Aug 112017
 

Bomber B-1 Lancer (pixabay.com)

Amerika Serikat dilaporkan memiliki rencana untuk melakukan serangan pendahuluan ke situs rudal Korea Utara dengan pembom yang ditempatkan di Guam, jika Donald Trump memintanya. Hal ini tampaknya dipandang sebagai “pilihan terbaik dari semua pilihan buruk” di tengah meningkatnya ketegangan dengan Korea Utara.

Sebuah serangan oleh pembom berat supersonik Rockwell B-1 Lancer dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di wilayah Guam di AS merupakan bagian utama dari rencana tersebut, pejabat senior dan pensiunan militer mengatakan kepada berita NBC.

“Dari semua pilihan militer … [Presiden Donald Trump] dapat mempertimbangkan, ini akan menjadi salah satu dari dua atau tiga yang setidaknya memiliki kemungkinan untuk tidak meningkatkan situasi,” kata pensiunan Admiral James Stavridis, mantan Komandan Sekutu Tertinggi Eropa dan seorang Analis NBC News.

Sedikitnya enam pembom B-1B saat ini berada di pangkalan tersebut, yang terletak sekitar 3.200 kilometer dari Korea Utara, NBC melaporkan.

B-1B, diproduksi oleh Boeing, telah bertugas di militer AS sejak tahun 1985. Berat lepas landas maksimumnya bisa mencapai 216.000 kg.

Dijuluki “Bone,” pesawat bisa mencapai kecepatan 1.450kph. Pembom ini telah dikerahkan selama operasi tempur di Afghanistan dan Irak sejak 2001.

Sekitar dua lusin situs peluncur rudal Korea Utara, tempat uji coba dan fasilitas pendukungnya “akan menjadi sasaran nyata dari pesawat militer AS, menurut sumber yang dikutip oleh NBC.

Namun, rencana yang melibatkan pembom B-1 bukanlah satu-satunya pilihan karena serangan juga mungkin berasal dari “darat dan laut – dan cyber.”

“Tidak ada pilihan yang baik,” seorang pejabat intelijen senior yang memiliki pengetahuan tentang masalah tersebut mengatakan serangan bomber tetap “yang terbaik dari banyak pilihan buruk”.

Dengan menerapkan rencana pemogokan semacam itu, bagaimanapun, dapat memicu eskalasi krisis, Stavridis memperingatkan. Dia menunjukkan bahwa Korea Utara akan menanggapi “minimal melawan Korea Selatan,” sementara jika terjadi tindakan militer yang lebih besar, pihaknya juga tidak akan menjamin Guam dari serangan.

Sementara itu, situs Sistem Distribusi Video & Pencitraan Pertahanan (DVIDS), yang dikelola oleh Departemen Angkatan Darat AS, mencatat setiap manuver pembom B-1 di pangkalan Guam.

Pada suatu kesempatan di bulan Juli tahun ini, para pembom mengambil bagian dalam misi 10 jam ke wilayah udara Jepang dan melewati Semenanjung Korea.

Ketegangan antara Washington dan Pyongyang diperburuk setelah ada babak baru sanksi oleh Dewan Keamanan PBB untuk Korea Utara pada awal Agustus, yang mengikuti tes rudal baru oleh Pyongyang. Selain melakukan pukulan verbal, kedua belah pihak juga melenturkan otot militer mereka. Dirilis RT.com, 10/8/2017.

  34 Responses to “Opsi Serangan Bomber Amerika ke Korea Utara”

  1. Bung Ceuricangkas silakan gelar tikar sambil nunggu tontonan ala Trump..

  2. Salah baca kirain oprasi bomber AS diKorea Utara.. ?

  3. B1 lancer sdh di tiru oleh rusia dgn cara spionase , mrk membangun Tupolev Tu-160 yg jauh lebih kencang dn boros , tipe b1 lancer ini digunakan dlm misi yg jauh berbeda dgn tupolev tu-160, gw suka desain keduanya, diberita2 lebih sering disebut b1 lancer drpd tu-160, krn tupolev tu-160 produk yg terlalu dipaksakan utk bw nuklir., smntara b1 lancer dikhususkn bwt karpet bom dn cluster bom

  4. Untuk menaikan pamor dan mengingatkan kalau USA juga punya bomber… dari beberapa tahun kemarin pamor TU-160 benar2 sedang naik daun, terutama saat operasi militer di Suriah, padahal itu pesawat terbang dari wilayah Russia dan mesti pinter2 nyari jalur akibat banyaknya penolakan di berbagai wilayah udara negara lain… sedangkan untuk menyaingi keluarga Flanker USA belum memiliki yang baru selain F-35 yang belum tuntas alias belum benar2 dalam posisi siap untuk operasi militer…

  5. wah wah wah…trump menjawab semua ancaman korut, ga main2 semua bomber dan jet tempur hingga destroyer di siapkan…disisi lain kim sedang asik makan dan ntn tv di sofa empuk, krn detonator nuklir nya ada ditangan kirin kim, tangan kanannya dipake makan pete dan sambel balado..1 tombol bisa 3 peluncur arahnya ke guam, alaska dan hawaii…semoga kim punya penyakit pikun, agar salah memencet tombol, maunya mencet pete tp malah memencet tombol detinator yg ke 3 arah tsb…xixi

    • asik peank,… Korut ngancam BOM Guam eh tahunya yg dituju Sydney, karena tekhnology ntuh abal2 akibatnya BOM jatuh di rumah ente Modarrrrr. makan tuh sambel peteuy

      Kwakkkk…………..Kwakkk…………..Kwakkk………….

  6. Serangan awal AS untuk gebug north Korea adalah serangan udara, itu pilihan terbaik sebelum serangan darat. Nahhh kelemahan north Korea adalah tidak punya armada tempur udara yg mumpuni, mereka hanya mengandalkan rudal jelajah, rudal anti serangan udara dan serangan darat, itupun sudah pada kadarluasa umur ranpurnya. Hal ini di jadikan oleh AS untuk menguatkan wilayah kekuasaan di semenanjung Korea.

  7. jong un ini emang bikin geger dunia.. sampe2 gaya rambutmu banyak yg niru..lanjutkan kim biar dunia tau bahwa negaramu bebas membuat apa saja.

  8. yah,” disamping sibuk nya AS mengepung korut di segala sudut mungkin kang kim cuma duduk manis seduh kopi di depan tombol merah tinggal pencet buyar semua formasi militer AS hheee…

  9. 24 situs peluncuran, tapi tiba2 korut nyerang pake pensil lewat lontong yang udah deket dengan Guam atau daratan utama AS.
    Piye Trump ?

  10. Selain punya rencana serang awal ke KORUT Usa juga akan mempertimbangkan OPSI serangan mendadak ke pulau sengketa Spartly. jika China ikut campur dalam serang pendahuluan ke Pyongyang seperti berita sebelumnya (Target USA = Pyongyang) akan di BOM ATOM

    Tugas berat Jepang dan KORSEL adalah OPSI mendukung USA dalam pulau Sendoku, yaitu perang LAUT di LCS

    Skenario ini sudah dibaca CHINA, Langkah yang tepat bagi china Blokade Sungai kuning, yaitu menghadapi armada INGGRIS oleh RUSIA dan CHINA

    Bagi saya Aliansi CHINA dan RUSIA serta KORUT lebih solid, saya 100% yakin koalisi Korut menang walau kalah dalam jumlah korban

    Akan ada 3 bom yang jatuh diasia (2 Bom dijepang) sedang 1 bom lagi mungkin di KORUT

  11. Belum ada tanda-tanda USA akan serang Korut.
    Pertanda yang paling gampang untuk mengetetahui bahwa serangan itu akan segera dilancarkan adalah:

    -USA mengevakuasi seluruh warganya yang ada di Korsel untuk dipulangkan ke USA.

    Itulah yang akan dilakukan kali pertama oleh USA karena Korsel pasti akan diserang habis-habisan oleh Korut. Nah, sampai hari ini USA belum melakukan langkah apapun tentang pemulangan warganya itu. Berarti, serangan USA masih jauh. Kecuali jika Korut yang nyerang duluan. Barulah USA nggak akan tunda-tunda lagi untuk lancarkan serangan balasan. Mungkin begitu.

    • @ Pragota. Thanks pencerahan yang baik.

      Saya tambah dikit ya bung mod, yang namanya kegelisahaan atau keresahan itu apakah diawali atau setelah kejadian atau terjadi kejadiannya ?

      Secara efek dari perang kata2 dua pemimpin dunia (kita sebut KOREA UTARA juga pemimpin soal NUKE dan Tekhnology RUDAL Balistik) akan terjadi perang tanpa peringatan, yang tahu pastilah pasukan KOALISI masing2 kapan sirene di taburkan, kadang masyarakat tanpa ada pemeberitahuan.

      Melihat kenekatan KOREA UTARA saya yakin dalam waktu cepat KOREA UTARA akan mengungsikan penduduk karena USA mungkin akan menyerang KORUT bukan dg RUDAL ICBM atau THAAD tapi serangan pertama adalah menurunkan NAVY Seal untuk menculik KIM JONG

      Jika Navy seal tidak berhasil OPSI akan di ambil oleh KORUT untuk memulai KEMBANG API dahsyat. nah kapakah waktu itu terjadi ? apakah USA akan mengungsikan rakyat nya sebelum menurunkan NAVY Seal ? apakah konsekuansi nya jika menaikan skala militer ke KOREA dapat memenangkan semenanjung KOREA dan menghapus KOREA UTARA selamanya dari PETA China ?

      Apakah perang akan dimulai oleh USA setelah armada INGGRIS dan AUSTRALIA berkumpul di jepang.

  12. waah,..CBG yg k2 kita hrs buru2 diberesin neh….kalo ngga’…bisa jd sasaran k jong un …bisa2 trtunda pnmbahan kasel TNI…

  13. Kalo perang beneran aduhh tambah parah ekonomi Asia, resesi ekonomi asia – global ??
    offcourse Indonesia..bisa babak belur mbayar utang..luar negeri 4000 Tryliun (utang swasta dan pemerintah)
    Kalo terjadi perang gak mungkin pendek pasti berkepanjangan..

  14. Pertamax

  15. ABC Pod, pac3, trident and satelite kan sudah dipajangkan.
    tinggal softdiplomacynya agak mandek di tugu perdamaian.

 Leave a Reply