Mar 142019
 

JF-17 Thunder Pakistan (foto:Ahmed Hader)

JakartaGreater.com – “Pengembangan dan produksi JF-17 Block 3 sedang berlangsung,” kata Yang Wei, seorang Legislator dan Kepala Desainer JF-17 China yang dikembangkan bersama China-Pakistan, seperti dikutip oleh media pemerintah..

JF-17 Block 3 ditingkatkan dengan “kemampuan informasi peperangan dan persenjataannya” atau penggunaan teknologi komunikasi mutakhir dalam peperangan modern dan persenjataan terbaru.

“Semua pekerjaan terkait (pengembangan JF-17 Block 3) sedang dilakukan,” kata Yang Wei dikutip oleh tabloid Global Times pada konferensi pers yang diadakan di sela-sela sesi Parlemen China yang sedang berlangsung.

Yang Wei menambahkan bahwa pengembangan dan produksi batch untuk pesawat tempur JF-17 Block 3 sedang berlangsung secara bersamaan.

“Blok ketiga akan melakukan peningkatan kemampuan informasi peperangan dan upgrade pada persenjataan,” kata Yang.

Dengan upgrade pada JF-17 Block 3, pesawat tempur dapat berbagi informasi lebih luas antara pesawat tempur dan platform tempur lainnya seperti komando di darat dan kapal perang, mengambil keuntungan dari seluruh sistem tempur untuk secara efektif bertahan menghadapi lawan kuat seperti India, tulis seorang analis militer Wei Dongxu.

“JF-17 Block 3 diharapkan dilengkapi dengan radar AESA, yang dapat mengumpulkan lebih banyak informasi dalam pertempuran, memungkinkan jet tempur untuk bertarung pada jarak yang lebih jauh dan menyerang beberapa target pada saat bersamaan. Sistem penargetan dan screen yang dipasang pada helm juga memungkinkan pilot untuk mengarahkan senjatanya pada target yang dilihatnya, ”kata Wei.

Setelah upgrade siap, perangkat terbaru dapat dipasang ke badan pesawat sangat cepat, memastikan waktu pengiriman yang lebih cepat, tambah Wei.

Menurut beberapa media, JF-17 Thunder sering digambarkan oleh pabrikan dan pengamat militer sebagai pesawat tempur canggih namun berbiaya murah.

“JF-17 saat ini sedang bersaing dengan Tejas India dan FA-50 Korea Selatan dalam rencana pembelian jet tempur baru Malaysia, dengan JF-17 menjadi pilihan paling kompetitif,” kata Wei.

Myanmar dan Nigeria dilaporkan juga telah membeli pesawat tempur produksi bersama Tiongkok-Pakistan.

Hindustantimes

jakartagreater.com

  One Response to “Pakistan – Tiongkok Percepat Upgrade JF-17 Block 3”

  1.  

    Prosesnya kok cepet banget ya, lain dengan KFX/IFX yg lambat, banyak rapat atau memang niatnya kurang kuat.