Pakistan Mulai Diperkuat Tank VT-4

Jakartagreater.com – Angkatan Darat Pakistan telah melantik Tank Tempur Utama VT-4 buatan China yang dianggap sebagai salah satu tank terbaru di dunia, lansir Defenseworld.

Menurut rilis dari Inter Service Public Relations (ISPR) militer Pakistan, Kepala Staf Angkatan Darat (CoAS) Jenderal Qamar Javed Bajwa mengunjungi Lapangan Tembak di dekat Jhelum hari ini dan menyaksikan demonstrasi tank baru tersebut.

“Mesin perang yang kuat ini akan digunakan dalam peran ofensif dengan formasi serangan setelah bergabung,” bunyi pernyataan ISPR.

VT-4 kompatibel dengan tank modern mana pun di dunia yang mengintegrasikan perlindungan lapis baja canggih, kemampuan manuver, kemampuan daya tembak, dan teknologi mutakhir.

Berinteraksi dengan para perwira dan prajurit, COAS menyatakan kepuasannya atas kinerja Tank VT-4 yang diperlihatkan, dan memberikan tambahan lain untuk inventaris Korps Lapis Baja Pakistan.

VT-4 adalah tank baru kedua di militer Pakistan tahun ini setelah Tank Al-Khalid-1 yang diproduksi di dalam negeri.

Tank VT-4 untuk Pakistan diklaim ditingkatkan dengan lapisan baja reaktif dan improved turret. Tank ini diproduksi oleh NORINCO China.

VT4 dilengkapi dengan meriam smoothbore 125 milimeter, dan dapat menembakkan amunisi armor-piercing fin-stabilized discarding-sabot (APFSDS), high explosive anti-tank cartridge, dan rudal dengan jangkauan 5 kilometer.

Dilengkapi dengan mesin berbahan bakar diesel berkekuatan 1.200 tenaga kuda buatan China dan sistem penggerak hidromekanis, VT4 dapat melaju dengan kecepatan maksimum 70 km/jam dan kecepatan jelajah maksimum 50 km/jam.

Pakistan dikatakan telah memesan 240 tank VT-4 dari NORINCO yang nilainya belum diungkapkan. Empat tank pertama dikirim pada April tahun ini

4 pemikiran pada “Pakistan Mulai Diperkuat Tank VT-4”

  1. dah bilangin tank mbt itu dah selesai…masih dipelihara…ini akibat kolot nya doktrin perang….!!!
    kedepan pengembangan tank akan kian ringan dan melayang diketinggian 1-3 m dari permukaaan tanah…!!!
    tapi masih dirahasiakan pengembangan nya oleh vendor terkemuka dunia…terutama usa dan jerman…!!!

Tinggalkan komentar