Over Acting Su-35

Su-35 (photo :: Free Repubilc)

Rusia menerjunkan Su-35, sebuah pesawat tempur multirole terbaik yang dimilikinya di perang Suriah. Su-35 bertugas memborbardir basis-basis pertahanan ISIS yang tidak dilengkapi dengan senjata anti pesawat canggih. Selain itu ISIS juga tidak memiliki armada pesawat tempur dan armada tank yang bisa dijadikan target yang empuk bagi Su-35.

Sebenarnya lebih tepat jika operasi pemboman dilakukan oleh helikopter serang, pesawat serang anti gerilya atau serangan darat yang kuat dengan armada lapis baja.

Rusia tentu memiliki sejumlah strategi dan pertimbangan dengan menyebarkan Su-35 di Suriah, meski nampak seperti “senjata yang berlebihan” dalam operasi pemboman di Suriah. Lalu apa tujuan dan keuntungan yang didapatkan Rusia dengan aksi Su-35 di Suriah?

Pertama, Su-35 terjun di medan perang Suriah untuk mengimbangi aksi Amerika Serikat dan Barat, dengan semakin meningkatnya eskalasi pertempuran di SUriah kala itu, dan setelah ditembak jatuhnya pesawat serang Rusia oleh Turki, kehadiran Su-35 diperlukan untuk membentengi pergerakan pesawat tempur musuh.

Kedua adalah menguji fitur dan kemampuan tempur Su-35 di medan perang yang nyata. Selain menguji kemampuan Su-35, operasi tersebut sekaligus juga meningkatkan kemampuan tempur pilot-pilot Su-35 Rusia.

Ketiga, penyebaran Su-35 juga ditujukan untuk meyakinkan sekutunya, Suriah. Rusia sekarang memiliki banyak kepentingan di Suriah, seperti mempertahankan pengaruh militer untuk bisa mengontrol navigasi di Laut Mediterania dan mengamankan jaringan pipa gas Rusia yang melintasi wilayah Suriah.

Dan yang keempat adalah bisnis, atau mempromosikan Su-35 ke pasar internasional. Ini adalah teknik Rusia yang dipelajari dari Perancis. Serangan pesawat tempur Rafale Prancis yang mengesankan di Libya telah membuatnya banyak menerima pesanan setelah sebelumnya Rafale sangat sulit menemukan pelanggan internasional.

Saat ini Su-35 telah mendapatkan pesanan dari China dan Indonesia, dan kemungkinan masih ada beberapa negara lain yang tertarik membelinya.

Tinggalkan komentar