Mar 062014
 
Armada perang USN (photo: Jayme Pastoric)

Armada perang USN (photo: Jayme Pastoric)

Indonesia memiliki potensi untuk membela kepentingan maritim , tapi untuk saat ini akan membutuhkan partner.

Selama beberapa tahun terakhir China telah terus meningkat ketegasan di Laut Cina Selatan. Klaim terbaru atas hak mengelola hasil perikanan atas sebagian besar wilayah ini membuat negara-negara lain di kawasan alasan khawatir bahwa China akan segera mencoba menerapkan Identifikasi Zona Pertahanan Udara ( ADIZ ) di Laut China Selatan sambil mencoba untuk menegaskan klaim nine-dash line yang kontroversial. Hal ini akan menempatkan yurisdiksi Cina berada tepat di lepas pantai sebagian besar negara Asia Tenggara.

Sementara ketika negara-negara yang terancam dengan klaim China khawatir terhadap ancaman terhadap kedaulatan mereka, beberapa memiliki sarana untuk menantang itu, terutama pada ancaman kedaulatan mereka sendiri. Indonesia mungkin adalah negara yang bisa melakukannya dengan bantuan sekutu yang substansial. Indonesia juga memiliki sumber daya untuk mendanai angkatan lautnya untuk mempertahankan teritorial perairannya. Meskipun demikian , masih harus dilihat apakah Indonesia bisa memanfaatkan potensi ekonomi dan mengubah dirinya menjadi kekuatan regional yang berpengaruh.

Sudah muncul indikasi serius bahwa China mungkin mencoba untuk menerapkan ADIZ atas Laut Cina Selatan dalam waktu dekat. Seorang perwira senior dari Akademi Militer Rakyat China Tentara Pembebasan Angkatan Laut, Li Jie, telah menggulirkan isu pada tanggal 21 Februari, dalam menanggapi pernyataan militer Amerika yang mengatakan bahwa China berencana untuk menerapkan ADIZ atas Laut Cina Selatan pada tahun 2015. Li menjawab bahwa penerapan ADIZ di LCS diperlukan untuk kepentingan jangka panjang China.

Potensi Indonesia

Baik PDB maupunn PDB per kapita Indonesia tumbuh kuat selama 10 tahun terakhir, dengan PDB meningkat lebih dari 400 persen menjadi $878.000.000.000 pada tahun 2012 dan PDB per kapita melonjak menjadi $3.557 pada tahun 2013. Kenaikan per kapita tetap terjadi meskipun pertumbuhan populasi hampir 40 juta orang. Ini akan berarti bahwa pemerintah memiliki populasi dan pendapatan dasar yang sehat dan menghasilkan potensi pendanaan militer.

Minyak, gas , dan industri pertambangan telah menjadi pendorong utama keberhasilan ekonomi Indonesia. Namun, industri ini tidak bebas masalah, dan beberapa dari masalah tersebut diakibatkan oleh kebijaksanaan pemerintah Indonesia sendiri. Ladang minyak negara itu akan jatuh tempo dan mungkin sudah melewati masa puncak produksi. Namun, cadangan gas Indonesia masih besar, dan kebangkitan industri Coalbed Methane ( CBM ) berpotensi sangat menguntungkan.

Masalah yang dihadapi industri primer di Indonesia sudah pasti membatasi pilihan pemerintah untuk menangani masalah-masalah keamanan regional. Sektor minyak dan gas memiliki kerangka peraturan stabil yang menarik investasi, tapi ladang migas yang sudah setengah menuju habis dan peningkatan konsumsi domestik berarti keuntungan menurun. Minyak dan gas menyumbang 22 persen dari pendapatan pemerintah pada tahun 2011. Jika angka itu terus turun maka sumber baru harus ditemukan, atau dana bagi pendanaan militer akan juga menurun. Indonesia sudah memeras pendapatan pemerintah sebanyak dari sumber pendapatan ini dengan cukup bijaksana, dengan penerapan tarif pajak efektif sebesar 44 persen pada 2013. Dengan menurunnya produksi minyak, gas alam yang akan diandalkan hingga sumber energi yang signifikan berikutnya dapat dikembangkan.

Dengan diperkirakan menguasai 6 persen dari cadangan global, CBM bisa menjadi penggerak berikutnya bagi Indonesia dalam investasi energi. Cadangan CBM Indonesia diperkirakan dua kali lebih besar dari cadangan gas alamnya. Tapi industri ini, bagaimanapun masih baru. BUMN Bukit Asam mengklaim Tanjung Enim dapat menghasilkan cukup CBM setiap hari untuk memasok pembangkit listrik 200MW pada tahun ini. Namun, kesepakatan dengan perusahaan utilitas masih merupakan perkiraan. Bahkan dengan regulasi pasar yang menguntungkan dan formasi geologi, industri ini tidak akan segera menjadi bagian penting dari perekonomian Indonesia dalam waktu dekat.

Iklim regulasi seputar industri pertambangan di Indonesia menimbulkan masalah besar lain. undang-undang pertambangan yang kontroversial tahun 2009 mulai diberlakukan sedikit demi sedikit pada tanggal 12 Januari 2014, mengharuskan perusahaan tambang untuk memperkaya mineral di Indonesia dan tidak mengirim bahan mentah segera setelah dikeruk. Tujuannya adalah untuk menjaga keuntungan pertambangan di dalam negeri bukan mengekspor kekayaan negara. Namun, sebagian besar perusahaan asing utama sangat khawatir tentang aplikasi peraturan yang tidak merata di seluruh komoditas, serta ambiguitas apakah kontrak sebelumnya akan juga ikut terpengaruh.

Dua perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia, Freeport dan Newmont, mengklaim peraturan batu itu akan membuat mereka terpaksa memberhentikan ribuan pekerja dan hilangnya miliaran pendapatan ekspor. Mereka mengancam untuk mengajukan tuntuan hak kontrak-kontrak sebelumnya sebelum pemberlakuan undang-undang baru pada arbitrase internasional. Manambah masalah yang ditimbulkan oleh undang-undang baru adalah melemahnya harga komoditas dan kurangnya infrastruktur untuk memperkaya dan mengangkut mineral ke pasar. Target penerimaan pajak sektor pertambangan adalah $90.5 miliar pada tahun 2013, namun per September baru $56 miliar yang tercapai. Sektor pertambangan negara mendapat $ 3.37 miliar untuk periode waktu yang sama, 25,7 persen penurunan YoY.

Kelas konsumen yang terus tumbuh adalah potensi penggerak lain untuk perekonomian Indonesia. Populasi ini diperkirakan akan tumbuh menjadi 150 juta orang selama 10 tahun ke depan. Tidak saja merangsang perekonomian Indonesia, juga diharapkan menjadi faktor stabilisasi agar tidak tergantung pada harga komoditas. Salah satu alasan ketahanan ekonomi Indonesia terhadap tapering yang dilakukan Federal Reserve AS, dikaitkan dengan semakin berkembangnya kelompok konsumen ini.

Jika bisa terus tumbuh, kelas konsumen akan menjadi bagian penting dari perekonomian Indonesia. Namun, hal tersebut tidak secara langsung jadi keuntungan bagi pertambahan anggaran pemerintah sampai setidaknya akhir dekade ini (2020). Memperoleh keuntungan dari pertumbuhan kelas konsumen dalam bentuk nyata ketersediaan dana untuk upgrade besar-besaran angkatan laut akan membutuhkan antara lima sampai sepuluh tahun. Artinya, pemerintah tidak dapat bergantung pada sumber pendapatan ini untuk membiayai kebutuhan militer secara langsung saat ini.

Opsi Aliansi

Tanpa adanya kebebasan anggaran untuk membangun angkatan laut yang akan mampu mempertahankan perairan teritorialnya, Indonesia hanya mempunyai beberapa pilihan tersisa untuk pertahanan. ASEAN telah jelas terlihat tidak membantu dalam hal ini, karena bahkan setelah China menerapkan hukum baru pelarangan mencari ikan di LCS, ASEAN tidak mampu berbuat sesuatu kecuali mengeluarkan merekomendasikan solusi diplomatik untuk masalah tersebut.

Beberapa negara-negara di wilayah ini mempunyai kapasitas angkatan laut yang cukup signifikan untuk bekerja dengan Indonesia menyediakan alat pencegah yang efektif bagi agresi, dengan dua pengecualian : Australia dan Jepang.

Meskipun ada masalah dalam hubungan Indonesia – Australia, muncul dari isu pencari suaka dan akibat bocornya kejadian Australia memata-matai musyawarah perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat, namun tidak merupakan ancaman strategis untuk hubungan kedua negara. Namun, isu-isu seperti ini menghambat kerjasama selama postur China tidak terang-terangan militeristik. Jika China memutuskan untuk menerapkan ADIZ di Laut Cina Selatan, hubungan saja bisa berubah. Australia tidak memiliki klaim teritorial di Laut Cina Selatan, namun China dengan dukungan militer mengklaim hak atas jalur laut paling berharga di dunia, tercatat 50 persen dari pengiran kapal tanker minyak dunia merupakan ancaman bagi Australia, terutama karena Australia mengirimkan cadangan gas alam dan ekspor yang meningkat lewat jalur laut tersebut.

Sayangnya untuk Indonesia, ketegangan dalam hubungan ini berarti bahwa aliansi dengan Australia hanya mungkin terjadi jika dipicu oleh sebuah insiden cukup besar yang akan memaksa menyelaraskan kepentingan mereka. Kondisi semacam itu berarti bahwa aliansi apapun anatar Indonesia-Australia akan terlambat, dan China mungkin sudah mendiktekan arah peristiwa dan mengambil keuntungan strategis.

Jepang memiliki kebutuhan dan alasan strategis mendesak untuk membantu setiap negara Asia Tenggara untuk ikut menjadi counterbalance bagi China. ADIZ Cina di Laut Cina Timur dan sengketa pulau-pulau Diaoyu/Senkaku telah membuat Jepang sangat sensitif terhadap sikap keras Cina. Jepang juga punya kekhawatiran terhadap keamanan jalur perdagangan energi mereka yang dikirim melalui Laut Cina Selatan.

Namun, konstitusi Jepang tidak memungkinkan Pasukan Bela Diri Jepang untuk melakukan sesuatu kecuali melindungi wilayahnya sendiri. Perdana Menteri Shinzo Abe dan partai LDP yang berkuasa ingin mengubah konstitusi untuk memungkinkan militer Jepang untuk membantu melindungi sekutunya Perubahan Pasal Jepang 9 akan membuat aliansi militer formal dengan bangsa Asia Tenggara akan sangat menarik. Namun potensi kemungkinan pemerintah Jepang mampu mengubah konstitusi bukanlah sesuatu yang strategi militer yang Indonesia bisa andalkan, terutama mengingat betapa kontroversialnya perubahan postur militer Jepang baik di dalam negeri Jepang sendiri maupun di kawasan.

Hal ini membuat AS jadi satu-satunya negara lain yang bisa menjadi sekutu Indonesia dalam waktu dekatย dan secara substansial dapat mempengaruhi perilaku Cina di Laut Cina Selatan. AS telah mengatakan kepada Filipina bahwa mereka akan menempatkan lebih banyak kapal di teater LCS. Namun, AS mempunyai banyak kepentingan di seluruh dunia. Dorongan dan tindakan nyata militer AS ke Laut Cina Selatan hanya akan terjadi jika Cina lebih agresif daripada tindakan mereka saat ini. Bahkan ADIZ baru akan tidak akan signifikan mengubah postur AS tanpa “insiden” yang signifikan dalam teater untuk memaksa AS bertindak terhadap China.

Penekanan pentingnya “Poros Asia” oleh AS tidak berarti berupa tindakan langsung. Dalam jangka pendek AS akan membiarkan peristiwa-peristiwa terjadi, dan kemudian baru bereaksi sesuai dengan hal tersebut untuk menjaga keseimbangan kekuasaan di wilayah.

Ini berarti Indonesia tidak dapat sepenuhnya bergantung pada AS untuk membangun kehadiran nyata, atau bahkan kemitraan dengan kawasan, sebelum kedaulatan wilayah Indonesia dilanggar secara signifikan. Diperlukan aktor regional lain dengan motivasi yang sama dan juga punya potensi kerugian dari agresivitas Cina. Kemungkinan Indonesia akan sulit untuk bisa meyakinkan negara lain di kawasan untuk melakukan aksi segera terhadap agresi Cina, tapi itu adalah satu-satunya pilihan dalam jangka pendek dan menengah. (Clint Richards –ย The Diplomat)

Clint Richards adalah manajemen risiko berbasis di Tokyo dan konsultan geopolitik.

  112 Responses to “Opsi Laut Cina Selatan Bagi Indonesia”

  1. sy kurang setuju dengan beberapa bagian dari artikel di atas. Think tank Australia menyarankan kerjasama pertahanan 3 negara antara Aus, Indonesia dan India. selain itu Jepang mungkin saja berhasil merubah konstitusi mereka dan muncul sebagai penyeimbang berpengaruh bagi China, apalagi karena US sendiri tidak bisa lagi terlalu diandalkan.
    dengan penurunan anggaran, mempersenjatai negara2 yang berkonflik dgn China atau membiarkan militer Jepang bangkit adalah win win solution, dan yang punya potensi menahan China di Asia tenggara memang hanya Indonesia, China atau US harus baik2 menjaga hubungan dengan kita ๐Ÿ™‚

    • Sepakat dengan anda bung…
      Artikel diatas condong ke blok B.apalagi harusbbersekutu dg Usa dalam waktubdekat,bsedangkan indonesia negara netral,nnon blok. Jadi bukan hanya blok B. Tp rusia pun blh juga, kalao bersekutu dg ausi ataupun Usa si mbah bewo lgsg jempolin… Sqma halnya kembalibke era penjajahan,dijajah ekonomi politik,bbudaya bahkan khusunya sda kita akan habis dikeruknya,

      Win win solution buat jepang sama saja membuka lama buat usa, entah apapun caranya usa akan tetap menyelimuti jepang , dan jerman, karena dua diantara negar tsbt sangatlah vital untuk bisa bangkit lagi,

    • Propaganda ini bung, Clint Richards ini seperti nya punya metode yang sama dengan si bowo. Dikubur dulu dulu potensi Indonesia, ditakut2in lalu bicara aliansi. Hehe…

  2. Sudah saatnya negara kuta beraliansi dengan amerika serikat, tidak boleh di tunda-tunda lagi.

    Naga akan segera menerkam rajawali, Naga dari timur yang mempunyai pasukan berjuta-juta, Tank beribu-ribu, pesawat ber ribu ribu, ratusan kapal perang dari berbagai jenis.

    pesan mbah yang harus di taati :
    1. Singsingkan lenganmu wahai para pemuda, hajar dan hajar musuhmu, Jangan beri ampun China di Laut china selatan.

    2. Negara kita harus kuat, harus berwibawa, berani melawan musuh yang jauh lebih kuat. jangan ada lagi nelayan kita yang di ancam china di LCS

    3. Kita tidak akan babak belur sendiri melawan china, ada australia dan seluruh negara asean kecuali kamboja, myanmar dan singapura.

    4. Payung udara dan dukungan dari belakang sudah siap dari seluruh kekuatan Amerika serikat.

    5. Seumpama dalam perang 2020 kita hampir kalah maka amerika akan turun tangan langsung menyerang china.

    6. Mbah yakin pertempuran akan berakhir imbang antara kita dan china mempertahankan Natuna, maka dari itu perkuat segera kekuatan militer di Natuna.

    7. Korban jiwa akan besar-besaran terjadi, kehancuran total bagi negara kita, tapi kita akan tampil sebagai raksasa baru asia bila berhasil menekuk china di laut china selatan.

    HIDUP NKRI………………………………….
    HIDUP TNI ………………………………….
    HIDUP RAKYAT…………………………..

    • Mengapa beraliansi dengan negara yang sedang melemah untuk berhadapan dengan kekuatan baru yang sedang bangkit? IMO Indonesia tidak punya kawan sejati untuk dijadikan sekutu, tapi punya banyak musuh dan ancaman nyata dari berbagai pihak. flexible dan bermain cantik dalam politik hubungan luar negeri mungkin adalah solusi jangka pendek yang paling efektif. Jangka panjang sih Srivijaya/Majapahit II :mrgreen:

      • Sudah saatnya memihak Amerika serikat,

        Tampil cantik apa ? Lha wong Nelayan indonesia pernah di usir saat mencari ikan di natuna oleh PLAN ? Harga diri anda sebagai warga negara indonesia bagaimana ?

        Sudah saatnya kita menegaskan kita tidak bisa di injak-injak oleh kapitalis china.

        Amerika itu baik, meski ada kekurangannya. Demokrasi disana bertumbuh pesat, Ingat kaum muslimin berkembang pesat sekali, masjid dan Islamic center tersebar di penjuru negara-negara bagian di Amerika serikat.

        Perusahaan amerika serikat yang investasi di indonesia masalah pemberian gaji biasanya cukup baik dan sejahtera. Lha kalau perusahaan china yang investasi di indonesia malah suka pakai alih daya / Outsourching.

        Amerika memang jahat mendukung israel dan mbah tidak setuju, tapi amerika juga pernah menyelamatkan dan membela kaum muslimin di Bosnia.

        • Timor Leste diacak acak US dan Australia, kedaulatan negara kita dirusak, memory anda harus ditambah :mrgreen:

          China memang potensi ancaman yang terus membesar, tapi blok barat adalah ancaman yang terbukti telah merusak Indonesia dan terus menebar ancaman. Menurut pelajaran dari sejarah, blok barat lebih layak diwaspadai. Kepercayaan itu butuh alasan mbah, percaya buta itu suicidal.

          again, China bukan musuh dan blok barat bukan teman. Demikian juga sebaliknya. Tarik ulur saja sesuai situasi dan kondisi demi kepentingan kita sendiri

          • Ngadepin org cem Mbah Bowo ini kudu santai & sabar Bung.. kita mesti maklumi jg krn dia kan Mbah2..

            Ibarat komputer.. Mbah Bowo ini msh pentium 1.. memo nya jg cm 56Mb.. jd ya dimaklumi aj klo lelet & gak nyambung klo diajak ngobrol dgn kita2 yg udh Inside Core 7.. ๐Ÿ™‚

        • 1. Setelah kita membereskan masalah Laut china selatan maka semua negara di asia tenggara akan memperoleh kedamaian, laut china selatan akan di bagi-bagi oleh mahkamah internasional kepada negara-negara yang berhak.

          2. Jepang akan memperoleh senkaku

          3. Russia akan mencaplok china utara sebagai pembayaran pembukaan pertempuran di front Utara dengan china.

          4. Sekembalinya dari Palagan laut china selatan yang menegangkan maka sudah hak kita menganeksasi singapore, Papua nugini, ( Minus Malaysia dan Timor leste)

          5. Tambang freport dan semua tambang-tambang asing akan dikembalikan dan dinasionalisasi untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat indonesia.

          Mbah rasa hal-hal diatas cukup sebagai pembayaran….

        • “1. Setelah kita membereskan masalah Laut china selatan maka semua negara di asia tenggara akan memperoleh kedamaian, laut china selatan akan di bagi-bagi oleh mahkamah internasional kepada negara-negara yang berhak.”

          Berarti ini dalam posisi USA yang menang mbah?

          Saya setuju. Selama USA dan sekutunya tetap menang, dunia akan selalu dalam keadaan damai seperti 30 tahun terakhir.

          A M I N.

          “2. Jepang akan memperoleh senkaku
          3. Russia akan mencaplok china utara sebagai pembayaran pembukaan pertempuran di front Utara dengan china.”

          Visa gratis untuk WNI yang ingin ke senkaku & china utara mbah?

          Benar2 tawaran tourism yang menggiurkan untuk Indonesia. Sip.

          “4. Sekembalinya dari Palagan laut china selatan yang menegangkan maka sudah hak kita menganeksasi singapore, Papua nugini, ( Minus Malaysia dan Timor leste)”

          Luar biasa. Saya sudah h2c membayangkan bisa tinggal di Spore / Malay sesuka hati saya.

          Indonesia harus segera ikut LCS dan ikut menghajar China demi aneksasi negara2 diatas. Bravo TNI!

          “5. Tambang freport dan semua tambang-tambang asing akan dikembalikan dan dinasionalisasi untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat indonesia.”

          Ini yang paling saya tunggu2.

          Setelah Indonesia ancur2an di garis depan melawan China, US dan sekutu akan melepaskan freeport dan newmont ke Indonesia secara GRATIS.

          Freeport & Newmont 100% akan dikembalikan ke Indonesia setelah sekian lama “disewa” US

          GOD BLESS USA.

        • Apa si mbah berani kasih jaminan kalao tmbang2 seperti frepot dan newmont akan dikembalika.??
          Atas dasar apa mbah berani berkata tmbg2 akan dikembalikan???

          2017 newmont habis kontrak.
          2021 frepot habis kontrak.
          2015 mbahbowo habis kontrak di dunia

        • Dalam sejarahnya 2000 thn China tdk pernah menginvasi ke Indonesia….Invasi .jaman Mongol krn Kertanegara melukai dubes Mongol (hal yg terlarang dlm hubungan antar negara)…Jaman Ming..Laksamana Cheng Ho..saja dgn armada ribuan kapal..tdk mencaplok satu petakpun wilayah di Indonesia…dan kalo mau jujur , mereka bisa melakukan penjajahan thd Nusantara…Demografi Indonesia ini unik krn paling kurang 1 dari 8 orang Indonesia merupakan keturunan China…..Jadi logikanya hubungan emosional China dan Indonesia sgt dekat…Jadi analisa2 Indonesia berperang dgn China …lbh meerupakan khayalan sekelompok orang krn urgensinya jauh….baik secara politik maupun ekonomi….serta sejarah…bahaya kuning itu hanya isu bagi kelompok Aussie…Indonesia lebih cerdik menjadi pawang Naga Besar dan Beruang….sembari miara Rajawali(Amrik) serta memotong Kangguru secara perlahan atau memeliharanya…kalo memang masih lucu dan menyenangkan….he 5x

          • Hati2… Meskipun china tidak menjajah secara fisik. Tapi ada program rahasia China ingin menjadikan Indonesia seperti singapura. Dimana orang china menjadi pnguasa/pemimpin negeri ini. Dan itu sudak terlihat dengan semakin pesatnya pertumbuhan suku bangsa china di Indonesia. Jadi semakin lama Indonesia akan dihuni oleh orang2 keturunan china……Waspadalah…

    • mental budak ya seperti penjenengan niku mbahโ€ฆdulu jaman perang kemerdekaan pasti jadi kacung belanda dan bocorin markas2 pejuang ya mbah?

    • Satu lagi Mbah:

      HIDUP AMERIKA SERIKAT DAN ISRAEL !!!

    • point no3. singapura –> patut diwaspadai dengan cermat.

    • Mbah@bowo
      konspirasi….
      pertama terima kasih mbah sudah nimbrung di jkgr, dan melakukan analis yang kontra, sekali lagi saya suka karena menambah warna dalam forum in sehingga para sepuh makin analis dan kritis dalam diskusi alutista maupun partner militer indo,walaupun (mungkin) tidak sepenuhnya apa yang mbah coret di coment ini pemikiran mbah. dan saya newbie pun makin banyak belajar.

      intinya timur-barat tidak ada teman “sejati”, semua ingin untung….disaat nkri masih fokus memperkuat militer, mereka sudah masuk hitungan “bisnis”.
      kesempatan nkri hanyalah mengambil kesempatan disemua alutista baik dari barat-timur untuk memperkuat militer dan memajukan militer dibidang teknologi ( TOT ).yang penting nkri selalu non blok.

      dan belum saatnya nkri menempatkan (memihak salah satu blok) walaupun keadaaan mamanas di kawasan (LCS dsb),

      tahun 2020 semoga nkri perkuat cyber army…

      cuma pendapat
      maaf cucu lancang

    • Mbah Bowo, penasaran nih…kalau boleh tau prediksi mbah tentang perang besar2an 2020 itu berdasarkan apa ya? terawangan mbah sendiri? buat saya, saat ini tidak ada alasan kuat untuk beraliansi ke blok barat. Seperti sudah banyak dibahas di warjag, netral tetap yang terbaik. Cina tidak mengganggu kita (setidaknya sampai saat ini). Klaim LCS tidak menyentuh kedaulatan RI (kecuali ZEE). Masalah nelayan, kemarin saya baca berita sudah ada mou indonesia-cina mengenai kapal2 cina yang mencari ikan di perairan indonesia. Malah kedekatan dengan Cina saat ini paling tidak membuat AS, aus, dkk berhitung ulang untuk obok2 Indonesia…

      • Mbah ini infonya akurat, mbah denger dari Bisik-bisik, bahwa dimulainya teater pasific jilid 2 adalah dari Blokade laut yang dilakukan china terhadap Filpihina, dan semua merembet jadi ngak karu-karuan.

        Sebenarnya semua itu tidak seharusnya terjadi kalau china mau menyelesaikan masalah LCS di mahkamah internasional, masalahnya yaitu china Mbulet tidak jelas, semua disebabkan keserakahan china.

        Saran Mbah :
        1. Saat awal-awal meletus konflik Laut china selatan indonesia sebisa mungkin menyelamatkan semua kapal perangnya ke timur, jangan memaksakan melawan langsung china di Laut china selatan. Tunggu sampai armada amerika datang baru menyerang serentak.

        2. Saat sudah meletus perang maka Seluruh WNI keturunan china yang ada di Indonesia tidak boleh mengungsi ke Australia atau singapura atau pulang kampung ke china. Tetap di Tanah air sampai perang selesai. tutup semua bandara internasional. Makan disini, dagang disini, hidup disini harus membela Bangsa ini.

        3. Semoga Armada kita menang, amin.

        4. Setelah LCS selesai, kita harus membereskan Singapura dan Papua Nugini.

        5. Setelah LCS selesai, Sebagai kompensasi dan pembayaran keterlibatan kita di LCS adalah Kita harus menasionalisasi Freport, dan menasionalisasi tambang-tambang asing milik china di kalimantan, baik perkebunan sawit milit china harus dinasionalisasi karena banyak yang menyerobot hak tanah ulayat warga.

        • Skenario perang sama USA gimana mbah? boleh dong di share juga bisik2 nya

          • Itu rahasia dek, yang penting saat china ngamuk dan membabi-buta menyerang seluruh negara asean, maka tugas armada kita adalah menyingkir sejauh mungkin ke timur indonesia. Jangan mengounter attack dulu, tunggu sampai Bala bantuan dan Usa, Inggris dan Prancis datang, baru china di gebuk rame-rame.

            Bisik-bisik yang pasti adalah jika China jadi menyerang laut china selatan dan sampai china babak belur, maka Jepang dan Russia akan menyerang dan membuka front di daratan china.

          • senang dengar dongeng dari mbah terus kan bah

          • udah buka front, lalu apa?

            menjajah dan mengatur milyaran manusia?

            cari masalah !

    • ma’af rekan2 semuanya jika pendapat saya berbeda..
      ada kalanya yang dikatakan mbah bowo benar dan yang dikatakan bung now juga benar..

      ini murni pendapat pribadi saya sich..
      CINA maupun USA sama2 punya potensi ancaman bagi kita.. yang penting saat ini perkuat alutsista dan rangkul keduanya.. (keris tetap dibelakang) agar mereka tidak menginjak pekarangan rumah kita (untuk kedua kalinya.. bagi australia dan USA.. kasus timur leste)

      masalah aliansi dengan australia saya kurang setuju mbah seperti biasanya sampeyan nyawur bin ngarang.. ndak ada untung- untungnya.. buat apa nyerang china kan wilayah kita tidak/ belum diklaim mereka kecuali natuna sudah jatuh ke china.. insya Allah seluruh rakyat akan berjuang mempertahankan kedaulatan (kita kan militan) jangankan USA atau china bahkan bila yang kita hadapi pasukan dari NERAKA sekalipun.. pantang bagi rakyat Indonesia untuk mundur..

      bermain cantiklah..

      @mbah bowo dulu katanya anda tidak mau perang takut ngeri dan sebagainya (waktu ngobrol masalah KS) kok sekarang malah ngebet perang memang ada apa mbah..??? mungkin mbah bisa ke psikiater terdekat..

      Salam NKRI

      • bung @assamanta, warjagers yang mengikuti sepak terjang mbah bowo dari dulu tentu bisa melihat trensformasi cara pendekatannya. Dulu cicak, sekarang buaya. Dulu nge-troll mengecam setiap upaya penguatan dan modernisasi TNI, sekarang ganti mendukung penguatan militer tapi membangun opini untuk membenturkan Indonesia dengan China yang sedang bangkit dan agresif. Ini sangat pas dengan isi usulan lembaga think tank Australia yang menyarankan agar merubah pandangan masyarakat umum indonesia (yang umumnya memandang miring US dan Australia) lewat media sosial, agar lebih pro dan bersimpati terhadap kepentingan barat.

        Menggunakan nick “mbah”, mengaku guru dan berusia 68. tapi itu mungkin upaya meraih simpati. Sebagai orang timur kita menghormati orang tua apalagi seorang guru, walau isi postingnya sendiri sama sekali tidak sesuai dengan profile guru sepuh ๐Ÿ˜€

        Yang perlu diperhatikan, sekarang isi postingnya jarang ngetroll dan menggunakan alasan yang tertib dan masuk akal, lebih berbahaya dari dulu, terutama bagi yang baru baca postingan dia yang sekarang ini saja.

        beda pendapat dan berubah pendapat itu biasa, hanya saja IMO si mbah ini punya misi, dan misi itu bukanlah demi kebaikan negara dan bangsa Indonesia bagaimanapun dia mengemasnya

        • @Bung now.. sy setuju bung now, usaha2 untuk mencuci otak generasi masa depan Indonesia oleh agen2 intelejen berkedok LSM, guru, sesepuh, atau org terhormat lainnya patut untuk dwaspadai.. jauh lbh berbahaya infiltrasi spt yg dilakukan oleh agen asing macam mbh bowo, drpd agresi militer scr langsung oleh luar negeri..

        • Lapor kumendan warjager, dari pembacaan dan penyadapan, ada kemungkinan ini profil mbah bowo:

          https://plus.google.com/117476897615481818961/posts

          kalo meleset ya jangan salahkan joyoboyo, tapi jangkanya (mistarnya…..) ๐Ÿ™‚

        • Yg sdh ngikuti warjag slm 2 thn ini pasti tahu bung now…… dr yg mulai kelihatan lubang hidung dr radius 1km…sampai yg sdh keliahatan antek imprealis y…sma memang ada dlm skenario antek2&para agen imprelialis. Kita yg harus cerdas memilah & memilih mana yg patut dijadikan bahan tmbhan keilmuan dg cinta rasa nasionalisme buat kemajuan NKRI. Klo musang bulu domba msh bisa dilihat scr kasat mata kita pasti lebih senang untuk pukul ekor y dan patahkan semua kaki y…..

        • saya setuju untuk itu bong @ now.. ini merupakan langkah permainan mbah bowo..
          ya kayak bung@ okelah yang sudah transform nick name dan tidak bahas JF-sulfur lagi.. ๐Ÿ˜€

          apalagi ngomong masalah muslim di amerika.. mbah bowo pada memang cukup pandai mengarang… hehehe.. real di lapangan beda bangets..

          Salam NKRI

    • SSSetuju.. bung @li oncom..

    • temenan ma usa…?bah bener aja kau mbah

    • Alah mbah mbah….blm juga nyerah menggiring opini untuk membenci china.
      Sebenernya arahnya kemana tho mbah, membenci china or amrik dan konco2nya, ahli strategi rupanya sampeyan.

      INDONESIA itu tidak benci sapa2 mbah…dan tidak beraliansi dengan blok manapun untuk bisa berdaulat.
      INDONESIA itu NON BLOK, pengayom kawasan sekitarnya.
      Negara tetangga yg mengusik kita…kita adem ayem bukan gara2 takut mbaahh….kita tau mereka itu cmn BONEKA, belum dapat HIDAYAH…
      Mereka masih muda….dan perlu banyak dibimbing. INDONESIA membimbing mereka dgn memberikan contoh, TAULADAN, ING NGARSO SUNG TULODO mbaaahhh……
      tobat mbaahh tobaatt…nyebut….propagandamu gampang tercium.

      kita MERDEKA dengan darah dan keringat sendiri, kitapun MERDEKA untuk tidak memilih blok manapun.

      Sampun mbah….niku pispote njenengan pun kebak….pesing mbahh..

    • Perkuat Riset Inhan, munculkan kekuatan Meliter yg gahar serta bertekhnogi tinggi…
      Berdikari Ekonomi…

      Jika China, USA ataupun siapapun yg berani sengol.. siap dan mampu untuk dibacok….

  3. Iklim regulasi seputar industri pertambangan di Indonesia menimbulkan masalah besar lain. undang-undang pertambangan yang kontroversial tahun 2009 mulai diberlakukan sedikit demi sedikit pada tanggal 12 Januari 2014, mengharuskan perusahaan tambang untuk memperkaya mineral di Indonesia dan tidak mengirim bahan mentah segera setelah dikeruk. Tujuannya adalah untuk menjaga keuntungan pertambangan di dalam negeri bukan mengekspor kekayaan negara. Namun, sebagian besar perusahaan asing utama sangat khawatir tentang aplikasi peraturan yang tidak merata di seluruh komoditas, serta ambiguitas apakah kontrak sebelumnya akan juga ikut terpengaruh.

    Dua perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia, Freeport dan Newmont, mengklaim peraturan batu itu akan membuat mereka terpaksa memberhentikan ribuan pekerja dan hilangnya miliaran pendapatan ekspor. Mereka mengancam untuk mengajukan tuntuan hak kontrak-kontrak sebelumnya sebelum pemberlakuan undang-undang baru pada arbitrase internasional. Manambah masalah yang ditimbulkan oleh undang-undang baru adalah melemahnya harga komoditas dan kurangnya infrastruktur untuk memperkaya dan mengangkut mineral ke pasar. Target penerimaan pajak sektor pertambangan adalah $90.5 miliar pada tahun 2013, namun per September baru $56 miliar yang tercapai. Sektor pertambangan negara mendapat $ 3.37 miliar untuk periode waktu yang sama, 25,7 persen penurunan YoY. dst….

    kalo dibaca dan dianalisis tulisan diatas sudah jelas mereka blok barat yang selama ini mengeruk keuntungan berlebih dari kita sudah mulai khawatir. Indonesia harus berubah, Indonesia harus berani untuk bisa lepas dari penjajahan halus ekonomi yang dilakukan blok barat selama ini.

    • Kontributor thediplomat kadang sangat subjektif bung @PS ๐Ÿ™‚ tergantung siapa yang nulis, tapi karena itu seru juga

      • benar Bung Now, tapi setidak-tidaknya kita jadi tau pola pikir mereka ๐Ÿ˜€

        • saya pernah baca artikel dari sebuah lembaga think tank Australia yang menekankan pesatnya akses internet di Indonesia dan betapa perlunya Australia dan US merubah pandangan umum masyarakat Indonesia lewat berbagai media sosial. Agar bisa waspada kita harus mengetahui arah rencana pihak asing

          • woooooww admind harus netral donk….!
            kaburrrrrrr tar di banned

          • Siapa yang admin?

            Kalo pendapat mah boleh bebas dong. hanya karena diijinkan admin untuk posting artikel tidak membuat saya kehilangan hak berpendapat dan salah ๐Ÿ™‚ ,termasuk juga mbah bowo atau oke lah dan semua kloningannya. ga ada yang dibanned di Warjag karena beda pendapat

          • ia..ia…ia…MODERATOR…! tetap saja harus netral…

            “Sebagai Moderator, dia berhak, menghapus, edit, banned dll,”

            DAN membulying,mengeroyok,sesuai keinginannya..
            kaburrrr…..pakai jet saya….wuuzzzzz……..
            xixixixi

  4. Sepakat. WASPADAI ANTEK2 SI BOWO KUCEL…!!!!

    • Waspada apanya, saya tidak butuh pemberian apapun dari amerika serikat dan antek-anteknya……….. !!!!!!!!!

      tulisan diatas cuma opsi, jangan berpikiran dangkal

      Coba adek lihat perusahaan-perusahaan china di indonesia semua pakai karyawan kontrak, kalau tidak gitu mereka pakai alih daya/outshourching. Apa-apaan ini ? kalau memang jenengan membela rakyat kecil ya bela dong kepentingan buruh juga ?

      • pendapat mbah bowo soal ini benar. kenyataannya memang seperti itu. tapi disisi lain bargaining power kita dengan us meningkat dengan membesarnya pengaruh china.

        • bung@lemadang n wedus
          saya pikir ini forum, dari coment mbahbowo pun masih tahap pendapat, dan masih etika dalam berpendapat, jadi menurut saya tidak ada masalah dalam mengemukakan pendapat,

          @mbah bowo
          kalau bisa nanti apa yang ada pemikiran mbah kemukakan dengan rincian,
          misal
          1. terjadi lcs apa efek dan impact
          seandainya indo memihak barat baik dari segi militer maupun segi komunitas internasional (khususnya kawasan -hankam-diplomatik) serta dari segi
          ekonomi.
          dan seandainya konfrontasi di lcs, alutista apa saja yang akan dikerahkan untuk menghadapi blok timur.

          begitu juga sebaliknya bila indo memihak blok timur bagaimana?

          dan keberpihakan dua hal diatas ( timur/barat ) lebih menguntungkan mana bila seandainya nkri tetap non blok

          mungkin mbah bila di ulas seperti itu nanti akan ada puh yang punya pemikiran memihak(kontra) akan menjawab secara analis pendapat mereka juga.

          dari pendapat2 analis yang pro-kontra mungkin akan lebih menghasilkan point kekuatan nkri ” mendekati “sebenarnya kedepannya(hankam-diplomatik intl-ekonomi (nasional-internasional)

          saya pun makin tahu dan makin bisa belajar.

          cuma pendapat
          maaf cucu lancang

      • emangnya freeport gak pakai outsourcing ?

      • Indonesia wajib netral.. tidak condong ke US atau China.. itu akan jauh lebih baik dan bermanfaat untuk penguatan peran Indonesia yang disegani di kawasan regional

      • Gak bener jg omongan lo bowo.tetangga gw kerja di PT.HUAWEI SERVICES karyawan tetap dgn jabatan supervisor.lo aja kale yg outsourching karena gak punya kemampuan trs ngeluh deh disini cari pembenaran

  5. LCS adalah masalah bagi China, Amerika, Australia, Malaysia, Philipina, Vietnam, Brunei dan Taiwan.

    Amerika ingin Indonesia bergabung dengan yang katanya “poros asian” melawan China dan China berkeinginan Indonesia membantu China menyelesaikan masalah LCS secara bilateral dengan masing-masing negara yang terlibat.

    Sekali lagi Ingatlah sejarah Invasi yang dilakukan Indonesia ke Timor Leste ditahun 1970-an. Indonesia berdarah-darah, dipaksa oleh Amerika dan Australia agar menahan laju komunisme di Asia Tenggara. apa yang Indonesia dapatkan ? Embargo, Pelanggar HAM, Provokasi perpecahan dalam negeri, Industri strategis di kerdilkan, Kerusuhan karena SARA.

    Indonesia sudah terlalu banyak punya masalah sebaiknya Indonesia fokus menyelesaikan masalah dalam negeri. Banjir, Ketahanan Pangan, Pendidikan yang merata, Akses kesehatan bagi seluruh rakyat indonesia, penanggulan dan pencegahan bencana alam.

    Netral dan oportunis adalah wajar bagi Indonesia. Biarkan Amerika dan Australia berdiri paling depan menahan China. Ketika China semakin kuat keselatan, Amerika dipastikan akan memperkuat pertahanan di Philipina dan Australia juga akan menumpuk kekuatan di semenanjung Malaysia. Biarkan mereka saling berperang dengan segala alasannya karena alasan mereka berperang juga tidak penting bagi Indonesia.

    • Setuju dgn Bung @Mbah Moel.. saat ini kata yang pas untuk Indonesia adalah NETRAL & OPORTUNIS, memanfaatkan keadaan yang ada utk mengambil keuntungan.. walaupun sepertinya sedikit licik.. tapi saya rasa cara ini lah yang terbaik untuk saat ini..

      seperti kata orang Medan ” Asal kau cantik maen nya bang, aman aja nya itu..”

    • LCS tidak akan pernah perang mbah, cina cuman pengen melihatkan eksistensinya di dunia… dan mengingatkan kepada usa n nato + konco2nya berpikir ulang…untuk mengusik negara2 di asia pasifik, udahlah mbah jangan provikasi kami, bangsa indonesia udah cerdas mbah… sebaiknya mbah bowo yg kulitnya putih, tingginya 185 cm rambut kuning,,, berat 130 kg, g usah mancing2 bangsa indonesia sebagai tameng usa untuk menjaga hegemoninya… orang cina itu perhitungan mbah… mereka tau harus bagaimana agar tidak merugikan negara mereka,,, udah yg penting mbah bowo balik kenegara mbah dan melapor ke komandan mbah kalo operasi mbah dalam perang asimetris gagal, JALESVEVA JAYAMAHE… Alam takambang Jadi Guru…

  6. ngapain indonesia berperang dengan china? kecuali natuna ikut di klaim china, kalau james shoal yang di caplok china itu bukan urusan kita, disana ada tentara jaguh…… cukup USA aja yang jadi polisi dunia, hehehehehe

  7. => “Clint Richards adalah manajemen risiko berbasis di Tokyo dan konsultan geopolitik.”

    konsultan geopolitik berbasis di tokyo. sangat wajar jika mereka berusaha membangun opini semacam itu. Sepertinya belum ada hasil gugutan jepang ke WTO soal undang-undang minerba indonesia. Semoga setelah pemilu 2014 Indonesia tetap tegas dan konsisten dengan UU Minerba.

  8. Analisis:

    Posisi Indonesia mirip dengan Negeri Owari pimpinan Oda Nobunaga yang akan dilewati pasukan besar Imigawa Yoshitomo yang akan menaklukan Kyoto. Hanya ada 2 pilihan buat Oda Nobunaga: TAKLUK dan menjadi anak buah Imigawa Yoshitomo atau MELAWAN dan dihancurkan pasukan yang 10x lebih besar. Dengan taktik dan sedikit keberuntungan Oda Nobunaga akhirnya bisa mengalahkan Imigawa Yoshitomo.
    Indonesia punya pilihan ketiga yaitu NETRAL, tapi sampai kapan sikap netral bisa bertahan. Sejarah mengajarkan kita, dalam perang terbesar masa feudal jepang yaitu Pertempuran Sekigahara antara Tokugawa Ieasu melawan Ishida Mitsunari, pasukan Kobayakawa Hideaki bersikap netral. Menarik yang dilakukan Tokugawa Ieasu agar Kobayakawa Hideaki segera menentukan pilihannya yaitu dengan memerintahkan pasukannya menembaki pasukan Kobayakawa Hideaki. Tindakan itu memaksa Kobayakawa Hideaki berfihak kepada Tokugawa Ieasu. Setelah itu jalannya perang segera bisa ditentukan pemenangnya yaitu Sang Daimyo Edo yang perkasa: TOKUGAWA IEASU. Pertempuran Sekigahara mengubah sejarah jepang selamanya dan menempatkan era kesogunan Tokugawa selama beratus tahun.
    Saya berharap kita menjadi salah satu dari dua samurai terbesar dijepang itu.
    IMHO

  9. Di LCS negara*besar sedang bermain game, apa yang Anda lihat adalah bagian dari upaya yang lebih besar, yaitu teater “Asia Pasifik”tak perlu diragukan lagi amrik berencana untuk menyebarkan senjata-senjata canggihnya untuk menghadapi ancaman China.

    Bila konflik meletus pentagon akan mengerahkan lebih dari enam kapal induk dan sebagian besar kapal jelajah, kapal perusak, kapal selam dan kapal perang litoral ke wilayah tersebut.

    Semua alutsista amrik yg bertehnology modern tentunya akan diberikan di asean misal F35,Apache dll.
    amrik sudah tahu mana* yg akan di jadikan pemukul,pengroyok dan menyebarkan senjata-senjata canggihnya sedangkan amrik sendiri mengerahkan kapal selam dan pesawat tempur canggihnya, yang dilengkapi dengan kemampuan baru peperangan elektronik dan sistem komunikasi ke wilayah tersebut.untuk menghadapi ancaman China.

    Dan tidak menjadi masalah walaupun pemotongan anggaran Washington tidak akan menghambat strategi militer baru ini.

  10. PASUKAN PLA mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa,

    Kekuatan PLA konon dapat menggilas habis seluruh kekuatan Udara asean dalam 2 hari.
    Dan untuk kekuatan angkatan lautnya PLAN dapat melibas seluruh kekuatan angkatan laut seluruh asean dalam waktu 3 minggu.

    YANG BISA KITA LAKUKAN HANYALAH BERHARAP PADA TNI SEMOGA BISA BERTAHAN DAN TIDAK SAMPAI HANCUR TOTAL KEKUATAN UDARA DAN LAUTNYA.

    Kalau deklarasi Adiz Sudah di kumandangkan di LCS, artinya genderang perang sudah di tabuh, sudah saatnya bersabung nyawa, pedang saling beradu.

    • analisis mbah bowo selalu dangkal dan senang banget kontra (melawan arus) saya curiga jangan-jangan mbah Bowo ini ABG ababil yang sedang dan senang cari perhatian..wkwkwkkw

    • BLA….BLA…BLA…

    • Di atas kertas….dan kertas gak bs berbuat apa2 kalo dah di robek.bowo,lo pasti gak pernah baca sejarah waktu AS bilang akan menaklukan iwojima dlm waktu 10 hari krn mereka bs mengerahkan 70.000 marinir,30.000 AD,500 tank,200 pesawat,7 kapal induk,4 battleship,6 penjelajah,12 perusak,puluhan gunboat dan kapal angkut cuma untuk memerangi 35.000 tentara jepang di pulau itu..hasilnya?mereka harus berdarah2 selama 2 bln dgn korban tewas sama dengan seluruh tentara jepang yg ada dsana.blm termasuk belasan rb yg luka.jgn anggap enteng org asia bowo.kalau kami bertikai emang selalu bernafsu.nggak kyk kalian cemen dikit2 angkat tangan ujung2 nya ngeluh di siksa di kamp tahanan minta diperlakukan sesuai konvensi jenewa.kalau kami biasa memderita bowo,hidup segobang sehari

  11. sedangkan politikus Indonesia hanya tau shabat yg ngasih tip yg lebih banyak..

    • Amerika dikontrol persekutuan zionis. jangan berharap banyak pada Amerika. Mereka ingin dunia berada di bawah kakinya. Amerika tidak punya etika & tulus membantu yg lemah.
      Indonesia harus tetap netral seperti amanah para pahlawan bangsa.
      maaf bila kurang berkenan “slam NKRI”

  12. Mbah Bowo dkk…siapa bilang kita hanya bisa bertahan jika kita beraliansi? Kita harus belajar untuk buang jauh2 pikiran2 yg bernama ALIANSI, kita ini bangsa BESAR…Titik!!! Kita merdeka bukan karena hadiah…tetapi karena kita rakyat Indonesia mau mati untuk masa depan kita sendiri. Siapa CINA? Siapa USA? Dari jaman Singasari dan Majapahit…kita tidak pernah takut yang namanya CINA! Kalau negri ini luluh lantak BIARKAN!!! Asal jangan jual jiwa dan hatimu sama bangsa CINA dan USA!! Toh kita juga sudah luluhlantak…tapi bangkit lagi..dan selamanya akan begitu!! God Bless Indonesia!

    • Mbah sepakat dengan dek Rafale212, kita akan buktikan bahwa china tidak bisa menginjak halaman negara kita.

      Kita akan bertempur dengan China sampai kedua belah pihak sama-sama Hancur Total Luluh lantak kalau sampai china yang sudah ngamuk berniat menuntaskan jauh ke selatan mengejar armada australia.

      • Mengorbankan Indonesia demi keamanan Australia ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

        • bung @Rafale212, posting saya itu ditujukan untuk komentar @Mbah Bowo: “Kita akan bertempur dengan China sampai kedua belah pihak sama-sama Hancur Total Luluh lantak kalau sampai china yang sudah ngamuk berniat menuntaskan jauh ke selatan mengejar armada australia.” alias Indonesia diadu dengan China sampai hancur demi menjaga keamanan dan kenyamanan Australia

      • @mbah bowo.. Setelah China n Indonesia diadu sampe luluh lantak, Amerika n Australia tinggal menguasai Indonesia tnpa perlawanan, tnpa mengeluarkn ongkos yg berarti.. kira2 begitu kn harapan mbah bowo?!

      • Embah bowo alias mbah kewod kayana cinta mati sama ausy n asu..
        gimana mbah usaha remang2nya di bali? ๐Ÿ˜€
        (just kiding)

  13. LCS bukan opsi negri YU tapi Negeri Siberat.

    Bagi yu siapapun penguasa LCS ya sami mawon…yg jelas YU tidak ada kekhawatiran apa2 sepanjang Jin memahami dan mengakui Natuna adalah bagian dari YU, dan hal itu dibuktikan oleh hasil kunjungan Panglima dan bersedianya Jin memenuhi undangan Komodo Exercise. yang pening bukan kita tapi Kelompok siberat dan FPDA.
    Jadi judulnya harus dirubah…”Menghibahkan gratis alutsista hi-end untuk Yu adalah Opsi prioritas bagi Siberat..”

    kalo mau ekstrem bagi YU dlm hal FIGHT.
    Lebih baik mengakuisisi semenanjung SNG North borneo PNG , dibanding ngabisin energi di LCS,
    hasilnya stock SDA nambah, jalur international tetap dlm genggaman,…..cekidot.

    #Penguatan Otot bagi YU adalah kemutlakan.

    • perihal hibah kawanan si berat sedang menunggu siapa penguasa RI tahun ini. F-16 US-ANG stock masih menggunung jikamau. kalau yang high end pastilah harus beli. sebaiknya kawanan siberat dipalak teknologi keramik dan kontrolnya.

  14. SEBELUM saya menulis artikel yang terakhir tentang Indonesia harus Non block (Netral)
    Prediksi saya Ancaman fenomena akan ada tarik menarik antara dua blok agar Indonesia beraliansi akan semakin kencang mulai TERBUKTI .
    Hemm dari postingan postingan yang pro china dan pro barat (Usa) akan terus gencar mencoba menggiring opini semua rakyat Indonesia agar mendukung dan memperkuat dukungan ke masing masing blok .
    SETELAH itu baru dimunculkan tokoh tokoh capres unggulan dari masing masing blok .
    Tahap awal mem brain stoming dulu masyrakat indonesia dengan RIBUAN info ,opini, diberbagai sumber informasi,,,memanfaatkan isue isue yang terjadi mulai LCS,papua, timtim (yg sdh kadaluarasa malah) sipadan ligitan,ambalat ,serumpun dll.

    Bahkan nanti Pancasila dan program MEF ,BBM murah,sembako murah ,enak jamanku dll akan dijadikan komoditi kampanye mempengaruhi calon pemilih,

    Bagi saya agen agen yang mengangkat tema tema diatas adalah KUNO karena bagi para patriot gonggongan macam itu sudah tidak berpengaruh karena kami punya OTAK untuk memilih yang terbaik untuk Indonesia ..dan kami tau mereka hanya sekumpulan blok yg ingin lebih serakah menguasai Indonesia,

    Siap siap dengan sekmen dimunculkan dgn skenario ada seorang tokoh .sederhana dan tegas ganteng terus dibuli dizalimi korban politik sehingga menimbulkan SIMPATI dari rakyat Indonesia ,,
    Biasanya tokoh ganteng yang terzalimi ini yang merebut HATI rakyat Indonesia yang akan MENANG
    Padahal pencitraan semacam itu sudah dirancang jauh hari dengan dimulai tarik menarik dukungan aliansi seperti saat sekarang ini .

    Mbah bowo belum tentu antek amerika asli,,bisa jadi dia “antek amerika wanabe” yang ingin memunculkan kebencian dan menimbulkan opini bahwa amerika selalu berniat jahat mengajak indonesia terjerumus” dengan komen agen semacam mbah bowo ini,
    Kalau warjager menanggapi dan terpancing maka misi mbah bowo sukses ,,makin banyak yg menghujat dan benci dengan amerika (blok barat) dan mbah bowo makin senang krna terus ditanggapi,..padahal alasannya mbah bowo gak ada yang rasional lho kok ditanggapi,

    kalau saya lebih baik bahas yang lebih penting timbang mengquote mbah bowo.
    Soo waspada dan cerdaslah
    IMHO

    • @Bung Satrio.. “Bagi saya agen agen yang mengangkat tema tema diatas adalah KUNO karena bagi para patriot gonggongan macam itu sudah tidak berpengaruh karena kami punya OTAK untuk memilih yang terbaik untuk Indonesia ..dan kami tau mereka hanya sekumpulan blok yg ingin lebih serakah menguasai Indonesia”.. Masalahnya, G semua rakyat Indonesia pnya OTAK yg bisa buat mikir jernih. Dan tragisnya lg, yg g pnya OTAK tu ternyata mayoritas..

      • @Bung Sorandaka
        NAH karena banyak yg mayoritas berpikir dengan hati tidak dengan otak.
        KITA disini kaum minoritas memberikan sumbangsih wawasan agar mencerdaskan bangsa.
        Sekelas JKGR aja penghuninya dibrain stroming apalagi kaum mayoritas yang anda sebutkan tadi,

        BILA PERLU kita warjager disini SOLID memberikan sumbangsihnya dengan kemampuan dan keahliannya yang benar untuk di share disini mencounter segala potensi melemahkan bangsa dan menceraiberaikan bangsa

        Saya salut pada bung yayan dengan wawasannya yg luas dan akan berterimakasih sekali memberikan koreksi nya bila ada postingan malaysia wanabe.
        Saya INGIn bung danu dan bung Now,bung danu dll yang kuat akan kemampuan menganalisa sesuatu dengan detail dan bahasa asingnya untuk mencounter barat wanabe.
        Saya ingin bung melecteck,bung antonov ,bung Gue,Bung MJ dll menjelaskan berita salah tentang TNI dan alutsistanya
        Bung Jalo dan bung Jiwa bening disektor jurnalis dan Informasi,
        Saya ingin semua warjager yang lama dan penduduk baru saling bahu membahu mencerdaskan disini,dan MENULARKAN semua pelajaran positif disini dilingkungannya ,anak didiknya,anakbuahnya,keluarganya, agar Indonesia semakin maju,
        Kalau ada yang ahli ekonomi bisa ikut membantu yaa saya lupa siapa nicknya
        kalau disini lengkap ahli nya insya Allah JKGR menjadi blog yang UNGGUL

        Sumbangsih Warjager akan sangat bermanfaatkan untuk mengubah kaum mayoritas yang berpikir dengan hati menjadi kaum mayoritas berpikir dengan otak dan menjadi Patriot.
        semoga

    • yah bagus juga gitu om, kmaren kan dah sempat dicolek ma om Garuda Hitam soal vanuatu dkk, inget hasil sensus pnduduk skr ini Indonsia didominasi usia muda & klmpok menengahnya naik signfkan, bagus sekali klo klmpok ini dibangun trus rasa nasionalismenya.Jangan bosan2 garap yg bgian ini ya om. mks.

    • Mbah bowo belum tentu antek amerika asli,,bisa jadi dia โ€œantek amerika wanabeโ€
      ———————-
      Setuju bung Satrio, sebelumnya juga ada yg berpendapat demikian. Ini penyesatan atau apalah namanya. Mungkin berlebihan tapi saya pernah baca cara2 seperti ini di buku2 yg membahas intelejen/ militer.

    • Daripada ngurusin Mbah Bowo…mending gue nanya Alutsista yg schedule datangannya di bulan maret ini @ bung Satrio SS…
      sepertinya adem2 z nih..

      • mau hoaxnya ya bung donie
        Dibulan maret saat pameran di koarmatim minggu depan
        Sebenarnya akan nyempil satu KS yang salah tulis diberita kemarin
        Ks setara Killo madein German yg datang satu
        wis saya sedikit perjelas ne

        Maaf hanya hoax wajib tidak dipercaya

    • Bung Satrio sungguh sangat disayangkan forum ini jd forum politik. Setahuku kita sudah enek dan mual tiap hari dijejali politik di TV. Militer memang sangat dekat dengan politik, tp kalo obrolannya terlalu “Politic Heavy” jd nggak asik. Saran sy kalo mau ngomong politik jadi politisi aja dwech nggak usah di forum ini… Bukannya sombong seluruh argumentasi politik yg disajikan sdh ada di kepala saya, sy cyma malas aja menanggapinya… IMHO

      • @Bung Openmind
        Yang ingin JKGR jadi forum politik juga siapa bung?
        Ngobrolin politik heavy nggak juga tu .
        Nyaranin saya jadi politisi ..?hehehe saya da cukup bahagia dengan kehidupan saya sekarang ,,gak ingin berpolitik,,
        tetapi bila anda terganggu dengan komen saya ..yaa mohon maaf dan tidak usah dibaca saja,.anngap aja hoax sampah.,lewati saja setiap koment saya

        Diplomasi (Politik),Informasi (Intelejen) Militer Ekonomi (DIME) memang selalu berkaitan
        dan sejak dulu sebelum saya masuk disini,, JKGR membahas tidak melulu tentang militer.
        Kebijakan bung diego mungkin tetap ingin memberikan Informasi yang benar untuk masyarakat Indonesia,

        Bila nanti bung open mind tidak malas lagi menanggapi dengan pengetahuan politiknya yang sudah mumpuni ,,saya ijin menyimak.

      • Politik praktis sampai skrg tdk menjadi subyek diskusi di sini. Tapi politik dlm pengertian lbh luas mmg tdk bisa dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan beralutsista.
        Salam kenal.
        Jalasveva Jayamahe.

  15. Untuk menghadapi perkembangan tahun2 ke depan, kita juga perlu mempersiapkan generasi bangsa (selain militer dan alutsistanya). Hari ini kita dipimpin oleh mereka dari generasi tahun 50-60 yg patriotismenya bisa dibanggakan. Generasi 70-80 relatif masih ideologis. Tp coba cermati perkembangan generasi 90 dan setelahnya, masihkah kita menemukan diskusi2 ideologis dan patriotisme? Bukankah generasi skrg lebih kental dgn apa yg kita kenal dgn ‘alay’, boy band, k-pop dsb?
    Dalam teori perkembangan masy., inilah yg dikenal dengan floating generation alias generasi ngambang. Mereka yg berideologi hari ini dari generasi 90-00 justru mereka yg berbicara fanatisme kesukuan atau bahkan keagamaan, yg ujungnya akan melemahkan ideologi NKRI itu sendiri.

    • kenapa begitu.. karena pelajaran Pancasila sudah tidak adalagi disekolah…

      sejak bergulirnya reformasi pelajaran PMP ( Pendidikan Moral Pancasila) P4(Pendidikan Pengamalan dan Penghayatan Pancasila) dihapuskan dari kurikulum sekolah karena ada sebagian pihak menganggap pelajaran ini merupakan ideologi orde baru… terus diganti dengan PPKN yg kemudian dihapus lagi.. hingga saat ini tidak ada lagi pelajaran mengenai pancasila…

      pada masa itu nilai untuk pelajaran ini tinggi-tinggi yahh minimal nilainya 7 kata teman teman saya pelajarannya gampang.. itu menandakan Pancasila sudah menjiwai anak anak pada masa itu…

      Menurut Saya pribadi tidak ada yg salah dalam pelajaran itu.. krn mengajarkan ketuhanan, budi pekerti, tolong-menolong, kemanusiaan, toleransi beragama, gotong -royong, musyawarah.. yg semua nilai perbuatan itu sudah mulai luntur di jaman sekarang.. masyarakat sekarang menjadi lebih individualis…

      sewaktu saya masih sd tahun 80an setiap 2 atau 3 kali dalam setahun disekolah siswa diwajibkan nonton film perjuangan.. dengan menonton film perjuangan ini sifat nasionalismenya tumbuh…

      tentunya kalian yang lahir antara tahun 70an dan 80an ingat film film ini:

      – Janur Kuning
      – Kereta Api terakhir
      – Mereka Kembali
      – Serangan Fajar..

      film film ini menurut beberapa kalangan sejarahnya sdh diselewengkan oleh pihak rezim orde baru..
      seharusnya tanyakan dulu kebenarannya kepada pelaku sejarah…

      yah begitulah indonesia.. karena keburukan suatu rezim maka dimusnahkan semua yg berhubungan dengannya tanpa memilah milah dulu kebaikannya… kecuali budaya korupsi yg dilestarikan…

    • Nah itu untuk 70-80an.
      untuk yg 90 dan setelahnya gmn? Ada yg bisa bantu info? Bgm bangsa ini menanamkan ideologinya?
      atau memang ideologi kita sdh berganti menjadi ideologi pop, pesbuk, kwitter dll?

  16. Indonesia Harus tetap bersikap NETRAL…. konfik LCS ini adalah sebuah kospirasi besar untuk menghancurkan Indonesia… jangan sampai Indonesia Terjebak Tipu Daya meraka..

    Ini adalah konflik perebutan sumber daya alam antara dua kekuatan besar dunia… Cina dan Usa(beserta konco-konconya)…

    1. Amerika ( Nato ) ingin membalkanisasi indonesia untuk dipecah- pecah menjadi 8 bagian.. ini sudah menjadi Agendanya…

    2. Cina ingin menguasai seluruh LCS yang diklaim kaya akan cadangan miyak yang besar.. bukan tidak mungkin klaimnya akan LCS merembet sampai wilayah indonesia yg juga kaya akan SDA.

    Saya kadang berfikir.. apakah konflik ini telah dirancang sedemikian rupa oleh Cina & Amerika agar senjata mereka laku … atau ada konspirasi diantara keduanya.. mengkapling-kaplingkan wilayah asia tenggara untuk dikelola sumber daya alamnya oleh mereka ( Cina & Nato/Amerika beserta begundal-begundalnya).

    Andaikata Indonesia ikut blok tertentu.. Indonesia harus rela diperalat oleh mereka sebagai front terdepan pertempuran.. tentunya perang akan terjadi diseluruh wilayah indonesia.. kemajuan yang kita bangun selama ini akan hancur.. Indonesia tentunya menjadi lemah.. disaat lemah ini indonesia ibarat domba yg terluka dijadikan rebutan srigala-srigala lapar… trus apa jadinya… Nama indonesia sudah tidak ada lagi di DUNIA….

    Kita Harus cerdas dan waspada menyikapi Hal ini!….

    Maaf bila komentar Saya membuat tidak nyaman.. Karena Saya sangat peduli dengan negara.. ini.. INDONESIA yg sangat saya cintai…

  17. Laut China Selatan. Kenapa baru abad ini dipermasalahkan. Kenapa gak dari dulu sejak berakhir perang dunia II dipersoalkan. Memangnya seberapa besar kandungan LCS bagi kemakmuran dunia atau negara tertentu. Setelah semua ladang minya dan gas di seluruh dunia dipetakan, kenapa cuma kawasan LCS saja yang paling akhir di eksploitasi?

  18. negara mw punya banyak anggaran, ya maksimalkan dulu penerimaan pajaknya terhadap PDB. genjot penerimaan pajak sampai 15% dari PDB. caranya gampang,, tambah aja petugas pajak. bikin sampai rasio petugas banding wajib pajak minimal 1: 4000 orang.

    cina, amerika, atau bangsa apapun di dunia bisa di lawan kalau rakyatnya CERDAS dan cukup MAKAN.

  19. Saudara2 semua, apapun yang terjadi dalam geopolitik negara2 kuat di sekitaran NKRI, jangan sampai lupa bahwa Tujuan akhir kita adalah mempertahankan NKRI. Kebijakan politik pertahanan, apakah itu bebas aktif, non-blok, atau bahkan aliansi, semuanya hanyalah alat yg kita gunakan untuk mempertahankan Republik ini. Tidak ada yg bisa benar-benar memprediksi apa yg akan terjadi nanti didepan. Tapi satu hal yang harus kita ingat, semua negara asing memiliki agenda tersembunyi untuk memecah belah benua nusantara ini. Tidak ada teman sejati dalam hubungan internasional, yang ada adalah musuh sejati. Baik China, Amerika, Australia, Jepang, bahkan Rusia sekalipun berpotensi menjadi musuh negara kita. Jadi kekuatan dan kehati-hatian kitalah sebagai warga negara untuk bersikap dan mengambil keputusan.

    Apakah teman-teman semua tahu apa itu “Rand Corporation”??? Sebuah lembaga Think thank Pentagon, yang dulu hanya dianggap sebagai Ilusi dan khayalan. Sebuah kajian studi pada tahun 1998 (masih gres) yang khusus memberikan rekomendasi bagaimana aliansi barat bertindak terhadap Indonesia. Agenda Balkanisasi NKRI akan selalu ada didalam setiap tindakan intelijen Amerika dkk. Bahkan hingga detik ini!!

    Pada saat Kasad Ryamizad Ryacudu akan diplot untuk menjadi panglima TNI selanjutnya, banyak sekali kekuatan tak terlihat yg ingin membatalkan hal tersebut, karena RR adalah salah satu prajurit paling anti asing yg pernah dimiliki Indonesia! dan akhirnya agenda itu berhasil! RR batal menjadi Panglima. Sebelum meninggalkan kesatuannya, “Bapak pasukan Elit Raider” Indonesia ini sempat mengatakan, bahwa ada ribuan agen intelijen asing yang bertebaran dan berkeliaran di Republik ini, mereka melebur didalam instansi Pemerintah, swasta, LSM, kalangan bisnis, dll. Tapi itu semua hingga saat ini hanya dianggap angin lalu. Dan setiap ada beberapa inidividu2 yang berusaha mengutarakan hal yag sama, begitu cepat isu itu berusaha dihilangkan.

    Lalu apa yg menjadi penyebab Amerika dll, tidak berani melawan dan menghancurkan Indonesia acara langsung?? Penyebabnya adalah kesatuan kita dan militansi rakyat Kita. Kesimpulan banyak agen intelijen asing yg selalu merekomendasikan hingga detik ini kepada negara mereka agar jangan menghadapi Indonesia secara langsung. Bahkan salah satu negara kuat pernah menyatakan, tidak ada satupun penduduk negara di dunia ini yg paling siap perang dan gila perang selain Indonesia, Tak peduli apakah mereka menang atau kalah, mereka akan tetap maju. Militansi begitu kuat yang bagi sebagian negara asing sudah dianggap mendekati fasis.

    Tapi dibalik kekuatan yg begitu menakutkan asing tersebut, ada kelemahan yg sangat mencolok, yaitu perpecahan. Oleh karena itu memecah belah Indonesia melalui tangan2 pihak ketiga seperti di Papua akan selalu dilakukan, sampai kapanpun, hingga agenda rand corporation akan benar2 terjadi di Indonesia.

    Ahhh, capek ngetik… Udah dulu ahh…^_^

    Salam NKRI…!

    • RAND itu yang mengusulkan pada pemerintah US berusaha merubah kebijakan non blok Indonesia bagi kepentingan US. Dalam strategi menghadapi China, mereka menyarankan penggunaan wilayah laut, darat dan udara Indonesia. Lain kali Menlu AS datang dan tersenyum, kita tetap harus waspada terhadap grand design dibalik ‘kebaikan’ dan blink blink yang mereka tawarkan

    • Yap, tanyangan langsung indonesia hari ini adalah kekuatan militer asing dan rongrongan dari dalam, karena mmg itulah satu2nya cara memecah belah indonesia.

  20. Opsi memanasnya Lcs hanya ingin meraup keuntungan dalam penjualan senjata semata untuk menutup hutang2 usa cina, tak lain tak bukan politik cina diterapkan dan patut kita tiru ,seperti halnya kasus smelter yg mengharuskan pengusaha membuka smelter pemurnian SdA ,supaya usa segera hengkang dari NKrI,. Dan opsi keduanya dengan menasionalisasikanya untuk pemerintah,tapi sudah siapkah pemerintah mengerjakanya sendiri?. semuanya kembali pada yg berkuasa..
    Pemanasan Lcs bisa juga mjd dalih penjualan senjata bebas untuk meraup untuk yg banyak, apalagi usa dg dalih keamanan wilayah asia menerapkan untuk mnyebarkan pasukan untuk meraup untung.

    Apalagi kita tau 2021 freprt contrack akan habis begitu pula dg newmont di th 2017 akan habis pula.
    Kalao pemerintah ditahun tsbt memberikan newmont dan frepot untuk dikelola usa ,sama halnya memberi makan singa di rumah kita,suatu saat kita bisa docaplok juga.
    Apalgibcalon presiden yg akan dtg banyak yg dari kalangan pengusaha, yg rata2 banyak memilki hutang,bisa jadi jewmont ataupun frepot dijual untuk membayarkan hutang2nya dan negara lagi yg menanggungnya,

    Usa adalah sekutu dalam waktu dekat menhadapi china??
    Apakah seorang diplomat itu kata2nya bs dipertanggung jawabkan,?
    Atau hanya nglantur,, apa berani memberikan jaminan untuk masa depan.?
    Sedangkan kita tau negara kita di bully oleh anggota FPDA, yg belum apa* sudah ngrecokin pembaangunan alutsista kita, padahal kita tau mereka lagi bermasalah di Lcs menhadapi negara power china, tapi mengapa masih cara musuh n ngrecokin kita, itu karena mereka yakin ttg lemahnya negara kita, Dan mereka dibantu oleh the big bos nya usa ,
    ingat timor leste,ingat papua, ingat sipadan ligitan harus menjadi contoh buat pemikir bangsa . Jangan asal babibu harus usa jadi sekutu seperti kata mbah bowo almarhumah,..

    maaf kalao komen saya panjang lebar.dan oot./sering dilontarkan oleh sesepuh warjager lainya…

    • bung Patech, jika kontrak freeport, newmont, total indonesie tidak diperpanjang ya mereka harus angkat kaki dari bumi Indonesia…

      mereka sendiri tentunya enggan pergi sebelum semua cadangan migas / mineral dikuras (seperti ExxonMobli di Cepu) , test case terdekat adalah blok mahakam…

      • Itu salah satu menu politik di usa bung danu,
        Saya yakin mereka tidak akan semudqh itu untuk angkat kaki dari NkrI
        Pertama.. Mereeka usa mempropaganda di pemilu untuk menjadikan presiden dr yg mereka tunjuk seperti pengusaha* yg menjanjikan ini itu..
        Kedua .. Mereka usa mendekati satu sumber daya alam uranium di mamuju yg memiliki sumberdaya melimpah, bahkan dubes usa sendiri langsung ke sulawesibuntuk memberikan bantuan berupa dana..
        Perlu diacungi jempol untuk usa,

        Tapi apakah pemimpin kita di th 2017 itu sadar atau tidak seperti kasuus penjualan tangker,indosat dan gas bumi yg dikatan bung melektech kmren..
        Sadar dalam arti menduduki kursi nomer 1 demi klancaran bisnisnya semata atau memang betul* ingin membangun bangsa.

        Maaf oot.asbun.

  21. Opsi memanasnya Lcs hanya ingin meraup keuntungan dalam penjualan senjata semata untuk menutup hutang2 usa cina, tak lain tak bukan politik cina diterapkan dan patut kita tiru ,seperti halnya kasus smelter yg mengharuskan pengusaha membuka smelter pemurnian SdA ,supaya usa segera hengkang dari NKrI,. Dan opsi keduanya dengan menasionalisasikanya untuk pemerintah,tapi sudah siapkah pemerintah mengerjakanya sendiri?. semuanya kembali pada yg berkuasa..
    Pemanasan Lcs bisa juga mjd dalih penjualan senjata bebas untuk meraup untuk yg banyak, apalagi usa dg dalih keamanan wilayah asia menerapkan untuk mnyebarkan pasukan untuk meraup untung.

    Apalagi kita tau 2021 freprt contrack akan habis begitu pula dg newmont di th 2017 akan habis pula.
    Kalao pemerintah ditahun tsbt memberikan newmont dan frepot untuk dikelola usa ,sama halnya memberi makan singa di rumah kita,suatu saat kita bisa docaplok juga.
    Apalgibcalon presiden yg akan dtg banyak yg dari kalangan pengusaha, yg rata2 banyak memilki hutang,bisa jadi jewmont ataupun frepot dijual untuk membayarkan hutang2nya dan negara lagi yg menanggungnya,

    Usa adalah sekutu dalam waktu dekat menhadapi china??
    Apakah seorang diplomat itu kata2nya bs dipertanggung jawabkan,?
    Atau hanya nglantur,, apa berani memberikan jaminan untuk masa depan.?
    Sedangkan kita tau negara kita di bully oleh anggota FPDA, yg belum apa* sudah ngrecokin pembaangunan alutsista kita, padahal kita tau mereka lagi bermasalah di Lcs menhadapi negara power china, tapi mengapa masih cara musuh n ngrecokin kita, itu karena mereka yakin ttg lemahnya negara kita, Dan mereka dibantu oleh the big bos nya usa ,
    ingat timor leste,ingat papua, ingat sipadan ligitan harus menjadi contoh buat pemikir bangsa . Jangan asal babibu harus usa jadi sekutu seperti kata mbah bowo almarhumah,..

    Biarpun singaporno malaysia australia di goreng habis oleh china bahkan hancur sekalipun ,indonesia harus tetap netral.. NE ENE TRA ATAL NETRAL..
    JANGAN TERPANCING KATA MBAH BOWO ALMARHUMAH,YG NGRECOKIN SEPERTI USA, SINGASU,AUSISU,MALAYSHU,

    maaf kalao komen saya panjang lebar.dan oot./sering dilontarkan oleh sesepuh warjager lainya…

  22. Seperti akan ada dua jagoan yang bertarung di LCS, China dan USA. Tapi dengan kontribusi China dalam perekonomian nasional US, pernahkah kita terpikir bahwa tidak mustahil justru merekalah sekutu yang sesungguhnya. Saya suka dengan suasana yang selalu hangat di JKGR, setidaknya saya masih bisa berbangga dihadapan teman-teman lain yang berasal dari negara-negara sahabat, bahwa kita bangsa Indonesia senantiasa siap menghadapi berbagai ancaman. Pendek kata, kita adalah bangsa yang selalu awas, mawas dan waspada. Jujur suasana ini tidak pernah saya temukan di tengah sahabat dari negeri lain, bahkan ketika berkesempatan untuk berkunjung ke China sekalipun, teman-teman akan tertawa kalau ditanya tentang isu LCS dengan segala potensi perang terbukanya. Ternyata isu ini sangat kecil sekali mendapatkan atensi dari warga Chinanya sendiri. Saya bisa maklum, karena cara pandang mereka ternyata sangat berbeda dengan kita. Kalau di Indonesia, membangun roket selalu dikaitkan dengan persiapan perang. Saat ini di China pemikiran seperti itu sudah semakin berkurang. Mereka sedang mencari sesuatu yang bisa menjadi symbol kebanggaan bangsa China. Mereka sedang haus pengakuan global akan kualitas dan kemampuan bangsa China. Mereka juga sedang sangat ingin dengan segera mengentaskan kemiskinan warganya yang hingga saat ini jumlahnya masih lebih besar dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Dengan melihat kondisi nyata di China, secara pribadi saya merasa kurang yakin bahwa dengan LCS mereka akan berperang. Apalagi saya juga ingat dengan celotehan rekan saya yang dari Korea, belum ada satupun alasan logis yang menuju ke arah itu.

  23. @mbah model & @li oncom rasanya saya setuju dgn pendapat anda; jangan pernah mau dan terpancing dg provokasi yg dipakai USA u turun arena duluan melawan cina; krn itu betul Persis kasus Timtim dulu Dan kmdian dia cuci tangan atau dalam kasus ini jika kita terprovokasi kita akan hancur duluan . RI tetap neutral Dan akn mjd pihak akhir bilamana harus turun di Medan perang. Negara yg plg akhir akan menikmati manfaat ekonomi sebesar besarnya krn akan mjd supplier senjata Dan semua kebutuhan
    Hidup negara yg perang (ingat dalam PD 2 US adalah negara akhir yg ikut berperang Dan mendapatkan manfaat besar) Dan jika perlu kita saja EO nya perang;kits provokasi keduanya u berperang
    di artikel sebelumnya saya bermimpi u meredam Dan antisipasi JIn mama kits perlu kartu R Dan I di barat utara Dan barat daya JIN DST. @bung rafale;tampaknya anfa he’s back ulang sejarah; bukan majapahit yg menyerang singasari namun jayakatwang Dari Kediri ;justru majapahit adalah keturunan dari singasari. Warjager saya kasih cluenya Dari pendapat saaya diatas
    yg saya kutip Dari eyang Joyoboyo “londo cina kari sajodo Wong jowo kari separo” ;jadi biarkan mondo cina berantem habis2an dulu Baru kita yg terakhir turun berperang. just opini

  24. Hati-hati, ini bukan bahasa Malaysia. Di Malaysia gak ada kata tak bise, yang ada cuma tak boleh. ‘tak jarah hasil bumimu, tak jarah pulaumu’! Hehehe, saya jadi ingat teman saya dari Pati-Jateng, kalau lagi kesel dia suka bilang ‘tak jitak kowe..!’

  25. kalo mau Falseflag pun mbok yg rapih, cerdik… kan malu kalo ketauan gini ..ckckckck
    Kena Hook bung Yayan@indocuisine tuh..
    Hare gene…pake procesor jadul.!!!
    ๐Ÿ˜€

  26. Menjelang pemilihan presiden,memang banyak yg bergejolak didalam atau luar negeri
    Waspada dan sedia payung sebelum hujan tentu lbh memaksimalkan kerugian yg kita akan alami
    Didalam papua yg digerecoki opm mgkn makin percaya diri karna yg memberi senjata memberi sinyal siap2
    Dari luar,ada kepentingan kepentingan yg memang bersinggungan dgn kekayaan alam nusantara,yg kabarnya cadangan plutonium dan thorium sangat menjanjikan(segelas thorium konon bisa menunjang kapal selam selama setahun)
    Siapa yg menjadi presiden indonesia nanti baru akan terlihat seperti apa konflik yg akan terjadi
    Kenali para calon presiden baik2,gali lbh dalam siapa dan bagaimana

    Salam kenal

    Hidup merdeka dan mandiri sebagai bangsa atau mati terhormat bela negara

  27. pilih lah RI1 yang tidak memiliki hutang perusahaan nya di luar negeri mungkin
    WIRANTO yang tidak punya utang
    atau mungkin JOKOWI tapi harus manut nyonya yang punya partai

  28. Sebagai yg memposisikan diri netral di LCS, maka tetap saja harus memperkuat Natuna, supaya pihak luar memandang kita dengan serius. Landasannya sudah ada, antara lain MEF, pembangunan pulau-pulau terluar, dll. Pembangunan infrastruktur Natuna akan tidak sia-sia, karena akan berpengaruh besar kepada ZEE kep. Natuna dan Anambas. Ingatlah Sebatik yg telah kita telantarkan.

    Tidak perlu minta/ menerima bantuan ke/ dari pihak luar, yg bertikai maupun tidak, apalagi masuk salah satu blok. Politik kita adalah non blok tetapi bebas dan aktif. Kita sdh buktikan bisa membangun pangkalan di Palu, pelabuhan Pelindo II dll.

  29. gpp bung@patech lumayan buat baca2 sekaligus memperdalam pengertian masalah di papua.

  30. Opa nimbrung nih,

    Dilema Selat Malaka——–sudah ada Project Terusan Kanal diselatan Thailand Selatan sebagai Opsi, yang disebut juga sebagai Kanal Panama Timur.

    Tiongkok sibuk dengan Project 100 tahun, membuka Jalur darat(Highspeed Train) dari Tiongkok sampai Jerman, membuka Jalur laut dari Fuchow/Guangdong – Selat Malaka (atau Canal selatan Thailand), sampai Afiica.

    Analis & komentar dari Pakar Tiongkok, bahasa Mandarin
    http://blog.sina.com.cn/s/blog_507e81e00101drsu.html

  31. Indonesia dh makan garam soal perang.
    Masalah LCS pasti dh di perhitung kn dgn baik.
    Setiap perbatasan di Indonesia sudah di jaga dgn TNI dgn peralatan yg siap perang.
    Perang secara langsung tidak akan terjadi, tetapi melalui Virus, penyakit dan cyber.
    Kalau perang terbuka, negara timur dan barat, msh berpikir matang”
    Karena seluruh negara masih punya kepentingan dgn Indonesia,
    Contoh kecil oksigen.

 Leave a Reply