Jul 112017
 

Main Battle Tank (MBT) T-84 Oplot-P buatan Ukraina. © Glavcom

Pabrik Malyshev yang berada di Kharkiv, Ukraina meluncurkan sebuah tank tempur utama (MBT) T-84 Oplot dan melakukan pengujian mobilitas pada hari Jumat, 23 Juni dengan Menteri Dalam Negeri Ukraina Arsen Avakov dan Sekretaris Dewan Nasional Pertahanan Keamanan Oleksandr Turchynov, seperti dilansir dari laman media Ukraina, Depo Harkiv.

Menurut media Depo Harkiv, menyebutkan bahwa tank tempur utama tersebut yang secara khusus diberi nama MBT Oplot-P (huruf adalah P untuk Pakistan) akan dikirim ke Pakistan.

Hal ini menyusul laporan terbaru dari media Ukraina tentang gambar dari MBT Oplot yang menarik perhatian Pakistan.

Pada bulan April, Delovaya Stolitsa mewawancarai Duta Besar Pakistan untuk Ukraina yaitu Mayjend (purn) Athar Abbas, mengatakan bahwa Pakistan tertarik membeli 100 unit MBT Oplot dari Ukraina.

Pada akhir Mei 2017, Podrobnosti melaporkan bahwa Pabrik Malyshev telah menyelesaikan MBT Oplot-P itu, yang akan dikirim sebagai kendaraan penguji yang merupakan bagian dari tender. Pakistan pada tahun 2015 juga telah melakukan uji coba terhadap T-84 Oplot-M.

Angkatan Bersenjata Pakistan saat ini memiliki 320 unit MBT T-80UD, yang dipesan dari Ukraina pada tahun 1996 silam. MBT Al-Khalid dan Al-Zarrar juga di dukung mesin diesel buatan Ukraina.

Lonjakan minat Pakistan terhadap solusi kendaraan lapis baja buatan Ukraina berasal dari kesepakatan terakhir yang telah ditandatangani oleh Kiev dan Islamabad pada akhir 2016 dan awal 2017.

Bagikan:

  3 Responses to “Pakistan Akan Menguji T-84 Oplot-P Buatan Ukraina”

  1.  

    Haha… Gak mau kalah sm india selalu beli state of art weapon baru… Yah sebenarnya imo ga harus banget lah selalu upgrade imbangi india yg budgetnya lebih pakistan kan punya nuklir liat korut yg diancam sm negara biang nuklir asu berani walau senjatanya jadul2 dan gak seperi korut yg kalau sampai terjadi perang mungkin… Cina gak akan bantuin, tapi kalau sampai pakistan perang sm india cina yg sekarang pasti akan bantuin pakistan karena cina punya kepentingan besar di pakistan yaitu CPEC

  2.  

    ini apa sama dengan yg di pakai thailand n malaysia??

 Leave a Reply