Pakistan Kemungkinan Segera Akusisi Mirage-V Bekas dari Mesir

Jet tempur Mirage-V (foto : Wikipedia)

Angkatan Udara Pakistan diperkirakan akan menandatangani kontrak dengan Mesir untuk membeli pesawat tempur Dassault Mirage-V yang ditingkatkan. Kedua negara telah menegosiasikan kontrak selama bertahun-tahun dan sekarang kontrak terakhir mulai terlihat cerah karena Angkatan Udara Pakistan ingin jet tempur ini untuk memperkuat skuadron tempurnya, lansir Sputnik.

“Negosiasi untuk membeli 36 pesawat semacam itu hampir mencapai tahap akhir”, kata sumber yang dekat dengan pihak yang bernegosiasi. Jet-jet ini sudah dipensiunkan dari Angkatan Udara Mesir sejak lama, jadi Pakistan akan memperbaikinya dahulu sebelum pesawat siap digunakan.

Mirage V yang dimaksud memiliki helmet-mounted display, pod misi, dan kemampuan serangan malam. Sumber tersebut mengatakan Pakistan akan meningkatkan jet-jet ini sebelum menerbangkan Mirage, seperti di masa lalu ketika Pakistan juga meningkatkan puluhan Mirage-III / V dengan radar Italia dan perangkat elektronik lainnya di Pabrik Mirage Rebuild, yang didirikan oleh Angkatan Udara Pakistan pada 1978

Angkatan Udara Pakistan telah mengoperasikan jet tempur Mirage selama lima dekade terakhir dan meskipun mulai diperkuat JF-17, Angkatan Udara Pakistan berencana menunda menghentikan operasional Mirage karena masih kekurangan persenjataan.

Selama lima dekade terakhir, Pakistan telah membeli hampir 150 jet tempur Mirage III / V, di masa lalu Pakistan juga membeli Mirage-III bekas dari Australia.

Mirage V adalah varian jet serang darat khusus dari Mirage III, dengan membuang sebagian perangkat avionik dan menggantinya dengan ruang bahan bakar untuk daya jelajah lebih jauh.

Tinggalkan komentar