit untuk merebut dan menduduki sasaran yang dapat mempengaruhi dan menentukan dalam pelaksanaan perebutan tumpuan pantai pada operasi amfibi.

Sambil penerbangan lintas medan helikopter itu berjalan, dua unit RM-70 Grad dan tiga pucuk meriam howitzer kaliber 105 mm yang telah ada di pos tempur masing-masing langsung beraksi sahut-menyahut.

Tembak tinjau (observasi untuk menguji ketepatan elevasi tembak) sebanyak empat butir dari laras-laras RM 70 Grad dan empat amunisi dari meriam howitzer 105 mm.

Penembakan kedua, penembakan pelaksanaan (tembakan sejati, sudah bersifat pasti menghancurkan) sebanyak 76 amunisi dari RM-70 Grad dan 30 amunisi dari meriam howitzer 105 mm. Untuk menuntaskan serbuan, penembakan salvo terhadap sasaran sebanyak 40 amunisi dua unit RM-70 Grad, menjadi pamungkas.

Pada Latihan Gabungan TNI 2014 kali ini, TNI AL mengerahkan 33 kapal perang, terdiri dari dua kapal markas, satu kapal selam, delapan kapal perang yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Amfibi, dan 22 kapal perang yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Laut.

Selain unsur kapal perang, TNI AL juga menerjunkan pesawat udara dari Pusat Penerbangan TNI AL, yaitu tiga helikopter Bell-402 (nomor registrasi HU-419, HU-410, HU-417), satu unit Bolcow-Blohm BO-105 (NV-411), satu CASA NC-212 Aviocar (U-617), serta satu CN-235 (P-860) untuk angkutan udara VIP.

Selain itu, TNI AL juga menerjunkan ribuan prajurit Korps Marinir TNI AL beserta material tempur yang diikutkan pada latihan terbesar TNI pada 2014 ini.

Mereka meliputi tujuh tank amfibi LVT-7A, delapan tank amfibi BMP-3F, sembilan tank amfibi PT-76, 13 tank BTR-50 P, 11 tank BTR-50 PK, enam KAPA-61, delapan RM-70 Grad, dan delapan meriam howitzer 105 mm. (antara news.com ).

Berbagi

  70 Responses to “Operasi Darat Gabungan Latgab TNI 2014”

  1.  

    Mantap…..lanjutkan…..!!!!

    •  

      Pertamaxxxxx……..prestasi terbaik setelah 3bl…..alhamdulilah….!!!!

    •  

      mantap…….

      semoga sebelum 5 oktober 2014, sudah diterima : 2 heli aphace, …..12 pesawat s-tuchano,……. 8 pesawat f-16/block 52, ……..3 kapal light frigat bung tomo class, ……………13 MLRS Astross II, …40 leopard, ……..2 kcr 60, ……24 panser Anoa,……. ( dan semoga yang lain lain, yang tidak dipublikasikan juga sudah diterima TNI ) …….

  2.  

    Duo…. 😀

  3.  

    sipsss jayalah nkri

  4.  

    met malam…

  5.  

    Mantaab

  6.  

    Top markotop…

  7.  

    Sang Pengawal Republik….

  8.  

    menyimak video dulu nih… 🙂 seperti apa hasilnya

  9.  

    10 cukup

  10.  

    besok cari rosok bekas latgap …lumayan dokiloin buat beli beras…
    met malam semua

  11.  

    besok cari rosok bekas latgap …lumayan dokiloin buat beli beras…

  12.  

    Ehmmmm….

  13.  

    Lanjutkan

  14.  

    wow.kereen..lanjutkan.bravo tni..

  15.  

    coba perhatikan video yang pertama detik ke 00:19..tank no 1029
    #Mbah bowo ikutan naek tank,wkwkwkwk..

  16.  

    mantapp.sg besok para sesepuh udh bs masuk.

  17.  

    <:D
    ?) siap !!!
    _||_ Komandan !!!

  18.  

    hormat komandan
    ditunggu yg ngery2 sedapnya nih

  19.  

    ditunggu yg ngery2 sedapnya nih

  20.  

    Mantep ko alutaiata yg bung Nara sebutin ga nongol yah

  21.  

    latgab 2014 .bg mana gaungnya dikawasan ya?

  22.  

    tuh yg nembak mi35 ya?
    lmyn lah,latihan mmg harus sering kali ya..biar prajurit ngga stress,otot dan nyali jd terasah..

  23.  

    singanya blm keluar tu
    klo ada yg dpt jeretan kusus
    tlg bg dong………
    salam damai jkgr

  24.  

    sepi [email protected] diego ya karena gak nongolnya alutsista yg di bocorin bung nara n dll, sy jg jadi gak gairah saya berharap nanti tmn2 senior warjag lbh dewasa, pakai ilmu padi makin berisi makin merunduk lebih baik diam tapi berisi segudang kekuatan mematikan, dr pada pamerpamer yg blm tntu bener jadi kecewa ane, ane ttp tnggu ni warjag smg tetap berbobot… smg TNI sll berjaya

  25.  

    Gimana nih kira2 pndapat tetangga…
    Kalo merasa kurang WAH tunggu oktober lebih deket biar pada kedengeran suara ledakannya…

    •  

      semoga sebelum 5 oktober 2014, sudah diterima : 2 heli aphace, …..12 pesawat s-tuchano,……. 8 pesawat f-16/block 52, ……..3 kapal light frigat bung tomo class, ……………13 MLRS Astross II, …40 leopard, ……..2 kcr 60, ……24 panser Anoa,……. ( dan semoga yang lain lain, yang tidak dipublikasikan juga sudah diterima TNI ) …….

  26.  

    Nyimak nglajutin ronda…

  27.  

    Yang dah bayar lunas kok gak dikeluarin, kok versi jadulnya yg nongol

  28.  

    Maantap..semoga skala latgab sprti thn ini rutin diadakan minimal 3-5thn sekali jdi kan kita bisa tau lbih cpat perkembangan TNI seperti shingga kita tidak harus menunggu terlalu lama utk melihat latgab TNI seperti ini aminnnn

  29.  

    apakah latihan kali ini hanya sekedar cuci gudang saja?

  30.  

    katanya ada senjata pamungkas yg mau dileluarin, kok gak kliatan yah..
    kalo memang ada, mestinya diikut-sertakan. cuma tiga meriam baru jasa yg dari korsel..
    gak mungkin saat SU jauhkan rudal sama bom ga dirilis, itu kan momen yg ditunggu..
    bukannya yg bidik kapal molon di tanjung datuk tu empat dan dua berjaga jaga ks, ko cuma diajak latihan satu.

    barangkali para sepuh warjag atau para komandan mau beri penjelasan brapa persen dari seluruh alutsista yg dikeluarkan saat mengikuti latkab?? kalo seperti yg di fto, itu sama aja seperti latkab 2013, gak ada pebedaan, atau hanya merubah strategi aja?
    mohon pencerahan,,

  31.  

    Banyak materi latihan yang belum dipublikasikan
    “Peluru kendali Yakhont akan diluncurkan dari kapal perang, jarak jangkauannya sampai 300 kilometer dari titik peluncuran, itu sebagai misal,” kata Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Marsetio,
    hayo kapal apa yang dibuat target ?,, dan dimana lokasinya

    Satu lagi yang baru namun tidak mungkin bisa diikuti mata telanjang adalah dog fight antara pesawat tempur TNI AU dengan pesawat tempur agresor dari negara Musang itu. Diskenariokan dalam latihan itu, dog fight terjadi di selatan Pulau Jawa, dekat batas terluar zone ekonomi eksklusif Indonesia.

    Pespur jenis apa yang diskenariokan jadi pesawat musuh dan pepur penindaknya
    hehehehehe

    •  

      sesepuhnya pada mulai come back nih.ditunggu bung babarannya

    •  

      mohon penjelasannya bung Satrio pespur apa ya? minimal ya cluenya hehehe

    •  

      sya agak miris takut kedepannya gak jadi beli su35

    •  

      Wah..laksamana bilang ada test launch yakhont juga..koq ga ada beritanya ya di mainstream media..padahal yg paling ditunggu kan ini ya..hasilnya gimana tuh bung sat..dr jarak berapa tuh?

    •  

      Maaf Bung @satrio, saya kok merasa Latgab tahun ini yg digadang2 bakal mnjd latihan terbesar dan paling GAHAR, justru datar2 saja bung. Di atas langit, dan getaran bumi rumah saya jg terdengar biasa aja. Bhkn jauh lbh gahar Latgab sblmnya. Clue2 yg kerap disampaikan di warjag jg ga ada yg muncul sama sekali. Benar2 datar. Mnrt saya seh, mending ga usah lg bahas Latgab kmrn deh bung. Saya pribadi lbh brharap oleh2 rhsianya saja sbgai pengobat “manyun” kmrn, heheheee…

      #EdisiNgarepOleh2

    •  

      Menurut saya lebih baik Sukhoi Family terutama Su-35s vs Rafale F3R bung satrio… ndak usah ngeluarin yg produk dalam negeri dulu… soalnya menurut saya ancaman dari luar belum seintensif kemarin2…. tapi misal punya F-15/F-18 bolehlah gantiin Rafale…. 😀

    •  

      Tambahan clue aja
      Latgab tahun ini kan untuk Kampanye militer
      Jadi untuk dikampanyekan ke negara kawasan bahwa TNI nya mampu menjaga kedaulatan NKRI dengan alutsista dan skill profesioanalnya.. Kalau untuk kampanye dalam negeri cukup liputan di situbondo saja, hehehehehe

      Jangan dikira sonotan tidak tahu apa saja kegiatan latihan di selatan pulau jawa dibatas ZEE karena mereka mempunyai Jindale ,, dan tahu hasil hasilnya,, karena itu kampanyenya sukses,,,
      Gak perlu kampanyae untuk tukang ngetrol disini, :Mrgreen:

      Kalau mau jeli dimana CETAR nya …betapa sulitnya menggerakan 15 ribu pasukan dengan ratusan jenis alutsistanya,,bagaimana mengatur pergeserannya,,makanya,,,logistiknya,,, dan yang paling penting mensinergikan kekuatan tiga matra dalam satu operasi tempur tingkat kogabwilhan,,,

      Kalau melihat liputan dari media resmi saja bagi kaum pesimis yang ada adalah cemohan dan sindiran,,
      hehehehehehe

      •  

        hehehe..clue’nya jgn yg susah” toh Mas.. diandaikan saja.. ngatur anak TK mau masuk kelas aja susah apalagi ngatur pasukan plus tentengannya ya..dikira ringan.. 🙂 😛 ..

      •  

        untuk yang di selatan pulau jawa itu mainan apa aja yang turun show off Pak?hehehhe kasih bocoran dikit lagi doong hehe

  32.  

    @Ndan Satrio penasaran neyy nunggu yg top markotopx muncul…deg2 serrr rasanya…

  33.  

    iyaa doong om @Ndan.. greget ni pengen tau pakek bangtt deh, biar hatiku jadi lega juga besar hati saat para tetangga merasa paling hebatt..biar ngeri ngeri sedap, bukan ngeri neri takutt..

  34.  

    mnurutku itu strategi baru, sebelum lengser presiden kita dan sepertinya mereka akan mencari jalan lain buat mengorek ngoreknya apapun tentang Nusantara.. harus ttp waspada, jika ada elit politik yg ketahuan jadi intelejen asing harus digantung, tumanlah

  35.  

    apa kabar bung satrio?salam kenal,…

  36.  

    hati-hati ma aus pak beye…saya kok kurang yakin ma tu abbot…jangan kata si bule kesasar wong si malingsial upin ipin aja yg ngakunya serumpun kelakuannya kayak maling begitu…NKRI HARGA MATI…

  37.  

    Koq yang di Asembagus aja ya yg di liput, yang di selatan jawa koq tidak diberitakan. ? Wartawanya dilarang ngeliput ya.

  38.  

    Pertama menghadang armada kapal perang musuh di ZEE dengan submarine, ranjau, dan rudal yakhont, c802 dan exocet. Kedua perang air superiority di udara dalam bentuk dogfight, tapi ga tau ada latian bvr dengan kripton ga? Ketiga penyerbuan dan pendudukan didarat dengan operasi gabungan marinir, kavaleri, infantri mekanis, mobud, linud didahului dengan air support. Nanti tunggu video release dari puspen TNI biasanya lebih lengkap dan terlihat besar kalau sdh digabungkan. Kalau cuma asem bagus doang ya sama dengan tahun 2013. Ngarep penampakan club S kalau bisa.

    •  

      untuk uraian lebih mendetail tentang menghadang lawan di ZEE bisa dicek artikel mantan KSAL Achmad Soetjipto ‘visi baru pertahanan indonesia’, kompas 2/6/14, hal 6.

  39.  

    Ass warjager ,clue dr bung satrio jelas kok dan perhatikan komposisi kekuatan yg di gelar di asem bagus adalah untuk pendukung kekuatan darat sedangkan kekuatan strategis atau brown navy bersama sukhoi latihan di gelar di laut selatan krn dr sanalah arah ancamana , maaf pendapat ngaco

  40.  

    Tambahan satu hal lagi mengenai statement dog fight dilaut selatan, hal itu tdk bisa di monitor oleh kontroler latgab 2014 tni untk kordinasi dan evaluasi klw tidak ada radar jarak menengah atau jauh, jadi silahkan analisa sediri mengenai kekuatan tni sebenar nya, maaf analisa tkng tanah

  41.  

    salam persatuan dan kesatuan …….

  42.  

    meski gak segahar harapan dan impian kita,,,tetep salut ma TNI yg bisa optimalkan alusista yg dipunyai

  43.  

    COCOR BEBEK JANTANNYA mana nih?

 Leave a Reply