Jul 102017
 

PLTN Jepang

Padang – Indonesia belum membutuhkan pembangkit listrik tenaga nuklir hingga tahun 2100, karena sumber energi di Tanah Air masih mencukupi.

“Umumnya negara yang membangun pembangkit listrik tenaga nuklir, mereka yang tidak punya sumber energi, seperti Jepang, Prancis dan Korea, sedangkan sumber energi di Tanah Air kita masih berlimpah,” ujar Ketua Dewan Pakar Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia, Dr Herman Darnel Ibrahim di Padang, 7/7/2017, pada seminar Inovasi Pengelolaan Sumber Daya Energi Berkelanjutan Untuk Ketahanan Nasional.

Seminar yang diselenggarakan Universitas Andalas ini, menghadirkan beberapa pembicara, termasuk mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro .

Ada beberapa kondisi yang harus dipenuhi untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir yaitu tidak ada sumber energi, jumlah penduduk banyak sehingga kebutuhan energi besar serta memiliki teknologi sendiri.

“Dari tiga kondisi itu Indonesia hanya memenuhi satu syarat yaitu penduduknya banyak, tapi sumber energi banyak dan belum punya teknologi soal pembangkit listrik nuklir,” ujar Dr Herman Darnel, dilansir ANTARA, 7/7/2017.

Dengan demikian pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi pilihan terakhir karena saat ini belum dibutuhkan, katanya.

Saat ini energi gas dan batu bara mencukupi, ditambah lagi energi terbarukan yang potensinya besar walaupun pengembangannya masih sulit.

Ia menyarankan ke depan sumber energi utama berasal dari energi terbarukan, adapun gas serta batu bara dijadikan sumber energi cadangan.

Herman menceritakan dulu ada rencana pemerintah membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Muria, Jawa Tengah yang tahapannya telah sampai studi kelayakan tapak.

Ketika itu Muria memang tempat yang masih terisolasi jadi tidak banyak penghuni, namun belakangan setelah terjadi tragedi Fukushima urung dilanjutkan, katanya.

Sebenarnya kunci pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir adalah kemantapan politik karena hal itu harus dimulai dari komitmen pemimpin tertinggi negara.

“Dewan Energi Nasional ketuanya adalah Presiden, dari 17 anggota pemangku kepentingan delapan dan sembilan orang lagi menteri, jadi kalau Presiden ingin membangun tidak bisa dihambat oleh pemangku kepentingan,” ujarnya.

Pada sisi lain ia mengatakan energi nuklir berisiko tinggi. Tragedi yang terjadi di Fukushima, misalnya, membuat Jepang kehilangan potensi perekonomian setara dengan Rp 60 ribu triliun.

Belum lagi dari sisi kesehatan, nuklir membunuh orang pelan-pelan dan bisa membuat cacat sebagaimana terjadi di Chernobyl.

Untuk pertanian juga mengalami kendala karena di Fukushima dibutuhkan waktu sekitar 25 tahun untuk memulihkan tanah agar petani bisa menanam komoditas untuk dikonsumsi, lanjutnya.

Sementara Dekan Fakultas Teknik Universitas Andalas Insannul Kamil mengatakan sudah saatnya energi terbarukan dijadikan sumber energi utama di Indonesia dan energi fosil sebagai cadangan.

“Sudut pandang seperti ini harus mulai diterapkan dari sekarang karena energi fosil lama-kelamaan akan habis,” ujarnya.

  97 Responses to “Pakar : RI Belum Butuh Listrik Tenaga Nuklir”

  1.  

    Ya betul, RI hanya butuh listrik mahal !!
    PALALOEPEYANG !
    #KUMAHASIAWE

    •  

      Seandainya aku jadi presiden pasti aku bangun PLTN, seandainya PLTN mahal pun tetap harus dibangun… apalagi PLTN terkenal paling murah sejagat hehe, tunjukan pada dunia kita tidak kalah sama negara maju.

      Sekarang aku jadi bingung kita yang bodoh apa negara maju itu yg bodoh karena mereka dah punya PLTN? Mereka bangga punya proyektor nuklir,
      dan PLTN sebenarnya sangat-sangat aman bahkan lebih aman daripada kita naik motor, pesawat atau transport lainnya, kalau usia pesawat, mobil, motor dsb sampai 30 tahun aja pasti dah pada reot, tapi energi nuklir di eropa terbukti masih berfungsi baik tuh.
      Di jepang itu musibah tidak ada manusia yang tahu kapan musibah… tapi terbukti tuh ketika hancur karena tsunami pihal jepang 3 bulan setelahnya langsung bangun lagi artinya pihak jepang sudah menghitung manfaatnya jauh lebih besar.

  2.  

    Yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah impor wasit asing untuk kompetisi liga 1.

    •  

      SETUJU
      wasitnya lebih anji.. lebihh parah dari korupttor yg sembunyi2
      terang2 kelakuanya
      NOTE: jika uraniium indonesia tidakk segera dimanfaatkan dan Lini produksi
      maka akan dikuasi asing dan indonesia gigit jari .. CO; freeport

    •  

      Numpang komentar

      Negara2 Eropa yg sudah memiliki PLTN sjak puluhan tahun lalu, mulai menggantinya dgn energi terbarukan misalnya energi angin, air, dan matahari. Kalau Indonesia saya rasa lebih baik PLT energi terbarukan saja, mengingat Indonesia sering terjadi bencana alam

      •  

        saya rasa mereka sudah surplus energi — bung — (ini forum militer, bukan forum jual beli – red), ratifikasi perjanjian lingkungan dan “life style” dan kampanye go green membuat mereka mengurangi pasokan listrik dari “PLTN” bukan menstopnya, tidak masalah, cuman agak kurang tepat jika dibandingkan dengan Indonesia yang sangat darurat listrik.

  3.  

    Ktinggalan jaman.. Bangun nuklir d pulau2 kosong trus energinya salurkan lwat kbel bwh laut..

  4.  

    Jgn tiba masa tiba akal. Mending mulai dr skrg krn klo mau jd negara maju hrs ada pembangkit listrik tenaga nuklir. Gmn industri mau maju listriknya mahal

  5.  

    Yg kontra silakan browsing manfaat listrik tenaga nuklir,….

  6.  

    Nmnya sumber daya alam klo sering diambil lama2 akan habis jg..
    Aplgi skrg SDA bnyk yg dikuasai asing..
    Percuma ngomong SDA melimah tp listrik aj mahalnya minta ampun..aplgi subsidi dicabut rakyat makin ngenes..
    Katanya indonesia punya minyak tp minyak tanah mahal..
    Katanya gas alam kita melimpah ruah tp gas mahal jg..
    Yg kaya tambah kaya yg mlarat tmbh ngenes..

    Sesuatu klo gk dicoba kapan majunya..

  7.  

    Kalau mau dipake ya harus hati-hati..,soalnya kalau tu PLTN bocor ya bahaya…

    •  

      Jadi naik pesawat, mobil, kapal laut itu tidak bahaya ya?
      Justru pembangkit nuklir adalah yang paling aman dari semuanya, dieropa ada ratusan PLTN yang usia sekitar 50 tahun terbukti aman2 saja tuh, coba kalau pesawat, mobil atau kapal usianya diatas 30 tahun aja udah pada berjatuhan tuh mogok, rem blong dsb.

      Di jepang yang terkenal negara rawan gempa pun mereka punya banyak pltn, bahkan musibah reaktor fukushima hancur akibat tsunami hanya 3 bulan mereka bikin lagi artinya mereka sudah menghitung untung ruginya…. dan untungnya lebih besar .

  8.  

    Gimana nih min,klo ahli nuklir Indonesia tidak kalah Dr luar negri,byk ahli nuklir kita yg sudah diambil utk mengelola nuklir,sdm kita mendukung,pemerintah tinggal mau seperti ini terus,atau bakal tertinggal!msih jutaan org blum menikmati listrik

  9.  

    pepesan kosong

  10.  

    PLTN..khusus yg pake negara adidaya saja…negara kecil jangan.. takutnya jadi adidaya juga..

  11.  

    Saya dukung PLTN.!!

  12.  

    Limba nuklirnya mau di kemanakan gan.

  13.  

    Tp klo punya kan jg gpp sumber daya bnyk lama2 kan habis jg to pak..

  14.  

    Apa nunggu SDM kita habis baru bangun energies alternative

  15.  

    Hahaha..ngomong SDA melimpah tp nyatanya listrik masih mahal..
    Sampe2 hrs nyewa kapal listrik punya Turkie….
    Klo mmg SDA nya masih bnyak bangun donk tenaga2 listrik diseluruh indonesia biar listrik murah jd semua bs merasakan terangnya listrik..

  16.  

    Nunggu SDA fosilnya abis ngeluntrang kali… Ya… Ampun tuh tukang pakar. Hahahhaha. Walaupun Ri sda nya melimpah tpi klo tdk segera dganti dgn energi alternatif maka utk beberapa tahun ke depan akan habis

  17.  

    Indonesia kaya akan uranium bahan baku PLTN…tarif listrik akn turun klo ada pembangkit listrik nuklir

  18.  

    “Dari tiga kondisi itu Indonesia hanya memenuhi satu syarat yaitu penduduknya banyak, tapi sumber energi banyak dan belum punya teknologi soal pembangkit listrik nuklir,”

  19.  

    Yang komeng gini miriplah ama yg komeng “Indonesia ga pernah perlu rudal balistik.. Kan lagi ga perang.. Lagi zero enemy thousand friends”

  20.  

    Pernyataan yg membuat mundur untuk penguasaan teknologi nuklir. Negara lain udah pada pakai.

  21.  

    Pakar gebleg, mafia listrik swasta

  22.  

    jika belajar dari jepang meski ada dampak negatif dr listrik nuklir jepang faktanya ya gk kapok juga kan, malah bangun terus munkin kebutuhan X yah, .

  23.  

    Indonesia sudah saat nya menggunakan energi bertenaga nuklir,, tentang SDA bisa di manfaat kan untuk kegunaan lain kecuali energi panas bumi,, jikalau bisa jangan cuma listrik aja yang menggunakan tenaga nuklir,, militer juga harus menggunakan tenaga nuklir walaupun pembangunan nya memerlukan kost yg besar tapi cuma 1x aja mengeluarkan biaya besar, kita punya cita2 membangun kapal induk “KRI Nusantara” nah dengan tenaga Nuklir bisa menjadi alternatif jitu untuk mengurangi biaya operasional nya,,

  24.  

    terus kita kan punya kandungan cadangan uranium terbesar di ASEAN.. tepatnya di daratan sumatra,kalimantan & papua sangat banyak kandungan uranium yg masih bebatuan
    Semua uranium yg belum digali mau diapain dong??

  25.  

    Apsm

  26.  

    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Tujuan utama PLTN adalah penguasaan teknologinya.
    Radiasi dari sinar gamma banyak manfaatnya dan teknologi akan terus berkembang.
    Contoh kasus teknologi pembuatan pesawat, apakah 100 tahun itu cukup?
    Untuk mengejar ketertinggalan penguasaan teknologi.
    Kenyataannya pesawat N 245 saja masih belum desain akhir, sedangkan airbus sudah mulai memasuki pasar pesawat perintis, mau di pasarkan dimana N 245? Ya kemungkinan besar akan kalah dengan airbus, sedangkan kita tahu sebagian besar watak Indonesia lebih bangga pakai produk luar negeri.
    Sama seperti penguasaan teknologi nuklir/gamma, banyak sekali manfaatnya jika telat mengembangkannya maka kita akan jadi bangsa yang hanya bisa mengkonsumsi saja.

  27.  

    Belum btuh.tpii byar pett.gmn nii

  28.  

    harus bikin pltn dan dianjurkan bikinya diperbatasan ri malon

    pakar korup kali ya ckckckc

    as aja yg sdmnya banyak bikin pltn

  29.  

    Indonesia bukannya blm butuh nuklir, tp memang sengaja ga dibutuh2kan…krn pemikirannya msh sempit dan selalu berkeyakinan sda indonesia msh banyak..tp jika lama kelamaan apa ga abis.??.nuklir sdh terbukti lbh irit, lbh hemat dan lebih berdaya tahan lama hingga puluhan bahkan ratusan tahun…tp ya sudahlaahh….percuma jg klo terlalu banyak cuap tp ga didengerin…sia2

  30.  

    prettt… lu mau ngerusak alam dengan PLTD,PLTU(uap, sumber bahan bakar bisa dari diesel/batubara),PLTTG(gas),dll.?? yang paling aman adalah PLTN sekalipun dibanding dengan hidroelektrik pun, kalo dam jebol gimana?? Stasiun Nuklir pun yang dibangun dengan teknologi diatas tahun 2000-an sudah jarang bocor, sekalinya Fukushima Daichi itupun dibangun sekitar 1967-1971.. sorry kalo ada salah statement…….

  31.  

    pakar yg aneh.. tahun 2100 mungkin indonesia sudah gersang.? hutan terus di babat habis sampe botak…hasil bumi terus di keruk sampe pitak..laut jadi tempat buang limbah dsb..coba lihat apa di kampungmu..masih ada uap embun pagi nempel di kaca jendelamu…oh.oh.oh.oh.oh

  32.  

    bangun aja,klo sering di olah SDA lama” jg habis

  33.  

    TAHUN INI INDONESIA AKAN MEMILIKI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN KHUSUSNYA DI JENEPONTO DAN SIDRAP SUL SUL

    •  

      pilot projectnya ada dan murni made in local (resources maupun SDM nya) yaitu manusia terpintar yang terasingkan di negeri ini yaitu mas Ricky Elson. Ayo — bung — (ini forum militer, bukan forum jual beli – red) main ke campnya, dengan nt datang aja kang Ricky sudah sangat welcome dan respect walaupun dia pintar orangnya rendah diri dan berbagi ilmu sangat2 tidak pelit. saya rasa anak2 muda di naungan markas di daerah Sukabumi ini ya negerinya para “Laskar Pelangi” di dunia nyata.

  34.  

    KONSTRUKSI UNTK TIANGNYA TAHUN INI DA SIAP,JENEPONTO 65 MW. SIDRAP 70 MW

  35.  

    SISA MENUNGGU TIANGNYA DAN KIPASNYA DARI DENMARK

  36.  

    kalo dengan dibangun pembangkit tenaga nuklir listrik bisa murah mending dibangun aja , listrik memang mencukupi tapi kalo mahal..heheh

  37.  

    Ini yg ngomong pakar nuklir, apa pakar makan tanaman

  38.  

    Ia… dari pada membuat PLTN dan nanti di tuduh yg engga2 sama barat … lbh baik indonesia mengembangkan pembangkit litrik tenaga mata hari, tenaga angin dan tenanga pasang surut air laut kan.. lbh terbarukan…

    •  

      sudah — bung — (ini forum militer, bukan forum jual beli – red), sedang diarahkan kesana sesuai dengan masterplan proyek sekitar 25 % dari energi baru terbarukan seperti tenaga surya, angin, ombak, panas bumi, pasang surut, dsb. 25 % porsi yang berani bung, dan ini patut di apresiasi. saya rasa sudah mulai panas dingin terkait proyek 35.000 MW bakal tercapai, dan jika memang demikian kita dipastikan akan defisit listrik pada 2019.

  39.  

    Kalo begitu pake pembangkit listrik tenaga dalam saja

  40.  

    ini adalah salah satu hal yg paling sya sesalkan dari watak org indonesia……. mau dibangun setelah darurat listrik ?????? kenapa gak dibangun sekarang aja supaya dimasa depan gak kelabakan bangun ini dan itu……contohnya MRT jakarta…kenapa gk dari dulu di bangun ??? kenapa musti nunggu ibukota macet dulu baru kelabakan bangun MRT ???????????? susah maju negri ini kalo kaya gini…………

  41.  

    sedia payung sebelum hujan, lebih baik di olah lebih dulu.nuklirnya.utk listrik

  42.  

    #PERLU menurut saya…

  43.  

    Klo gk mau listrik nuklir.., gak usah protes listrik mahal

  44.  

    Indonesia tanpa PLTN adalah sebuah kemunduran…!!!!

  45.  

    Pakar Nya ngawur