Nov 182016
 
PKR Sigma 10514 KRI RE Martadinata

PKR Sigma 10514 KRI RE Martadinata

Poin kunci :

* Damen telah dikontrak oleh Indonesia untuk menyediakan berbagai sistem ‘fitted for but not with’.

* Peralatan khusus itu meliputi sistem rudal pertahanan rudal VL Mica MBDA, sistem rudal anti-kapal MM 40 Blok 3 Exocet dan meriam Rheinmetall Millennium 35 mm.

Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNs) sedang negosiasi dengan beberapa pemasok untuk pengadaan paket senjata dan peralatan untuk dua frigat Perusak Kawal Rudal (PKR) SIGMA 10514 yang akan diserahkan kepada Angkatan Laut (Tentara Nasional Indonesia Indonesia – Angkatan Laut, atau TNI-AL).

Kementerian Pertahanan Indonesia (MoD) dan DSNs sebagai kontraktor utama, menandatangani kontrak pada Desember 2012 untuk PKR pertama. Pilihan untuk kapal kedua dilakukan pada pertengahan 2013. konstruksi modular kapal telah dibagi antara fasilitas Vlissingen, Belanda, dari DSNs dan galangan kapal PT PAL di Surabaya, dengan perakitan akhir, integrasi, dan pengujian dilakukan di Indonesia.

Kapal KRI Raden Eddy Martadinata menyelesaikan percobaan laut pada bulan September 2016 dan direncanakan untuk dikirimkan pada Januari 2017, setelah selesai pelatihan awak. Pekerjaan dilanjutkan di Surabaya pada penyelesaian kapal kedua, diberi nama Gusti Ngurah Rai. Pengiriman dijadwalkan Oktober 2017.

Kapal PKR dipasang dengan sistem misi inti yang disediakan oleh Thales Nederland – termasuk sistem manajemen tempur TACTICOS, radar surveillance SMART-S Mk 2, STIR 1.2 EO Mk 2 radar/electro-optical tracking system, dan Kingklip hull-mounted sonar -Sistem senjata yang termasuk dalam kontrak asli adalah satu meriam super cepat Leonardo (Oto Melara) 76/62. Namun, ruang, berat kapal, dan kelengkapan lain dalam disain SIGMA 10514, memungkinkan untuk retrofit tambahan sistem senjata ‘fitted for but not with’, termasuk sistem rudal pertahanan titik, sistem rudal permukaan-ke-permukaan, dan sistem senjata CIWS.

Sumber : Janes.com

Bagikan:

  69 Responses to “Paket Persenjataan Tambahan PKR Sigma 10514”

  1.  

    Kereen

  2.  

    pertamax

  3.  

    yo iki…!
    nayamul

  4.  

    Kok cuma 2 biji ya pkr sigma ny

  5.  

    Sediakan ruang pak utk bisa kedepannya diinstal 2 tabung Rudal YAKHON…. ntar uji cobanya Kapal Hibah maloni yang dikasi jepun …..kwakwakwak

  6.  

    pasal 27 ayat (3) UU ITE
    Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

    first reminder bung cintia
    berdiskusilah dengan sehat
    jarimu jerujimu
    salam

  7.  

    Pasang yang lengkap senjata di pkr sigma tni al biar gahar

  8.  

    Untuk anggaran membeli alutsista bisa tidak ya dimaksimal kan hanyalah untuk satu angkatan saja. Semisal 2017 hanya untuk angkatan laut, 2018 angkatan udara, 2019 angkatan darat sehingga jika membeli tidak sedikit2 tetapi bisa langsung memborong dalam jumlah besar.

    •  

      Wong Koclok @

      Jika jor’an belanja dengan tujuan percepatan pergantian alutsista satu matra , apa yang anda sarankan mungkin masuk di akal / bisa dilakukan . Tapi kalau yang dikejar keseimbangan alutsista antar angkatan seperti’a yang anda pikirkan adalah sesuatu yang sulit untuk dilaksanakan , karena akan terjadi ketimpangan kekuatan antar angkatan . Misalkan terjadi gangguan keamanan / kedaulatan di wilayah udara , sementara anggara sedah dipakai oleh matra darat untuk membeli Tank , mustahil kan angkatan Udara menerbangkan MBT untuk mengejar pesawat penyusup . Karena itulah pemerintah menganggarkan APBN untuk 3 matra /tahun agar terjadi pembelian alutsista yang merata dan adanya koordinasi antar matra TNI .
      Harapan saya justru pemerintah meningkatkan anggaran Militer secara signifikan ( sesuai dengan kebutuhan TNI ) mengingat ancaman kedaulatan negara yang sudah jelas” nyata . Resikonya ya pembangunan insprastruktur yang akan sedikit terhambat .

  9.  

    neng#centia pa ga capek nulis panjang lebar gitu,,?? padahal tulisan ya ga mutu,,
    wkwkekekek

  10.  

    neng#centia pa ga capek nulis panjang lebar gitu,,?? padahal tulisan ya ga bermutu,,
    wkwkekekek

  11.  

    cintia . hati hati yaa comentnya . nanti bisa di proses lohh ke jalur hukum kalau ada yg tidak terima . atau mungkin obatnya cintia habis yaa . beli lagi . minum obat dulu yaa cintia heheheheh

  12.  

    Borong lagi pkr nya jadi 20 unit..tambah plus dua destro iver class

  13.  

    Betul bung,baca komen cyntia kayak pingin ngajak berantem aja nich..

  14.  

    Semoga kuantitas nya terus bertambah,seperti kata kasal tni al butuh 24 kapal perang seperti ini.

  15.  

    Itu kan cuma karangan pribadi kamu aja, mbak Cintia. Maksudnya rudal yang lemot apa? Exocet? Buktinya mana?

  16.  

    walah coba vertical launcher ad 16 / 20 / 24 makin serem tuh sigma, moga2 klw dah dpt TOT, Indonesia bisa bikin medium class frigates yg senjata ma radarnya lebih gahar, klw bisa desainnya lebih siluman.

  17.  

    Cintia ini cuma nge-junk. Tidak pernah mau diajak berdiskusi, tidak pernah membalas komentar.
    Maksudnya rudal kapal kita kalah jauh dibanding negara tetangga apa? bisa dijelaskan secara spesifik, detail dan ilmiah?????
    JANGAN CUMA BISA NGEBACOT TANPA DASAR!

  18.  

    Gak usah bung, over kill. Cukup rudal mbah bowo saja udah cukup.

  19.  

    Matimu jangan dikubur di tanah nusantara #cintia . sampah ente !

  20.  

    Cucu nya MBAH BOWO lagi ngomel” aja si cintia wkwkwk ..
    Cintia lagi pms ya ? Ngegerutu aja bisa nya wkwkwk..

  21.  

    sepiii….

  22.  

    Cin@kapal perang buat ngeriting jarimu yg g pernah disekolahin.wkwkwkwkwk…..

  23.  

    Belum tentu Alutsista made in Russia yang bagus Dan canggih ..itu Bisa compatible dengan frigate PKR ini..yang dibuat dengan system standard NATO …
    Not plug in …istilah nya ..

  24.  

    Bentar… Dulu Mbah Bowo sering muncul terus sekarang gak ada. Malah munculnya Cintia. Apalagi bahasa2nya sama.. jangan-jangan… sudah kuduga..

  25.  

    Bentar… Dulu Mbah Bowo sering muncul terus sekarang gak ada. Malah munculnya Cintia. Apalagi bahasa2nya sama.. jangan-jangan… sudah kuduga..

  26.  

    Holahhhhh…kirain sudah dibayar lunas ?!!!

  27.  

    dipahami dulu point kunci nya artikel :

    * Damen telah dikontrak oleh Indonesia untuk menyediakan berbagai sistem ‘fitted for but not with’ maksudnya :

    Dalam perangkat keras militer, cocok untuk menerima atau pas “untuk tapi tidak dengan” adalah di mana senjata atau sistem yang disebut dalam desain tidak terpasang atau hanya sebagian diinstal selama konstruksi, dan instalasi selesai kemudian yang diperlukan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kendaraan biaya membangun dengan tidak membeli sistem pada saat konstruksi, atau sebagai metode pemeriksaan masa depan desain. [1] Istilah ini biasanya digunakan dalam hal kendaraan dan kapal tapi kadang-kadang meluas ke semua perangkat keras. [1]

    * Peralatan khusus itu meliputi sistem rudal pertahanan rudal VL Mica MBDA, sistem rudal anti-kapal MM 40 Blok 3 Exocet dan meriam Rheinmetall Millennium 35 mm.

    Inikapal perang penjaga laut nusantara sesungguhnya, Semoga mencerahkan.

    •  

      Bahasa gampangnya FITTED FOR BUT NOT WITH itu adalah akan dilengkapi dengan tapi tidak saat ini . Jadi maksudnya nanti akan dilengkapi dengan senjata atau perangkat ini dan itu tapi bukan sekarang . Artinya space (ruangnya/tempatnya ) sudah di sediakan dalam perancangan . Kalau tidak disediakan tempat meletakkan alat itu diawal nanti tentu sulit memasangkan kemudian .Karena ruangnya tidak tersedia dan kalau tersediapun tentu akan mempengaruhi keseimbangan kapal karena tidak dirancang untuk ditambahkan alat ini dan itu.
      Contoh sederhana dalam membikin rumah gambar rancangannya dilengkapi garace dan bertingkat .Kenapa dalam rancangan awal harus di buat bertingkat dan punya garace padahal belum punya mobil dan duit hanya cukup untuk satu lantai ? karena tiang penyangga untuk rumah dua lantai harus lebih kuat dari tidak bertingkat . Tapi karena duitnya cekak terpaksa satu lantai dulu dan tanpa garace ,kalau sudah ada duit baru ditambah ke atas sesuai gambar dan garace akan di buat karena mobilnya sudah ada .

  28.  

    Sakit jiwa Orang ini…

  29.  

    Ini salah satu manusia yg tidak punya pendidikan, ga pernah makan bangku sekolahan dan tidak pernah mengenal budi pekerti, kemungkinan juga tidak mempunyai ahlaq yg baik….

    Ini salah satu contoh manusia ga berguna….

    •  

      Hati-hati buat Warjager…disini sudah banyak manusia Indonesa yg kena doktrin…anda anda sekalian bisa lihat dari komentar-komnetar yg bernada miring dengan kemajuan bangsa kita. Dan kemungkinan yg berkomentar miring itu adalah orang suruhan dr negara yg ingin sekali mengambil NATUNA. Pasti anda-anda sekalian paham.

  30.  

    Hati-hati buat Warjager…disini sudah banyak manusia Indonesa yg kena doktrin…anda anda sekalian bisa lihat dari komentar-komnetar yg bernada miring dengan kemajuan bangsa kita. Dan kemungkinan yg berkomentar miring itu adalah orang suruhan dr negara yg ingin sekali mengambil NATUNA. Pasti anda-anda sekalian paham.

  31.  

    Ini namanya aoto kritik ,artinya meng kritik diri sendiri . Saya setuju memang demikian lah adanya .Jangan lah kita menipu diri sendiri dengan mengatakan kita punya senjata hebat tapi kenyataannya tidak begitu .

  32.  

    Weleh…weleh tambah mantab dan gahar aja Persenjataan KRI kita…, yaa walau ada Komentar” yg ngomong klu masih kalah sama Negara Tetangga.
    Semua tergantung dari Jiwa Patriotisme kita.
    Kita bisa Merdeka dan Mengusir Penjajah dari Negeri kita tercinta ini walau hanya berbekal Bambu Runcing…, Apalagi sekarang kita sudah bisa Mandiri dengan Persenjataan Ciptaan Anak” Bangsa Indonesia. Sudah Waktu nya kita Bangun dan mengejar Perkembangan Alutsista kita.

  33.  

    masi mending komentarnya mbah bowo dari pada ini orang…

  34.  

    kok ada yg bilang “boroooooog…..!!!

    xixixi….

  35.  

    semoga di instal RS-28

  36.  

    cintia pembohong harpoon nya singapore masih dibawah 200 km jarak tempuhnya, dan keceptanya hanya 864 km/jam…masih dibawah mach 1…alias super lemot.

    sedangkan exocet block 3 (180-200km kecepatan > dr 1000 km/jam) yg akan di pakai oleh pkr 10514 lebih baru dan lebih cepat dari harpoon singapore,

  37.  

    Hrus bisa d instal rudal yakhont biar ttagga ketar ketir liat y..

  38.  

    Pengadaan Light Fregat PKR-105 masih lebih baik dr pd terus2an pengadaan Kapal2an jenis PC28/32/40 & KCR-40 yg pantasnya buat Pol Airud/KKP/Bakamla.

  39.  

    Hadeeuuuhhh….. kayak yg tau jeroan TNI aja, stupid malingsial… 😆

  40.  

    semoga peremajaan alutsita TNI terus dipercepat , untuk mengantisipasi kondisi regional yang cenderung membawa potensi konflik

  41.  

    jadi yang pesanan senjata dulu itu untuk SIGMA PKR yang mana, SIGMA PKR Ghaib kah ? gossipnya pesanan pertama SIGMA PKR adalah tahun 2010 …

    secara nalar, senjata baru dipesan SETELAH ada kontrak kapalnya, bukan sebaliknya …

    First steel cut SIGMA bulan Januari 2014, sementara jika baca SIPRI :

    (40) VL MICA SAM for SIGMA-10514 Frigate (2012)
    30 MM-40 Exocet ASM (2012) for SIGMA-10514 Frigate
    2 GDM-008 35 mm CIWS (2013) for SIGMA-10514 Frigate

    coba perhatikan tahun pemesanannya …

  42.  

    Kalau lihat korvet Rusia dng ukuran kecil tapi senjatanya nggegirisi, ada benarnya yang disampaikan neng @Cintia, PKR kita senjatanya biasa2 saja…dibandingkan dng milik singaporn yg sudah lama punya…masih dibawahnya. xixixixi.

  43.  

    Yo ora popo wani perang pora..

  44.  

    kuncinya multirole, exocet dipilih krn bisa diluncurkan dari kapal, heli, pespur, kasel, bisa jadi bastion jg, SIGMA kan body doang, nanti tinggal instal kemampuan 4D (kemampuan anti udara/darat/laut/bwh laut), nanti kedepannya pake aster 15

    exocet palanya bisa d gnti nuk

  45.  

    Test

  46.  

    zionis antarabangsa memang gunakan media untuk adu domba malaysia dan indonesia tidak dengan singapura, philiphin atau thailand..siapa yang bodoh akan termakan umpannya. Jika kedua negara ini berperang maka masuklah zionis bertopengkan PBB mengaut hasil bumi kita yang kaya dengan minyak dan Islam.

 Leave a Reply