Mar 282017
 

Tentara Filipina yang memerangi Abu Sayyaf. (EPA)

Manila – Pasukan Filipina telah menyelamatkan tiga warga negara Malaysia yang disandera kelompok pemberontak Abu Sayyaf melalui operasi kedua dalam empat hari, saat pasukan keamanan melakukan serangan ke kelompok radikal tersebut, ujar pihak militer Filipina, 27/3/2017.

Ketiga orang itu diculik dari sebuah kapal delapan bulan lalu, dan penyelamatan mereka menandakan sudah tidak ada lagi warga negara Malaysia yang disandera setelah dua orang lainnya dibebaskan pada pekan lalu.

Pihak militer Filipina mengatakan ketiga orang itu diselamatkan di Pulau Jolo di Selatan Filipina pada hari Minggu, 28/3/2017 namun tidak ada penjelasan lebih rinci mengenai operasi penyelamatan yang telah dilakukan.

Abu Sayyaf terkenal karena separatismenya dan selalu bertindak sebagai bandit. Mereka telah membuktikan menjadi lawan yang tangguh bagi militer Filipina melalui jumlah yang kecil, tangguh, dan memiliki jaringan bersenjata lengkap bersembunyi di hutan-hutan di dua pulau di bagian Selatan yang mengintai sasaran mereka berupa kapal kargo berkecepatan rendah.

Kelompok itu telah menumbuhkan reputasi sebagai salah satu kelompok paling brutal di dunia, dengan ancaman pembunuhan korbannya, kepada negara atau pihak yang tidak memenuhi tebusan dalam tenggat waktu tertentu.

Di antara korban yang mengalami peristiwa tersebut dalam delapan bulan terakhir ialah seorang warga negara Jerman dan dua dari Kanada.

Warga negara Belanda, Indonesia, Filipina, dan Jepang menjadi korban yang terancam mengalami hal serupa.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana baru-baru ini menjelaskan penculikan yang dilakukan Abu Sayyaf merupakan hal yang sangat memalukan bagi negaranya.

Pemerintah Filipina khawatir tokoh garis keras di Abu Sayyaf telah melakukan komunikasi dengan ekstrimis di Timur Tengah dengan rencana membentuk sel-sel ISIS di bagian Selatan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik itu.

Antara

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  8 Responses to “Operasi Militer Filipina Bebaskan 4 Warga Malaysia dari Abu Sayyaf”

  1. hancurkan

  2. Pastinya Abu saraf gk perlu repot2 ngasih mkn buat sandera malay..cukup setandan pisang cukup buat 3orang.. hihihi

  3. Tumpas aja semua! Membuat kerawanan di kawasan.

  4. Akhirnya para beruk dibebaskan jg

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)