Jul 292014
 

OPM di Paniai Papua (photo vivanews.com)

OPM di Paniai Papua (photo vivanews.com)


Papua – Kelompok Separatis Bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) menembaki empat anggota polisi yang sedang melaksanakan tugas di daerah Indawa Lany Jaya Papua, Senin, 28 Juli 2014, sekitar pukul 12.10 WIT, yang menyebabkan dua Polisi tewas.

Juru Bicara Polda Papua, Komisaris Polisi Pudjo Sulistyo mengatakan, penyerangan dan penembakan terhadap empat anggota polisi itu, terjadi saat mereka bertugas menyambangi Desa Indawa dalam rangka bimbingan masyarakat.

“Keempat anggota ditembak saat melaksanakan kegiatan sambang desa dalam rangka Bimas Pioneer, pelaku adalah kelompok kriminal bersenjata,” kata Komisaris Pudjo.

Kelompok kriminal bersenjata itu menyerang secara seporadis, sehingga keempat anggota Polisi tidak sempat melakukan perlawanan. “Setelah menyerang kelompok bersenjata itu melarikan diri dan kembali masuk hutan,” ujarnya.

Keempat anggota yang tertembak adalah Bripda Yoga Ginugy dengan luka tembak di perut, tewas di tempat, Bripda Zulkifli luka tembak di kepala dan juga tewas di tempat.

“Sedangkan Bripda Alex Numbery dan Bripda Helsky Bonyadone mengalami luka-luka,” terangnya.

Polda Papua lanjut Pudjo, akan melakukan pengejaran terhadap para pelaku dengan berkoordinasi dengan Asintel Kodam untuk backup dari kesatuan TNI yang terdekat serta koordinasi dengan Kapolres Lany Jaya guna membantu mengevaluasi korban.

“Perbuatan itu harus kita kutuk dengan sekeras kerasnya, dimana polisi yang sedang melakukan kegiatan pembangunan sumber daya manusia yaitu dalam bentuk kegiatan Bimmas Sambang Desa, agar desa-desa di wilayah Papua menjadi desa sadar hukum, memiliki masyarakat yang lebih cerdas dan mampu menghadapi perubahan Zaman,” papar Komisaris Pudjo.

Dia mengimbau masyarakat tetap tenang dan yakin bahwa kelompok kriminal tersebut harus mempertanggung jawab kan perbuatannya.

OPM  di Papua

OPM di Papua


Pos penjagaan TNI Diserang
Penyerangan dan penembakan juga terjadi di Distrik Tingginambut Puncak Jaya Papua, Senin 28 Juli sekitar 09.15 WIT. Kali ini yang diserang dan ditembaki adalah Pos penjagaan Tentara Nasional Indonesia. Akibatnya, 3 orang anggota TNI tertembak.

Dari data yang berhasil dihimpun, penyerangan dan penembakan terjadi, saat sejumlah personel yang bertugas di Pos TNI di Tingginambut, berpatroli di sekitar pos. Lantas, sekelompok bersenjata yang jumlahnya lebih dari 3 orang, menyerang dengan menembaki pos.

Personel TNI berupaya bertahan dengan mengeluarkan tembakan balasan. Kelompok bersenjata lalu berhasil dipukul mundur dan kembali masuk hutan.

Namun, ternyata dalam aksi itu 3 personel TNI masing-masing atas nama Sersan Dua Dedi terkena serpihan di dada, Prajurit Kepala Agus terkena serpihan peleuru di bagian perut selebar 2 centimeter dan Prajurit Dua Firman terkena peluru di pelipis.

Kondisi ketiga prajurit itu masih stabil. Prajurit TNI lainnya dari Mulia, Ibukota Puncak Jaya saat ini sedang mengevakuasi mereka dari lokasi, untuk kemudian diterbangkan ke Jayapura guna mendapat perawatan.

Juru Bicara Kodam XVII Cenderawasih Letnan Kolonel Rikas Hidayatullah saat dikonfirmasi, belum bersedia memberikan keterangan. (vivanews.com).

  117 Responses to “OPM Tewaskan Polisi dan Serang Tentara”

  1. Tindak tegas saja,Lanjutkan….!!!

    • OPM adala organisasi TERORIS yg sebenarnya!!
      kenapa densus 88 ga di terjunkan ke papua?

    • Jadi inget komennya bung diego di artikel agustus 2013 :

      http://jakartagreater.com/sejengkal-tanah-di-nkri/

      Semoga aja skenario yg ga akan terjadi

    • Assaamualaikum wr.wb
      itu senjatanya OPM dapet darimana? cara nembak serta cara perangnya siapa yang mengajari?
      sebenarnya setau saya di papua itu di bagi beberapa suku”
      yang dimana setiap suku sangat menjunjung kepala sukunya serta selalu curiga antara suku yang satu dengan suku yang lainnya, saya perhatikan begitu. Seringkali di papua terjadi perang anatara suku. ya kalau di barat mungkin sama seperti kelurahan hehehe d sini kan yang sering bentrok RTnya hehehehe awalnya bentrokan antara remaja kemudian meluas jadi bentrokan antara RT :v
      bilamana di pemerintahan daerah papua hanya di isi oleh orang suku tertentu maka bisa jadi suku yang lain iri.
      namun tidak dapat di pungkiri insfrastruktur yang belum merata serta ancaman dari OPM membuat pembangunan di papua berjalan sangat lambat. sehingga kemampuan antara suku tidak merata, terlalu sensitif disana. serta terlalu luas juga.
      mungkin yang awal dilakukan adalah indoktrinisasi NKRI kepada mereka seperti di wilayah sini sehingga daerah sini lebih kondusif dalam hal yang sensitif.
      Karena kita menuju kepentingan bersama dalam satu wilayah negara berdaulat, masalahnya posisi Indonesia sudah terjepit oleh pangkalan amerika jadi Indonesia sepertinya berhati” dalam mengambil sikap untuk freeport, harus ada keberanian dan jiwa kebersamaan untuk terlepas dari tekanan asing.
      kalau salah ya maaf 😀
      maaf oot 😀

    • BHL@ maaf tanggal’a ane lupa,kejadiannya kyak artikel ini juga kok,kontak snjata antara Dnsus dgn OPM,saat itu Dnsus sedang naik daun krn brhasil melumpuhkan sjumlah Teroris.antara Kpsus dgn Dnsus beda didikan yg jelas,jdi gak bsa d salahkan juga.nih yg cerita kakak q langsung stelah slesai brtugas jdi bukan hoax lho…

      • @p.90….jadi inget kasus penggrebekan seorang disangka noordin disebuah rumah live tv 1…densus 88 “gagah” di backup brimobd 10 ssk, karena tuh acara realtv live..tanpa sadar seorang danton pasus di tni meminta masukan ke anak buahnya dgn kondisi seperti ini di lapangan berapa lama dan berapa personil yg masuk ke dalam rumah yg sedang di kepung tsb…jawabannya cukup 3 pasus dan 5 menit waktunya…perhitungan korban pasus 1-2….sambil tunggu kontak dr danjen apabila densus 88 lempar handuk….cerita di warung kopi jln.kebon sirih

  2. pertamax

    • gagal son… kami bergantung pada jokowi-jk ni

      • kalo gitu, tiru aja megawati gelar operasi besar2an seperti saat dulu melawan GAM, di”bantu” tsunami dan JK, jadi juga perdamaian diaceh..

        • GAM yg mana dulu nih kang… jangan asal nyocorr… GAM pimpinan siapa maksud ente yg ditumpas?? Ga takut apa jidat ditempel AK?

          • He he bu g BHL…GAM kan beraninya nempelin AK di jidat sipil gak bersenjata kyk di kantor ane di medan…nembak coklat yg jaga jg karena si coklat lg santai jari gak di picu…kalo TNI sama coklat sih beraninya nembak pantat atau punggung gaya israel banci…

          • Maksudnya si GAM nya kalo nembak TNI/coklat gaya israel banci…

          • bung wer ane ampir salah paham ntuh soal banci

          • Nah jadi inget, ke NAD terpaksa pake wig. Ketahuan cepak lobang guli dijidat.

            Yg ngirim orang gajian kite… anggotanya kite juga.

            Kenangan

  3. kudisss samaa panu di peliharaaaa bknnyaaa di obattttiiii.. kambing di pelihara biar gemuk

  4. mengapa kita terkesan lemah di papua?
    maaf pendapat orang awam

  5. kalau masalah papua asu ikut campur jadi susah mau membersihkan opm, ga malu ya asu negara perebut tanah orang

    • Buktinya apa? Kan dah dikasih apacih buat berantas opm.

      • ya tapi ga boleh dipake dipapua, apache cuma kepake buat blok timur. @bhl kongres diasu suka usil lho masalah papua,bahkan anggotanya yg terang2an mendukung ada kok

        • US atau Neitherland maksud kamu bang??

          Haha silap ni yee…

          Klw neitherland memang ada hukum internasionalnya bang. Jadi itu urusan dubes kita beres. Nah, yg dalam negri urusan Brimob dan Menkumham.

          • ada kok bang bhl anggota kongres as, coba deh bang bhl ingat2 lagi abang kan pengetahuannya sangat luas

          • Dengan ditekennya apacih … berapa sih 1 suara anggota senat. Btw sebelum apacih dateng heli basarnas + hercu raider 100 cukup buat ratain opm. Tapi loe siap2 aja jakarte juga rata kena bom jihad.

          • heh apa hubungannya opm sama jihad jahid dijakarta,,loe mau nakut2in kita ama jihad, mana ada opm diberantas, kita dijihadin, palagi dengar jihad,si densus mendadak jago kerjaannya giliran opm,,,hmmm

        • agak ribet pake apaceh, lawaan gerilya model OPM bagusnya pake taktik pager betis.

          • Topi terbang lebih bagus mas.. biar masuk tipiboneng…. jadi bisa diliat tetangge.. hehehe

          • Kalau patroli itu bawa mini drone yg awal terbangnya cukup dilempar tangan itu. Terbang pakai remote control. Kalau ada yg nyerang bisa langsung diterbangkan untuk pengintaian, jadi bisa dilacak kemana perginya si penyerang agar bisa segera dikejar. Drone yg seperti ini gk harus beli dari luar negeri, orang kita jg udah bisa bikin. Tidak mahal tp usefull. Udah dibilangin dari dulu kok gak dijalanin juga. Heran….Hehehe sekedar ngusul aja.

      • bukannya apacih cm boleh muter2 di wilayah Indonesia bagian barat ???
        kususnya di natuna…

      • bang bhl kok bom jihad sih? apa urusannya jihad dgn papua? asu cs kale yg ngobok2 jakarta

  6. Super Tuccanonya pakai dong, masak buat hiasan doang

    • Jiah… sipil tuh om dan warga indonesia.. polisi ga punya jet tempur. Enak aza asal rudal. Ketawak tar tetangga.

      • kalau tetangga jauh macam israel ketawa ga ya, dia kan biasa ngerudal sipil.
        @bhl kalau gitu sama dong hamas dgn sipil kan maksud sampeyan opm sipilkan?

        • Iye sama.. bedanya disini orang nya berTuhan.

          Disana beragama ga bertuhan.Makanya zionis kampret ama hamas sompret, hidup ga bisa tenang, mati jalan tol ke neraka.

          • bagusnya disana semua senjata dilucuti aja ya baik hamas maupun zionis jadi kalau mau berantem pakai tangan kosong aja

      • Iya. Tapi gantian.. ini jatah raider100. Biar semua dapat kenaikan pangkat. Hehe

    • Gak usah super tukino, mini drone yg awal terbangnya dilempar tangan saja. Bikin sendiri jg bisa, pesawat remote control yg dikasih kamera. Ada yg nyerang tinggal terbangkan saja, lacak penyerang dan kejar. Polisi jg boleh pakai.

  7. Tangkap hidup2 dan seret ke pengadilan. Biar dunia tahu siapa otak dalang dibalik opm papua.

  8. mungkin Bapak2 dari Grup Rajawali bisa maen2 masuk kolam kesana nyarik ikan..

  9. DOM segera…

  10. susah ya tni kita,..

  11. Lagi nglatih Bodyguardnya Hunsen Bos di Phnompen demi kekuasaan Abadinya tanya aja Athaan Di Sini

  12. mana pasukan khusus TNI, kostrad? kok kayaknya susah sekali membasmi OPM ya? Sikat hbs abis aja tu OPM, jangan takut HAM, penjahat HAM sesungguhnya adalah ASU, bani israel, inggris dan budak2 yahudi laennya….

  13. Kirim az kopassus, beresin diem”..sikat dari dalem..biar ga terdengar oleh pihak luar..buat operasi biar ga berlarut-larut habisin dedengkot”nye..ibarat uler klo dah buntung palanye pasti modar..!! Jgn dibiarin opm merongrong nkri..ane bilang sekali lagi , habisin dulu dedengkotnye dari dalem,pasti anak buahnye bakal down,soalnye yg lain tuh kebanyakan ikut”an masih bisa disadarkan tuk kembali ke nkri.

    ….NKRI HARGA MATI…

  14. Laporkan sebagai Account yg menyebarkan kebencian dan kekerasan

    https://www.facebook.com/freewestpapua/info

  15. Izin nyimak…

  16. bung wer ane ga paham tuh soal isep isepan plus peras susu tolong dong dibabar

  17. pemerintah msti brtindak tegas..!! hapus smua opm

  18. Dedengkot opm ada di kota2 di papua mereka juga wayang dr LN, kel senjata dijadikan daya tawar. Saya org awam tapi merasakan denyut nadi papua, tetangga saya yg org bpkp cerita ketika korupsi di pemerintahan daerah di obok2 pemeriksa, pejabat daerah yg diperiksa cuma bilang kalau diperiksa terus lebih baik merdeka. Begitu cepatnya mereka berpaling bilang merdeka bila situasi pribadi tdk menguntungkan. Dan kelompok bersenjata ini dijadikan daya tawar sekaligus penekan. Pasti ada yg kasih dana buat operasi, mereka juga beroperasi sekitar perbatasan png, kemenangan jokowi-jk buat org papua dianggap lebih baik dr pada prabowo dg harapan tekanan militer lebih longgar makanya capres no 2 menang, mrk berharap spt jaman gusdur yg kasih byk dispensasi spt bendera lagu dll.
    Tegakkan terus wibawa keamanan daerah dan kikis paham merdeka di masyarakat asli dg pembangunan yg hrs dibarengi dg kontrol ketat/pengawasan penggunanannya.
    Smg NKRI tetap bisa merebut hati org papua asli.

  19. Yang lebih berbahaya adalah pembentukan opini masyarakat papua…menangkanlah hati saudara kita di papua,maka opm lambat laun akan semakin kerdil,serta isu papua merdeka akan semakin mentah…

  20. ini opm apa sengaja dipelihara atau bagaimana?
    kenapa gk di tindak tegas saja,
    apa harga nyawa prajurit sebegitu rendah untuk dikorbankan?

    • sabarlah bung SBy (siluman buaya)
      tunggulah sampe tucano dan apache nongkrong disana
      dengan kondisi medan yg sangat sulit sepertinya kita tdk bisa
      berharap terlalu banyak pada AD
      bisa” mereka hanya jadi sasaran empuk ditengah medan yg dikuasai opm
      jadi solusinya adalah tucano dan apache

  21. di post update palestina aza mas…
    Ga relevan.. contohnya ni… Si budi adalah tentara… nah apakah semua tentara dalah sibudi? Tidak kan? Ya karena tidak semua tentara adalah si budi.

  22. hadeh mempertahankan diri kok terus menggusur pemukiman palestina lalu berganti pemukiman yahudi ?
    opm yg minta merdeka bukan rakyatnya kalau memang opm dapat dukungan penuh dari rakyat papua udah merdeka dari dulu kale

    • Lah… jalan masuk desa pnpm papua aza yg kerjain TNI… ya nuntutlah orang itu bos..

      Klw di gaza. Slfie nenteng rpg 5 menit disubsidi inter.. milih mana klw mas masih muda?

  23. Terserah… yg penting jebol tuntutan 1M/desa. Yeee 😛 dari pada merdeka lebih baik jadi pemborong sirtu nih… jiakakak

    • Nah kalo itu sy setuju..ayo usaha ketimbang berontak…bs kaya raya istri banyak wkwkwk…kalo berontak di cap ekstrimist nanti kena kogel kowe orang ha ha ha…

  24. Ups GAM dan OPM maksudnya…

  25. Terorisme dan makar… pasalnya beda…
    Masa tahanan yg kabur harus densus juga… itu sudah urusan rajawali.. klw mereka butuh apa saja tinggal kirim. Lagian satgas kijang juga standby disana.

  26. mungkin pemerintahan yg sekarang terlalu lunak terhadap OPM, jadi menunggu aksi pemerintahan selanjutnya,kalo ternyata lebih lembek macam ayam presto berarti 9juli kemaren saya tidak salah pilih

  27. selama masih ada freeport,OPM akan terus ada….wong banyak yang melihara dengan kepentingan yang berbeda beda..ambil hikmah positifnya aja,untuk melatih mental para prajurit muda(baru) yang belum berpengalaman di medan perang biar nanti perang lawan MUSUH BANGSA yang sebenarnya bisa lebih siap mental lagi.. cmiiw 😀 :mrgreen:

  28. Hancurkan saja opm pkai su27 rusia jamin ri gak dembargo malingsial aja pke pesawat tempur mbasmi sparatis sulu dipilipina buat apa takut dg ancaman dunia

  29. 1rudal berapa jeti su

  30. TNI AD dalam program MEF ngeborong leopard, apache; SAM; anoa; marder DLL. Tapi kok ngga ADA info mengenai Body Armour standard NATO (Nabi Muhammad Dan Nabi Daud kalau perang pakai baju Zirah), pembelian Squad Automatic Weapons semacam FN minimi…gogleq glass buat tempur, pokoknya macam kayak tentara US ARMY RANGER / 82nd Airborne lah. Budget AD besar apakah jatah peluruq diperbanyak? Apa masih 30 biji peluru/orang? Jangan sampai Hanya Kopassus dan Kostrad saja yang paling ok. Pengen lihat semua prajurit memakai ss2 yang ada reflex sight

    • Bung blackhawkdown…personal gear nampaknya akan dilengkapi di luar MEF karena bs bs dibeli dgn anggaran rutin dan sebagian diproduksi di dalam negeri….

      Untuk rompi anti peluru nampaknya tdk diminati prajurit karena terkesan memberatkan dlm operasi konvensional…Squad Automatic Weapon memang sdh standar sejak dulu,terlihat dr satuan infanteri ditingkat regu sdh dilengkapi dgn minimi….kalau pasukan khusus kita seperti kopasus dan taifib makenya ultimax…bahkan marinir masih make eyang RPD…

  31. Saat tugas sosial sebaiknya tidak memakai seragam, tiadakan juga publikasi di media, yg penting manfaat dan niat baik bisa sampai ke masyarakat.

    Pos penjagaan TNI sebaiknya dilengkapi CCTV yg memantau semua penjuru mata angin, agar segera tahu yg nembak dari arah mana.

    Agar bisa membalas tembakan sambil sembunyi kasih juga RWS ( Remote Weapon System ). Tentukan lokasi musuh lewat CCTV lalu arahkan RWS ke OPM. Jangan lupa untuk menyamarkan CCTV dan RWS supaya musuh gak tahu lokasinya.

    Siapkan juga sniper-sniper bius gajah bila ingin menangkap hidup-hidup OPM. Bisa juga pakai pelontar granat gas tidur ( sleeping gas grenade ).

    Cara yg lain, buat tempat atau lingkungan yg seakan-akan itu bisa jadi tempat berlindung OPM saat menyerang. Padahal…… hehee itu tempat sudah dikasih jebakan. Jebakannya bisa diaktifkan secara remote, untuk menghindari salah sasaran.

    Yg tertangkap dibrainwash. Diformat ulang supaya cinta banget sama NKRI agar bisa kembali ke masyarakat seutuhnya.

    Hanya ingin sumbang solusi, kalau ada yg kurang berkenan saya mohon maaf.

  32. sekali waktu boleh juga tuh di pedaleman papua “kandang OPM” jadi lokasi LATGAB TNI/POLRI sekalian hajar musuh yang sebenarnya atau untuk uji alutsista yang baru

  33. Sebenarnya semua tergantung dari niat pemerintah, kalau ingin memberangus kekuatan OPM tidak lama akan tuntas..

    ini perlu ketegasan pemerintah mau dibawa kemana negara ini, harga nyawa prajurit dinilai sangat murah…coba bangsa bangsa lain. keselamatan warganya dinomor satukan, apalagi abdi negara yang membela nusa bangsa dengan tetesan keringat dan darahnya….. mana tanggagung jawab negara untuk mempertahankan NKRI……….Maaf kesel saya mendengar kajadian ini.

  34. Mikir kAlo komen…..

  35. Bikin panas hati saja NIH beritA, ga ada back up bagi aparat di lapangan, harga nyawa prajurit rendahan yang murah…sampai kapan NIH harus seperti ini..apakah pemerintah baru bisa menyelesaikan masalah ini ….Gelap..

  36. TNI mana helikopter serbu mu, kerahkan, tempatkan di titik2 strategis agar bisa digunakan untuk memukul mundur dan memburu separatis ini, tentu saja dengan memperhatikan faktor cuaca atau bentuk lagi hidupkan lagi pasukan anti gerilya semacam pasukan rajawali ….

  37. Menurut saya smua tu cm alat untuk memancing tentara bertindak,terus kalu dah terjadi bentrok besar penduduk di tembak senjata punya tni.terus wartawan asing beritain pelanggaran ham..terus pungutan suara kayak di timor,ahirnya jd negara sendiri.. Itu bukan masarakat sipil di persenjatai tp tentara bayaran kayak nya..

  38. @tukang jagal,Otaknya sudah pindah ke dengkul kalee..makanya pas komen cuma pake isi perut doang!

  39. ENAK AJA KAU SAMAKAN INDONESIA DENGAN YAHUDI.

  40. pemerintah terkesan bertindak defensif terhadap gerakan opm, apakah takut akan memicu pelanggaran ham dan memunculkan perhatian asing?.. belajarlah dari negara tetangga yang dengan tegas mengambil tindakan militer terhadap pembrontakan sulu, walapun didalamnya terdapat banyak kekurangan. seharusnya pemerintah bersikap lebih tegas, jangan menggadaikan kedaulatan negara hanya karna takut dengan si adikuasa. tegaslah, yakinkan dunia kalau papua ialah bagian indonesia dan opm adalah gerakan separatis bersenjata mengancam kehidupan bernegara di tanah papua, dengan demikian kita akan bisa meyakinkan dunia kalau menumpas opm bukanlah sesuatu pelanggaran ham melaikan upaya untuk menegakkan ham…
    salam bhineka tunggal ika!

  41. OPM yg danai ausi dan asu, Densus 88 donaturnya asu dan ausi… wkwkwkwk

  42. Siapa itu CAH SEBAMBAN ? Dari komentarnya kelihatan dia antek asing (USA dan Australia) Jelas sekali !! Terlihat jelas dia adalah musuh NKRI !!

  43. OPM bukanlah WNI asli suku Papua asli tetapi lebih dari oknum2 diluar NKRI yg berasal dari PNG yg disuap dan dipasok persenjataan oleh Aussie dan AS yg ditugaskan utk menyusup merayu/membujuk/mengiming-imingi masyarakat pedalaman sekitar perbatasan untuk mengganggu, memberontak sekaligus berupaya memecah belah masyarakat Papua untuk memisahkan diri dari masyarakat suku2 Indonesia lainnya serta Pemerintahan Indonesia yang syah!
    Salah satu Konspirasi yang sudah terbaca, mereka ingin mengulang kembali “kesuksesan” saat Timor-Leste memisahkan diri dari NKRI! Hasilnya Aussie mendapatkan celah timor serta wilayah laut Indonesia, tetapi sebaliknya tidak ada keuntungan apapun bg Timor Leste s/d sekarang!

    Tujuan Penguasaan Papua Indonesia tiada lain adalah Sumber Daya Alam yang kaya, khususnya EMAS dan URANIUM yg termasuk salah satu terbesar dunia. Dan seandainya cita2 AS u/ menguasai seluruh kekayaan Papua khususnya URANIUM tercapai, maka dipastikan dunia semakin jauh dari damai malah lebih membahayakan umat manusia, yaitu dg menciptakan lebih banyak Bom2 Nuklir canggih yg diarahkan keseluruh dunia termasuk Indonesia, ditopang dgn cadangan emasnya yg terbesar dunia utk ongkos2 perang dimasa2 yad!

  44. kenapa tdk potong kepalanya biar gantung di tiang bendera meraputihnya….tai kucing

 Leave a Reply