Des 032018
 


J-10B dengan rudal PL-10 dan PL-12 (foto : Common Wikipedia)

Diperkuat ratusan pesawat tempur kelas berat Su-30MKI dan pesawat tempur terbaru Rafale buatan Perancis, Angkatan Udara India akan jauh lebih kuat daripada Angkatan Udara Pakistan.

Hanya diperkuat puluhan pesawat tempur F-16 varian lawas, JF-17 Thunder yang lemah, dan ratusan pesawat tempur tua seperti J-7 dan Mirage III, jelas Pakistan butuh pesawat tempur kuat dan modern untuk mengimbangi kekuatan udara India.

Ada beberapa opsi pesawat tempur yang bisa dibeli Pakistan untuk mengimbangi India. Setelah kesulitan mendatangkan delapan pesawat tempur F-16 refurbhised dari AS dan kemungkinan penolakan dari Rusia untuk pembelian pesawat tempur Su-35. Pakistan bisa mendatangkan pesawat tempur Thypoon dari Inggris atau J-10B Improved buatan China.

Membeli Thypoon dari Inggris masih sangat memberatkan anggaran keuangan Pakistan, belum lagi kemungkinan menghadapi penolakan dari Inggris atau sekutunya.

Pilihan paling realistis saat ini bagi Pakistan adalah memproduksi secara besar-besaran dan meningkatkan kemampuan dari JF-17 Thunder yang berharga lebih murah.

Pakistan juga dapat membeli pesawat tempur dari China seperti J-10B Improved. J-10B selain sudah dilengkapi dengan mesin berkemampuan Thrust Vectoring Control (TVC), juga ada beberapa peningkatan lain seperti ‘kanopi bubble’ yang membulat mirip seperti kanopi F-16, probe pengisian bahan bakar untuk kemampuan jelajah lebih jauh, perangkat penjejak Infra red Search and Track (IRST) untuk mengintai pesawat tempur target secara diam-diam, inlet asupan udara yang lebih tersembunyi, radar baru AESA versi China dan kemampuan menembakkan rudal anti kapal YJ-31.

Pembelian beberapa skuadron pesawat tempur J-10B Improved, dikombinasi dengan ratusan JF-17, Mirage III dan F-16 setidaknya masih bisa mengimbangi armada Su-30MKI dan Rafale.

Bagikan:

  7 Responses to “Pakistan Butuh J-10B untuk Hadapi Rafale dan Su-30MKI”

  1.  

    Pada bulan Juli 2011, Harian Jang melaporkan bahwa China akan memberikan satu skuadron pesawat tempur J-10B lanjutan ke Pakistan. Pada bulan Maret 2012, perundingan diadakan antara kedua negara untuk membahas pengiriman jet tempur terbaru J-10B ke Pakistan.
    Jadi memang Pakistan sudah terbiasa dengan pesawat tempur buaran China..
    https://militerhebatdunia.blogspot.com/2016/07/chengdu-j-10-naga-perkasa-dari-tiongkok.html

  2.  

    Waktu border conflict, pesawat yg paling di banggakan sama paf, ya F-16 aja…… 🙄
    padahal lawannya sudah kerah kan sukro dan mikoyan 😮

  3.  

    Iwan And Root Beer kentut = broot brut breeet duuoot !! croot cruut

  4.  

    masih jauh untuk imbangi indihehehe..,
    mau beli tipon takut ditolak sekutu inglis, mau beli su takut rus gak mau kasih ,pake j++ masih belum jelas kebolehanya, pusing 7keliling.

  5.  

    Andalannya dr China, padahal masalah mesin aja China seperti mocin yg cpt modar.he3

  6.  

    BELI PESPUR EROPA……………. DI TOLAK USA
    BELI PESPUR CHINA…………….. PLODUK GAK JELAS
    BELI PLODUK RUSIA…………….. INDIA CENGAR CENGIR
    BELI PLODUK INDONESIA ……. PLODUK BELUM JADI DAN TAK JELAS
    BELI PLODUK TURKI ……………. DAPAT SAYAP DOANK hehehee…
    BELI KE MR.UFO…………………… DAPAT PIRING BISA TERBANG
    BELI KE AMAZON.COM…………. DI JAMIN REBES

 Leave a Reply