Jul 312015
 
Incat - is a world leader in the research, development and construction of high speed vessel solutions for governments, private operators and militaries

Incat – is a world leader in the research, development and construction of high speed vessel solutions for governments, private operators and militaries

Jakarta – Produsen kapal Catamaran Australia, Incat, akan berinvestasi di Indonesia untuk mengembangkan produksi galangan kapal dengan nilai investasi hingga US$50 juta.

Presiden Direktur PT Indocat Jayamahe Kris H. Sulisto selaku perwakilan Incat di Indonesia mengatakan pihaknya tidak akan membuka galangan kapal baru, melainkan mengembangkan galangan kapal yang sudah ada dalam hal pelatihan sumber daya manusia serta teknologi dalam memproduksi kapal yang berbasis aluminium.

“Galangan kapal sudah banyak, ada 250 lebih. Kalau dibikin lagi nanti tidak terpakai. Kami fokus di training dan teknologi untuk membangun kapal, karena secara teori kebutuhannya banyak,” ujarnya, Kamis, 30 Juli 2015.

Dia mengatakan pihaknya diminta pemerintah untuk mendukung program poros maritim yang membutuhkan kapal modern dalam jumlah banyak. Diperkirakan realisasinya paling lambat tahun depan.

“Besok kami juga akan menghadap ke Menteri Maritim, mau tahu dari Pak Menko, kebutuhannya kapan. Kami harap bisa tahun ini,” tambahnya.

Kapal Catamaran Incat Australia

Kapal Catamaran Incat Australia

Dia menjelaskan pihaknya sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa perusahaan galangan kapal lokal yang ada di Lampung, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Timur serta Makassar. “Sebetulnya bangunnya bisa di mana saja. Karena ini aluminium, enteng, dan bisa diangkat,” katanya.

Menurutnya, saat ini kapal yang dibangun di Indonesia hampir seluruhnya masih berbentuk monohull atau kapal dengan satu lambung. Kapal yang ingin mereka kembangkan ialah katamaran berkecapatan tinggi yang bisa mencapai 50 knot.

“Catamaran itu dua kakinya, jadi ada rongga di tengah. Karena ini high speed, dia potong permukaan airnya, sehingga kapalnya stabil,” jelasnya.

Tempo.co

  26 Responses to “Pabrik Kapal Catamaran Incat Investasi di Indonesia”

  1. ya

  2. Kenang amat ya larinya, waaah ane jd penumpang terbengkalai…

  3. Wah…jarvis bay punya Aussie mantaf juga…cb qta bisa bikin kya ginian…wuiiih

  4. Saingan PT Lundin nih ,,,

  5. PT.Lundin duet dengan Catamaran dan SAAB… Klewang bakal gimana yah ?

  6. oranglain yang malah ngerti kebutuhan kita ….kenapa kita gak berpikir begitu ya…

  7. Demi kesejahteraan bersama ya semoga dpt lebih membangun galangan kapal kita.

  8. mengais dolar di negeri rupiah

  9. Demi kesejahteraan bersama bagus jugga atuh untuk kcr, cepat tu kapal..

  10. jgn di ladenin….bisa bahaya….mending fokus pt lundin dll saja.

  11. Buat ajalah ..tapi jgan gabung..ntar malah mengacau.

  12. hah, paling cuma jadi bahan batu ganjelan aja, buat jegal PT.LUDIN……hati hati sonotan gk pernah tulus….

  13. menurut hemat saya memang harus dipertimbangkan masak-masak!, soalnya untuk galangan kapal dikita banyak, dan yang banyak itu pastimemiliki kemampuan masing-masing dan pengalaman masing-masing, dan itu modal dasar, saya yakin ,jika galangan kapal yang ada diindonesia (terbanyak di batam) disuruh buat kapal, bisa jadi jenis kapal yang ada didunia, mereka bisa pakai, jadi buat apa harus cari/ memanfaatkan dari ausit!!, kita tahu biasanya kan kalo oprasi intelejen itu tersamar!!!, bisa saja mereka dengan dalih tukan informasi antara galangan dalam negeri kita, padahal mereka lagi cari info rahasiah dari pembangunan kapal laut tempur kita trus informasi itu dikasih tahu ke ausit!!!, bahaya itu, lebih baik kembangin ajah galangan yang sudah ada PT. PAL,PT. LUDDIN, dll,bukannya saya suudzon, tapi begitulah teknik dan strategi militer, harus hati hati itu, dan hal yang harus kita pahami, kalo kita lihat tinggkah laku cara bertetanga negara satu ini selalu bikin rese, nusuk dari belakang!.., maaf klo salah…

  14. semoga pemerintah bijak mnyikapi…

  15. klo ada TOT nya ambil sja

  16. Kecepatannya tinggi juga yah.
    Ada semut ada gula. Negeri yg slm ini sll usil sama kt pun ikut2an cari uang disini. Wkkkkk!
    Berat! Indonesia was very profitable to invest right?
    So watch your attitude. And from now on you do not be a provocateur again in Papua. So that you are not embarrassed to earn money here.

  17. Kalo dibuat untk kapal angkutan penumpang dan barang, bagus jg kayaknya.. Syukur2 kita bisa curi ilmu pembuatannya dari mereka.. Siapa tau bisa diaplikasikan untk kapal perang kita.. 🙂

  18. lama saya coment,.namun artikel ini menggelik hatiku,.judule inyong ragu biarpun yg invest perusahaan swasta.

  19. sudah lama saya nggak coment,.namun artikel ini menggelik hatiku,.judule inyong ragu biarpun yg invest perusahaan swasta.

  20. klo joint produk ga jadi masalah… ada istilah dari sspuh .. kerjasama dgn setan.. yg penting kita punya ilmu dan kemampuan untuk membuat nya… karena ini utk sipil.. sapa tau kita bisa buat lebih gede lg dgn daya angkut gede jg.. sehingga bs di gunakan utk LPD atau. kapal logistik yg membutuhkan daya angkut besar dan dgn kecepatan tinggi. bs mempercepat. pembagian logistik nya

 Leave a Reply