JakartaGreater.com - Forum Militer
Sep 122015
 

engine-pesawat-1

pesawat-2

pesawat-3

Menarik untuk mencermati gambar pertama, yang menunjukkan perawatan mesin pesawat tempur tingkat berat (overhaul) yang dilakukan teknisi-teknisi Indonesia.

Ini artinya mesin pesawat itu telah dilepas dari badan pesawat, untuk mendapatkan perawatan serius. Terus terang, awalnya saya mengira kemampuan teknisi pesawat tempur Indonesia, belum sejauh ini, perawatan berat pesawat tempur, akan dibawa ke negeri pembuatnya.

Saya juga tidak tahu, apakah mesin ini, mesin pesawat F-5 Tiger atau Hawk MK53, seperti gambar yang di bawah. Namun engine pesawat di atas terlihat cukup besar. Mungkin rekan-rekan ada yang bisa menjelaskan, apa yang sedang terjadi dengan gambar nomer  satu di atas.

 

Gambar: Yusuf – Defence.pk

Bagikan:

  55 Responses to “Overhaul Mesin Pesawat Tempur TNI”

  1.  

    Yoo koyone pesawat lawas… F-5 gann

  2.  

    1

  3.  

    Klau di lihat dr noozle nya sprti nya engine ini di lngkapi dgn fitur TVC..

  4.  

    Penulis menunjukan bahwa mesin yang diperbaiki itu mesin Su-27/30. Kalau F-5 tiger mesinnya tidak akan besar dan bisa dilihat belakangnya bukan model pesawat F-5 tiger. Liat pula gambar ke 2 paling belakang ada chamo sukhoi.

  5.  

    hmmmmmm

  6.  

    Weleh2 ternyataaaa….apakah ini mutan ?¡? ada yg tau !

  7.  

    Absen ndan….!

    Penting untuk selalu hadir

  8.  

    klo dah bisa ilmu pretel sana sini,,oplos sana sini,,asal itungannya bener,,mantap neh,,ibarat nya bodi motor Ju****r jadul tp dah modif +NOS,d tambah dah hapal lintasan,,gak takut balapan ama fu ,atw ni***a gress ,, iupun klo seandainya bener teknisi auri dah bangkotan jurus modifnya,,,ngarep mode,,,

  9.  

    Apakah itu mesin f16 yg pake TVC ya.

  10.  

    iyo e kliatan yg paling jauh flangker tuh
    klo bnr mantep tenan ki
    g salah milih su35 SUPER FLANKER
    service cukup dimari

  11.  

    itu mesin f16
    mesin SU27/30 lebih besar

  12.  

    Mesin F5 itu..

  13.  

    klo teknisi kita aja udah bisa overhaul di sini… Berarti kita memang sudah siap membuat pesawat tempur sendiri ! kyknya punyanya F-5

  14.  

    Kyaknya tu engine f-16 bung!

  15.  

    Jelas itu mesin pesawat jet. 😛

  16.  

    Engine f 16 bung

  17.  

    aku demen lihat posisi kerja teknisinya,,indonesia style banget,,,hahaaaa,,nyengir dahh klo yg ngerasa,

  18.  

    Kalau pesawat bekas yang medin jet aja bisa di overhaul, kemungkinan pesawat bekas TU 16 Badger yang ada belasan unit juga di overhaul jadi 99% baru utk simpanan kalau terjadi perang di Asia Tenggara….., weleh-weleh mantap tenan TNI AU.

  19.  

    Laaah…itu kan mesin pesawat tempur si malon…wkkwkwkw…oh ternyata di jual murah di pasar gelap di indonesia ya…ada lagi gk tuh…lumayan hemat beib…heeemaaat…ayo dong lon…curi yg byk mesin pesawat tempurmu xixixixi…

  20.  

    Kemungkinan TU 16 Badger juga di overhaul jadi 99% baru utk cadangan perang nih….

  21.  

    Absen dulu… lagi nunggu tamu dari Rusia kok belum dateng-dateng ya? atau pak RR yang samperin ke sana aja?

  22.  

    Kayaknya engine F-5 tiger bung.

  23.  

    skuadron teknik..

  24.  

    Gambar no 1 engine yg baru selesai perawatan tingkat berat … sdg di test biar aman setelah terbang … mirip engine flanker.
    dari jaman thn 60 an teknisi AU sdh bisa melakukan perawatan mesin tingkat berat mulai dari engine propeller sampai engine jet …
    yg jadi masalah biasanya keterlambatan suku cadang akibat birokrasi dan anggaran yg terbatas.

  25.  

    udah kyak ngebengkel kendaraan biasa.. salute.

  26.  

    Itu engine f16 blok 15 ocu vrooohh…tadinya mau di overhoul sendiri tp gak bisa trus di kirim ke amrik. Pas kena embargo tuh engine ditahan bbrp thn di amrik, stlh embargo dicabut baru mesinnya dibalikin n dipasang laggeee….

  27.  

    ikuti china… beli 1 bh khusus dibongkar dan dtiru…

  28.  

    Kalo udah bisa servis dn bongkar pasang mesin sendiri mudah2 an kedepan bisa bikin sendiri mesinnya, mantab jadinya.

  29.  

    Gatal juga gak koment,buat yg memandang bahwa proses over houl atau maintenance itu ga penting sampean salah besar bung..!!! Proses maintenance dan over houl itulah jantung dari suatu kehidupan alat tempur..! Kalo lu bisa beli sukhoi tapi tiap kali maintenance harus mendatangkan technition dari rusia atau ni pesawat di angkut balik ke rusky buat over houl itu butuh biaya yg besar dan waktu yg lama untuk sukhoi itu bisa beroperasi lagi..! China yg sudah khatam technologi permesinan aja masih impor mesin dari rusky.., TOT maintenance dan over houl menurut saya buat saat ini yang paling masuk di akal.. Matur nuwun..!

  30.  

    Di RI sudah banyak kok ahli mesin turbin baik itu mesin pespur, kaprang atau turbin produksi cuma memang rata-rata ilmu yang didapat itu berasal dari alam ( adaptasi kerja ) sedangkan untuk di universitas masih sedikit yang mendalami ilmu tersebut ( dosennya )

    Kalau dilihat dari foto, sepertinya itu mesin lagi di test performance ( pengecekan HP,vibrasi, seal”, dll ) bisa perawatan overhoul atau engine exchange.

  31.  

    semoga semakin teliti dan hati-hati untuk keamanan bangsa ibi

  32.  

    ituy mesin jahit bro ,.. lebih tepatnya mesin obras ,.. xixixix… maju TERUS NKRI !!!

 Leave a Reply