Mar 302017
 

Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Photo : Kanal KPK @kanal_kpk)

Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan operasi tangkap tangan terhadap beberapa orang di Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur, terkait dengan bidang perkapalan.

“Operasi tangkap tangan ini terkait dengan bidang perkapalan, ada indikasi penerimaan hadiah atau janji terhadap penyelenggara negara,” ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Kamis, 30/3/2017.

Febri menyatakan KPK sedang melakukan proses pemeriksaan secara intensif terhadap pihak-pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan di Jakarta.

“Untuk di Surabaya belum ada info lebih lanjut dan lebih rinci,” ujarnya.

KPK belum bisa memastikan terkait barang bukti yang diamankan dalam operasi tangkap tangan baik di Jakarta maupun Surabaya itu.

“Belum bisa dipastikan karena masih menunggu info lebih lanjut. Masih melakukan pemeriksaan intensif paling lama 24 jam,” kata Febri.

Lebih lanjut ia menyatakan KPK baru akan mengumumkan lebih lanjut soal operasi tangkap tangan itu pada Jumat (31/3/2017).

“Belum bisa kami sampaikan malam ini, yang bisa kami lakukan hanya konfirmasi bahwa benar ada operasi tangkap tangan. Indikasi awalnya ini adalah terkait perkapalan adalah kasus baru. Besok akan kami update lebih lengkap,” kata Febri.

PT PAL Telusuri Kabar OTT

Manajer Humas PT PAL Indonesia, Bayu Wicaksono, menegaskan pihaknya masih menelusuri kabar adanya orang yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Saya juga mencari informasi tersebut, dan di kantor pusat PT PAL Indonesia di Surabaya ada rapat jajaran tertinggi, tidak ada apa-apa, termasuk operasi senyap,” ujar Bayu dikonfirmasi ANTARA di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan, hingga petang ini beberapa jajaran di PT PAL Indonesia masih mencari sumber tersebut, dan menegaskan bahwa jajaran tertinggi termasuk direktur tidak ada yang terkena OTT oleh KPK.

Sementara itu, PT PAL Indonesia melalui akun daring resmi twitter @PTPAL_INDONESIA juga menyebutkan hal yang sama, yakni masih mencari sumber dan kebenaran terkait informasi tersebut.

Antara

Bagikan Artikel:

  50 Responses to “KPK Operasi Tangkap Tangan Terkait Kasus Perkapalan”

  1. Strike

    Endemi yang sulit disembuhkan nih…

    Mau bersih-bersih apakah harus 1 atau 2 generasi dimusnahkan? Klo menurut bung @Tukang Ngitung, PhD, beliau pernah menyebut “Potong dan bakar pohon yg kena penyakit”, nah masalahnya ini penyakitnya sudah tertanam di dalam tanah dan menyebar seperti “jamur upas”, seluruh akar pohon yang ada mungkin telah terkena penyakit tersebut, meski terlihat sehat dan kuat, bukan tidak mungkin bisa tiba-tiba sakit dan langsung parah…

    Hmmm… ntahlah…

    • Sudah takdir jd orang indonesia harus tetap nasionalis walau hanya berpura-pura dan menganggap semuanya baik-baik saja (miris mode on)

      • Masih dugaan, semoga tidak terbukti,,
        Kemarin2 PTDI yg digoyang, sekarang PT.PAL, besok siapa lagi, kedua BUMN sedang naik daun, pasti banyak juga yg ingin menjegal kemajuannya…

        • OTT mas.. OTT..!!! .. tangkep tangan… ngerti gak

        • Ternyata bener pejabat PT Pal yg terlibat Korupsi Kasus Pembelian KASEL Changbogo 3M….

          #Sumber RCTI

          • Alih-alih dapetin TOT…yang ada malah kena OTT ya bang ipan-sulipan

          • @jimi saja

            Pantes dulu bbrp pihak berkompeten memmpertanyakan knp kita mau saja menerima tawaran korsel, padahal Daewoo belakangan diketahui tidak punya otoritas utk memberikan TOT…shg kita harus bayar lagi diluar nilai kontrak.

            Sudah itu bbrp ahli ITS mempertanyakan rendahnya TKDN dan tiadanya industri dalam negri yang ikut andil dlm menyuplai komponen kasel

          • Hihihi ya Begitulah bung Ani…..

      • Yah.. kapal bagus sudah dijual murahan…. masih ngasih komisi makelar lagi…
        Berapa tuh..untung PT PAL

  2. Ditunggu.. semoga bukan karena PKR apalagi LPD.. Klien luar negeri bisa batalin pesanan..

  3. BUMN yg kinerjanya lumayan baik pun tak luput
    semoga tidak menganggu program MEF 2

  4. Semoga tdk berkenaan dgn proyek strategi nasional khususnya alutsista.

  5. Mari berharap…. ini yang terakhirrrrrr… karena dengan ini pasti ada efek detergen. iya gak,
    yah berharap kan boleh saja… iya tohhhh… ^_^

  6. hedonisme
    mental materi bisa mengangkat martabat
    budaya konsumerisme tak terkontrol
    awewe
    awewe ke 2
    awewe ke 3
    awewe ke 4
    awewe dan seterusnya

    • Tulah bung anu… soalnya kita menganut faham feodal :D suka disanjung dan diberi kekayaan.. selalu beranggapan bahwa “memiliki kekuasaan dan kekayaan” adalah orang yg bermartabat, bukan cuma masyarakatnya, bahkan para elit dan pemimpin bangsa ini…

      Ah, ntahlah… off the record aja…
      sebagai perbandingan lihat saja perbedaan nyata antara pemimpin bangsa ini dan turki

    • ternyata uda ada…jkgr kalo ga di refresh berkali kali baru updatenya keluar..

  7. prinsip & keimanan < uang haram

  8. Kpk sadapannya ngeri

  9. Galangan kapal di surabaya tidak hanya PT.PAL…masih ada yang lain, salah satunya yang menyuplai kapal patroli BC…tapi entah yang mana?

  10. seandainya nanti yg terkena OTT adalah dari PT PAL saya bersumpah akan Demo KPK berkali2. Persetan KPK !!. bg sy buat indonesia itu lebih berharga PT PAL daripada KPK. kl bicara korupsi smua tingkatan dr yg terendah sampe yg tinggi jg sbgian bsr korupsi qo. kl mau bersih2an jangan tebang pilih. jangan mengacak2 sesuatu yg lebih penting untuk negara demi skdar popularitas dr media seakan2 kpk itu hebat dll, yg blm tentu signifikan jg manfaatnya buat negara. sy hanya ingin pengadaan alutsista apapun jangan terhambat oleh institusi apapun. silakan kl ada yg beda pendapat dgn sy. terserah.

  11. Nyimak…..

  12. Ternyata di Instusi berplat merah masih banyak jg isi kebun binatangnya! Positif thinking aja dgn KPK, klu tdk dilakukan bgn tidak akan ada pembenahan internal di BUMN dan institusi pemerintahan lainnya jg.

  13. korupsi = pengkhianat bangsa segera ditumpas jangan sampai dibiarkan

  14. Sebenarnya…Bisa diatasi..Koruptor..Harus dihukum mati..Sebelumnya harus mengembalikan sebanyak 10x lipat,jika hartanya kurang..Istri dan anak2nya ikut bertanggung jawab pembayaran pengembalian tersebut,nah disini antara istri,anak,akan selalu mengingatkan untuk mencari rejeki yg halal,untuk yg masih muda..Ditingkatkan keimanan diadakan,SMP,SAMA,Kuliah…Ingat keimanan,ciri2 orang yg beriman akan mencari rejeki yang halal..Utk keluarganya(apapun agama dan sukunya)..Ciptakan manusia Indonesia patriot cerdas dan beriman,kenapa sila 1 dari Pancasila Ketuhanan Yang maha Esa,diharapkan orang2 Indonesia orang yang beriman,itu sila tertinggi dari semua sila2..

  15. Si alden ini mgkin agak konslet otaknya…

  16. pt pal sedang dalam tahapan penting bagi bangsa ini mengelola pekerjaan besar yang berpotensi menimbulkan persaingan baik bisnis maupun politis
    tidak boleh sampai ada kriminalisasi karena persaingan
    kalau ternyata tidak terbukti tindak kejahatan seperti yang dituduhkan maka inisiator operasi ini yang sangat jahat
    tidak cukup dengan merilis pernyataan bahwa target ternyata tidak melakukan kejahatan karena efeknya sangat besar
    namun bila memang terbukti seperti dituduhkan maka diproses saja seperti seharusnya tanpa embel embel demi ini demi itu
    apakah operasi senyap pengalihan

  17. KPK silahkan bersih-bersih, tapi jangan sampai melemahkan kinerja PT. PAL lalu di dipolitisasi….ingat PT. PAL mempunyai prestasi yang luar biasa di bidang pembuatan kapal nasional dan internasonal. Kalau mau tangkap maling, tangkap saja, jangan sampai bawa2 media segala….

  18. yang dibawa kpk oknum nya mas,,tapi boyongan karena dirutnya,GM treasury dan sekretaris perusahaan diangkut semua..uedaaann..casenya KICK BACK pembelian kapal pinoy kemaren

  19. Jangan-jangan ini judulnya “Kickback yang tak sampai”…alias diemplok dewek

  20. Dimana ada proyek di situ pasti ada koruptor!!!!

    Mainset gak bisa di rubah dengan mudah!!!

    • Sebenarnya “gratifikasi” adalah hal biasa dalam Industri, dimana saja disemua negara, apalagi Industri strategis. Bahkan tuker-tukeran no rekening adalah hal biasa dan dianggap sama seperti tukeran no hape 😆 hahaha…

      “benar” atau “salah” atas tindakan tersebut tergantung perspektif dari masing-masing negara :D dan kebetulan disini dilarang, karen banyak pejabat yang tidak kebagian :D

      Lihat saja kedepan, KPK akan menjadi alat kekuasaan bagi orang-orang untuk saling-menjatuhkan lawannya. Berkuasa saat ini dan disanjung, akan luluh lantak dimasa depan akibat faktor X :D

      ini tantangan buat bung @Tukang Ngitung, PhD, untuk cari metode alternatif, karena strategi tebang dan bakar akan susah untuk memperoleh efektifitasnya saat ini 😛 😆 hahaha

  21. Operasi siapa ini apa maksud y ini pengen hancurin pt pal kah????

  22. Salam
    Negara” di dunia banyak yg Krisis ekonomi khususnya negara” maju n perusahaan” besar byk yg bangkrut sejak thn 2004 n yg paling terasa mulai 2006-2008 hingga skrng.. di Negara Impian akhirnya akan byk dana yg msuk trbungkus oleh Investasi or hibah baik itu pembangunan infratuctur ekonomi n alutsista dr negara lain khususnya negara maju (dr prjanjian ke prjanjian ingat yah negara peminta n bank dania).kesulitan Liquiditas dr Asset byk yg jatuh tempo n mrk minta di renew kembali kpd pemilik Asset. Siapakh pemilik asset ? hehehe siapa yg tau yah ? au ah gelap

    ilustrasi :
    Negara peminta or Bank Dania : sy minta Asset di renew kembali
    Pemilik : sy beresin negara tempat tinggal sy dulu yaitu negara impian enak aja situkan udah pada Maju negaranya
    Negara peminta or Bank dania : Ok lah cepetan or sini bgm kalau sy (negara peminta or Bank dania) bantu ?
    Pemilik : silahkan kalau mau bantu ini semua program dr negara sy negara impian
    Negara peminta or Bank Dania : (sambil tepok jidat) Busyet banyak amat progrm infratucturnya n progrm pengadaan alutsistanya canggih” lg.
    Pemilik : bgm sanggup ga ?
    Negara peminta n Dank Dania : Ok baiklah sy bantu
    Pemilik : (gantian tepok jidatnya) Busyet banyak amat negara peminta or Bank Dania yg mau bantu (giliran pemilik yg kebingungan ) Hahahaha

    sejak 2 periode pemerintahn impian seblumnya terlaksana tp khusus pembangunan infratuctur di tunda bahkan nyaris di stop krn uangnya dikorupsi n di akalin dgn di markup oleh para pejabat Negara impian namun khusus alutsista jln terus.
    pemerintahan impian skrang hrs berbeda n komit. semua proyek infratuctur hrs selesai per 3thn rolling program per 3thn selesai. Khusus di didlm pemerinthn impian sistem di benahi peredaran uang cash dihilangkan n menggunkn EBugeting serta pengawasan dana proyek di perketat menjadi super ketat jgn ada celah.
    mulai skarang dinegara impian jgn sekali” mencoba Korupsi krn pasti ketahuan kalau ga percaya coba aja korupsi. eehh blm lm ada yg kena OTT lg Hadeuh kaga percaya sih Syukurin dah. Ingat yah mulai skarang jgn coba” Korupsi !!!

    mhn maaf ini mungkin cerita HOAX mungkin jg TIDAK tergantung sisi mn kita berada

    sedarinya pemimpin or pejabat itu melayani n rakyat hrs sperti RANTAI satu kesatuan n berinovasi serta kreatifitas demi kemajuan n BERDIKARI utk Negara Indonesia Raya

    Salam utk semua yg ada di JKG n ADMIN JKG
    NKRI Harga Mati Indonesia Raya Nusantara Gemilang

 Leave a Reply